40+ Contoh Kartu Nama yang Keren (Gambar Desain)

10 min read

contoh kartu nama

Salah satu media yang digunakan untuk saling mengenalkan diri sendiri atau suatu usaha adalah kartu nama. Media pengenalan ini sangat bermanfaat dan juga mudah di desain sendiri. Cukup dengan banyak melihat contoh kartu nama dan keterampilan desain, Anda bisa membuatnya.

Di bawah ini Anda dapat menemukan berbagai macam contoh dari kartu nama dan beberapa informasi penting tentangnya. Langsung saja baca dengan seksama dan segera pastikan desain kartu nama pilihan Anda.

Daftar Isi

Fungsi Kartu Nama

Anda pasti tahu, bahwa kartu nama digunakan sebagai media untuk memperkenalkan diri secara ringkas kepada orang lain. Namun, sebenarnya masih banyak lho fungsi atau manfaat kartu super tipis ini untuk diri Anda, orang lain dan juga bisnis Anda. Temukan fungsi kartu nama pada informasi berikut ini.

1. Personal branding yang eksklusif

Kartu nama berfungsi sebagai personal branding yang eksklusif, dengan kata lain profesionalitas menjadi hal yang utama. Apabila Anda sudah memiliki kartu ini, maka dapat dipastikan kepercayaan calon pelanggan akan semakin meningkat.

2. Profil diri

Kartu yang berukuran kecil dan tipis ini juga berfungsi sebagai profil diri secara singkat. Pasalnya, dalam kartu nama akan tercantum beberapa informasi umum dari pemiliknya. Biasanya juga ada yang mencantumkan data diri secara lengkap namun disajikan dengan singkat.

Penyampaian identitas ini menjadi salah satu hal yang sangat penting, karena terkait status seseorang dalam pekerjaannya yang akan disampaikan kepada calon pelanggan yang notabene adalah orang lain. Maka dari itu, kartu ini dapat menjadi bukti untuk meyakinkan para calon klien.

3. Informasi perusahaan

Fungsi selanjutnya dari kartu nama adalah untuk memberikan informasi perusahaan kepada para calon klien, sehingga dapat dengan mudah mengetahui kebenaran dari perusahaan tersebut. Fungsi satu ini sangat menguntungkan bagi calon klien untuk menghindari penipuan.

4. Profesionalitas

Siapapun yang menggunakan kartu nama, pasti akan lebih terlihat profesional dan lebih meyakinkan untuk diajak bekerjasama. Hal tersebut juga merupakan salah satu fungsi dari kartu nama yang bisa Anda dapatkan jika memilikinya.

Dengan kartu nama bisa memberikan gambaran kepada calon klien atau orang lain tentang diri Anda. Hal inilah yang akan menambah poin bagi Anda yang bekerja dengan nilai dan value yang baik. Otomatis kartu nama akan membuat Anda terlihat lebih profesional daripada yang tidak punya.

5. Brand image perusahaan semakin baik

Dalam dunia bisnis, tukar kartu nama adalah hal yang sering dilakukan untuk mengenalkan bisnis pada orang lain atau untuk memulai kerjasama. Setiap kartu nama pasti memiliki perbedaan yang lebih banyak daripada kesamaannya.

Inilah fungsi kartu nama berikutnya, yaitu desain akan sangat berpengaruh untuk bisnis Anda. Artinya, desain yang bagus dan menarik akan menjadi brand image perusahaan sehingga pembuatannya harus benar-benar dipertimbangkan.

6. Alat marketing paling efektif

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin meningkat membuat kegiatan marketing lebih mudah untuk dilakukan. Apalagi didukung akses marketing yang semakin banyak juga, mulai dari marketing melalui offline maupun online.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan fungsi kartu nama yang bisa menjadi alat marketing paling efektif. Hal tersebut sudah banyak buktinya, sehingga tidak heran masih banyak pengusaha yang menggunakan cara ini.

Ukuran Kartu Nama

contoh kartu nama

Tahukah Anda, bahwa ukuran kertas untuk membuat sebuah kartu nama sangat beragam? Iya, hal tersebut tergantung dengan standarisasi dari tempat percetakan kartu dan tentunya sesuai dengan permintaan calon pembuat kartu nama.

Bahkan di setiap negara ukuran kartu nama akan berbeda. Nah, berikut ini Anda bisa membaca informasi tentang beberapa ukuran kartu nama yang sering digunakan oleh orang.

1. Standar Nasional Indonesia

Ternyata di Indonesia kartu nama juga ada ukuran standarnya, yaitu disebut dengan kartu nama Standar Nasional Indonesia alias SNI. Ukuran kartu nama SNI adalah sekitar 9 x 5,5 cm atau 90 x 55 mm, namun ukuran ini tidak wajib digunakan karena kartu nama bisa dibuat sesuai keinginan.

2. Standar Jepang

Ukuran kedua adalah kartu nama menurut standar negeri Matahari Terbit yang hanya berbeda 1 mm saja pada lebarnya dari standar Indonesia. Ukuran standar Jepang yaitu 91 x 55 mm atau 9,1 x 5,5 cm dan tidak akan terlihat perbedaannya dengan standar Indonesia apabila tidak disandingkan.

3. Standar Eropa

Sementara itu, di negara bagian Eropa menggunakan ukuran kartu nama standar Eropa. Standar ukuran tersebut, yaitu sekitar 85 x 55 mm yang berlaku di Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, Swiss, Belgia dan beberapa negara Eropa lainnya.

Jika dibandingkan dengan ukuran standar Indonesia dan Jepang, maka standar Eropa jauh lebih kecil.

4. Standar Amerika

Sedangkan standar ukuran kartu di Amerika jauh lebih kecil dibandingkan tiga standar sebelumnya, yaitu 51 x 89 mm saja. Dengan ukuran tersebut, standar Amerika menjadi ukuran kartu nama paling kecil di dunia.

Standar Amerika tidak hanya digunakan oleh negara di benua ini saja, negara di benua lain seperti Korea, Afrika, dan Sri Lanka pun menggunakannya.

5. Standar ISO

Ukuran kartu nama yang terakhir adalah kartu nama standar ISO dengan lebar 9 cm dan panjang sekitar 5,2 cm. Sebenarnya ISO sudah menetapkan standar ukuran kartu nama ini, namun negara kita masih menerapkan ukuran yang berbeda.

Hal tersebut dikarenakan pembuatan kartu nama disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Selain itu, tidak ada kewajiban untuk membuat kartu nama dengan ukuran standar yang sudah dijelaskan sebelumnya. Karena yang terpenting kartu nama bisa dimasukkan ke dalam dompet saja.

Tips Cara Membuat Kartu Nama

contoh kartu nama

1. Awali dengan logo yang menarik

Untuk membuat kartu nama keren, Anda harus memulainya dengan membuat logo yang menarik. Pastikan logo yang Anda buat bukanlah logo yang rumit dan tidak enak dipandang mata, karena bisa membuat kesan yang tidak baik untuk kartu nama.

Logo yang rumit akan terlihat unik dan keren saat terpampang di website, namun tidak cukup baik untuk dicantumkan pada kartu nama. Maka dari itu, gunakanlah logo yang efisien dan sesuai dengan perusahaan agar kartu nama terlihat estetik.

2. Sertakan informasi penting

Setelah selesai dengan persoalan logo, mari beralih untuk mencantumkan informasi penting, lengkap dan detail pada kartu nama. Meskipun informasi yang akan dicantumkan merupakan informasi lengkap Anda tetap harus menyajikannya secara singkat.

Hal tersebut dilakukan agar informasi dapat dimasukkan secara keseluruhan ke dalam kartu nama yang berukuran cukup kecil. Adapun informasi yang harus Anda cantumkan dalam kartu nama adalah sebagai berikut:

  • Nama Anda
  • Perusahaan
  • Informasi Kontak
  • Website
  • Logo Perusahaan
  • Alamat Kantor
  • Slogan perusahaan

Pastikan Anda mencantumkan informasi yang asli tanpa ada rekayasa agar tidak dianggap sebagai penipu. Contoh, apabila kantor Anda beralamatkan di Semarang, sudah pasti Anda harus mencantumkan hal yang sama.

3. Gunakan font dasar

Font dasar biasanya memiliki karakter sederhana dan lugas yang mampir memberikan kesan mantap pada kartu nama. Oleh sebab itu, gunakanlah font-font dasar untuk membuat kartu nama seperti font sans serif yang sudah menjadi font terfavorit.

4. Pilih warna yang tepat

Pemilihan warna pada kartu nama dapat menentukan si pembuat adalah seorang profesional atau amatir. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan pemilihan warna agar terlihat profesional. Pemilihan warna berfungsi agar titik fokus dapat dirancang dengan benar.

Untuk membuat kartu nama perusahaan, pilihlah warna-warna yang sederhana tetapi bisa menampilkan kesan yang elegan. Biasanya warna yang memenuhi kriteria itu adalah warna hitam dan putih atau warna-warna netral lainnya.

5. Sertakan sesuatu di bagian belakang

Jika pada bagian depan kartu nama digunakan sebagai pemberi informasi tentang Anda pada orang lain, maka jangan biarkan bagian belakangnya polos. Isilah dengan sesuatu yang bisa menambah estetika pada kartu nama, sehingga tercipta keseimbangan pada bagian depan dan belakang.

6. Menggunakan jasa freelancer

Apabila dengan cara di atas Anda merasa kualitas, ada cara yang sangat ringkas yaitu menggunakan jasa desain freelance. Untuk menggunakan jasa tersebut Anda bisa mengakses beberapa situs freelancer dan dapatkan tawaran yang menggiurkan.

Pasalnya, harga yang ditawarkan oleh desainer freelance jauh lebih murah daripada biasanya. Meskipun harganya terjangkau, kualitasnya tidak abal-abal lho sehingga Anda wajib mencobanya.

7. Template

Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membayar jasa desain, bisa menggunakan template yang tersedia untuk di download. Ada banyak aplikasi yang menyediakan template, misalnya Microsoft word dan aplikasi adobe lainnya.

Anda hanya perlu mengisi template kartu nama dengan data diri dan informasi-informasi penting lainnya. setelah itu Anda bisa print kartu nama sendiri atau datang ke percetakan untuk mencetaknya.

Cara Membuat Kartu Nama Secara Online

contoh kartu nama

Untuk membuat kartu nama, Anda bisa melakukannya secara online dengan mengakses beberapa situs web atau aplikasi pembuat kartu nama. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut hingga kartu nama bisa dicetak dan digunakan.

1. Membuat akun

Di web maupun di aplikasi, biasanya Anda harus mendaftarkan diri atau membuat akun untuk bisa mengakses fitur-fitur di dalamnya. Anda bisa menggunakan akun google untuk membuat akun secara ringkas.

2. Menentukan ukuran

Tentukan ukuran kartu nama terlebih dahulu sebelum Anda memilih template yang disukai. Lebih baik memilih ukuran sesuai standar yang berlaku agar kartu nama bisa disimpan dengan mudah di dompet atau tempat-tempat lainnya.

3. Pilih template

Biasanya setelah menentukan ukuran, Anda akan dihadapkan dengan banyak template yang perlu dipilih untuk pembuatan kartu nama. Pilihlah sesuai keinginan atau sesuai dengan karakter perusahaan Anda.

4. Edit template

Setelah memilih template, Anda perlu mengeditnya agar informasi yang tercantum sesuai dengan keinginan. Pada langkah ini Anda bisa menyesuaikan ukuran font, ukuran logo, warna dan lain-lain.

5. Unduh dan cetak

Terakhir, Anda bisa mengunduh kartu nama yang telah jadi lalu cetaklah dengan printer atau datang ke percetakan. Pastikan Anda memilih bahan kertas yang bagus dan tahan lama, agar kartu nama tidak cepat rusak.

Contoh Desain Kartu Nama Keren

contoh kartu nama

1. Rika Studio

Rika-Studio

Desain pertama ini adalah kartu nama milik rika studio dengan perpaduan tiga warna yang sangat cocok, yaitu hitam, hijau dan putih. Anda bisa membuat kartu nama dengan desain yang persis menggunakan aplikasi coreldraw atau aplikasi photoshop.

 

2. Sarah FordhamSarah Fordham

Kartu nama yang cukup sederhana tetapi menampilkan kesan yang elegan. Meskipun hanya terdiri dari dua warna saja, kartu nama ini tetap menarik di lihat. Di sisi depan, terdapat identitas dari Sarah Fordham sedangkan di sisi belakang terdapat logo dari perusahaannya.

 

3. Dokter CuteDokter-Cute

Cute sekali, bukan kartu nama satu ini? Perpaduan warna merah muda pada sisi depan dan warna putih di sisi belakang membuat kartu nama ini menjadi salah satu kartu nama paling manis. Dengan tipografi warna gold dan warna hitam akan membuat kartu nama menjadi lebih keren.

 

4. Baby

Baby

Meskipun masih belum genap berusia 1 tahun, tidak ada salahnya Anda membuat kartu nama bayi untuk buah hati. Anda bisa membuat kartu nama dengan desain seperti di atas ini. desainnya mirip dengan surat izin mengendara tetapi diplesetkan menjadi surat izin momong.

 

5. Warna PastelWarna Pastel

Warna-warna pastel identik dengan wanita, karena memang lebih disukai oleh para perempuan. Warna ini juga bisa digunakan sebagai warna dasar kartu nama lho, bahkan akan membuat kartu nama menjadi lebih manis. Berikan sentuhan lain seperti bunga atau motif-motif yang cantik juga.

 

6. Whatsapp

Whatsapp

Anda bisa membuat desain kartu nama yang berbeda dari yang lainnya, seperti desain satu ini. Menggunakan format tampilan whatsapp akan membuat kartu nama lebih keren dari desain biasanya. Mau bikin kartu nama seperti ini? Langsung eksekusi dengan aplikasi CDR saja.

 

7. InstagramInstagram

Tak hanya tampilan whatsapp saja yang bisa digunakan sebagai desain kartu nama, instagram juga tidak mau kalah. Benar-benar desain yang unik dan menyenangkan ketika dilihat. Nah, ini bisa dijadikan inovasi baru pada kartu nama para caleg, biar tambah eksis.

 

 

8. Monitor Detak JantungMonitor Detak Jantung

Kartu nama unik buatan MobileECG ini bisa memantau denyut jantung orang yang sedang memegangnya. Jadi Anda bisa melihat detak jantung klien setelah memberikan kartu nama. Akan tetapi kartu nama ini tidak bisa dijadikan alat diagnosa seperti monitor detak jantung di rumah sakit.

 

9. Fashion BloggerFashion-Blogger

Meskipun memiliki blog yang bisa diakses siapa saja, tidak ada salahnya jika fashion blogger juga memiliki kartu nama. Desain simple dengan gambar yang sesuai dengan fashion ini bisa Anda jadikan contoh untuk membuat kartu nama sendiri.

 

10. Koki CateringKoki-Catering

Design selanjutnya adalah referensi untuk Anda yang memiliki usaha di bidang kuliner yaitu catering. Pada desain ini dilampirkan foto hidangan yang sangat menggugah selera dan jika dilihat pasti akan banyak yang suka Fungsi kartu nama sebagai alat marketing bisa dibuktikan dengan ini.

 

11. PhotographerPhotographer

Profesi sebagai photographer wajib memiliki kartu nama, pasalnya Anda akan sering bertemu klien secara langsung. Kartu nama profesi ini biasanya ditandai dengan warna-warna maskulin, tapi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan warna-warna cerah yang menyenangkan seperti ini.

 

12. MonokromMonokrom

Penggunaan desain kartu nama dengan warna monokrom juga bisa menjadi pilihan Anda apabila menginginkan kartu nama yang super simple. Agar kartu nama lebih hidup lagi Anda bisa menambahkan warna-warna pastel sebagai pendamping, seperti warna cream atau warna pastel.

 

13. ProgramerProgramer

Tak hanya bisnis kontraktor saja yang memerlukan kartu nama, seoran programmer tentu saja harus punya. Karena profesi ini identik dengan perangkat komputer, maka Anda bisa menggunakan gambar komputer sebagai pengisi bagian belakang kartu nama.

 

14. PinkPink

Warna pink yang feminine juga bisa lho digunakan sebagai warna dasar kartu nama. Apalagi jika Anda membuka jasa rental perlengkapan yang identik dengan para wanita, misalnya wig, baju dan lain-lain.

 

15. MacaronsMacarons

Kartu nama harus sesuai dengan jenis usaha, agar gambaran tentang usaha Anda bisa tersampaikan. Apabila Anda memiliki usaha di bidang kuliner, sertakan lambang atau gambar yang sesuai dengan makanan yang dijual.

 

16. Black WhiteBlack-White

Warna hitam dan putih memang menjadi perpaduan paling istimewa untuk kartu nama. Tak  heran jika banyak orang yang menggunakan warna ini untuk membuat kartu nama. Jika ingin membuat kartu nama dengan warna ini, ikuti saja desain di atas.

 

17. LawyerLawyer

Sebagai pengacara tentu harus memiliki kartu nama. Selain menjadikan Anda profesional, kartu nama juga akan meningkatkan kepercayaan calon klien. Rasanya desain dengan warna cream ini cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai pengacara.

 

18. Flip

Flip

Perpaduan warna putih, hitam dan kuning seperti pada desain flip ini menjadikan kartu nama lebih menarik. Bukankah desain ini menunjukkan bahwa si pemilik sangat profesional?

 

19. CircleCircle

Bikin kartu nama dengan pola circle juga bisa menjadikan kartu nama Anda beda dengan yang lainnya. Warna merah yang menyala membuktikan bahwa di pemilik berkarakter berani dan tegas, jadi kartu nama ini bisa menambah poin plus Anda di mata klien.

 

20. Color SplashColor-Splash

Agar kartu nama memberikan kesan art yang kuat, Anda bisa menggunakan desain color splash ini. Meskipun warnanya tidak beraturan, desain ini sungguh menarik dan menyenangkan untuk dilihat.

 

21. Contoh Kartu Nama QueueQueue

Kartu nama Queue ini milik salah satu perusahaan startup yang memberikan sentuhan ilustrasi evolusi manusia. Anda bisa membuat desain seperti ini di aplikasi corel, tentu ilustrasi yang digunakan harus sesuai dengan nama startup Anda.

 

22. DiamondDiamond

Informasi kontak pada kartu nama tidak harus berbaris rapi, Anda bisa menyajikannya dengan desain berbentuk diamond. Hal ini akan menunjukkan keunikan pada kartu nama Anda.

 

23. Contoh Kartu Nama Black and GoldBlack-and-Gold

Wah keren sekali, bukan kartu nama ini? Kartu nama keren ini menggunakan perpaduan warna hitam dan gold dengan sedikit sentuhan warna silver. Kartu nama ini seperti memberitahu bahwa pemiliknya memiliki karakter yang tegas dan maskulin.

 

24. ColorfulColorful

Apabila Anda menyukai banyak warna yang dipadukan menjadi satu, rasanya contoh kartu nama colorful ini sangat cocok untuk Anda. Selain menggunakan banyak warna dalam satu kartu nama, Anda juga bisa menggunakan teknik deboss atau teknik emboss agar warnanya lebih hidup.

 

25. QR CodeQR Code

Menambahkan QR code yang direct ke sosial media sangat bisa dilakukan pada kartu nama. Hal ini tentu akan menguntungkan para klien dan juga Anda sendiri.

26. Contoh Kartu Nama RainbowRainbow

Para pendamba pelangi, rasanya desain ini sangat cocok untuk Anda. Tidak perlu menunggu pelangi hadir setelah hujan, Anda bisa melihatnya hanya dengan mengeluarkan kartu nama.

 

27. Gradasi WarnaGradasi-Warna

Anda bisa menggunakan aplikasi coreldraw untuk membuat desain kartu nama dengan gradasi warna yang tepat. Contohnya, kartu nama dengan gradasi warna yang pas ini. Desain tersebut sangat cocok bagi Anda yang bekerja di bidang seni seperti, pelukis, pemusik atau lainnya.

 

28. Baby SitterBaby-Sitter

Untuk membuat calon klien percaya dengan Anda sebagai baby sitter yang profesional, kartu nama bisa berguna sangat baik untuk hal tersebut. Tidak perlu membuat desain yang rumit, karena dengan desain sederhana seperti ini sudah terlihat istimewa.

 

29. CurvedCurved

Dengan bentuk curved yang tidak biasa digunakan sebagai bentuk kartu nama akan menjadikan kartu nama Anda sangat unik dan menarik. Apalagi ditambah dengan warna tajam yang memiliki kesan tegas, kartu nama Anda akan sangat keren.

 

30. Instruktur MusikInstruktur-Musik

Melihat desainnya saja pasti sudah kelihatan jika kartu nama ini milik seorang instrukstur musik atau profesi yang berkaitan dengan seni musik. Tak hanya piano atau keyboard saja, Anda bisa menggunakan berbagai gambar alat musik  sesuai keahlian pada kartu nama.

 

31. Animated CardAnimated-Card

Kartu nama yang sangat seru dan menyenangkan hanya dengan melihatnya saja. Bagi Anda yang bekerja di bidang animasi, bisa banget menambahkan animasi menggemaskan untuk kartu nama eye-catching.

 

32. Desain untuk MUADesain-untuk-MUA

Jika Anda berprofesi sebagai Make Up Artis, tidak ada salahnya apabila membuat kartu nama lucu dan unik seperti desain ini. Bukankah desain seperti ini sudah menggambarkan profesi MUA dengan baik? Dengan sekali lihat saja, klien pasti tahu bahwa Anda MUA yang profesional.

 

33. CartoonCartoon

Selanjutnya adalah contoh kartu nama dengan sentuhan cartoon yang imut dan lucu. Keramaian di dalam kartu nama ini sangat cocok bagi para illustrator atau desain grafis.

 

34. Kartun WajahKartun-Wajah

Membuat kartu nama dengan sentuhan ilustrasi kartun wajah tidak akan membuat Anda terlihat kekanak-kanakan. Bahkan desain ini akan membuat kartu nama jauh lebih estetik dan hidup.

 

35. Wedding OrganizerWedding Organizer

Kartu nama yang sangat kalem dan cocok sekali untuk pemilik usaha wedding organizer. Kartu nama sederhana ini hanya menggunakan perpaduan warna pastel yang netral dan cocok satu sama lain. Dengan sentuhan motif di beberapa sudut kartu, membuat kartu nama ini memiliki kesan manis.

 

36. ButikButik

Para pebisnis yang membuka usaha sebagai penjahit pakaian atau seperti butik, gunakan desain kartu nama dengan sentuhan yang tepat ini. Selain cantik dan menawan, desain ini cukup unik karena tidak seperti kartu nama pada umumnya dan menggambarkan profesi Anda dengan baik.

 

37. Black BlueBlack-Blue

Warna hitam merupakan warna netral yang bisa dipadu padankan dengan warna lainnya, contohnya warna biru. Kartu nama akan terkesan maskulin dengan perpaduan dua warna tersebut dan cocok digunakan sebagai kartu nama bengkel las.

 

38. Dokter HewanDokter-Hewan

Menjadi dokter, tidak harus membuat kartu nama yang tegas dan terlalu formal. Anda juga bisa menggunakan desain yang funny seperti ini. Kalau desain ini cocok digunakan oleh dokter hewan, tapi dokter spesialis lain juga bisa membuatnya. Tentunya gambar yang dicantumkan harus sesuai.

 

39. OlshopOlshop

Apabila Anda memiliki online shop alias olshop, lebih baik membuat kartu nama juga agar terlihat lebih profesional. Gunakan desain yang menarik seperti contoh kartu nama di atas yang memadukan warna putih dengan warna merah merah dan sedikit sentuhan floral.

40. TransparanTransparan

Sudah pernah melihat contoh name card dengan warna latar transparan seperti ini? Pasti sangat jarang sekali, karena belum terlalu banyak yang menggunakannya. Desain yang cukup unik untuk sebuah kartu nama dan Anda harus mencobanya.

 

Anda bisa menggunakan beberapa desain kartu nama di atas sebagai referensi untuk membuat kartu nama sendiri. Jika merasa kesulitan, Anda bisa mengikuti cara membuat kartu nama yang sudah disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *