39+ Contoh Motto Hidup Berbagai Bidang yang Bermakna

14 min read

contoh motto hidup

Eh motto hidupnya apa? Seringkali pertanyaan tersebut muncul, tidak hanya dalam sebuah pertemanan tetapi juga dalam lingkup pekerjaan. Sudahkah Anda menentukan motto hidup? Apabila belum, Anda berada di halaman yang tepat karena di bawah ini akan ada banyak sekali contoh motto hidup.

Tapi, mungkinkah di antara Anda semua masih ada yang belum mengetahui apa itu motto? Tenang saja, karena di halaman ini Anda juga bisa mempelajari tentang pengertian motto hidup.

Daftar Isi

Apa itu Motto?

Motto adalah sebuah kalimat, frasa atau semboyan yang digunakan sebagai pedoman untuk melangkah maju dalam kehidupan. Biasanya, isi dari motto akan menggambarkan motivasi, semangat bahkan juga berisi tentang tujuan yang ingin dicapai.

Biasanya motto hidup digunakan sebagai stimulus agar Anda dapat menjalankan hidup dengan langkah yang sesuai dengan harapan. Dengan adanya motto, seseorang dapat lebih tertata dan terarah sehingga mereka bisa mencapai hal yang mereka inginkan tanpa harus keluar dari jalur yang menyesatkan.

Kumpulan Contoh Motto Hidup

1. Contoh Motto Hidup

  • “Kesempatan bukanlah sebuah kebetulan, harus diciptakan dan jangan pernah dilewatkan”

Kesempatan memang bukanlah kebetulan, maka dari itu Anda perlu menciptakannya sendiri dengan cara mempersiapkan diri sendiri untuk bertemu dengan kesempatan tersebut dengan sendirinya. Karena kesempatan selalu datang dibarengi dengan usaha.

Sehingga, saat Anda berhasil menciptakan sebuah kesempatan, jangan pernah melewatkannya. Pasalnya usaha yang Anda lakukan telah membuahkan hasil dan sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja.

  • “Bekerja keraslah, bersikap baiklah karena akan membawa kepada hal yang luar biasa”

Meskipun menjadi motto hidup yang cukup pendek, akan tetapi motto ini memiliki yang sangat besar dan mendalam. Dengan motto hidup ini, Anda akan terus diikuti oleh hal- arti hal yang positif karena kebaikan merupakan hal yang tidak akan merugikan.

Tidak perlu mengkhawatirkan balasan atas kebaikan Anda, karena jika tidak dibalas oleh manusia maka Tuhan akan membalasnya dengan berlipat-lipat ganda. Maka dari itu, teruslah berlomba-lomba untuk bekerja keras dan terus melakukan kebaikan kepada siapapun tanpa pandang bulu.

  • “Aku tidak aneh, tapi Limited Edition!”

Motto hidup ini akan memberi kekuatan pada Anda yang sering dianggap berbeda dan tidak setara dengan orang lain. Jika merasa hal tersebut terjadi pada Anda, maka yakinkan diri bahwa Anda adalah ciptaan Tuhan yang Limited Edition alias edisi terbatas.

Anda tahu, bukan bahwa edisi terbatas merupakan hal yang luar biasa? Contohnya, saat Anda berada di sebuah toko yang menjual produk edisi terbatas, pasti produk tersebut merupakan sesuatu dengan kualitas yang bagus. Jadi, ingatlah bahwa Anda adalah ciptaan Tuhan edisi terbatas.

  • “Atur dirimu sendiri sebelum mengatur orang lain”

Kutipan dari salah satu ucapan Abu Bakar ini bisa dijadikan sebagai motto hidup agar tidak ikut mengatur urusan orang lain yang bukan hak dan kewajiban Anda. Lebih baik mengatur diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik, daripada mengatur orang lain.

Jika sudah menjadi pribadi yang baik, maka tanpa perlu mengatur orang lain Anda sudah pasti akan menjadi contoh untuk mereka. Contoh yang baik adalah cara mujarab untuk merubah orang lain menjadi pribadi yang lebih baik juga.

2. Contoh Motto Pendidikan

  • “Belajar bagaikan mendayung sampan hingga ke tujuan, apabila tidak maju maka kita akan terhanyut bahkan tenggelam”

Contoh motto hidup di atas sangat cocok digunakan oleh pelajar, pasalnya dapat memberikan motivasi untuk belajar dengan langkah yang benar. Jika salah dalam mengambil langkah ketika belajar, maka dapat mengarahkan diri Anda pada kehancuran.

Tidak hanya tentang memilih langkah saja, motto ini juga berarti bahwa jika hanya hanya berdiam pada satu tempat saja dan tidak maju maka lambat laun akan tenggelam. Oleh sebab itu, Anda harus berani mengambil langkah untuk maju ke arah yang lebih baik.

  • “Ilmu dan pengalaman adalah modal untuk melangkah menggapai masa depan”

Ilmu dan pengalaman merupakan modal yang sangat penting untuk menggapai masa depan yang gemilang. Tanpa ilmu dan pengalaman Anda akan kesulitan untuk melangkah maju, karena tidak ada pedoman atau pijakan.

Namun, jika memiliki ilmu dan pengalaman yang baik langkah untuk menggapai masa depan akan sedikit terasa ringan. Dengan begitu Anda tidak akan salah langkah sehingga dapat terhindar dari berbagai hal yang menghambat atau menyesatkan.

  • “Buku adalah jendela dunia”

Buku adalah jendela dunia, pernyataan ini memang benar karena dengan membaca Anda bisa mengetahui dunia beserta isinya hingga informasi yang ada di dalamnya. Motto pendidikan seperti di atas, diyakini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk semakin rajin belajar.

Motto ini juga diyakini dapat memberikan stimulus yang baik untuk peserta didik agar berminat untuk memperbanyak baca buku. Sehingga, pengetahuan-pengetahuan yang telah disajikan dalam bentuk tulisan dapat mereka ketahui dan pahami.

  • “Belajar bukan untuk pemuda-pemudi saja, tapi untuk segala usia”

Pada dasarnya, pengetahuan merupakan segala sesuatu yang diperoleh dari lahir hingga tutup usia. Sehingga kegiatan belajar bukanlah suatu hal yang diperuntukkan untuk anak muda saja. Orang lanjut usia sekalipun boleh mempelajari segala hal, karena umur bukan sebuah patokan.

Jadi, apabila Anda sudah berumur jangan pernah malu untuk belajar. Tetap semangat untuk mengumpulkan banyak ilmu pengetahuan yang ada. Jika kerabat yang lebih tua ingin belajar jangan pernah menertawakannya karena belajar adalah hak semua orang tanpa terkecuali.

3. Contoh Motto Hidup Islami

  • “Amalan terbaik adalah amalan yang sedikit tetapi dikerjakan terus-menerus”

Jika Anda berpikir bahwa amalan Anda bukanlah amalan yang besar, maka ingatlah motto hidup Islami ini. Allah SWT lebih menyukai amalan yang dikerjakan terus menerus walaupun bukanlah amalan yang besar. Sehingga Anda tidak perlu berkecil hati dan merasa amalannya tidak diterima.

Hanya Allah SWT yang mengetahui amalan siapa yang baik dan buruk. Tidak apa menjalankan amalan yang kecil atau sedikit, asalkan Anda ikhlas karena Allah SWT dalam menjalankannya dan dikerjakan secara terus-menerus.

  • “Tidak perlu hidup sempurna, karena hal tersebut bukanlah surga”

Banyak orang yang menuntut kesempurnaan, padahal banyak yang tahu tidak ada yang sempurna di dunia ini karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Motto hidup ini merupakan motto terbaik bagi Anda yang menjalankan hidup dengan tuntutan kata sempurna.

Ingatlah, bahwa hidup yang sedang kita jalani ini hanyalah dunia yang sementara bukan surga yang selamanya. Jika saja Allah SWT tidak pernah menuntut kesempurnaan hamba-Nya saat di surga, maka mengapa manusia harus menuntut sesama untuk sempurna di dunia?

  • “Ketika merasa sendirian, tetaplah ingat bahwa ada Allah yang masih bersamamu”

Anda sedang merasa  tidak ada yang peduli atau merasa kesepian? Motto hidup Islami satu ini sangat cocok digunakan sebagai penyemangat. Perlu Anda ingat dengan baik saat rasa kesepian dan kesendirian mulai memeluk, yaitu Allah SWT masih bersama Anda.

Motto ini akan memberikan kekuatan pada Anda sekaligus mengingatkan, bahwa di dunia yang kejam yang mengutukmu untuk sendiri masih ada Allah SWT yang selalu menemani. Percayalah, bahwa Allah SWT sedang menjauhkanmu dengan mereka karena Allah SWT ingin bersamamu saja.

  • “Man Jadda wa Jadda”

Motto dalam bahasa Arab ini seringkali digunakan sebagai pedoman menjalani kehidupan. Pasalnya, kalimat ini benar-benar dapat mempengaruhi pandangan seseorang tentang sebuah usaha.

Arti dari kalimat tersebut adalah barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil. Mengapa dapat mempengaruhi pandangan seseorang? Karena motto hidup ini sudah banyak terbukti di dunia ini. Orang-orang sukses di luar sana ada karena mereka bersungguh-sungguh.

4. Contoh Motto Hidup yang Lucu

  • “Contohlah hidup tukang parkir, meskipun memiliki banyak kendaraan ia tak pernah sombong karena sadar bahwa semua itu hanyalah titipan saja.”

Motto hidup ini memang lucu, namun makna yang terkandung di dalamnya sangatlah dalam. Kesombongan merupakan salah satu sifat yang tidak baik dan sudah sepantasnya Anda menghindarinya. Biasanya sifat ini dimiliki oleh orang-orang dengan harta yang berlebihan.

Padahal, semua yang mereka miliki hanyalah sebuah titipan yang tidak akan mereka bawa sampai mati. Hal ini sudah terbukti, karena ketika orang sudah tidak bernyawa  semua harta tidak dimasukkan ke dalam liang lahat.

  • “Hidup bukan hanya sekali, karena yang sekali itu mati. Kalau hidup ya setiap hari”

Quotes di atas sangat bertentangan dengan pepatah “hidup hanya sekali”. Namun, jika dibaca dengan seksama ada benarnya juga karena orang yang beruntung akan menjalani hidup hari demi hari tidak hanya sekali saja.

Hidup baru akan berhenti ketika kematian sudah menjemput, dan itupun hanya satu kali saja. Maka tidak heran banyak sekali orang yang menjadikan kata-kata di atas sebagai motivasi mereka untuk menjalani kehidupan ini.

  • “Sabar adalah hal yang sulit dilakukan karena hadiahnya surga, kalau gampang pasti hadiahnya sepeda roda dua”

Sabar merupakan sebuah usaha untuk menahan diri dari terjangan masalah yang datang secara bertubi-tubi alias bersamaan. Orang yang sabar maka akan memiliki sifat tidak gampang marah atau kesal ketika menghadapi masalah yang menyulitkan.

Namun, hal tersebut sangatlah sulit untuk diterapkan dalam kehidupan. Motto hidup lucu di atas merupakan salah satu contoh bahwa sabar bukanlah hal yang mudah dilakukan, melainkan menjadi salah satu hal yang sukar dan tidak semua orang bisa menerapkannya.

  • “Jika cinta sudah melekat, tai kucing rasa coklat”

Motto hidup lucu tentang cinta ini memang terdengar sangat jorok karena menyamakan rasa kotoran kucing dengan coklat. Namun, makna yang terkandung di dalamnya sama sekali tidak jorok lho. Bahkan makna dari motto ini sangatlah menyentuh hati.

Motto ini bermakna bahwa ketika dua orang sudah saling mencintai maka kekurangan apapun tidak akan terlihat, yang ada hanya ketulusan cinta mereka. Karena ketika cinta sudah tertanam, paras, warna kulit, bentuk hidung, kaya dan miskin tidak akan menjadi sebuah halangan lagi.

5. Motto Hidup Sukses

Contoh Motto hidup

  • “Belum terlambat untuk menjadi apapun sesuai dengan harapan.”

Motto hidup sukses ini merupakan salah satu kalimat yang dikutip dari pernyataan Georgeo Elliot. Salah satu motto hidup yang memberikan semangat ini bertujuan agar Anda tidak pernah menyesali hal yang belum dilakukan karena tidak pernah ada kata terlambat.

Apabila Anda belum sempat melakukan suatu hal yang merupakan harapan hingga hari ini, tidak apa-apa karena tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Kalimat motivasi sukses ini dapat Anda jadikan pedoman untuk meraih kesuksesan.

  • “Tidak apa jika Anda berjalan dengan langkah yang lambat, asalkan Anda tidak pernah berhenti untuk melangkah”

Motto hidup keren ini cocok untuk Anda yang belum bisa meraih kesuksesan tetapi tetap berusaha walau dengan langkah yang tidak terlalu besar. Tidak perlu memikirkan apa kata orang, karena kesuksesan merupakan usaha dari Anda sendiri bukan usaha orang lain.

Apapun usaha yang Anda kerjakan untuk meraih kesuksesan, kunci utama yang harus dipegang adalah bersungguh-sungguh dan jangan pernah berhenti untuk berusaha. Karena langkah kecil yang Anda buat sekarang, akan mengantarkan pada langkah yang lebih besar.

  • “Jatuh satu kali, bangkit berulang kali hingga sukses telah dicapai.”

Kalimat yang sangat singkat, namun jika Anda memahami kalimat tersebut ada makna yang tersirat dan memiliki pengaruh yang begitu besar terhadap kehidupan. Apabila Anda sedang berusaha namun belum memperoleh hasil yang sesuai, jadikan motto hidup ini sebagai kekuatan.

Ingatlah, bahwa orang-orang sukses di luar sana tercipta dari kegagalan yang datang berulang kali. Meskipun begitu, mereka tetap bangkit dan terus bangkit untuk memperbaiki hingga dapat menggapai sukses yang telah menjadi harapan.

  • “Gagal merencanakan, adalah merencanakan sebuah kegagalan”

Jika diucapkan, kalimat ini memang terdengar cukup kasar akan tetapi sesungguhnya kalimat ini banyak benarnya. Bahwa, perencanaan yang gagal sama saja dengan merencanakan sebuah kegagalan karena salah perkiraan sedikit saja dapat menggagalkan semuanya.

Motto hidup sukses ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki profesi sebagai perencana. Lebih tepatnya perencana fisik maupun teknik, sebab perencanaan yang dibuat akan menyangkut banyak pihak sehingga tidak boleh gagal sama sekali.

6. Contoh Motto Pramuka

  • “Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan”

Anda pasti pernah mendengar motto pramuka ini, karena setiap anak pramuka pasti pernah menyerukannya. Kalimat tersebut merupakan motto utama dalam pramuka yang bertujuan untuk menanamkan rasa percaya diri kepada para anggotanya.

Selain itu, motto tersebut dipercaya dapat meningkatkan semangat yang membawa dalam menjalankan kewajiban sebagai anggota pramuka. Kewajiban yang dimaksud dalam hal ini ialah pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

  • “Beranilah mengambil resiko, karena tidak ada yang lebih baik dari pengalaman”

Tak hanya motto wajib saja, para anggota pramuka juga bisa membuat motto untuk satuan masing-masing. Namun, tentu motto tersebut harus sesuai dengan kaidah kepramukaan dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku.

Bagi anggota pramuka, pengalaman merupakan hal yang sangat berharga karena pembelajaran saat mendapatkan sangat bermanfaat. Maka dari itu, banyak anggota yang berani mengambil resiko apapun untuk mendapatkan pengalaman yang berharga untuk kehidupan selanjutnya.

  • “Pramuka merekatkan, bukan meretakkan”

Kalimat singkat di atas merupakan salah satu motto pramuka tentang kebersamaan yang dijunjung tinggi di dalamnya. Tidak heran jika dalam pramuka para anggotanya terlihat saling menyayangi satu sama lain dan menganggap pramuka adalah sebuah keluarga.

Sehingga mereka percaya bahwa pramuka bukanlah sebuah organisasi yang dapat meretakkan sebuah jalinan pertemanan dan persaudaraan, melainkan sebuah lem yang mampu merekatkan. Jadi inilah alasan di dalam pramuka suasana seperti berada di rumah sendiri, karena motto ini.

7. Contoh Motto Hidup untuk Pelajar

  • “Ilmu pengetahuan tidak bisa diperoleh dengan kemalasan”

Kalimat yang merupakan penggalan dari sebuah hadits riwayat HR. Tirmidzi ini seringkali digunakan sebagai motto hidup bagi para pelajar. Hadits tersebut dipercaya dapat menghindarkan para pelajar dari kemalasan yang sering menyerang bagi mereka pemburu ilmu pengetahuan.

Dengan berpedoman dari motto hidup tersebut, para pelajar akan sadar bahwa kemalasan yang seringkali datang tidak akan membawa kepada kebaikan. Bahkan, ilmu yang sedang mereka cari tidak akan bisa terserap dengan baik. Maka dengan begitu pelajar akan berusaha untuk tidak malas.

  • “Pengetahuan tidak didasarkan oleh hal yang benar saja, melainkan juga dari kesalahan”

Bagi Anda mahasiswa yang sedang membutuhkan motto hidup untuk melengkapi tugas akhir alias skripsi, bisa nih menggunakan kalimat singkat di atas. Motto ini akan mewakili segala kesalahan yang pernah Anda perbuat namun memberikan pelajaran yang luar biasa.

Karena pada dasarnya, pengetahuan yang didapatkan hingga Anda berhasil menyelesaikan tugas akhir ini bukanlah hasil dari hal yang benar saja. Tetapi kesalahan-kesalahan juga ikut andil di dalamnya, sebab dengan kesalahan Anda akan belajar untuk tidak mengulanginya.

  • “Kata rindu yang ditujukan untuk sekolah, bukan sepenuhnya kerinduan pada gedungnya. Namun, rindu lebih mengarah kepada teman dan suasananya”

Selain menjadi tempat untuk menuntut ilmu, sekolah juga menjadi tempat peristiwa-peristiwa ajaib sering terjadi. Ulah jail teman-teman yang membuat suasana jadi semarak dan menyenangkan salah satunya. Suasana istirahat yang ramai dan riweuh pun menjadi alasan untuk rindu sekolah.

Contoh motto hidup pelajar yang lucu ini bisa mewakili hatimu yang rindu sekolah saat pandemic seperti ini. Karena hal yang paling dirindukan saat sekolah adalah suasana yang menyenangkan dan juga teman-teman yang membahagiakan.

  • “Pemburu ilmu pengetahuan adalah pejuang di jalan Allah SWT”

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir, bahwa satu-satunya perjuangan di jalan Allah adalah berperang untuk membela Islam. Padahal ada banyak hadist yang menyatakan banyak hal yang masuk dalam kategori perjuangan di jalan Allah SWT.

Salah satunya penggalan hadist dari HR. Tirmidzi di atas, bahwa para pencari ilmu juga merupakan pejuang di jalan Allah SWT. Maka ketika malas mulai menghampiri Anda, ingatlah motto ini agar rasa semangat mencari ilmu kembali membara.

Ingatlah bahwa usaha Anda untuk menimba ilmu akan sama ganjarannya dengan para pejuang di medan perang untuk membela agama Islam.

8. Contoh Motto OSIS

  • “Maju sekolahnya, bahagia anggotanya”

Organisasi Intra Sekolah alias Osis merupakan salah satu organisasi yang paling populer di lingkup sekolah. Seluruh anggota intinya dijadikan sebagai duta untuk memberikan contoh yang baik kepada siswa lain.

Salah satu motto yang cocok untuk organisasi ini adalah kalimat di atas. Pasti setiap anggota Osis mengharapkan sekolah mereka maju dan menjadi sekolah terbaik. Agar semangat menjalankan tugas sebagai anggota yang baik dalam memajukan sekolah, gunakanlah motto ini.

  • “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus jauh lebih baik lagi dari hari ini”

Menjadi ketua Osis merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi peserta didik, pasalnya mereka merupakan orang pilihan yang bertugas menjadi teladan bagi teman-temannya. Namun, untuk menjadi seorang ketua Osis tentu Anda harus melewati proses pemilihan terlebih dahulu.

Biasanya dalam pemilihan ini Anda harus menyebutkan satu hal penting, yaitu motto hidup. Anda bisa menggunakan motto hidup ini untuk menjawab pertanyaan tersebut. Karena motto hidup ini sangat bagus dan menunjukkan bahwa Anda ingin selalu berusaha menjadi yang terbaik.

  • “Sikap anak-anak yang baik akan membuat sekolah menjadi yang terbaik”

Sikap anak-anak merupakan salah satu hasil dari keberhasilan sekolah dalam mendidiknya. Sehingga tidak heran jika sikap anak juga menjadi tolak ukur kualitas sekolah. Karena salah satu aspek yang harus dipenuhi dalam pembelajaran di lembaga formal adalah afektif.

Biasanya motto hidup seperti ini sering digunakan sebagai motto Organisasi Intra Sekolah, karena dipercaya dapat memberikan dorongan yang positif untuk anggotanya sebagai teladan bagi siswa lainnya. Dengan motto ini diharapkan peserta didik memiliki sikap yang baik hingga seterusnya.

9. Contoh Motto Paskibra

Contoh Motto hidup

  • “Takut mati jangan hidup, takut hidup mati sekalian”

Kalimat singkat yang bijak ini merupakan salah satu contoh motto hidup bagi anggota paskibra yang sudah terpatri dalam jiwa mereka. Meskipun hanya terdiri dari delapan kata saja, makna yang terkandung begitu besar dan dapat mempengaruhi pola pikir tentang kehidupan.

“Takut mati jangan hidup”, memiliki makna agar seluruh anggota paskibra tidak takut dalam menghadapi cobaan hidup yang datang. Intinya, harus memaksimalkan kesempatan hidup ini sebaik-baiknya sebelum kematian datang menjemput.

Sedangkan, “takut hidup mati sekalian” memiliki makna untuk tidak pernah menyerah sebelum ajal menjemput. Sehingga anggota paskibra dituntut untuk tidak pantang menyerah dan terus berusaha hingga waktu mereka habis.

  • “Tidak ada paskibra yang terlatih, yang ada paskibra yang berlatih”

Pada motto ini, tersirat makna bahwa seluruh anggota paskibra merupakan seseorang yang terus berlatih hingga mereka bisa dan dapat mencapai semua harapan. Sehingga, tidak ada kata terlatih pada hidup mereka karena semua hal diawali dengan berlatih dan terus berlatih.

  • “Tidak takut salah, tidak takut kalah, tidak takut jatuh”

Pasti anggota paskibra sudah mengenal motto hidup ini, karena sudah pasti motto ini juga melekat dalam jiwa dan raga mereka. “Tidak takut salah” tiga kata ini mengandung makna yang luar biasa, apabila Anda ingin melakukan sesuatu yang positif maka jangan pernah takut salah.

“Tidak takut kalah”, karena segala sesuatu yang dijalani memiliki resiko dan di setiap permainan pasti ada menang serta kalah. Sehingga, jangan pernah takut untuk kalah sebab hal yang terpenting adalah jalan menuju garis akhir dengan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

“Tidak takut jatuh”, berarti bahwa anggota paskibra adalah seseorang yang tidak pernah mengenal lelah bahkan tidak pernah menyerah sama sekali. Mereka akan selalu bangkit ketika jatuh, sehingga tidak memiliki rasa takut pada kegagalan.

10. Contoh Motto Perusahaan

Contoh Motto hidup

  • “Impossible is Nothing”

Kalimat dalam bahasa Inggris yang terdiri dari tiga kata tersebut merupakan motto dari salah satu perusahaan ternama di dunia, yaitu Adidas. Perusahaan ini memilih motto tersebut karena terinspirasi dari atlet tinju ternama dunia, Muhammad Ali.

Motto ini mewakili seluruh semangat yang dimiliki oleh para atlet yang berusaha melangkah ke depan, terus maju lebih jauh lagi, membuat terobosan baru dan melampaui batas diri. Walaupun hanya kalimat yang sederhana, pengaruhnya dan manfaatnya sangat besar bagi perusahaan.

  • “Terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas demi kepuasan pelanggan”

Kalimat yang bagus untuk dijadikan motto perusahaan, karena motto hidup satu ini dapat membuat citra perusahaan semakin bagus. Pasalnya, perusahaan akan terus berusaha agar tetap profesional dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan mereka.

Dengan begitu para pelanggan akan semakin tertarik untuk menggunakan layanan perusahaan. Namun, jika menggunakan motto ini tentu Anda harus menjadikan perusahaan berjalan sama dengan makna yang terkandung di dalamnya.

  • “Melampaui ekspektasi adalah tujuan kami, terus berusaha melayani dengan pelayanan terbaik”

Motto hidup dalam sebuah perusahaan bukan hanya sebagai tujuan atau pedoman dalam menjalankan perusahaan. Karena sedikit banyak motto akan mempengaruhi pandangan para pengguna layanan mereka, sehingga harus membuat motto yang menarik tetapi bisa dilakukan.

Dengan begitu, tujuan perusahaan akan tetap berjalan dan dapat menarik para pelanggan melampaui target yang mereka buat. Anda bisa menggunakan motto perusahaan ini, karena dengan motto ini perusahaan memiliki tujuan yang lebih besar dari apa yang diharapkan.

11. Contoh Motto Hidup dalam Persahabatan

  • “Sahabat adalah kita yang lainnya, akan menangis saat kita menangis dan sebaliknya”

Persahabatan dapat terjalin seringkali dikarenakan banyak kesamaan di antara dua belah pihak, sehingga mereka merasa bahwa satu sama lain adalah diri mereka sendiri. Tidak hanya diri mereka saja yang sama, tapi kurang lebih perasaan yang mereka rasakan juga sama.

Jika Anda menangis, tentu saja sahabat akan ikut bersedih dan menangis karena perasaan yang Anda rasakan juga dia rasakan. Begitupun sebaliknya, jika Anda senang maka sahabat akan lebih senang lagi karena Anda dan sahabat adalah satu.

  • “Jika teman adalah sebuah genggaman, maka sahabat adalah sebuah pelukan yang menenangkan”

Motto persahabatan ini bermakna bahwa sahabat akan memberikan hal lebih kepada Anda daripada apa yang teman berikan. Jika teman memberikan Anda sebuah genggaman hanya untuk menenangkan, sedangkan sahabat akan memberikan pelukan kepada Anda.

Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa pelukan lebih menenangkan daripada sebuah genggaman. Begitulah persahabatan, ikatan yang terjalin tanpa ada aliran darah persaudaraan tetapi rasanya seperti lebih dari saudara.

  • “Persahabatan sejati tidak akan mati, sekalipun raga sudah tidak bernyawa namun sahabat tetap ada”

Kalimat yang sangat menyentuh ini biasanya digunakan untuk motto dalam sebuah persahabatan. Dengan motto ini, persahabatan akan semakin erat karena mereka percaya bahwa sahabat sejati tidak akan mati walaupun kematian bisa saja menjemput secara tiba-tiba.

Karena sahabat sejati akan selalu tersimpan dalam hati dan terkenang dalam memori. Motto persahabatan ini juga dapat membuat pondasi persahabatan jauh lebih kokoh karena ucapan yang baik akan menjauhkan rasa dengki dan iri hati.

  • “Pertemanan terjalin dengan cepat. Namun, persahabatan adalah buah yang sangat lama matangnya”

Rangkaian kata indah tersebut ialah kutipan dari pernyataan yang disampaikan oleh Aristoteles, bapak filosofi dunia. Sangat cocok digunakan sebagai motto persahabatan, karena memang persahabatan dapat tercipta bukan dengan waktu yang singkat.

Tidak seperti saat mencari teman yang membutuhkan waktu singkat, mencari sahabat seperti menunggu buah yang lama matangnya. Karena proses yang dilalui juga untuk saling terikat satu sama lain sangatlah lama.

Selain itu, persahabatan tercipta dari beberapa kepala yang berbeda dengan isi yang berbeda pula. Sehingga untuk menyatukan perbedaan sebagai jalinan persahabatan harus melalui proses sukar. Harus ada perasaan saling menerima satu sama lain hingga mereka saling melengkapi.

12. Contoh Motto Hidup Organisasi

Contoh Motto hidup

  • “Rastra Sewakotama”

Pasti Anda sudah familiar dengan motto hidup satu ini, karena kalimat yang berarti Abdi utama Bagi Negara ini milik polisi Republik Indonesia. Motto tersebut memiliki makna bahwa Polri merupakan pemelihara keamanan, ketertiban masyarakat. Menegakkan hukum dan memberikan perlindungan.

Motto hidup bagi anggota Polri adalah tujuan utama yang harus diprioritaskan daripada tujuan pribadi dari masing-masing anggota. Meskipun hanya terdiri dari dua kata saja, namun tugas yang harus mereka pikul merupakan tugas yang sangat berat.

  • “Bersama kita menggenggam dunia”

Motto organisasi yang sering dijumpai adalah kalimat di atas. Pasalnya, untuk membangun sebuah organisasi tidak hanya memerlukan satu orang saja melainkan banyak orang. Apabila dilakukan satu orang saja, maka akan sangat sulit untuk menjalankannya dan bukan organisasi namanya.

Nah, jika dilakukan bersama-sama maka satu persatu tujuan dari organisasi mudah untuk tercapai. Inilah maksud dari kata dunia dalam motto organisasi di atas, dunia adalah tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi sehingga ketika dilakukan bersama-sama semuanya akan tercapai.

  • “Sportivitas dengan kemampuan dan berprestasi”

Dari kalimatnya, pasti Anda sudah tahu bahwa ini adalah motto dari sebuah organisasi olahraga. Anggota organisasi olahraga ingin menunjukkan sportivitas yang mereka miliki dengan kemampuan dan prestasi bukan dengan cara yang licik atau tidak baik.

Karena, di dalam dunia perlombaan di bidang olahraga banyak kecurangan-kecurangan yang seringkali terjadi. Entah itu faktor intern maupun faktor intern, namun dengan motto seperti ini dapat memberikan rasa percaya diri bahwa sportivitas dapat diciptakan dengan kemampuan dan prestasi.

13. Contoh Motto Hidup Puskesmas

  • “MANTAP. Melayani dengan amanah, tulus, adil, dan profesional”

Puskesmas sebagai lembaga kesehatan masyarakat pasti memiliki motto sebagai pedoman saat menjalankan tugas. Salah satu motto yang biasa digunakan adalah kalimat di atas ini. seluruh tenaga kesehatan di dalam puskesmas harus melayani pasien dengan Mantap.

Yakni dengan amanah, tulus, adil dan profesional agar pasien segera kembali sehat dan puas akan pelayanan yang diberikan. Dengan melekatkan motto hidup ini di hati masing-masing tenaga kesehatan diharapkan pelayanan yang diberikan oleh puskesmas akan meningkat.

  • “Kesembuhan adalah harapan kami”

Contoh motto hidup yang biasa digunakan di puskesmas selanjutnya adalah “kesembuhan adalah harapan kami”. Pasalnya, kesembuhan dari setiap pasien yang masuk ke puskesmas adalah sesuatu yang membahagiakan dan membanggakan bagi seluruh tenaga kesehatan.

Maka dari itu, mereka menjadikan kalimat tersebut menjadi motto dari puskesmas agar harapan mereka terus menjadi tujuan. Sehingga para tenaga kesehatan akan terus berusaha dan pantang menyerah untuk membantu memberikan kesembuhan kepada para pasien yang datang.

  • “Anda sehat kami puas”

Kesehatan dari pasien yang berobat di puskesmas selalu menjadi kepuasan tersendiri bagi seluruh tenaga kesehatan. Meskipun mereka sudah lelah, mereka akan tetap berusaha maksimal untuk membantu para pasien kembali sehat.

Sehingga, motto dan persembahan ini sangat cocok digunakan sebagai motto puskesmas. Selain akan mempengaruhi kinerja tenaga kesehatan, para pengunjung dan pasien puskesmas akan semakin mantap untuk berobat. Bukan hanya tenaga kesehatan saja yang puas tetapi pasien juga.

Setelah membaca beberapa contoh motto hidup di atas, sudahkah Anda menemukan motto yang tepat untuk menjalani kehidupan? Pastikan Anda memiliki motto hidup, karena pengaruh baiknya sangat besar bagi kehidupan. Yuk, segera tentukan motto hidup masing-masing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *