9+ Contoh Latar Belakang Skripsi, Proposal, PKL, Usaha

12 min read

contoh-latar-belakang-makalah

Tugas yang wajib mencantumkan latar belakang tentu bukan hanya untuk Anda yang masih mengenyam pendidik. Namun semua orang yang hendak membuat suatu karya tulis pasti wajib untuk mencantumkan latar belakang. Untuk itu mengetahui berbagai contoh latar belakang akan membantu Anda dalam mengerjakan tugas tersebut.

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum paham mengenai latar belakang dan cara membuatnya. Untuk Anda yang masih aktif dalam dunia Pendidikan akan sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara membuat latar belakang yang benar.

Apa Itu Latar Belakang dalam Sebuah Karya?

Apa-Itu-Latar-Belakang-dalam-Sebuah-Karya

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian untuk dicarikan solusi adalah pengertian dari latar belakang penelitian. Latar belakang penelitian disebut juga dengan latar belakang masalah. Di dalam latar belakang masalah biasanya penulis akan menjelaskan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan.

Dalam pembuatan skripsi sebagai tugas akhir juga sangat wajib untuk mencantumkan latar belakang suatu permasalahan. Pada bagian latar belakang juga dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan pendekatan seperti apa yang akan digunakan.

Pengertian lain dari latar belakang adalah informasi yang terkumpul dan disusun secara sistematis dan terstruktur. Informasi-informasi tersebut tentunya berhubungan dengan masalah yang akan diangkat oleh peneliti.

Di dalam latar belakang hendaknya menjelaskan pandangan penulis dengan alasan yang masuk akal terkait penelitian yang akan dilakukan. Alasan tersebut berdasarkan referensi atau sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya yang serupa.

Latar belakang disebut juga sebagai foto acuan atau gambaran awal untuk memberi gambaran mengenai penelitian yang dilakukan. Selain itu dapat dijadikan pengetahuan terkait masalah apa yang dibahas serta diteliti oleh peneliti sebelumnya.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat latar belakang maka Anda harus mengetahui faktor permasalahan yang terdapat dalam latar belakang tersebut. Di dalam latar belakang terdapat beberapa hal umum seperti:

  1. Terdapat sebuah kondisi permasalahan yang sesuai dengan penelitian. Bisa berupa permasalahan umum atau khusus. Kondisi permasalah yang dimaksud juga dapat dilampirkan dalam visi ataupun misi yang akan dicapai.
  2. Adanya kejadian terkini yang ada di dalam masyarakat. Biasanya hal tersebut menjelaskan antara kondisi yang sedang dibahas tentu berkaitan dengan kondisi yang sedang terjadi.
  3. Untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Di dalam suatu latar belakang penelitan hendaknya dapat memberikan suatu solusi, saran, atau bahkan jalan keluar yang dibutuhkan.

Cara dan Tips Menulis Latar Belakang

1. Cara Menulis Latar Belakang

Cara-Menulis-Latar-Belakang

Untuk dapat menulis latar belakang yang sesuai dengan kaidah penulisan tentu harus Anda kuasai bagaimana caranya. Sehingga kemungkinan adanya revisi hanya sedikit.

Latar belakang yang Anda tulis tentunya harus dapat menjelaskan awal permasalahan penelitian Anda. Bagaimana Anda melakukan penelitian tersebut dengan penjelasan yang logis. Dan alasan mengapa penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut sebagai tema dalam penelitian atau makalah yang dibuatnya.

Latar belakang juga harus mengandung penjelasan terkait masalah yang diangkat. Yang mana apabila masalah tersebut diabaikan, maka dianggap akan mengganggu, menimbulkan masalah, serta memunculkan keresahan dalam masyarakat.

Susunan penulisan latar belakang yang dapat Anda susun seperti:

  1. Pada paragraf pertama dapat menuliskan gambaran permasalahan secara umum ke khusus atau sebaliknya. Sehingga dapat memudahkan pembaca terkait permasalahan yang Anda angkat dalam karya tulis Anda.
  2. Pada sisi pertengahan latar belakang Anda dapat membahas fakta serta data yang Anda dapatkan dari berbagai sumber yang terpercaya. Dengan memberikan ulasan terkait penelitian yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Selain itu pada bagian ini juga akan lebih baik apabila memberikan pendapat para ahli terkait permasalahan yang Anda angkat.
  3. Selanjutnya pada bagian akhir latar belakang yang Anda tulis dapat menjelaskan solusi atau cara penyelesaian. Solusi serta cara penyelesaian yang Anda paparkan selanjutnya digunakan sebagai dasar pengambilan judul karya tulis Anda.

2. Tips Menulis Latar Belakang

Tips-Menulis-Latar-Belakang

a. Posisikan Diri Sebagai Detektif

Apabila Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai detektif, maka Anda akan terbantu untuk menemukan suatu permasalahan yang sedang terjadi. Dalam hal ini yang Anda butuhkan adalah meningkatkan rasa kepedulian.

Misalnya apabila Anda sedang berjalan di sekitar pusat wisata tentu Anda akan melihat berbagai hal yang terjadi di sekitar Anda. Dari hal tersebut maka Anda bisa memperoleh beberapa isu atau permasalahan yang bagus seperti perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Dalam melihat perilaku sosial masyarakat yang beragam. Tentu akan menuntut Anda untuk meningkatkan kepekaan terhadap kondisi sekitar. Sehingga dengan mudah Anda dapat menemukan berbagai macam permasalahan yang sedang terjadi.

b. Mengetahui akan Fakta Permasalahan

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan ketika menyusun latar belakang adalah memikirkan bagaimana fakta dari permasalahan tersebut. Fokus permasalahan seperti apa yang akan Anda angkat. Dan bagaimana Anda dapat menemukan fakta dari permasalahan yang Anda angkat.

Dengan begitu tentu akan lebih memudahkan Anda dalam menyusun urutan fokus permasalahan. Yang mana permasalahan tersebut suda diperkirakan juga akan terjadi pada masa mendatang.

Untuk mengetahui fakta permasalahan tersebut dapat diketahui dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan melihat apakah terdapat kesenjangan antara suatu kejadian dengan kenyataan yang sedang terjadi. Atau dalam istilahnya sering disebut dengan istilah das sollen das sein.

Selanjutnya Anda dapat mencatat poin permasalahan yang Anda dapatkan pada sebuah kertas sebagai fakta dari permasalahan yang ada.

c. Menemukan Fokus Permasalahan

Setelah fakta permasalahan sudah Anda temukan maka selanjutnya Anda perlu menentukan fokus permasalahan. Untuk dapat menemukan fokus permasalahan dengan tepat Anda akan lebih merasa mudah apabila melakukan analisis dari fakta permasalahan yang ada.

Hal penting yang perlu Anda ingat yaitu wajib untuk memberikan isu yang benar-benar terjadi dan aktual. Jangan sampai Anda memberikan informasi yang fiktif atau permasalahan yang tidak terjadi. Sebab dapat memberikan kesulitan ketika melaksanakan penelitian di tahap selanjutnya.

D. Menjelaskan Masalah

Untuk menjelaskan permasalahan yang ada di dalam latar belakang pada suatu topik yang Anda angkat. Untuk menjelaskan masalah tersebut dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu dari umum ke khusus atau dari khusus ke umum.

1). Menjelaskan Masalah dari Umum ke Khusus

Dalam membuat kerangka untuk menjelaskan latar belakang masalah dari umum ke khusus, Anda dapat memulainya dengan penjelasan yang bersifat umum. Dengan demikian Anda dapat mengajak pembaca untuk membayangkan permasalahan yang tersebut.

Untuk membuat latar belakang dari umum ke khusus dapat Anda mulai dengan kalimat pembuka “Rumah adalah..”, “Apramerupakan..” serta masih banyak lagi yang lainnya. Lalu saat akan memasuki permasalahan yang lebih khusus dapat dimulai dengan kata imbuhan namun, tetapi, dan yang lainnya.

2). Menjelaskan Masalah dari Khusus ke Umum

Latar belakang ini merupakan kebalikan dari penjelasan yang bersifat umum ke khusus. Penulisan latar belakang seperti ini, biasanya penulis akan terlebih dulu membahas permasalahan yang diangkat.  Kemudian menjelaskan hal yang sifatnya lebih umum dalam pandangan masyarakat.

Contoh Latar Belakang Skripsi

1. Latar Belakang Skripsi Ekonomi

Latar-Belakang-Skripsi-Ekonomi

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekonomi akan selalu memberikan dampak dalam masyarakat. Dalam arti lain setiap keluarga yang merupakan satuan unit paling kecil dalam masyarakat lebih sering mendapatkan dampaknya.

Sebab kebutuhan setiap keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tentu berbeda-beda. Untuk kebutuhan dalam keluarga yang akan terus meningkat seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, dan masih banyak biaya operasional lainnya.

Salah satu permasalahan yang paling umum ditemui adalah anak yang putus sekolah. Biasanya permasalahan seperti ini menimpa keluraga miskin karena tidak mampu membiayai pendidikan anaknya.

Padahal pendidikan merupakan suatu agen perubahan supaya manusia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap anak. Sehingga pendidikan juga berperan dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Karena dengan adanya pendidikan anak-anak memiliki bekal intelektual serta emosional. Hal ini tentu dapat membentuk mereka menjadi manusia yang cerdas, terampil, keren, serta bermoral.

Sebagaimana pendapat yang dikemukakan oleh kementrian Pendidikan nasional pada tahun 2009. Menyebutkan bahwa sekitar 1,5 juta remaja di Indonesia putus sekolah. Terjadinya hal tersebut karena berbagai penyebab yang mana sebagian besar alasan adalah karena faktor ekonomi.

Padahal pendidikan adalah salah satu kunci dari keberhasilan pembangunan dalam suatu bangsa. Dengan membentuk calon pemimpin yang memiliki kualitas, tentu akan dengan mudah menghadapi tantangan dalam era globalisasi.

Anak-anak dan remaja yang sekolah akan memperoleh bekal pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupannya. Hal tersebut sangat sejalan dengan UU perlindungan anak dalam pasal 9 yaitu nomor 23 tahun 2002.

Permasalahan remaja yang putus sekolah semata-mata bukan hanya tanggung jawab pemerintah.  Namun tanggung jawab bersama yang mana dalam UUD 1945 telah memberikan amanat kepada negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sehingga remaja yang mengalami putus sekolah menjadi perhatian penting dalam masyarakat dan tentunya pemerintah. Meskipun belajar ilmu pengetahuan tidak semata-mata sebagai tujuan, namun dengan pengetahuan yang dimiliki dapat menjadi bekal dalam menguasai keterampilan.

Salah satu lembaga sosial yang memiliki tugas untuk memberikan layanan sosial bagi anak putus sekolah adalah panti sosial. Selain memberikan layanan sosial, panti sosial juga sebagai pendamping bagi keluarga dalam mengasuh anak. Hal tersebut sebagaimana yang dijelaskan oleh Departemen Sosial RI tahun 2008.

PSBR atau Panti Sosial Bina Remaja adalah salah satu wadah pendidikan dalam bentuk informal. Sehingga selain dalam lingkungan keluarga remaja juga berhak memperoleh pendidikan dari panti sosial.

Dengan pelayanan yang diberikan oleh panti sosial maka para remaja akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan dapat lebih dalam lagi menggali minat serta bakatnya yang tentu bermanfaat untuk kehidupan di masa depan.

Panti Sosial Bina Remaja atau PSBR memiliki peran penting dalam membantu masyarakat yang kekurangan biaya untuk kebutuhan sekolah anaknya. Sehingga dari sini seharusnya peran dari pemerintah sangat dibutuhkan dalam menangani remaja yang putus sekolah.

Program dari PSBR untuk membantu remaja yang putus sekolah tidak dipungut biaya, sehingga kondisi lingkungan juga harus mendukung program yang dilaksanakan oleh PSBR ini seperti bimbingan keterampilan.

Dengan hal tersebut sebagai peneliti tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi terkait peran PSBR. Seperti pelatihan keterampilan untuk remaja putus sekolah sebagai upaya merubah kehidupan mereka.

Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pelaksanaan Program Bimbingan Keterampilan yang Dilaksanakan oleh Panti Sosial Bina Remaja, untuk Kehidupan Penerus Bangsa yang Lebih Terampil dan Mandiri”.

2. Latar Belakang Skripsi Manajemen

Latar-Belakang-Skripsi-Manajemen

Salah satu tujuan dibentuknya suatu instansi adalah untuk mencapai tujuan bersama. Akan tetapi untuk mencapai tujuan tersebut sangat dibutuhkan manajemen yang baik dan benar. Serta dengan didukung oleh adanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Salah satu elemen yang menjadi perhatian dalam sebuah instansi adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Adanya sumber daya manusia yang berkualitas tentunya memiliki peran penting dalam sebuah instansi.

Sebab dalam melakukan pekerjaannya, manusia membutuhkan fisik serta mental yang kuat. Hal tersebut akan sangat terasa ketika manusia telah selesai dalam melakukan pekerjaannya. Sebab aspek fisik dan juga mental yang dimiliki oleh setiap manusia tentu sangat dilibatkan dalam bekerja.

Untuk aspek fisik yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan seperti tenaga dalam melakukan aktivitas. Sedangkan untuk aspek mental adalah kepercayaan dalam diri yang muncul ketika melakukan pekerjaan. Sehingga pekerjaan tersebut akan berhasil apabila dikerjakan dengan baik.

Motivasi juga disebut dengan aspek mental karena berkaitan dengan rasa percaya diri. Motivasi yang kuat tentu akan berpengaruh pada pekerjaan yang dilaksanakan dengan serius sehingga hasil akan lebih sempurna.

Dalam hal ini ketika seseorang melakukan pekerjaannya sebelumnya para pekerja terlebih dahulu memilih pekerjaan mana harus dikerjakan terlebih dahulu. Sehingga para pekerja tentu lebih berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sekuat tenaga.

Hal tersebut juga akan sejalan dengan kompensasi yang diperoleh baik berupa insentif, upah atau gaji, serta fasilitas yang didapat.

Tak jarang dalam melaksanakan pekerjaannya muncul berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan kecil sampai permasalahan yang besar. Apabila permasalahan tersebut kecil dan tidak cepat diselesaikan maka tidak menutup kemungkinan konflik tersebut semakin besar.

Sehingga akan menimbulkan dampak pada kinerja yang terganggu. Konflik yang muncul dapat terjadi pada hubungan antara dua orang atau lebih. Karena terdapat sesuatu yang bertentangan, serta salah satu dari mereka merasa terganggu.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap konflik tidak selalu mengakibatkan hal yang negatif. Terkadang ada pula konflik menimbulkan dampak positif apabila dapat disikapi dengan baik. Sehingga kinerja yang ada berubah menjadi lebih baik dan berlaku jugasebaliknya.

Suatu konflik yang berakibat negatif apabila konflik tersebut dijadikan sebagai alat untuk menciptakan perpecahan sehingga nilai kinerja menjadi rendah. Lain halnya dengan kinerja yang baik akan memberikan kinerja yang semakin optimal.

Suatu perusahaan akan semakin bertahan dan maju apabila kualitas pekerjaan karyawan semakin meningkat. Untuk itu diperlukan berbagai upaya dalam meningkatkan kinerja karyawan yang tentunya terdapat tantangan manajemen yang cukup serius.

Perusahaan akan membutuhkan kinerja karyawan yang tinggi untuk mendukung produktivitas perusahaan. Dengan demikian kualitas perusahaan akan semakin meningkat sehingga akan terus bertahan menghadapi persaingan global.

Kinerja karyawan dapat menurun karena beberapa hal. Seperti keinginan karyawan yang menurun untuk mencapai prestasi kerja.Kurangnya menaati peraturan seperti ketepatan waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Serta adanya pengaruh negatif dari lingkungannya.

Selain itu semangat teman sekerja yang menurun juga dapat memberikan pengaruh negatif. Karena dalam mencapai prestasi kerja yang baik tidak jarang melihat rekan kerjanya.

Motivasi, kompensasi, dan konflik kerja, merupakan hal yang dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Salah satu pelabuhan utama yang berada di kota Batam yaitu pelabuhan domestik Telaga Punggur. Yang mana disebut sebagai pelabuhan utama, diharapkan para pekerjanya dapat memberikan kinerja terbaik di depan para pengunjung.

Akan tetapi masih banyak pengunjung yang mengeluhkan rendahnya pelayanan karyawan yang diberikan untuk para pengunjung. Berbagai konflik kecil juga sering muncul di antara pihak pengunjung dengan karyawan atau karyawan dengan atasannya.

Penyebab dari konflik tersebut seperti insentif yang diterima, fasilitas, serta tunjangan yang didapat. Dengan hal tersebut “Efek Motivasi, Konflik Kerja, Insentif, serta Fasilitas Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan” penulis angkat sebagai tema dalam penelitian ini.

3. Latar Belakang Skripsi Biologi

Latar-Belakang-Skripsi-Biologi

Salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari adalah biologi. Karena dengan ilmu biologi siswa dapat dikenalkan mengenai fungsi tubuh dari diri manusia. Dengan ilmu biologi pula dapat memberikan pengetahuan terkait lingkungan sekitar dan hal lain yang berhubungan dengan tubuh manusia.

Namun minat siswa dalam mempelajari biologi dilihat menurun. Penyebab utama karena banyaknya istilah yang menggunakan bahasa latin. Yang kedua buku bacaan tersebut kurang bervariasi dan kurangnya penambahan ilustrasi gambar.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Rustaman dkk tahun 2005. Menyebutkan bahwa banyaknya istilah latin yang digunakan dalam pelajaran biologi seringkali menyebabkan minat siswa menjadi turun.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor siswa tidak mengambil jurusan biologi saat masuk ke perguruan tinggi. Wahyuningsih pada tahun 2011. Menyebutkan bahwa minat baca siswa yang rendah dalam membaca buku biologi karena kerumitan materi yang disampaikan.

Untuk itu perlu adanya strategi khusus supaya minat siswa tumbuh dalam mempelajari mata pelajaran biologi. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik diharapkan minat baca siswa juga akan semakin tumbuh.

Salah satu media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat baca dan memudahkan siswa dalam belajar biologi yaitu media komik. Sebab komik mempunyai sifat yang mudah dipahami, jelas, dan juga sederhana.

Sebagai salah satu bentuk seni yang disukai oleh setiap kalangan khususnya anak-anak. Komik akan menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa.

Dalam dunia pendidikan, sebenarnya komik sudah digunakan lebih dari 60 tahun yang lalu. Sebagai alat bantu dalam Pendidikan, komik dapat membantu menyampaikan informasi yang lebih efektif dan juga efisien. Pernyataan tersebut sejalan dengan yang dikemukakan oleh Waluyanto tahun 2005.

Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian “Analisis Komik sebagai Media Pembelajaran Biologi yang efektif dan Efisien untuk SMA Negeri 1 Cilacap”.

Contoh Latar Belakang Makalah

1. Makalah PKL Madiun

Makalah-PKL-Madiun

Ilmu pengetahun dan teknologi yang semakin berkembang tentu membuat Anda untuk dapat membuka diri. Serta menerima berbagai perubahan yang terjadi akibat kemajuan ilmu pengetahuan tersebut. Salah satu model utama dalam suatu usaha adalah sumber daya manusia.

Untuk menghadapi perang dingin kemajuan teknologi, maka kualitas dari setiap orang perlu dipersiapkan untuk memperoleh sumber daya yang berkualitas. Untuk lebih mengenal dunia kerja para mahasiswa seharusnya diberi sebuah kesempatan baik dari perusahaan atau instansi lain.

Kesempatan yang diberikan kepada para mahasiswa tersebut dapat berupa praktek kerja lapangan atau PKL. Kesempatan tersebut tentu akan memberikan keterampilan tertentu seperti pada perusahaan listrik. Dari PKL salah satu keterampilan yang didapat adalah perhitungan tegangan rms.

Praktek kerja lapangan atau PKL memiliki tujuan untuk memberikan keterampilan serta etika mahasiswa dalam dunia kerja. Dengan PKL maka dapat dijadikan sebagai pelaksanaan kurikulum Pendidikan yang berkaitan dengan keterampilan.

Sebagai tempat Pendidikan formal. Sudah seharusnya sekolah atau bahkan perguruan tinggi dapat memberikan fasilitas serta pelayanan yang baik bagi setiap siswa dan juga wali murid. Terjaganya komunikasi yang baik dari pihak sekolah dan wali murid sejatinya dapat meningkatkan prestasi siswa.

Keterampilan siswa salah satunya dapat diperoleh ketika praktikum kerja lapangan. Dari hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait “Hubungan PKL dengan Keterampilan Siswa”.

2. Makalah Tema Politik

Makalah-Tema-Politik

Salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang sangat erat berdampingan dengan berbagai cabang ilmu sosial yang lainnya adalah ilmu politik. Akan tetapi meskipun berbagai ilmu tersebut saling berdampingan dan memiliki hubungan yang erat tetap memiliki batasan.

Antara ilmu politik dengan ilmu sosial yang lainnya dibatasi dengan sifat dan juga ruang lingkupnya. Sebab ilmu politik tentu berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Karena di dalamnya terdapat berbagai sistem yang berjalan

Beberapa sistem dari ilmu politik yang ada di dalam masyarakat yaitu sistem sosial, sistem politik, sistem ekonomi, sistem komunikasi, serta yang lainnya. Dari berbagai sistem tersebut tentu memiliki fungsi dan juga tujuan tersendiri.

Fungsi dan tujuan dalam berbagai sistem umumnya untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat. Sehingga berbagai sistem politik etis yang ada di dalam masyarakat awalnya memberikan rumusan tujuan tertentu saja. Selanjutnya hal tersebut akan dilaksanakan sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Kebijakan pemerintah yang diambil tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu penting bagi masyarakat untuk memahami serta mengetahui ilmu politik. Mulai dari lingkup yang paling kecil hingga cakupan yang lebih luas.

Dengan demikian penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan dengan tema “Kontribusi Masyarakat dalam Ikut Serta Memajukan Negara dengan Memahami Berbagai Ilmu Politik yang Ada”.

3. Makalah Tema Berdirinya Asean

Makalah-Tema-Berdirinya-Asean

Seperti apa yang Anda ketahui bahwa tujuan dari berdirinya ASEAN tentu memiliki beberapa tujuan. Misalnya sifat akan perdamaian dalam bentuk persahabatan antar berbagai negara dalam kawasan Asia Tenggara.

Berdirinya ASEAN pada awalnya hanya disepakati oleh 5 negara. Kelima negara tersebut melakukan pertemuan pada 5 Agustus hingga 8 Agustus tahun 1967 di Bangkok. 5 negara tersebut diantaranya yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan juga Indonesia.

Dari 5 negara tersebut tentunya dihadiri sedikitnya oleh 5 tokoh yang selanjutnya menandatangani kesepakatan yang disebut dengan kesepakatan Deklarasi Bangkok.

Contoh Latar Belakang Proposal

1. Latar Belakang Proposal 17 Agustusan

Latar-Belakang-Proposal-17-Agustusan

Pada setiap tahunnya negara Indonesia memperingati hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Sebagai warga negara Indonesia tentu Anda memiliki kewajiban untuk dapat mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia tercinta.

Tonggak sejarah dari perjuangan bangsa yang wajib untuk dipertahankan yaitu mempertahankan hari kemerdekaan. Sebagai generasi muda penerus bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Berbagai hal tersebut dapat dilakukan dengan diisi oleh kegiatan yang positif. Sehibgga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

Untuk itu para siswa diharapkan dapat mengisi kegiatan di hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan. Dengan tujuan untuk meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan dapat mengingatkan pada semangat juang para pahlawan pembela bangsa.

Untuk itu, Kami selaku panitia penyelenggara bermaksud akan menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-73. Kegiatan ini untuk Seluruh Masyarakat Kecamatan Sidareja”.

2. Latar Belakang Proposal Usaha

Latar-Belakang-Proposal-Usaha

Saat ini terdapat berbagai macam bentuk serta berbagai macam aneka ragam makanan. Dalam suatu pemasaran saja terdapat beberapa pelaku usaha mulai dari skala kecil sampai pada yang berskala besar. Serta mulai dari produk dengan harga yang murah sampai pada harga yang mahal.

Terdapat berbagai macam aktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang dapat dijalani oleh setiap orang tanpa terkecuali. Semakin padatnya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat, tentu akan membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan.

Asupan makanan tersebut mulai dari makanan pokok hingga makanan tambahan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam makanan yang saat ini dijual dipasaran memang sangat beragam.

Namun berbagai macam makanan yang terdapat di pasaran tersebut umumnya bukanlah suatu makanan tradisional yang menjadi ciri khas negara Indonesia. Selain itu ditawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal dengan makanan tradisional.

Padahal dengan berbagai macam budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Tidak heran apabila bangsa Indonesia juga memiliki berbagai macam makanan tradisional yang sederhana. Meski sederhana namun sangat pas apabila dijadikan sebagai snack yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Salah satu makanan tradisional yang memiliki nilai keistimewaan tersendiri adalah keripik nanas dengan berbagai rasa mulai dari rasa original hingga yang pedas. Keripik ini tergolong makanan yang baru dan berasal dari Lombok.

Pengolahan keripik nanas juga sangat sederhana, kualitas tetap terjaga, lebih higienis, dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga hal tersebut dapat menarik masyarakat untuk dapat membelinya.

Keripik dari nanas ini merupakan salah satu makanan tradisional yang dapat dinikmati dengan berbagai rasa yang enak, gurih, pedas, serta nikmat. Sebagai makanan tradisional yang baru muncul, maka akan terus dilakukan usaha untuk mempromosikannya ke masyarakat yang lebih luas.

Dengan demikian, maka tidak heran apabila usaha keripik nanas ini layak untuk dikembangkan sehingga menjadi alternatif salah satu usaha kuliner yang ada di Indonesia.

Dengan berbagai kelebihan serta potensi tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat suatu usaha makanan dengan judul “Keripik Nanas Berbagai Rasa” yang layak untuk dijadikan sebagai usaha yang lebih besar sehingga masyarakat tidak akan pernah lupa dengan makanan khas negara Indonesia.

3. Latar Belakang Proposal Acara Kampus

Latar-Belakang-Proposal-Acara-Kampus

Alhamdulillah segala puja dan puji kepada Allah SWT yang tidak pernah berhenti memberikan kepada kita nikmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suritauladan kita dalam menempuh kehidupan ini.

Nabi Muhammad SAW juga sebagai sosok pemimpin terbaik umat manusia yang pantas untuk dijadikan contoh dan diikuti jalan hidupnya. Kepada para sahabat, keluarga, serta kita sebagai umatnya. Semoga kita semua mendapatkan Syafa’atnya di hari akhir kelak, aamiin.

Bulan Ramadhan yang istimewa ini mengajak kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Karena pada saat Bulan Ramadhan pahala akan dilipat gandakan oleh Allah Swt. Bersyukur karena kita masih diberikan kesempatan bertemu dengan bulan yang mulia ini.

Untuk itu sudah sepantasnya rasa syukur itu direfleksikan dalam bentuk ucapan, sikap, dan tindakan yang sesuai dengan petunjuk-petunjuk Allah dan contoh tauladan Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pemikiran tersebut, maka dari itu kami bermaksud mengadakan kegiatan “FKIP Berbagi”. Acara ini bertujuan untuk memaknai lebih dalam mengenai Bulan Ramadhan. Misalnya, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dan  mempererat tali silaturahmi dengan ORMAWA FKIP.

Dengan berbagai penjelasan, serta contoh latar belakang yang sudah dibahas. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam menulis latar belakang secara mudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *