Contoh Essay Ilmiah, Pendidikan, LPDP, Ekonomi, B. Inggris (LENGKAP)

14 min read

contoh-essay

Montaigne adalah filsafat yang berasal dari Perancis yang telah mengenalkan essay. Di Indonesia sendiri, essay ditulis dan diperkenalkan untuk pertama kali oleh H.B Jassin. Contoh essay banyak berada di internet yang rata-rata adalah ide dan pemikiran penulis.

Dalam essay banyak opini yang dituliskan sehingga menjadi wadah berekspresi oleh kebanyakan orang, bahkan lomba essay banyak dibuat dan banyak yang mengikutinya. Hal tersebut memberikan motivasi untuk terus berkarya dan menulis lewat essay yang menarik.

Pengertian Essay

Pengertian-Essay

Essay merupakan tulisan yang menjadi wadah untuk memvisualkan pemikiran dan ide dari penulis mengenai suatu subjek tertentu yang akan diberikan sebuah penilaian. Dalam penulisan essay haruslah logis dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Argumen adalah opini yang sering diungkapkan dalam essay dalam suatu permasalahan yang sedang dibahas. Bahkan penulis bisa saja mengungkapkan seluruh argumennya dalam sebuah essay baik itu argumen positif atau kritik yang membangun.

Fakta merupakan alat yang bisa digunakan untuk memperkuat opini yang dituliskan di essay. Pendukung berupa fakta berita dan angka akan menjadikan essay lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Tujuan/Fungsi Essay

Tujuan-Fungsi-Essay

Essay yang Anda tulis pastinya harus memiliki tujuan/fungsi yang bermanfaat bagi para pembaca. Pada dasarnya, essay berfungsi sebagai berikut.

a. Meyakinkan Para Pembaca

Keyakinan pembaca dapat dibentuk dengan diberikannya argumen pada setiap essay yang dituliskan. Namun, argumen tersebut seharusnya memiliki sumber yang jelas sehingga dapat dikatakan bahwa essay yang ditulis memiliki fakta yang nyata.

Selain itu, dengan adanya data dan fakta akan memperkuat opini yang telah dituliskan sehingga tidak terlihat seperti omong kosong atau opini yang tidak berdasar.

b. Menerima Pendapat Penulis

Jika sebagai penulis essay, Anda bisa memberikan argumen dan opini. Maka sebaiknya memiliki sudut pandang yang luas dan bisa menulis essay dari beberapa sudut pandang.

Dengan melakukan hal tersebut akan membuat para pembaca nyaman dalam membaca essay yang Anda tulis. Pemikiran yang terbuka dan tidak kaku harus dimiliki jika ingin menulis essay dengan didukung beberapa data dan fakta untuk menguatkan.

Struktur dalam Essay

Struktur-dalam-Essay

Dalam penulisan essay terdapat struktur yang membantu untuk memudahkan penyampaian penulisan kepada pembaca.

1. Pengantar

Paragraf 1 dan 2 umumnya memberikan sebuah pengantar yang memberikan info mengenai apa, di mana, dan kapan sebuah topik yang sedang dibahas. Namun, terkadang dalam pengantar hanya mengarahkan pembaca kepada tema apa yang akan dibahas.

Beberapa hal yang bisa dituliskan dalam pengantar adalah definisi dari permasalahan, pembatasan sebuah asumsi, tujuan penulisan, dan beberapa istilah teknis yang akan digunakan dalam essay. Dengan begitu akan memberikan gambaran jelas kepada para pembaca.

2. Pembahasan

Dalam pembahasan beberapa mengungkapkan sebuah fakta dan bukti yang bisa diberikan seperti teori-teori, penelitian yang relevan, dan contoh yang masuk akal dan relevan dengan tema essay.

Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan beberapa penyisipan opini pribadi berupa pro atau kontra. Opini tersebut dalam didukung oleh beberapa contoh praktis, contoh dari media, ataupun contoh dari pengalaman pribadi.

Essay yang bagus adalah essay yang memiliki pembahasan secara terperinci, sistematis, dan sebisa mungkin tidak terbantahkan dengan catatan apa yang dituliskan adalah sesuatu yang benar.

3. Penutup

Penutup merupakan sebuah kesimpulan dari berbagai masalah dan jawabannya yang dijelaskan dalam isi essay. Bahkan, Anda bisa menyisipkan sebuah argumentasi yang kuat dan penuh dukungan dari pembahasan yang telah tertulis sebelumnya.

Jenis-jenis Essay

Jenis-jenis-Essay

Essay memiliki beberapa tujuan berbeda sesuai dengan jenis dari essay tersebut. Oleh karena itu, berikut adalah jenis essay yang sering digunakan dan harus Anda ketahui.

1. Essay Deskriptif

Essay ini ditulis untuk mendeskripsikan sesuatu berupa benda atau orang yang menarik dan memiliki tujuan tertentu, dinamakan essay deskriptif sehingga penulis harus bisa menggambarkan secara jelas dan mudah dibayangkan oleh pembaca.

2. Essay Argumentatif

Argumen merupakan sebuah opini yang dipaparkan oleh penulis khususnya dalam essay argumentatif. Hal tersebut digunakan untuk meyakinkan kepada pembaca akan sudut pandang dari penulis.

Beberapa permasalahan sangat cocok dibuat essay argumentatif dan melihat sudut pandang dari penulis. Selain itu, data dapat digunakan sebagai pemerkuat argumen dari para penulis essay argumentatif seperti penelitian terdahulu atau berita dan kajian pustaka lainnya.

3. Essay Cerita

Dalam penulisan essay ini bertujuan untuk menceritakan sebuah peristiwa dan membuat pembaca untuk membayangkan peristiwa tersebut jika terjadi. Atau dapat digunakan sebagai media pembaca membayangkan sesuatu yang sedang tertulis dalam essay.

4. Tajuk

Tajuk merupakan essay yang dimuat dalam surat kabar dengan isu yang masih banyak dan berkembang atau berlangsung di tengah-tengah masyarakat. Beberapa isu tajuk yang sering diangkat adalah politik, ekonomi, panggung hiburan, dan beberapa topik yang lainnya.

5. Essay Paparan

Essay paparan memiliki tujuan untuk memberikan edukasi, informasi, menjelaskan, dan memaparkan sesuatu hal kepada para pembaca dengan sangat detail.

6. Cukilan Watak

Essay ini hampir mirip dengan biografi seseorang namun dalam penulisannya hanya boleh menuliskan beberapa deskripsi diri dari watak tokoh yang terkait dengan permasalahan yang menjadi topik essay.

7. Essay Kritik

Argumen yang diberikan dalam essay berupa kritikan terhadap sesuatu yang sedang dibahas dalam essay. Kritikan tersebut bisa sangat membangun jika dilihat dari sudut pandang positif.

8. Essay Pribadi

Sesuatu yang mendeskripsikan diri sendiri merupakan essay pribadi. Beberapa hal yang bisa ditulis dalam essay pribadi adalah karakter, pengalaman, rekam jejak, dan beberapa hal menarik lainnya yang mampu mempengaruhi seseorang.

Essay pribadi bisa juga dijadikan sebagai contoh essay beasiswa yang meyakinkan para interviewer dalam menceritakan diri Anda.

9. Essay Reflektif

Para ahli dan pakar yang menuliskan essay mengenai isu politik dan kebijakan pemerintah merupakan menuliskan essay reflektif. Menulis essay ini bisa dilakukan dalam waktu yang hangat saat isu keluar atau sebagai perbandingan untuk beberapa kebijakan baru yang ditetapkan.

10. Essay Ilmiah

Essay ini merupakan essay yang ditulis dengan kaidah ilmiah secara sistematis dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sistematis yang dimaksud dalam penulisan essay ilmiah adalah terdapat latar belakang, hipotesis, metode penelitian, kesimpulan, hingga terdapat daftar pustaka.

Namun, untuk argumen dan opini masih bisa disampaikan oleh peneliti dengan menggunakan data yang dikumpulkan sendiri baik itu data primer atau sekunder.

11. Artikel Penelitian

Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Essay penelitian dapat digunakan untuk membandingkan dengan penelitian sebelumnya atau menjadi temuan terbaru dalam bidang penelitian.

Anda bisa membuat contoh essay singkat untuk penelitian yang sudah dilakukan dengan begitu penelitian Anda akan tersimpan dalam sebuah essay.

12. Essay Lukisan

Essay lukisan yang dimaksud adalah beberapa ulasan yang ditulis untuk membantu para pembaca dalam memahami persoalan yang sedang dibahas oleh penulis. Hal tersebut digunakan agar pesan dari penulis bisa sampai kepada para pembaca.

Cara Menulis Essay Ilmiah/Pendidikan/Akademik

Cara-Menulis-Essay-Ilmiah-Pendidikan-Akademik

Untuk menulis essay pastinya Anda harus memperhatikan hal-hal yang penting dipertimbangkan. Anda harus menentukan topik apa yang akan diambil dan apa pesan yang ingin disampaikan. Ada beberapa cara menulis essay yang bisa Anda ikuti.

  • Menentukan tujuan penulisan essay untuk memudahkan penulisan pesan dalam essay yang sedang dibahas
  • Tema essay harus jelas dan mudah dibayangkan oleh pembaca. Anda bisa menggunakan fenomena yang terjadi saat ini untuk menarik perhatian para pembaca.
  • Lakukan penelitian kecil sebelum menuliskan essay. Hal tersebut bisa menemukan sebuah data yang akan mendukung argumen yang tertulis.
  • Buatlah outline essay sesuai dengan kerangka dan beberapa data yang ingin disampaikan. Pastikan argumen Anda dapat diterima dengan baik oleh para pembaca essay.
  • Pastikan untuk setiap paragraf memiliki kalimat topik yang jelas dan informatif sehingga argumentasi dan fakta dapat berjalan dengan selaras. Anda bisa membuat essay dengan 5 paragraf
  • Gunakan pemilihan kata yang baik, benar, dan tidak bertele-tele agar essay yang ditulis enak dibaca dan tidak menimbulkan kesan kurang baik.
  • Carilah bukti dan fakta sebanyak-banyaknya agar argumentasi Anda tidak terbantahkan karena didukung oleh kedua hal tersebut.

Cara menulis essay ilmiah tersebut bisa Anda lakukan untuk menuliskan juga beberapa jenis essay lain. Namun, untuk essay jenis ilmiah ini Anda harus lebih berhati-hati karena menyangkut dengan kaidah dan peraturan yang berlaku.

Contoh Essay

Contoh-Essay2

1. Contoh Essay Ilmiah

Judul: Jiwa Kepemimpinan dalam Organisasi

Kepemimpinan merupakan titik yang paling utama dalam sebuah organisasi agar dapat mencapai satu tujuan bersama. Kepemimpinan harus disertai dengan leadership yang bagus dan berkualitas. Kualitas dari leadership akan menjadi sesuatu yang bisa diandalkan.

Pemimpin akan menjadi penengah saat dalam organisasi mengalami sebuah permasalahan. Pemimpin memiliki bawahan yang harus bisa diarahkan dan memiliki satu tujuan yang sama, sehingga akan berjalan dengan lancar dan terstruktur.

Seorang pemimpin haruslah memiliki karakter dalam memimpin bawahannya dengan menunjukkan kharisma dan wibawa. Bahkan sang pemimpin harus bisa mendidik bawahannya dengan benar dan dapat mencapai visi dan misi yang akan dicapai organisasi.

Terdapat salah satu pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan moderat, sehingga cenderung mudah berdialog dengan orang lain. Sifat terbuka dan demokratis bila dimiliki oleh seorang pemimpin akan membuat seseorang berhasil menjadi pemimpin yang disegani.

Namun tidak semua pemimpin memiliki sifat moderat, terbuka, dan demokratis. Akan tetapi masing-masing pemimpin memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga dapat disesuaikan dengan tujuan organisasi yang akan dicapai.

Pemimpin yang disegani akan dapat berkomunikasi dengan baik kepada para bawahannya. sehingga mudah mencapai tujuan organisasi. Kekurangan masing-masing anggota bisa diatasi dengan baik dan kelebihan yang dimiliki bisa dimaksimalkan.

2. Contoh Essay Pendidikan

Judul: Kurikulum yang Mengubah Guru, Murid, dan Orangtua

Perubahan kurikulum telah dilakukan di beberapa sekolah percontohan dan telah dievaluasi bahwa aplikasinya tepat dilakukan. Namun, yang terjadi di SMKN 356 Jakarta adalah guru senior yang sudah lanjut usia, sehingga merasa terlalu berat jika harus belajar lagi.

Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik lebih sulit dibandingkan pembelajaran yang berpusat kepada guru. Pasalnya, siswa di Indonesia sulit untuk mencari pengetahuan sendiri dan tidak terbiasa. Oleh sebab itu, peran guru sebagai fasilitator sangat berat.

Guru tidak boleh lagi menjelaskan materi secara jelas kepada siswa. Hal tersebut membuat siswa kesulitan memahami materi. Namun demikian, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan peran guru sebagai fasilitator.

Tugas berupa peta konsep dan penjelasannya akan mempermudahkan siswa dalam belajar mandiri. Selain itu, dalam mengoreksi tugas siswa guru tidak perlu lagi kesulitan. Tugas guru sedikit berkurang dalam memastikan pemahaman materi oleh siswa.

Dan sekarang, tugas selanjutnya adalah guru harus menilai bagaimana sikap dan keterampilan siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh sekolah. Oleh sebab itu, peran orangtua dalam menyiapkan fasilitas belajar anak harus ditingkatkan.

3. Contoh Essay Ekonomi

Judul: Pentingnya Sosialisasi Kewirausahaan.

Kewirausahaan merupakan salah satu hal yang dianggap dapat mendongkrak perekonomian suatu negara. Karena dalam mendirikan usaha akan mengimplementasikan ide kreativitas dan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.

Pada Sabtu, 12 Juni 2019 telah dilakukan sosialisasi kewirausahaan di Desa Wani Maju Kabupaten Magelang. Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi para warga agar memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerahnya.

Daerah Wani Maju memiliki sebuah industri tempe yang sangat terkenal dan tidak ada produk lain selain tempe siap goreng. Oleh sebab itu, dalam sosialisasi tersebut beberapa produk seperti keripik tempe, nugget tempe, dan beberapa olahan tempe lainnya di demokan untuk warga yang hadir.

Dari sosialisasi tersebut dapat diperoleh beberapa warga yang ingin melakukan usaha seperti keripik tempe dan nugget tempe. Dapat dikatakan bahwa sosialisasi adalah hal positif yang membawa sebuah perubahan kecil namun berdampak besar.

4. Contoh Essay Deskriptif

Judul: Kota Malang, Kota dengan Banyak Cerita

Kota Malang yang terletak di Jawa Timur merupakan salah satu kota besar kedua setelah Surabaya. Kota ini menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan, calon mahasiswa, dan pencari kerja.

Kota ini memiliki cuaca dingin yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena tempatnya yang strategis dikelilingi oleh gunung dan pegunungan menjadi dataran tinggi dengan cuaca yang sangat unik dan menarik.

Tidak hanya sampai di situ saja, kota ini menjadi tempat destinasi wisata yang sangat menarik. Banyak tempat wisata yang menarik seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan beberapa tempat wisata dengan keunikannya sendiri-sendiri.

Wisata alam di kota ini juga tidak ketinggalan. Malang memiliki pemandangan dengan panorama yang sangat menarik dan membuat orang yang mengunjunginya merasa betah berlama-lama di sini.

Lanjut ke pusat kota, di sini terdapat beberapa universitas yang memiliki reputasi yang bagus. Kota ini memiliki tiga universitas negeri dan beberapa universitas swasta yang kualitasnya tak kalah bagus.

Banyak calon mahasiswa yang memilih Malang sebagai tempat menimba ilmu sekaligus menjadi tempat wisata, saat rasa penat akan tugas kuliah mulai menyerang.

Melihat beberapa keunggulan tersebut, membuat Malang pantas mendapat julukan kota idaman. Namun, siapa tahu ternyata di dalamnya ada beberapa hal yang membuat Anda tidak tahan, seperti cuaca yang terbilang dingin. Oleh sebab itu, jika ingin mengunjungi kota ini, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Hidup di kota yang baru akan menjadi tantangan tersendiri dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi terhadap beberapa hal yang mungkin tidak pernah terjadi di kota tempat tinggal Anda sebelumnya.

5. Contoh Essay Tentang Kesehatan

Judul: Lindungi Diri dengan Menjaga Kesehatan, Ikuti Peraturan Pemerintah

Kebersihan adalah sebagian dari iman yang bahkan mampu mempertahankan imun tubuh untuk kesehatan. Dalam masa pandemi COVID-19 penting halnya untuk menjaga kesehatan dengan selalu memperhatikan kebersihan.

COVID-19 merupakan penyakit atau wabah yang sangat berbahaya yang menyerang organ pernafasan khususnya paru-paru dan dapat mengakibatkan kematian. Saat ini, pemerintah dan seluruh warga dunia ikut serta dalam memutus mata rantai penyakit ini.

Pemerintah memberlakukan sistem sosial dan physical distancing yang mana membuat banyak sekolah, pekerjaan, dan beberapa sektor lain terdampak, sehingga menurunnya aktivitas normal bahkan ekonomi ikut mengalami drop out dalam skala besar.

Oleh sebab itu, untuk memeranginya dibatasi kegiatan sosial dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah atau #dirumahsaja. Study from home, work from home, dan yang lainnya serba di rumah kecuali untuk orang-orang yang terpaksa harus bekerja di luar rumah.

Selain #dirumahsaja, salah satu cara ampuh yang digunakan untuk membunuh virus tersebut adalah sering mencuci tangan dan menghindari memegang barang yang tidak perlu. Bahkan ada beberapa yang harus menggunakan hand sanitizer dan selalu memakai masker.

Penularan yang melalui droplet tersebut sangat mungkin terjadi ketika sistem imun sedang turun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dan suplemen lainnya untuk menambah kekebalan tubuh.

Namun sayangnya, ada beberapa oknum yang memanfaatkan kondisi seperti ini. Contohnya adalah penjualan hand sanitizer, masker, dan vitamin dengan harga di atas rata-rata bahkan bisa beberapa puluh kali lipat.

Pemerintah harus menegaskan beberapa keputusan yang tidak memberatkan seluruh masyarakat contohnya tidak menjual APD kepada masyarakat luas kecuali untuk bidang kesehatan dan yang memang sangat membutuhkan.

Salah satu keputusan PSBB yang dilakukan sangat berguna untuk memutus mata rantai tersebut dalam waktu inkubasi 14 hari. Oleh sebab itu, mengikuti peraturan pemerintah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan harus dilakukan.

Jika bukan kita yang bekerja sama melawan virus COVID-19 maka virus akan semakin menyebar dan mengakibatkan kematian. Jaga kebersihan, kesehatan, ikuti peraturan pemerintah adalah kunci dari berakhirnya COVID-19.

6. Contoh Essay Motivasi

Judul: Belajar Sepanjang Masa

Apabila kita mendengar kata belajar pastilah terbayang buku pembelajaran sekolah yang tebal dan membuat pikiran pusing. Bahkan ada pula orang yang jika disuruh belajar tidak mau karena malas.

Pada dasarnya, belajar adalah sesuatu hal yang dilakukan dan akan memberikan dampak berupa bertambahnya pengetahuan. Orang yang senang belajar adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan selalu ingin memenuhi rasa keingintahuannya tersebut.

Sebenarnya, belajar adalah proses yang sangat mengasyikkan. Jika Anda memikirkan belajar harus dari buku, maka jawabannya adalah tidak. Anda bisa belajar dari pengalaman, kegiatan sehari-hari,

Terdapat kalimat “Belajar Sepanjang Hayat” atau long-life learning. Arti kalimat tersebut adalah dengan melakukan berbagai macam hal baru, maka dapat dikatakan bahwa Anda sedang belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

Meskipun terkadang Anda tidak merasa bahwa Anda sedang belajar, namun yang terjadi adalah Anda belajar beberapa hal dan pengalaman baru. Belajar tidak lagi menjadi hal yang membosankan dan tidak akan ada alasan lagi untuk malas belajar.

Sekecil apapun yang dilakukan itu sudah bisa dikatakan sebagai bagian dari belajar. Contoh sederhana adalah jika Anda berbagi informasi kepada orang lain, bisa dikatakan Anda sudah memahami informasi tersebut dan itu berarti Anda sudah belajar.

Dengan menganggap hal kecil sebagai pembelajaran maka akan dengan mudah mengubah hidup menjadi lebih baik. Beberapa hal akan terasa bermakna karena dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Belajar sepanjang masa akan menjadikan hidup lebih baik dan bermakna.

7. Contoh Essay untuk Beasiswa

Judul: Kesuksesan Terbesar dalam Hidupku

Cantika Ramadhani lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014 adalah perkenalan singkat saya. Anak pertama dari 3 bersaudara membuat saya semakin kuat dalam menjalankan hidup yang penuh naik dan turun.

Dalam hidup saya memiliki kesuksesan terbesar yaitu ketika ilmu saya bermanfaat bagi orang lain. Saya mengikuti klub relawan mengajar selama 3 tahun terakhir ini. Terhitung sejak semester 3 di Universitas saya selalu meluangkan waktu untuk rutin mengajar di sebuah desa kecil.

Hal yang saya rasakan saat mengajar anak-anak kecil di sana perasaan senang dan lega. Melihat anak-anak tumbuh dengan beberapa materi menarik dari saya dan kawan-kawan membuat hati saya bergerak untuk terus berkontribusi lewat klub ini kepada bangsa Indonesia.

Meskipun tidak berdampak luas namun setidaknya saya bisa memberikan sebuah kontribusi nyata terhadap daerah tertinggal yang benar-benar membutuhkan pendidikan di luar sekolah.

Harapan saya ketika sudah lulus dari Universitas yaitu ingin mendirikan sebuah lembaga pendidikan informal dengan meningkatkan kualitas. Ada pula beberapa kategori yang nantinya akan menguntungkan masyarakat kecil.

Di luar sana terdapat beberapa tempat belajar kursus dengan harga tinggi untuk para anak orang tua dengan perekonomian menengah ke atas. Saya ingin menerapkan sistem seperti pembayaran UKT yang dilihat dari penghasilan orang tua.

Dengan hal seperti itu, kesuksesan terbesar bagi saya akan terus saya kembangkan, sehingga bisa menjadi kepuasan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat luas, bahkan bangsa Indonesia.

Beberapa hal yang perlu saya amati adalah kesuksesan tidak hanya dalam bentuk penghargaan dari suatu lembaga atau orang lain. Namun, kesuksesan yang lebih nyata adalah saat saya merasa lebih bermanfaat dan berguna bagi orang lain yang membutuhkan.

8. Contoh Essay Tentang Masalah Sosial

Judul: Efek Bullying di Kalangan Masyarakat

Bullying merupakan tindakan menyakiti seseorang dalam bentuk fisik atau mental yang merasa berada di bawah atau lebih lemah dari orang yang melakukan kekerasan tersebut. Bullying dilakukan secara berulang-ulang tanpa perlawanan dengan tujuanmembuat korban menderita.

Bully adalah intimidasi dalam kegiatan bermasyarakat khususnya dalam dunia pendidikan, di mana seorang anak yang memasuki usia remaja kerap mendapatkan intimidasi dari teman sekolahnya. Hal ini mengungkapkan perasaan terkait sesuatu yang disuka dan tidak disukai.

Pada jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama), sikap intimidasi tersebut masih berupa ungkapan ejekan dan makian terhadap sesama siswa saja. Namun, ketika sudah memasuki jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas), sikap bullying akan semakin banyak dan lebih parah, seperti kekerasan.

Bullying yang dilakukan akan memiliki dampak sangat negatif baik bagi korban bullying dan juga pelaku bullying itu sendiri. Efek yang ditimbulkan dari bullying memiliki dampak yang panjang dan merugikan kedua pihak.

Bullying yang dilakukan akan mengakibatkan korban merasa minder atau tidak percaya diri. Bahkan ada pula korban yang mengalami hal lebih buruk seperti mudah panik, insomnia, dan gangguan kesehatan mentalnya.

Korban bullying harus mendapatkan perhatian khusus dan pelaku bullying harus diberikan sanksi yang tegas. Hal tersebut berguna untuk menghentikan bullying dan menghilangkan kelakuan yang tidak terpuji.

Untuk beberapa orang harus terlibat seperti orang tua, guru, dan beberapa orang dewasa lainnya untuk menjaga dan mengantisipasi adanya tindak kejahatan tersebut. Jika bullying hilang maka akan memaksimalkan prestasi anak bangsa dan generasi penerus.

9. Contoh Essay Hukum

Judul: Apakah Hukum di Indonesia Adil dan Benar?

Hukum di Indonesia dianggap belum dewasa karena tidak memberikan tindakan tegas pada pelaku pelanggar hukum. Hal tersebut dapat dilihat bahwa beberapa koruptor yang memakan uang rakyat hidup dengan baik dan terjamin.

Namun, kadang ada hal yang membuat miris dan rasanya kurang adil yaitu ketika melihat pencuri ayam harus dihukum pidana penjara. Hukum yang demikian tidak bisa dibenarkan dan dianggap sangat kekanak-kanakan.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah hukuman yang diberikan. Bagaimana bisa seorang koruptor memperoleh sel penjara dengan fasilitas lengkap layaknya kamar hotel? Apakah ada tindakan khusus atau sanksi dalam menanggulangi permasalahan tersebut?

Hal tersebut perlu dikaji lebih dalam oleh para penegak hukum agar memberikan efek jera kepada para pelanggar dan bukannya malah memberikan fasilitas yang tidak seharusnya didapatkan karena jelas-jelas melanggar hukum yang berlaku.

Koruptor adalah orang yang memakan uang rakyat, sedangkan pencuri ayam hanya merugikan satu orang saja. Tidak sepantasnya hukuman yang diberikan dilakukan seperti keputusan yang diambil.

Orang yang memiliki uang banyak seharusnya tidak bisa membeli peraturan hukum yang ada di Indonesia. Apakah uang lebih berharga dibandingkan dengan hukum di Indonesia sampai sel penjara bisa dibeli layaknya fasilitas hotel berbintang dengan air panas di dalamnya?

10. Contoh Essay Kesehatan

Judul: Virus Berbahaya: Flu Burung

Flu burung atau H5N1 merupakan penyakit berbahaya yang berasal dari peternakan dan bis menginfeksi ke seluruh warga negara. Virus ini mudah berpindah ke manusia meskipun habitatnya pada hewan ayam, itik, dan unggas lainnya.

Beberapa indikasi sakit yang bisa dikatakan menderita penyakit flu burung adalah demam, sesak, dan flu namun bukan berarti penderita penyakit tersebut positif mengidap H5N1. Hal tersebut membuat masyarakat resah dan mudah panik.

Untuk menanggulangi permasalahan ini maka masyarakat harus bisa menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara rajin membersihkan badan dan pakaian, makan makanan yang bergizi, minum vitamin, dan rajin berolahraga.

Pemerintah melakukan sebuah tindakan yang benar dengan cara diplomasi flu burung dan penanggulangan teknis dengan departemen terkait. Kasus kematian sebanyak 150 yang disebabkan oleh flu burung dianggap bukan masalah besar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Contoh Essay Berbahasa Inggris

Contoh-Essay-Berbahasa-Inggris

Contoh 1

Title: Growing Online Jobs

The more time is evolving, the field of technology is also growing. This is evidenced by the number of sites and applications that are increasing every day. In fact, today the internet world is not only limited to a search site.

However, some things like selling online and other work can be done via the internet. This is called online or online work.

Some online jobs that can be done are becoming a YouTuber, online sales, online article creation services, online journal review services, online accountant services, and much more.

The positive impact is that costs are diverted and do not require accommodation to come to work. It’s just that the internet must always be available. Working online makes it easier to communicate because there are no other options without sending jobs.

However, the negative effect is the lack of skills in expressing opinions through oral if not met directly because of limited oral communication except with the help of an internet connection.

You can choose your favorite things and skills and then connect them to the online system and from then on you can work online.

Contoh 2

Title: Difference between High School Students and Undergraduate Students

The school is a place for interesting stories and has a lot of free time. In contrast to undergraduate students who have many assignments by finding their own source.

Students are happy and want to return to the future of high school because it is very fun not to have to study alone and only receive teacher guidance in terms of understanding the material.

Real different is a real different assignment. If the high school assignment given is an essay different from the project assignments for undergraduate students.

No wonder so many students get sick easily and often finish working on their exhausted tasks. But the benefits of being students are thoughts and thoughts that are strong because they are often given to their assignments.

This can be resolved at work because it is not easy to get sick when facing a boss who suddenly and underestimates the work that has been done. In fact, the anger of superiors is not comparable to the struggle of doing thesis research.

Therefore, becoming a bachelor is a special pride because it has gone through various kinds of challenges and severe obstacles in academic matters. Lecturers will not be half-hearted in giving tasks and projects to their officers.

In addition, if only school to high school would not be difficult to live cool in college. Therefore, it is very different but being a student is the right choice to achieve high goals.

Tips Menulis Essay untuk Beasiswa LPDP

Tips-Menulis-Essay-untuk-Beasiswa-LPDP

LPDP merupakan salah satu beasiswa yang banyak dicari oleh pejuang beasiswa. Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Keuangan yang membidik pada pendidikan pascasarjana (S2 dan S3).

Salah satu persyaratan agar lolos dalam tahapan administrasi adalah membuat essay yang baik dan benar dengan ketentuan yang telah diberikan oleh pihak LPDP. Adapun beberapa tips yang bisa digunakan untuk menulis essay beasiswa LPDP.

  1. Baca peraturan membuat essay pada peraturan pendaftaran LPDP yang bisa di download dalam bentuk pdf. Biasanya setiap tahun akan berbeda sehingga harus selalu up to date dengan peraturan setiap pendaftaran.
  2. Ikuti peraturan mengenai tema, isi setiap essay, dan cara penulisan yang terdapat dalam peraturan. Penulisan bisa menggunakan format doc.
  3. Gunakan tata bahasa yang baik sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.
  4. Buatlah essay dengan jujur dan lakukan beberapa riset untuk melengkapi pembahasan yang Anda tulis pada essay. Jangan lupa selaraskan alasan beasiswa dengan tujuan Anda.
  5. Lakukan pembuatan essay jauh-jauh hari sebelum pendaftaran sehingga bisa melakukan revisi untuk setiap poin yang dituliskan.
  6. Mintalah seorang teman untuk membaca essay yang telah dibuat. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa essay yang Anda buat mudah dipahami orang lain.

Penjelasan dan contoh essay di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi dan panduan saat akan membuat essay. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan lakukan pemilihan kata yang tepat agar essay lebih informatif, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *