50+ Contoh CV yang Menarik HRD (Bisa Dipakai Taaruf)

20 min read

contoh-cv

Curriculum Vitae atau dikenal CV merupakan salah satu dokumen penting yang harus ada ketika melamar kerja. Oleh sebab itu, Anda wajib membuat CV sebaik mungkin agar cepat diterima kerja. Bila Anda belum tahu cara membuatnya, Anda bisa cari contoh CV di artikel ini.

Perlu Anda ketahui bahwa membuat Curriculum Vitae tidak boleh sembarang. Anda harus memperhatikan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam CV tersebut. Tujuannya agar CV dapat menarik HRD. Nah, dari pada lama-lama, yuk langsung simak saja contoh CV yang baik dan benar ini.

Daftar Isi

Apa Itu CV (Curriculum Vitae)?

Apa-Itu-CV-Curriculum-Vitae

Curriculum Vitae biasa dikenal dengan daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tentang identitas diri secara lengkap dari pelamar kerja. Dalam Curriculum Vitae ini, terdiri dari berbagai macam hal. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, hingga alamat domisili.

Pihak HRD perusahaan yang Anda lamar, akan menjadikan Curriculum Vitae Anda sebagai bahan wawancara. Khususnya pada bagian pengalaman berorganisasi dan juga pengalaman kerja. Hal ini karena pihak HRD tersebut, ingin mengetahui seberapa aktif Anda.

Pada kenyataannya, banyak masyarakat luas yang mengabaikan pembuatan Curriculum Vitae. Padahal Curriculum Vitae adalah poin penting untuk membuat pelamar kerja dapat lolos ke tahap berikutnya. Oleh sebab itu, Anda wajib mencari contoh cv di internet.

Mengapa CV Bisa Sangat Penting?

Mengapa-CV-Bisa-Sangat-Penting

Pada saat Anda akan melamar di perusahaan impian Anda, usahakan untuk membuat Curriculum Vitae secara menarik. Ada beberapa hal penting dalam pembuatan Curriculum Vitae ketika akan melamar kerja. Hal penting tersebut nantinya akan berdampak positif kepada diri Anda sendiri.

1. Untuk Menarik Perhatian HRD

Hal penting pertama dalam pembuatan Curriculum Vitae adalah untuk menarik perhatian HRD. Anda harus mendesain Curriculum Vitae secara rapi, menarik, dan juga formal. Hal ini bertujuan agar pihak HRD perusahaan akan meluangkan banyak waktu membaca Curriculum Vitae Anda.

Bila Curriculum Vitae Anda tidak menarik dan terkesan biasa, sudah dapat dipastikan bahwa Anda gagal di seleksi administrasi. Kondisi ini pasti akan merugikan Anda yang telah berharap bisa bergabung dengan perusahaan impian. Oleh sebab itu, mulailah untuk desain cv secara menarik.

2. Memberikan Kesan Profesional

Hal penting kedua dalam pembuatan Curriculum Vitae adalah untuk memberikan kesan profesional. Semakin lengkap identitas dan juga pengalaman yang pernah Anda geluti, maka pihak HRD akan memandang Anda sebagai pelamar yang profesional dalam segala bidang.

Bila Anda banyak mengikuti kegiatan, maka pihak HRD perusahaan menganggap Anda sebagai kandidat yang profesional. Dengan begitu, Anda memiliki nilai plus untuk dapat diterima di perusahaan yang Anda lamar. Oleh sebab itu, memasukkan kegiatan Anda selama kuliah.

3. Menggambarkan Pribadi secara Tertata

Hal penting ketiga dalam pembuatan Curriculum Vitae adalah untuk menggambarkan pribadi  secara tertata. Usahakan untuk membuat CV secara rapi. Khususnya meletakkan posisi  setiap identitas diri. Hal ini bertujuan agar pihak HRD dapat menilai Anda sebagai pribadi yang tertata.

Hindari membuat Curriculum Vitae secara acak dengan logo yang tidak beraturan. Kondisi ini akan membuat Anda dinilai sebagai pribadi yang tidak dapat diatur oleh pihak HRD perusahaan. Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan lolos ke seleksi selanjutnya.

4. Menggambarkan Kemampuan Seseorang

Hal penting keempat dalam pembuatan Curriculum Vitae adalah untuk menggambarkan kemampuan seseorang. Dalam pembuatan Curriculum Vitae, Anda bisa mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki. Namun jangan terlalu berlebihan, karena akan membahayakan Anda.

Anda hanya perlu menjelaskan kemampuan yang dimiliki, sesuai dengan jabatan yang dilamar. Misalnya Anda melamar dengan jabatan teller bank, maka Anda harus menjelaskan bahwa Anda mampu berorientasi pada pelayanan masyarakat. Penjelasan ini lebih bermanfaat untuk Anda.

Unsur – Unsur Penting yang Harus Ada Dalam CV

Unsur-Unsur-Penting-yang-Harus-Ada-Dalam-CV-

Bila Anda ingin membuat Curriculum Vitae untuk melamar kerja di perusahaan, maka Anda wajib mengetahui unsur – unsur yang harus ada. Hal ini bertujuan agar Curriculum Vitae Anda dapat menarik minat pihak HRD. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lolos ke seleksi selanjutnya.

1. Identitas Diri

Unsur pertama yang harus ada adalah identitas diri. Anda harus menjelaskan tentang nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, umur saat ini, nomor telepon, hingga email yang masih aktif. Usahakan untuk menuliskan nomor telepon yang selalu aktif, agar Anda mudah dihubungi.

Pada penulisan identitas diri, usahakan jangan sampai salah dalam ejaannya. Bila Anda salah dalam menuliskan identitas diri, maka akan berakibat fatal kepada Anda sendiri. Salah satunya adalah Anda tidak bisa lolos ke tahap seleksi selanjutnya karena susah untuk dihubungi.

2. Deskripsi Singkat mengenai Diri

Unsur kedua yang harus ada adalah deskripsi singkat mengenai diri. Pada bagian ini Anda harus mendeskripsikan diri Anda secara umum, tanpa melebih – lebihkan. Anda bisa mendeskripsikan diri Anda sebanyak tiga hingga empat kalimat saja.

Tuliskan sebanyak 200 kata, untuk mendeskripsikan diri Anda. Usahakan untuk pakai bahasa formal yang baik serta tepat. Hindari kesalahan dalam menulis ejaan. Oleh sebab itu Anda harus memeriksa kembali tulisan Anda, sebelum mencetaknya.

3. Pendidikan dan Pelatihan

Unsur ketiga yang harus ada adalah pendidikan dan pelatihan. Anda dapat menjelaskan pendidikan formal yang telah Anda tempuh. Mulai dari pendidikan TK, sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Anda juga dapat mencantumkan pendidikan non formal yang pernah ditempuh.

Bila Anda memiliki pengalaman berupa pelatihan, Anda bisa tuliskan di dalam Curriculum Vitae. Semakin banyak Anda mengikuti pelatihan, maka semakin dinilai aktif oleh pihak HRD perusahaan. Namun jangan lupa untuk menyertakan bukti sertifikat di dalam lampirannya.

4. Pengalaman Organisasi

Unsur keempat yang harus ada adalah pengalaman organisasi. Penjelasan mengenai pengalaman organisasi, menjadi nilai tambah untuk Anda. Hal ini karena pihak HRD perusahaan akan memilih kandidat yang sudah memiliki banyak pengalaman, daripada pelamar lainnya.

Pengalaman organisasi dinilai sebagai mental yang dimiliki oleh pelamar. Bila pelamar sering mengikuti organisasi, maka HRD akan memandang sebagai orang yang aktif dan bermental kuat. Hal ini karena pelamar tersebut adalah orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Keahlian / Skill

Unsur kelima yang harus ada adalah keahlian / skill. Dalam bagian ini, Anda bisa menjelaskan keahlian yang Anda miliki. Misalnya Anda mahir dalam komputer, maka Anda bisa menjelaskan seberapa jauh kemampuan Anda. Anda juga bisa menjelaskan skill Anda dalam bahasa asing.

Bila keahlian Anda banyak, maka pihak HRD perusahaan akan tertarik dengan Anda. Dengan begitu, Anda akan lolos ke tahap selanjutnya. Namun perlu Anda ingat bahwa jangan pernah bohong tentang keahlian Anda. Hal itu akan membuat Anda kesulitan bila Anda sudah kerja nanti.

6. Prestasi

Unsur keenam yang harus ada adalah prestasi. Anda dapat mencantumkan prestasi apa saja yang pernah Anda raih. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal dan juga pihak penyelenggaranya. Usahakan prestasi Anda berhubungan dengan jabatan yang Anda lamar.

Semakin banyak prestasi yang Anda tuliskan, maka semakin besar peluang Anda untuk diterima di perusahaan. Hal ini karena pihak HRD memandang Anda sebagai orang yang aktif dan berprestasi. Namun usahakan jangan pernah berbohong dalam menuliskan prestasi Anda.

7. Pengalaman Kerja

Unsur ketujuh yang harus ada adalah pengalaman kerja. Bila Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka Anda bisa menjelaskan jabatan yang pernah Anda duduki sebelumnya. Jelaskan juga perusahaan dan juga masa Anda kerja dalam Curriculum Vitae Anda.

Bila Anda baru lulus sekolah, Anda bisa menjelaskan pengalaman ketika Anda magang. Kegiatan magang Anda juga termasuk dalam pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Anda juga bisa melampirkan surat tanda selesai magang di Surat Lamaran Kerja.

Cara Menulis CV yang Benar dan Menarik

Cara-Menulis-CV-yang-Benar-dan-Menarik

Pembuatan Curriculum Vitae harus dilakukan dengan benar dan menarik. Hal ini bertujuan agar pihak HRD perusahaan yang Anda lamar dapat tertarik dengan Curriculum Vitae Anda. Dengan begitu, Anda memiliki peluang besar untuk lolos ke tahap selanjutnya.

1. Lakukan Job Research

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan job research. Sebelum mulai membuat Curriculum Vitae, Anda harus mencari informasi tentang perusahaan yang Anda lamar terlebih dahulu. Tujuannya agar Curriculum Vitae Anda dapat diterima oleh pihak HRD.

Selain perusahaan, Anda juga harus mencari tahu informasi tentang jabatan yang Anda lamar. Mulai dari visi dan misinya, tugasnya, hingga kelebihan dan kekurangan dari jabatan tersebut. Bila Anda sudah menguasainya, Anda memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan itu.

2. Ketahui Curriculum Vitae secara Umum

Cara kedua yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui Curriculum Vitae secara umum. Anda harus mengetahui pembuatan Curriculum Vitae secara umum terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki sedikit pandangan tentang Curriculum Vitae yang akan dibuat.

3. Mulai Membuat Curriculum Vitae

Cara ketiga yang harus dilakukan adalah dengan mulai membuat Curriculum Vitae. Ketika akan membuat Curriculum Vitae, Anda harus menyeimbangkan antara identitas diri dengan desainnya. Usahakan buat Curriculum Vitae secara rapi, mudah dibaca, minimalis, kreatif dan juga keren.

Perlu Anda ingat bahwa jangan pernah membuat Curriculum Vitae dengan posisi acak dan tidak urut seperti unsur yang telah ditetapkan. Hal ini akan membuat HRD menjadi pusing dan tidak tertarik ketika membaca Curriculum Vitae Anda.

4. Koreksi Curriculum Vitae Ulang

Cara keempat yang harus dilakukan adalah dengan mengoreksi Curriculum Vitae ulang. Sebelum mulai mencetak dan memasukkan Curriculum Vitae ke dalam amplop lamaran kerja, Anda wajib mengoreksinya terlebih dahulu. Usahakan jangan sampai ada ejaan kata yang salah.

5. Perhatian Setiap Curriculum Vitae yang Dibuat

Cara kelima yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan setiap Curriculum Vitae yang dibuat. Semakin sering Anda membuat Curriculum Vitae baru, maka lambat laun Anda akan menemukan yang terbaik. Oleh sebab itu, Anda bisa meminta bantuan analisis kepada teman.

Kesalahan – Kesalahan dalam Menulis CV

Kesalahan-Kesalahan-dalam-Menulis-CV

Bagi Anda para pemula yang akan membuat Curriculum Vitae, harus paham tentang kesalahan – kesalahan ketika menulis daftar riwayat hidup. Hal ini bertujuan agar Curriculum Vitae Anda dapat diterima secara langsung oleh pihak HRD perusahaan yang Anda lamar.

1. Salah Ketik Ejaan Kata

Kesalahan pertama adalah salah ketik ejaan kata. Adanya salah ketik dalam Curriculum Vitae Anda, termasuk dalam kurang telitinya Anda. Bila Anda melamar di sebuah jabatan yang mengutamakan ketelitian, maka Anda sudah gagal pada seleksi administrasi.

Usahakan sebelum mencetak Curriculum Vitae, Anda harus mengoreksi ulang setiap ejaan kata. Hal ini bertujuan agar Curriculum Vitae Anda bisa dilirik oleh pihak HRD dan Anda bisa lolos ke seleksi selanjutnya. Oleh sebab itu, jangan malas untuk mengoreksi ejaan kata dalam CV.

2. Salah Menggunakan Font

Kesalahan kedua adalah salah menggunakan font. Anda harus menggunakan font stAndar untuk menulis Curriculum Vitae Anda. Mulai dari jenis font Georgia, Arial, Roboto, Calibri, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar Curriculum Vitae Anda dapat terbaca dengan jelas oleh HRD.

Hindari membuat Curriculum Vitae dengan jenis font yang tergolong tidak formal. Hal ini karena Anda akan dianggap sebagai pelamar yang tidak paham dalam pembuatan Curriculum Vitae. Oleh sebab itu, usahakan gunakan font yang tergolong standar dalam membuat Curriculum Vitae.

3. Salah Mengetik Email atau Nomor Telepon

Kesalahan ketiga adalah salah mengetik email atau nomor telepon. Kesalahan ini sangatlah fatal bila Anda lakukan. Hal ini karena Anda tidak akan pernah dihubungi perusahaan yang dilamar, meskipun Anda lolos ke tahap seleksi berikutnya. Oleh sebab itu, usahakan untuk koreksi ulang.

Perlu diingat bahwa sebelum Anda mulai mencetak Curriculum Vitae, usahakan untuk mengoreksinya terlebih dahulu. Pastikan tulisan dalam Curriculum Vitae Anda tidak ada salah dalam ejaan kata sedikitpun. Hal ini karena kesalahan tersebut, akan merugikan Anda sendiri.

4. Penggunaan Bahasa Tidak Baku

Kesalahan keempat adalah berbahasa tidak baku. Pembuatan Curriculum Vitae harus dilakukan dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini karena Curriculum Vitae tergolong dalam dokumen formal yang harus ditulis dengan Bahasa Baku yang sesuai Ejaan Yang Disempurnakan.

Hingga kini masih banyak para pelamar yang membuat Curriculum Vitae dengan bahasa sehari – hari dan tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Alhasil banyak para pelamar yang gugur dalam seleksi administrasi. Kondisi ini sungguh sangat disayangkan masih banyak terjadi.

5. Mencantumkan Informasi yang Tidak Relevan

Kesalahan kelima adalah dengan mencantumkan informasi yang tidak relevan. Usahakan untuk membuat Curriculum Vitae secara singkat dan jelas saja. Hal ini karena pihak HRD perusahaan tidak memiliki banyak waktu untuk membaca Curriculum Vitae Anda secara detail.

Perlu Anda ketahui bahwa pihak HRD perusahaan, hanya memiliki waktu maksimal 6 detik dalam membaca setiap Curriculum Vitae pelamar kerja. Bila pihak HRD perusahaan membaca Curriculum Vitae lebih dari 6 menit, maka sudah dapat dipastikan bahwa pemiliknya lolos.

6. Halaman Curriculum Vitae Terlalu Banyak

Kesalahan keenam adalah halaman Curriculum Vitae terlalu banyak. Usahakan untuk membuat Curriculum Vitae hanya beberapa lembar saja. Hal ini bertujuan agar pihak HRD tidak malas membaca Curriculum Vitae Anda. Namun jangan buat CV yang terlalu simpel dan sederhana.

Bagi Anda yang masih fresh graduate, Anda bisa membuat satu halaman Curriculum Vitae saja. Kemudian bila Anda memiliki pengalaman kerja hingga 10 tahun, Anda membuat dua halaman Curriculum Vitae. Lalu bila Anda berpengalaman hingga 20 tahun, Anda bisa buat tiga halaman.

7. Menggunakan Foto Tidak Resmi

Kesalahan ketujuh adalah dengan menggunakan foto tidak resmi. Perlu diingat bahwa Curriculum Vitae adalah dokumen resmi. Jadi Anda harus menggunakan foto resmi dan terbaru. Hingga kini masih banyak dijumpai para pelamar yang menggunakan foto asal – asalan atau tidak resmi.

Ada beberapa pelamar kerja yang gagal dalam melamar kerja, karena menyepelekan penggunaan foto dalam Curriculum Vitae. Padahal Curriculum Vitae tergolong dalam dokumen formal yang menentukan kepribadian para pelamar kerja. Maka Anda harus berhati – hati.

8. Menuliskan Informasi Bohong

Kesalahan kedelapan adalah dengan menuliskan informasi bohong. Kebohongan tersebut akan merugikan Anda sendiri, bila lolos nanti. Pastinya kondisi ini akan menyulitkan Anda di tempat kerja baru. Alhasil Anda bisa berakhir dipecat, karena Anda sudah melakukan kesalahan fatal.

Perlu Anda ingat bahwa dalam menuliskan Curriculum Vitae, harus sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Bila Anda memiliki kemampuan dalam berbagai bidang, maka Anda jelaskan secara singkat dan jelas. Begitu juga dengan pendidikan formal, pengalaman kerja, dan informasi lain.

9. Hanya Menjelaskan Tugas yang Dikerjakan

Kesalahan kesembilan adalah hanya menjelaskan tugas yang dikerjakan. Perlu Anda ketahui bahwa pihak HRD perusahaan yang Anda lamar, ingin mengetahui hasil kerja Anda selama ini. Oleh sebab itu, Anda harus menjelaskan hasil pekerjaan Anda selama ini secara singkat dan jelas.

Bila Anda bingung dengan cara pembuatannya, Anda bisa mencari referensi contoh cv lamaran kerja di internet. Pastinya Anda akan banyak mendapatkan informasi baru tentang cara mendeskripsikan hasil kerja Anda selama ini, di dalam Curriculum Vitae Anda.

10. Menggunakan CV untuk Semua Lamaran

Kesalahan kesepuluh adalah dengan menggunakan semua CV untuk semua lamaran. Usahakan untuk menggunakan Curriculum Vitae sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini karena ada beberapa poin yang dianggap tidak relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

Misalnya Anda akan melamar di bank, maka Anda harus menjelaskan kemampuan Anda yang sesuai dengan budaya kerja di sana. Mulai dari teliti, jujur, dapat bekerja secara tim, dan lainnya. Kemampuan tersebut tentu berbeda bila Anda melamar kerja di restoran atau cafe.

11. Mengirim Curriculum Vitae ke Semua Alamat

Kesalahan kesebelas adalah dengan mengirimkan Curriculum Vitae ke semua alamat. Usahakan untuk mengirimkan Curriculum Vitae ke salah satu alamat HRD perusahaan yang Anda lamar saja. Misalnya mengirimkan CV melalui email, maka tidak perlu mengirim menggunakan doc.

Bentuk kesalahan mengirim CV ke semua alamat, banyak diterapkan kandidat. Sehingga HRD menilai Anda tidak konsisten. Alhasil Anda terancam tidak lolos pada tahap seleksi selanjutnya. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengirim Curriculum Vitae ke salah satu alamat HRD saja.

12. Lupa Mengisi Judul Email

Kesalahan kedua belas adalah lupa mengisi judul email. Seringkali para pelamar kerja lupa dalam menuliskan judul email. Alhasil email lamaran kerja tersebut, dianggap sebagai spam dan berakhir dengan dihapus. Kondisi ini akan sangat merugikan Anda sebagai pelamar kerja.

Anda bisa menuliskan judul email dengan susunan Curriculum Vitae, nama lengkap Anda, jabatan yang Anda lamar. Dengan begitu, lamaran Anda tidak akan dianggap spam oleh pihak HRD perusahaan yang Anda lamar. Sehingga anda bisa lolos di perusahaan yang dilamar.

13. Lupa Menuliskan Tujuan CV di Email

Kesalahan ketiga belas adalah lupa menuliskan tujuan CV di email. Usahakan jangan sampai lupa dalam menuliskan tujuan Curriculum Vitae Anda dibuat. Hal ini karena penulisan tujuan Curriculum Vitae tersebut, tergolong dalam etika dalam berkirim email.

Bila Anda bingung cara pembuatannya, Anda bisa mencari referensi di internet tentang contoh cv terbaru. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi seputar cara mengirim Curriculum Vitae melalui email. Pastinya Anda tidak akan kebingungan lagi ketika hendak melamar kerja.

14. Lupa Mengisi Body Email

Kesalahan keempat belas adalah lupa mengisi body email. Usahakan jangan sampai lupa mengisi body email. Bila Anda lupa menuliskan body email, maka Anda tergolong tidak sopan dalam melamar pekerjaan. Apalagi bila Anda lupa menuliskan salam pembuka, pasti tidak lolos.

Oleh sebab itu, Anda wajib mencari informasi dalam mengirim Curriculum Vitae melalui email. Hal ini bertujuan agar Anda paham tentang tata cara mengirim Curriculum Vitae melalui email. Dengan begitu, Anda memiliki peluang besar untuk bisa lolos dan bekerja di perusahaan besar.

15. Lupa Melampirkan Curriculum Vitae

Kesalahan kelima belas adalah lupa melampirkan Curriculum Vitae. Ketika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Usahakan jangan sampai lupa dalam melampirkan Curriculum Vitae. Kondisi ini tergolong sangatlah fatal dalam dunia melamar pekerjaan.

Bila Anda lupa mengirimkan Curriculum Vitae, maka pihak HRD tidak tahu akan mengenal identitas Anda dari mana. Dengan adanya Curriculum Vitae, Anda bisa dikenal oleh pihak HRD. Dengan begitu Anda memiliki peluang besar untuk bisa lolos dan bekerja di perusahaan besar.

Bagi Anda yang masih bingung dengan pembuatan Curriculum Vitae, ada beberapa contoh daftar riwayat hidup yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan begitu, Anda dapat membuat Curriculum Vitae sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga Yuk: Surat Undangan

Contoh CV Bahasa Indonesia

Kumpulan-Contoh-CV-yang-Menarik

Ada berbagai macam contoh CV Bahasa Indonesia di internet. Anda bisa menjadikan contoh – contoh tersebut sebagai referensi anda.

a. Contoh CV Pelaut

Contoh 1 :

Curriculum Vitae

 

Identitas Diri

Nama : Wahyu Indra Pamungkas

Tempat dan tanggal lahir : Malang, 1 November 1990

Kebangsaan : Indonesia

Jenis kelamin : Laki – laki

Status pernikahan : Belum menikah

Alamat : Jalan Kebangsaan Timur Raya Nomor 20, Malang

Nomor telepon : 098763822973

Sertifikat Kompetensi

No Nama Dokumen No. Sertifikat Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Sertifikat Pengawasan Navigasi No. 99864411233 Bandung, 1 Juni 2012

Sertifikat Kemahiran

No Nama Dokumen No. Sertifikat Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Sertifikat Pelatihan Keselamatan Dasar No. 1165528933 Bali, 10 April 2012
2 Kecakapan dalam Kerajinan Bertahan Hidup dan Kapal Penyelamat No. 88399921 Bali, 11 Juni 2012
3 Sosialisasi Kapal Tanker No. 993688861 Bali, 6 November 2012

Layanan Kelautan / Pengalaman

No. Kapal Tipe Ranking Periode Bendera
1 Permata Sari Tanker Kelasi 11.11.2012 – 15.01.2013 Indonesia
2 Wahyu Kencana Container AB 01.09.2004 – 20.03.2005 Indonesia
3 VPM Lenux 1 Dredging AB 12.11.2005 – 10.07.2006 Amerika
4 JK Cahaya Permai Oil Tanker AB 16.09.2007 – 17.02.2008 China
5 De Jum 002 Supply AB 07.02.2009 – 02.09.2009 Singapore

Sertifikat Penyelesaian

No Nama Dokumen Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Dasar – Dasar Kompas Singapore, 10 Juni 2013

Pelaut / Buku Debit

Nomor : W.00922

Dikeluarkan : 01 Januari 2013

Berlaku sampai : 01 Januari 2016

Passport

Nomor Passport : R.9988872

Dikeluarkan : 08 Mei 2015

Berlaku sampai : 08 Mei 2020

Contoh 2 :

Curriculum Vitae

Identitas Diri

Nama : Bima Irawan Soleh

Tempat dan tanggal lahir : Pasuruan, 11 Januari 1990

Kebangsaan : Indonesia

Jenis kelamin : Laki – laki

Status pernikahan : Belum menikah

Alamat : Jalan Bunga Rafflesia Nomor 52, Pasuruan

Nomor telepon : 087554731267

Sertifikat Kompetensi

No Nama Dokumen No. Sertifikat Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Sertifikat Pengawasan Navigasi No. 1003776 Bali, 30 Januari 2012

Sertifikat Kemahiran

No Nama Dokumen No. Sertifikat Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Sertifikat Pelatihan Keselamatan Dasar No. 10092345 Medan, 1 Desember 2011
2 Kecakapan dalam Kerajinan Bertahan Hidup dan Kapal Penyelamat No. 08873629 Medan, 10 April 2011
3 Sosialisasi Kapal Tanker No. 99000345 Bali, 1 Januari 2012

Layanan Kelautan / Pengalaman

No. Kapal Tipe Ranking Periode Bendera
1 Permata Sari Tanker Kelasi 11.11.2012 – 15.01.2013 Indonesia
2 Wahyu Kencana Container AB 01.09.2004 – 20.03.2005 Indonesia
3 VPM Lenux 1 Dredging AB 12.11.2005 – 10.07.2006 Amerika
4 JK Cahaya Permai Oil Tanker AB 16.09.2007 – 17.02.2008 China
5 De Jum 002 Supply AB 07.02.2009 – 02.09.2009 Singapore

Sertifikat Penyelesaian

No Nama Dokumen Tempat & Tanggal Pelaksanaan
1 Arah Mata Angin Laut Indonesia, 10 Desember 2014

Pelaut / Buku Debit

Nomor : W.00922

Dikeluarkan : 01 Januari 2013

Berlaku sampai : 01 Januari 2016

Passport

Nomor Passport : R.9988872

Dikeluarkan : 08 Mei 2015

Berlaku sampai : 08 Mei 2020

b. Contoh CV untuk Taaruf

Contoh 1 :

Curriculum Vitae Ta’aruf

Khoiri Ilham Ibnu Firmansyah, S.Sos

Tempat Bekerja : PT. Maju Jaya Malang

Nomor Telepon : 08922817384123

Agama : Islam

Alamat Domisili : Jl. Kanca Marga Selatan Nomor 53, Malang

Provinsi : Jawa Timur

Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 1 Januari 1990

Status Nikah : Belum Menikah

Suku : Jawa

Golongan Darah : O

Nomor KTP : 9088273664910001

Rumus Sidik Jari : 20 0 10A

Gambaran Fisik

Bentuk Fisik : Normal

Warna Kulit : Sawo Matang

Tipe Rambut : Kriting

Warna Rambut : Pirang

Warna Mata : Coklat

Cacat Fisik : Tidak Ada

Tinggi Badan : 175 Cm

Berat Badan : 70 Kg

Olahraga Digemari : Futsal

Riwayat Penyakit : Tidak Ada

Tanda Lahir / Ciri Khas : Tahi Lalat di Dahi

Latar Pendidikan

Jenjang Jurusan Tahun Lulus
S1 Ilmu Pemerintahan 2018
S2 Kebijakan Publik 2020

Gambaran Pribadi

Motto : Menjalani hidup sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Target Hidup : Selalu menempatkan posisi sesuai Syariat Islam.

Penghargaan : Pemberian beasiswa S2 di salah satu Universitas Malang.

Hobi : Membaca buku.

Kegiatan Sehari – Hari : Mengajar ngaji dan membaca buku.

Hal Disukai : Ilmu Agama Islam dan Teknologi.

Sikap Positif : Suka dengan hal baru.

Sikap Negatif : Tidak dapat berkonsentrasi dalam keadaan ramai dan gaduh.

Merokok : Tidak

Riwayat Pengalaman

Bidang Perusahaan Tahun Posisi sebagai
Pekerjaan PT. Air Minum Sehat 2009 Arsitektur
Pekerjaan CV. Maju Jaya 2009 Editor
Pekerjaan Koperasi Simpan Pinjam 2010 Arsitektur
Kepanitiaan UKM Teater 2010 Fotografer
Organisasi UKM Teater 2010 Sekretaris

Contoh 2 :

Curriculum Vitae Ta’aruf

Indah Kalalo Indun, S.T

Tempat Bekerja : Perusahaan Air Minum Segar

Nomor Telepon : 08766583023

Agama : Islam

Alamat Domisili : Jl. Bunga Andong Nomer 1, Pasuruan

Provinsi : Jawa Timur

Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 10 Januari 1992

Status Nikah : Belum Menikah

Suku : Jawa

Golongan Darah : AB

Nomor KTP : 908122300970001

Rumus Sidik Jari : 10 O 11B

Gambaran Fisik

Bentuk Fisik : Normal

Warna Kulit : Kuning Langsat

Tipe Rambut : Lurus

Warna Rambut : Hitam

Warna Mata : Hitam

Cacat Fisik : Tidak Ada

Tinggi Badan : 150 Cm

Berat Badan : 66 Kg

Olahraga Digemari : Bersepeda

Riwayat Penyakit : Tidak Ada

Tanda Lahir / Ciri Khas : TAnda lahir di pergelangan tangan

Latar Pendidikan

Jenjang Jurusan Tahun Lulus
S1 Pendidikan Sekolah Dasar 2010
S2 Perkembangan Anak 2016

Gambaran Pribadi

Motto : Menjalani hidup sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Target Hidup : Selalu menempatkan posisi sesuai Syariat Islam.

Penghargaan : Pemberian beasiswa S2 di salah satu Universitas Malang.

Hobi : Membaca buku.

Kegiatan Sehari – Hari : Mengajar ngaji dan membaca buku.

Hal Disukai : Ilmu Agama Islam dan Teknologi.

Sikap Positif : Suka dengan hal baru.

Sikap Negatif : Tidak dapat berkonsentrasi dalam keadaan ramai dan gaduh.

Merokok : Tidak

Riwayat Pengalaman

Bidang Perusahaan Tahun Posisi sebagai
Pekerjaan PT. Air Minum Sehat 2009 Arsitektur
Pekerjaan CV. Maju Jaya 2009 Editor
Pekerjaan Koperasi Simpan Pinjam 2010 Arsitektur
Kepanitiaan UKM Teater 2010 Fotografer
Organisasi UKM Teater 2010 Sekretaris

c. Contoh CV Guru

Contoh 1 :

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama : Putra Dwi Nugroho

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 3 Juli 1990

Alamat : Jalan Anggrek Putih Nomor 11, Makassar

No Hp : 081230987533

Jenis Kelamin : Laki – laki

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobi : Membaca

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Makassar

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Negeri 3 Makassar
  • 1990 – 2001 SMP Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 SMA Wisma Makassar
  • 2004 – 2010 Fakultas Keguruan Universitas Makassar

Pendidikan Non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Mengajar
  • Kursus Komputer

Pengalaman Kerja

  • Guru PAUD Kusuma Indra Bangsa 2009 – 2012
  • Pengajar Bimbingan Menggambar 2010 – 2014
  • Guru TK Taman Bersatu Makassar 2014 – 2017
  • Guru SD Negeri Pelita Kusuma 2018 – sekarang

Prestasi

  • Lomba menggambar khusus Guru Paud se – Makassar Juara 1 Tahun 2010
  • Lomba Paduan Suara Se Indonesia Juara 2 Tahun 2011
  • Lomba Pelatih Drum Band SD Juara Umum Tahun 2018
  • Lomba Menari Guru Juara 2 Tahun 2018

Contoh 2 :

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama : Ima Musdalifah Dini

Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 30 Mei 1990

Alamat : Jalan Bunga Teratai Tengah Nomor 11, Surabaya

No Hp : 08100862812

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : imamusda@gmail.com

Hobi : Membaca

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Surabaya

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Negeri 3 Surabaya
  • 1990 – 2001 SMP Pelita Surabaya
  • 2001 – 2004 SMA Wisma Surabaya
  • 2004 – 2010 S1 Pendidikan Fakultas Keguruan Universitas Surabaya

Pendidikan Non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Mengajar
  • Kursus Komputer

Pengalaman Kerja

  • Guru PAUD Kusuma Indra Bangsa 2009 – 2012
  • Pengajar Bimbingan Menggambar 2010 – 2014
  • Guru TK Taman Bersatu Makassar 2014 – 2017
  • Guru SD Negeri Pelita Kusuma 2018 – sekarang

Prestasi

  • Lomba mewarnai 100 gambar se – Jawa Timur Juara 1 Tahun 2010
  • Lomba cerdas cermat dalam rangka Hari Pendidikan Juara 2 Tahun 2011
  • Lomba Pelatih Drum Band SD Juara Umum Tahun 2018
  • Lomba Menari Guru Juara 2 Tahun 2018

d. Contoh CV Fresh Graduate

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Renatta Putri Khalisa

Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 1 April 1990

Alamat : Jalan Indah Kenanga Gang 8 Nomor 22, Surabaya

No Hp : 081287656933

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : renattaputrikhalisa@gmail.com

Hobi : Belanja

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Tata Boga, Universitas Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992 – 1998 SD Negeri 13 Pandean Surabaya
  • 1998 – 2001 SMP Permata Surabaya
  • 2001 – 2004 SMA Negeri 20 Malang
  • 2004 – 2010 S1 Tata Boga, Universitas Surabaya

PENDIDIKAN INFORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris di LSS Independen Course
  • Kursus Komputer berupa Microsoft Office di Dua Dunia Course
  • Kursus membuat kue di Ubuntu Course

PRESTASI

  • Lomba membuat kue terbesar Peringkat 1 Tahun 2010
  • Karya Ilmiah Remaja Tingkat Perguruan Tinggi Juara 2 Tahun 2012
  • Lomba merangkai bunga di pot di Universitas Poltekes Juara 1 Tahun 2012

e. Contoh CV untuk Kerja di Bank

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Muhammad Iqbal Jakariya

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 15 April 1990

Kewarganegaraan : Indonesia

HP : 08122211233

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Status Perkawinan : Belum Menikah

Agama   : Islam

Kesehatan : Baik

Alamat Lengkap : Jalan Buah Palem Gang 2 Nomor 1, Bali

Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bandung

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • 1997 – 2000 : SD Negeri 12 Badung
  • 2000 – 2003 : SMP Negeri 1 Badung
  • 2003 – 2006 : SMA Perlitas 2 Badung
  • 2006 – 2013 : S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bandung

PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di PT. BANK AOLA Tbk. Malang Sebagai Sales Januari 2013 – April 2016
  • Bekerja di KSP Primadona Bandung sebagai Customer Servis Mei 2016 – Februari 2018
  • Bekerja di PT. Maju Jaya Group sebagai Kepala Marketing Februari 2018 – Sekarang

PRESTASI

  • Juara Renang dalam acara PON Jawa (2010)
  • Atlet Senam Lantai Provinsi Jawa Timur ( 2009 – 2015 )
  • Seleksi Atlet Remaja Cabor Renang ( 2017 – 2020 )
  • Juara Bela Diri Antar Universitas se – Indonesia Universitas Bandung (2010)

f. Contoh CV Satpam

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Nugraha Dwi Nurcahyo

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 16 Juli 1996

Alamat : Jalan Kembang Kamboja Gang 8 Nomor 32

No Hp : 08124766234

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : nugrahadwinurcahyo96@gmail.com

Hobi : Membaca, Fotografi, dan Bela Diri

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : SMK Negeri 1 Bandung

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1997 – 2003 SD Negeri 1 Bandung
  • 2003 – 2007 SMP Kusuma Bangsa Malang
  • 2007 – 2010 SMK Negeri 1 Bandung

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • 2009 Pendidikan Dan Pelatihan Satpam di Bandung
  • 2010 Kursus Bahasa Inggris di Dudu Course

PENGALAMAN KERJA

  • Penjaga Sekolah di SD Negeri 10 Bandung Tahun 2012
  • Operator Fotokopi di Swalayan Gado Satu Tahun 2013
  • Satpam Rumah Bersalin Permata Indah Tahun 2014 – Sekarang

PRESTASI

  • Kejuaraan Perisai Diri Se – Indonesia Peringkat 1 Tahun 2010
  • Lomba Renang Gaya Bebas Nasional Juara 1 Tahun 2012
  • Lomba Perisai Diri di Universitas Bandung Juara 1 Tahun 2012

g. Contoh CV Mahasiswa

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama : Kholina Widya Putri

Tempat, Tanggal Lahir : Pacitan, 11 Agustus 1990

Alamat : Jalan Kusuma Bangsa Nomor 52, Semarang

No Hp : 08987920092

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobi : Membaca, Fotografi, Menari

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Malang

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Kusuma Bangsa 1 Pacitan
  • 1990 – 2001 SMP Negeri 10 Pacitan
  • 2001 – 2004 SMA Wulu Ambu Barat 1 Pacitan
  • 2004 – 2010 S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Malang

Pendidikan Non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris di Permata Course Tahun 2009
  • Kursus Menari di Sanggar Wiloyu Utama Tahun 2009
  • Kursus Komputer di Rini Com Tahun 2010

Pengalaman Kerja

  • Barista Kopi di See You Cafe Tahun 2009 – 2012
  • Pengajar Bimbingan Belajar Tahun 2010 – 2014
  • Kepala Toko di Swalayan Laris Manis Tahun 2014 – 2017
  • Direktur Utama Kopi Oh Cafe Tahun 2018 – sekarang

Prestasi

  • Lomba cerdas cermat se – Universitas Juara 1 Tahun 2011
  • Lomba Tari Remo Se Indonesia Juara 1 Tahun 2012
  • Lomba Peracik Kopi Luwak Juara Umum Tahun 2013
  • Lomba Tari Saman Juara 2 Tahun 2014

h. Contoh CV Dokter

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Irma Kurnia Larasati

Tempat Tanggal Lahir : Tulungagung, 10 Agustus 1990

Alamat : Jalan Mustika Raya Nomor 21, Tulungagung

No Hp : 08124498876

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : irmakurnialarasati@gmail.com

Hobi : Membaca, Mengajar, Menari

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : D4 Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, Poltekes Mojokerto

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992 – 1998 SD Kusuma Indah 1 Tulungagung
  • 1998 – 2001 SMP Pelita Gintung Tulungagung
  • 2001 – 2004 SMA Negeri 2 Tulungagung
  • 2004 – 2010 D4 Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, Poltekes Mojokerto

PELATIHAN DAN SEMINAR

  • Pelatihan BCLS di UGD RS Kusuma Indah Tulungagung
  • Pelatihan EKG di RS Kusuma Permai Mojokerta

PENGALAMAN KERJA

  • Dokter Gigi di Puskesmas Tulungagung Tahun 2014
  • Dokter praktek pribadi Tahun 2015 – sekarang
  • Dokter pengganti di RSUD Tulungagung Tahun 2015 – sekarang

PRESTASI

  • Lomba Paduan Suara Tingkat Daerah Peringkat 1 Tahun 2010
  • Karya Ilmiah Remaja Se Jawa Timur Juara 1 Tahun 2011
  • Lomba Cerdas Cermat di Kota Malang Juara Umum Tahun 2011

i. Contoh CV PNS

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Olivia Wilona Wulandari

Tempat Tanggal Lahir : Probolinggo, 4 Desember 1990

Alamat : Jalan Kurma Jaya Nomor 1, Probolinggo

No Hp : 081244878864

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : oliviawilonawulandari@gmail.com

Hobi : Menulis

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Siswandi

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1998 – 2004 SD Negeri Kusuma 1 Probolinggo
  • 2004 – 2007 SMP Pelita Nusa 3 Probolinggo
  • 2010 – 2013 SMA Kusuma Indah 2 Probolinggo
  • 2013 – 2017 S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Siswandi

PRESTASI

  • Lomba membuat kue terbesar Peringkat 1 Tahun 2010
  • Karya Ilmiah Remaja Tingkat Perguruan Tinggi Juara 2 Tahun 2012
  • Lomba merangkai bunga di pot di Universitas Poltekes Juara 1 Tahun 2012

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh-CV-Bahasa-Inggris

Penulisan Curriculum Vitae dapat menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar Curriculum Vitae Anda dapat diterima oleh pihak HRD perusahaan yang Anda lamar. Namun jangan lupa untuk mendesain Curriculum Vitae dengan rapi dan menarik.

a. Contoh CV Bahasa Inggris Fresh Graduate

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DATA

Name : Renatta Putri Khalisa

Place, Date of Birth : Surabaya, April 1,1990

Address : Jalan Indah Kenanga Gang 8 Number 22, Surabaya

Mobile Number : 081287656933

Gender : Perempuan

Religion : Islam

Citizenship : Indonesia

Marital Status : Single

Email : renattaputrikhalisa@gmail.com

Hobbies : Shopping

Health : Good

Latest Education : Bachelor Catering, University of Surabaya

FORMAL EDUCATION

  • 1992 – 1998 Elementary School 13 Pandean Surabaya
  • 1998 – 2001 Junior High School Permata Surabaya
  • 2001 – 2004 Senior High School Negeri 20 Malang
  • 2004 – 2010 Bachelor Catering, University of Surabaya

INFORMAL EDUCATION

  • English Language Courses at the LSS Independent Course
  • Computer Courses in the form of Microsoft Office in Two World Course
  • The cake making course at Ubuntu Course

ACHIEVEMENT

  • The 1st biggest cake making contest in 2010
  • Juvenile College Scientific Work Second Place in 2012
  • Flower arrangement competition in pots at Poltekes University, 1st Place in 2012

Artinya :

Daftar Riwayat Hidup

DATA PRIBADI

Nama : Renatta Putri Khalisa

Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 1 April 1990

Alamat : Jalan Indah Kenanga Gang 8 Nomor 22, Surabaya

No Hp : 081287656933

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : renattaputrikhalisa@gmail.com

Hobi : Belanja

Kesehatan : Baik

Pendidikan Terakhir : S1 Tata Boga, Universitas Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992 – 1998 SD Negeri 13 Pandean Surabaya
  • 1998 – 2001 SMP Permata Surabaya
  • 2001 – 2004 SMA Negeri 20 Malang
  • 2004 – 2010 S1 Tata Boga, Universitas Surabaya

PENDIDIKAN INFORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris di LSS Independen Course
  • Kursus Komputer berupa Microsoft Office di Dua Dunia Course
  • Kursus membuat kue di Ubuntu Course

PRESTASI

  • Lomba membuat kue terbesar Peringkat 1 Tahun 2010
  • Karya Ilmiah Remaja Tingkat Perguruan Tinggi Juara 2 Tahun 2012
  • Lomba merangkai bunga di pot di Universitas Poltekes Juara 1 Tahun 2012

b. Contoh CV Bahasa Inggris Perawat

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Name : Irma Kurnia Larasati

Date Of Birth : Tulungagung, August 10, 1990

Address : Jln. Mustika Raya Number 21, Tulungagung

Handphone : 081244988769

Gender : Female

Religion : Islam

Citizenship : Indonesia

Marital Status : Single

Email : irmakurnialarasati@gmail.com

Hobby : Reading

Health : Good

Education : Bachelor of nursing, Mojokerto University

Education

  • 1986 – 1989 Elementary School 3 Makassar
  • 1990 – 2001 Junior High School Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 Senior High School Wisma Makassar
  • 2004 – 2010 Bachelor of nursing, Mojokerto University
  • English Course
  • Tradisional Dance Course
  • Computer Course

Pengalaman Kerja

  • Nurse in The RSUD Kusuma Indra Bangsa 2009 – 2012
  • Open a private  2010 – 2014
  • Nurse in The Taman Bersatu Makassar 2014 – 2017
  • Nurse in The Pelita Kusuma 2018 – present

Prestasi

  • Quiz contest in the framework of health day Champion 1 of 2010
  • Healthy food cooking competition 2nd place in 2011
  • Competition to handle patients in the General Champion in 2018
  • Drug mix contest in the second place in 2018

Artinya :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama : Irma Kurnia Larasati

Tempat, Tanggal Lahir : Tulungagung, Agust 10, 1990

Alamat : Jln. Mustika Raya Nomor 21, Tulungagung

No. HP : 081244988769

Jenis Kelamin : Female

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status Pernikahan : Single

Email : irmakurnialarasati@gmail.com

Hobi : Reading

Kesehatan : Good

Pendidikan Terakhir : S1 Keperawatan, Universitas Mojokerto

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Negeri 3 Makassar
  • 1990 – 2001 SMP Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 SMA Wisma Makassar
  • 2004 – 2010 S1 Keperawatan, Universitas Mojokerto
  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Tari Tradisional
  • Kursus Komputer

Pengalaman Kerja

  • Perawat di RSUD Kusuma Indra Bangsa 2009 – 2012
  • Perawat yang buka praktek pribadi  2010 – 2014
  • Perawat di Klinik Taman Bersatu Makassar 2014 – 2017
  • Perawat di Pelita Kusuma 2018 – present

Prestasi

  • Lomba cerdas cermat untuk memperingati hari kesehatan nasional juara 1 tahun 2010
  • Lomba memasak makanan sehat juara 2 tahun 2011
  • Lomba mengobati pasien juara umum tahun 2018
  • Lomba meracik obat juara 2 tahun 2018

c. Contoh CV Bahasa Inggris Lulusan SMK

CURRICULUM VITAE

 

PERSONAL DATA

Name : Putra Dwi Nugroho

Place, Date of Birth : Makassar, July 3, 1990

Address : Jln. Anggrek Putih Number 11, Makassar

Mobile Number : 081230987533

Gender : Male

Religion : Islam

Citizenship : Indonesia

Marital Status : Single

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobby : Reading

Health : Good

Last Education : SMK Negeri 2 Makassar, Department of Mechanical Engineering

FORMAL EDUCATION

  • 1986 – 1989 Elementary School 3 Makassar
  • 1990 – 2001 Junior High School Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 Senior High School 2 Makassar, Jurusan Teknik Mesin

INFORMAL EDUCATION

  • English language courses
  • Teaching Courses
  • Computer courses

WORK EXPERIENCE

  • Employees of Kusuma Indra Bangsa 2009 – 2012
  • Employee CV. Indah Jaya in 2010 – 2014
  • Diesel engine technicians in 2014 – 2017
  • Engineers at Pelita Kusuma Company in 2018 – present

ACHIEVEMENT

  • Car engine modification contests – Makassar 1st Place in 2010
  • Contest to create multifunctional equipment in the framework of educational day Champion 2 of 2011
  • Competition to create a diesel engine General Champion in 2018
  • Quiz Champion 2 in 2018

Artinya :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Identitas Pribadi

Nama : Putra Dwi Nugroho

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 3 Juli, 1990

Alamat : Jln. Anggrek Putih Number 11, Makassar

No. Ho : 081230987533

Jenis Kelamin : Male

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status Pernikahan : Single

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobi : Membaca

Kesehatan : Sehat

Pendidikan Terakhir : SMK Negeri 2 Makassar, Jurusan Teknik Mesin

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Negeri 3 Makassar
  • 1990 – 2001 SMP Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 SMA 2 Makassar, Jurusan Teknik Mesin

Pendidikan Informal

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Tari Tradisional
  • Kursus Komputer

Pengalaman Kerja

  • Pegawai bengkel Kusuma Indra Bangsa tahun 2009 – 2012
  • Pegawai bengkel CV. Indah Jaya tahun 2010 – 2014
  • Teknisi Mesin Diesel tahun 2014 – 2017
  • Teknis mesin di Pelita Kusuma Company in 2018 – sekarang

Prestasi

  • Lomba modifikasi mesin mobil di Makassar juara 1 tahun 2010
  • Lomba membuat mesin mobil dalam rangka hari pendidikan juara 2 tahun 2011
  • Lomba membuat mesin diesel juara umum tahun 2018
  • Lomba cerdas cermat juara 2 tahun 2018

Contoh CV Bahasa Inggris Manajemen

CURRICULUM VITAE

Personal Data

Name : Putra Dwi Nugroho

Place, Date of Birth : Makassar,  July 3, 1990

Address : Jln. Anggrek Putih Nomor 11, Makassar

Mobile Number : 081230987533

Gender : Laki – laki

Religion : Islam

Citizenship : Indonesia

Marital Status : Single

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobby : Reading

Health : Good

Latest Education : Bachelor Management Faculty of Economics, Makassar University

Formal Education

  • 1986 – 1989 Elementary School 3 Makassar
  • 1990 – 2001 Junior High School Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 Senior High School Wisma Makassar
  • 2004 – 2010 Bachelor Management Faculty of Economics, Makassar University

Informal Education

  • English language courses
  • Teaching Courses
  • Computer courses

Work Experience

  • Hotel Manager Kusuma Indra Nation 2009 – 2012
  • Indi Cafe Manager, 2010 – 2014
  • Managers of Makassar Special Cuisine Restaurants 2014 – 2017
  • Manager of Pelita Kusuma Drinking Water Company 2018 – present

Achievement

  • Quiz contest in Malang 1st Place in 2010
  • Choir competition in the framework of education day Champion 2 of 2011
  • General Champion Casual Fashion Competition in 2018
  • Remo Dance Champion 2 in 2018

Artinya :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Identitas diri

Nama : Putra Dwi Nugroho

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 3 Juli, 1990

Alamat : Jln. Anggrek Putih Number 11, Makassar

No. Ho : 081230987533

Jenis Kelamin : Male

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status Pernikahan : Single

Email : putradwinugroho@gmail.com

Hobi : Membaca

Kesehatan : Sehat

Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Makassar

Pendidikan Formal

  • 1986 – 1989 SD Negeri 3 Makassar
  • 1990 – 2001 SMP Pelita Makassar
  • 2001 – 2004 SMA Wisma Makassar
  • 2004 – 2010 SMK Negeri 2 Makassar, Jurusan Teknik Mesin

Pendidikan Informal

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Mengajar
  • Kursus Komputer

Pengalaman Kerja

  • Manajer Hotel Kusuma Indra Nation 2009 – 2012
  • Manajer Indi Cafe tahun 2010 – 2014
  • Manajer Restoran masakan siap saji tahun 2014 – 2017
  • Manajer Perusahaan Air Minum Pelita Kusuma 2018 – sekarang

Prestasi

  • Lomba cerdas cermat juara 1 tahun 2010
  • Lomba paduan suara di hari pendidikan juara 2 tahun 2011
  • Lomba pembuatan busana kasual di tahun 2018
  • Lomba tari remo juara 2 tahun 2018

Contoh CV Tulis Tangan

Pembuatan Curriculum Vitae tidak harus Anda ketik di dalam PDF dan word. Anda juga bisa membuat Curriculum Vitae secara manual atau biasa dikenal dengan tulis tangan. Namun perlu Anda ingat bahwa dalam membuat Curriculum Vitae secara manual, harus rapi dan menarik.

Contoh-CV-Tulis-Tangan

contoh-cv-tulis-tangan-2

Pembuatan Curriculum Vitae sangat diperlukan ketika melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda harus mencari referensi contoh CV di internet.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui pembuatan Curriculum Vitae yang dapat menarik perhatian HRD perusahaan. Setelah mengetahui berbagai contoh cv, jangan lupa untuk mempraktekannya ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *