13+ Contoh Surat Penawaran Kerjasama, Barang, Produk, Jasa, dll

12 min read

contoh-surat-penawaran

Penawaran bukan merupakan suatu hal yang asing jika berhubungan dengan aktivitas perusahaan, lembaga, dan lain sebagainya. Prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan penawaran adalah dengan membuat surat penawaran. Oleh karena itu dibutuhkan contoh surat penawaran yang baik.

Dari sebuah surat penawaran tersebut akan membuka negoisasi yang akan berujung kerjasama antara satu pihak dengan pihak yang lain dan memperoleh keuntungan. Dalam hal ini surat penawaran memiliki peran penting dalam hubungan jangka panjang yang dilakukan antar perusahaan.

Pengertian Surat Penawaran

Pengertian-Surat-Penawaran

Sebelum membuat surat penawaran, alangkah baiknya untuk mengerti dan memahami tentang surat penawaran itu sendiri. Jika sering disebutkan, belum tentu Anda sudah selesai memahaminya, bukan? Oleh karena itu penjelasan terkait pengertian surat penawaran dibutuhkan dalam hal ini.

Surat penawaran adalah informasi tertulis yang diberikan kepada orang lain untuk menjalin kerjasama dalam bentuk penawaran. Biasanya kerjasama yang ditawarkan dalam surat tersebut berisi kegiatan jual beli barang atau jasa yang saling menguntugkan dari kedua belah pihak.

Karena surat penawaran ini dikeluarkan oleh perusahaan, instansi, atau lembaga yang bersifat formal, maka surat penawaran ini juga dituliskan secara resmi. Surat penawaran ini dibuat berdasarkan tawaran yang dilakukan oleh salah satu pihak kepada pihak yang lainnya.

Surat penawaran ini menjadi salah satu awalan antara kedua belah pihak yang akan menjalin kerjasama. Sehingga kesan awal surat penawaran harus disampaikan secara singkat dan tepat sasaran agar diterima oleh pihak lawan.

Unsur-Unsur dalam Surat Penawaran

Unsur-Unsur-dalam-Surat-Penawaran

Pada dasarnya surat penawaran memiliki kesamaan unsur dengan surat resmi lainnya. Namun yang membedakan adalah isi yang disampaikan pada surat penawaran tersebut. Agar di acc, surat penawaran Anda harus terdiri dari unsur dalam surat yang sebenarnya ya!

1. Kop

Ketika membuka surat pertama kali, hal yang berada di bagian atas adalah kop surat. Kop surat ini merupakan salah satu hal wajib yang harus ada pada surat penawaran. Ketika terdapat kop surat, maka surat penawaran Anda akan terlihat terpercaya dan elegan.

Kop surat terdiri dari nama perusahaan atau instansi serta data lengkap terkait perusahaan. Seperti alamat perusahaan, kontak, website resmi dan email yang dapat dihubungi. Sedangkan tampilan dari kop surat pada masing-masing instansi memiliki perbedaan tersendiri.

Adanya kop surat ini berfungsi sebagai identitas surat penawaran yang telah Anda buat. Melalui kop surat, penerima akan mengetahui pengirim dari surat penawaran tersebut. Sehingga penerima akan langsung percaya orisinalitas dari surat tersebut.

Kop surat juga dapat digunakakn sebagai alat untuk menunjukkan profesionalitas pengirim. Karena hal ini biasanya wajib disertakan ketika sebuah perusahaan atau instansi mengeluarkan surat resmi. Oleh karena itu unsur surat penawaran yang utama adalah kop surat.

Penulisan kop surat ini juga dapat disesuaikan dengan keinginan pengirim. Terdapat beberapa perusahaan yang menggunakan block pada penulisannya dan terdapat perusahaan yang tidak menggunakan. Full block style atau semi block style dapat digunakan sesuai keinginan.

2. Pembuka

Unsur yang harus ada dalam surat penawaran adalah pembuka. Biasanya pada saat membuka surat penawaran harus memberikan penjelasan secara umum namun tetap singkat, padat, dan jelas. Pada bagian ini biasanya dibuat semenarik mungkin.

Pada bagian pembuka surat penawaran ini diperlukan penjelasan yang berhubungan dengan prihal serta tanggapan atas surat yang sebelumnya telah dikirimkan. Dalam bagian pembuka ini Anda juga dapat menyertakan produk yang ditawarkan atau akan diberikan.

Penjelasan singkat pada paragraf pembuka ini nantinya dapat menggiring penerima surat untuk tertarik bekerjasama dengan pengirim. Dengan adanya penjelasan yang singkat namun tepat sasaran, maka pihak penerima akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terkait produk Anda.

3. Isi

Unsur yang satu ini merupakan inti dari surat penawaran yang telah dibuat. Karena pada bagian isi ini semua hal berkaitan dengan tujuan dibuatnya surat penawaran perlu dilakukan untuk detail kerjasama yang akan dilakukan.
Biasanya pada bagian isi surat penawaran ini terdiri dari penjelasan lengkap tentang kelebihan hal yang akan ditawarkan. Biasanya surat penawaran ini terdiri dari makanan, perabot, barang elektronik, dan lain sebagainya yang dapat dijabarkan secara rinci.

Pada bagian isi ini Anda juga dapat menjelaskan secara detail terkait cara pemesanan, pembayaran, serta pengiriman produk secara rinci atau dapat dilampirkan dengan dokumen yang terpisah dengan surat penawaran tersebut.

Pastikan untuk menjelaskan hal-hal yang penting dan singkat saja yang dijelaskan pada bagian isi. Anda juga dapat menjelaskan tentang surat penawaran sebelumnya dan balasannya dapat disampaikan pada surat yang sedang Anda buat ini.
Sehingga hal-hal yang dituliskan pada bagian isi ini terdiri dari penjelasan yang diinginkan oleh klien atau pihak yang akan diajak bekerjasama. Jika terdapat penjelasan tambahan berhubungan dengan informasi yang harus disampaikan pada klien, dapat menggunakan lampiran.

Anda juga dapat menjelaskan secara rinci tentag hal-hal yang dilampirkan melalui unsur yang penting ini. Penjelasan singkat tentang hal-hal yang dilampirkan bersama dengan surat penawaran juga sangat membantu penerima memahami surat penawaran yang Anda kirimkan.

4. Penutup

Setelah menjelaskan secara detail terkait tujuan dibuatnya surat penawaran ini melalui bagian isi, hal selanjutnya yang penting dan harus ada dalam sebuah surat penawaran adalah penutup. Pada bagian ini juga terdapat beberapa hal yang harus ditampilkan.

Buatlah penutup surat yang santun dan terbaik, karena ketika surat penawaran ini diterima, maka Anda dan pihak penerima akan menjalin kerjasama dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu Anda juga dapat menyertakan kontak pribadi agar memudahkan untuk komunikasi.

Gunakan kalimat penutup yang sopan agar memberikan kesan baik kepada klien atau pihak yang akan diajak kerjasama. Ketika unsur pembuka dapat meningkatkan keingintahuan terhadap produk atau jasa Anda, maka kalimat penutup akan menjadi faktor pendorong keputusannya.

Pelajari Juga Yuk: Contoh Surat Pernyataan Kerja dan Surat Perjanjian

Cara Membuat Surat Penawaran yang Benar

Cara-Membuat-Surat-Penawaran-yang-Benar

Ketika semua unsur yang dibutuhkan dalam membuat surat penawaran telah dikuasai, maka hal yang selanjutnya harus Anda kuasai adalah cara membuat surat penawaran yang benar. Pada dasarnya banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk membuat contoh surat penawaran yang baik.

Hal ini dapat melihat berdasarkan tipe atau karakteristik perusahaan yang menerbitkan surat penawaran tersebut. Karena pada dasarnya terdapat cara penulisan yang berbeda-beda namun tetap mengandung unsur yang sama dengan surat penawaran pada umumnya.

Cara membuat surat penawaran yang benar berawal dari identitas perusahaan yang harus valid. Identitas perusahaan atau instansi pengirim surat penawaran tersebut dapat dilihat melalui kop surat yang wajib disertakan pada saat membuat surat resmi.

Kemudian jumlah stok barang atau daftar jasa dapat dicantumkan dengan dokumen pendukung atau lampiran. Anda juga dapat menyertakan harga barang yang dapat digunakan sebagai penunjang dari surat penawaran yang dibuat.

Cara menulis surat penawaran yang baik selanjutnya adalah dengan menjabarkan penjelasan produk dan jasa secara rinci. Spesifikasi serta harga khusus yang diberikan kepada klien atau pihak yang akan diajak kerjasama sangat penting agar peluang tawaran Anda diterima dengan baik.

Terakhir yaitu tata cara pembayaran serta pengiriman barang ketika penawaran yang diajukan diterima. Hal ini akan membantu Anda memiliki hubungan kerjasama dalam jangka waktu yang lama apabila pembayaran dan pengiriman dilakukan dengan cepat dan efisien.

Kumpulan Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Kumpulan-Contoh-Surat-Penawaran-yang-Baik-dan-Benar

Setelah memahami tentang hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan surat penawaran yang baik. Selanjutnya adalah mengetahui tentang contoh surat penawaran dalam berbagai tujuan. Simak beberapa contoh yang telah disiapkan di bawah ini.

1. Contoh surat penawaran barang

PT KIRANA ELEKTRONIKA
PERUSAHAAN PENYEDIA BARANG ELEKTRONIK DAN JASA
MELAYANI BERBAGAI PROYEK DAN TENDERAN
Jl. Kartini No. 34 Kota Gresik

Kepada
Yth. Kepala Sekolah SMA Negeri 89
Di
Jl. Suroyo No. 23 Kota Gresik

Nomor : 63/PNWR-KE/X/2019
Hal : Penawaran Barang dan Jasa
Lampiran : 2 (dua) berkas

Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. Kirana Elektronika sebagai perusahaan di bidang penyedia elektronik dan jasanya. Kami mengetahui bahwa dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan media yang dapat memudahkan pembelajaran. Oleh karena itu kami bermaksud menawarkan barang elektronik berupa personal computer atau laptop dengan harga yang terjangkau.

Kami berharap surat penawaran yang kami sampaikan melalui surat ini diterima dengan kerjasama yang dapat memberi keuntungan antara pihak perusahaan kami dengan pihak sekolah Bapak. Informasi terkait PC dan laptop telah kami lampirkan bersamaan dengan surat ini. Semoga spesifikasi serta harga yang kami buat sesuai dengan kebutuhan pihak sekolah.

Gresik, 13 Oktober 2019
Hormat Kami,
Direktur PT Kirana Elektronika

Imam Syamsudi

2. Contoh surat penawaran kerjasama

RND GROUP
Jl. Brantas No. 17 Kota Bandung
Telp. (021) 456789 Fax. 022 7654367 Mobile. 082167584563
Website : www.rndgroup.com E-mail : rndgroup@gmail.com

28 November 2019

Nomor : 356/PNWR-RND/XI/2019
Lampiran : 1 (satu) berkas
Hal : Penawaran Kerjasama

Kepada
Yth. Pimpinan AKAS ASRI
Di
Bandung

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Gathering akhir tahun maka kami menawarkan kerjasama terkait penyediaan travel. Berdasarkan daftar jasa perusahaan yang telah diterbitkan oleh Bapak selaku Pimpinan Akas Asri dengan nomor 23/JS/X/2018 yang telah kami terima. Maka kami mengajukan kerjasama lanjutan terkait surat permintaan tersebut.

Kerjasama yang telah terjalin pada satu tahun silam memberikan keuntungan pada kedua belah pihak. Karena itu diharapkan kerjasama ini dapat terjalin kembali. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan harga telah kami cantumkan berupa lampiran.

Berdasarkan informasi yang telah dijabarkan di atas, semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan agar dapat bekerjasama di waktu mendatang. Terimakasih.

Hormat Kami,
Pimpinan RND Group

Nur Ahmad

3. Contoh surat penawaran negosiasi ekspor impor

PT ADIS JAYA ABADI
Jl. Pattimura No. 13 Kota Malang
Website : www.adisjayaabadi.com E-mail : adisjayaabadi@gmail.com

12 Mei 2019

Nomor : 141/AJA/V/2019
Lampiran : 1 (satu) set proposal
Perihal : Penawaran negoisasi

Kepada Yth.
Direktur PT Snack Amerika
Di Amerika

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari website resmi PT Snack Amerika membutuhkan tempat di Indonesia untuk mendistribusikan produk. Oleh karena itu kami menawarkan negoisasi impor produk dari PT Snack Amerika untuk dijual di Indonesia.

Adapun penawaran negoisasi terkait hal ini lebih lengkap kami jabarkan melalui proposal negosisasi yang dikirimkan dengan surat ini. Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dengan perusahaan Bapak. Kami tunggu kabar baiknya paling lambat tujuh hari setelah surat penawaran ini diterima, terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT Adis Jaya Abadi

Tedy Purnomo

4. Contoh surat penawaran produk makanan

PT CATERING KITA
Jl. Mahesa No. 39 Telp. 4352635 E-mail : cateringkita@gmail.com
Jakarta

24 April 2020

No : 34/CK/IV/2020
Lampiran : 1 Lembar
Hal : Penawaran produk

Yth. Toko Sinar Mas
Jl. Kapten Pattimura
Jakarta Selatan

Dengan Hormat,
Berdasarkan akan berlangsungnya Bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Mei, maka kami menawarkan berbagai produk makanan untuk dijual di toko Bapak. Adapun daftar jenis makanan beserta harga telah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Kami telah bekerja di bidang penyedia makanan kering dan basah yang telah bekerjasama dengan kurang lebih 500 toko di Jakarta. Untuk memperluas jaringan, kami menawarkan produk makanan kepada Bapak selaku pemilik Toko Sinar Mas yang telah popular di Jakarta Selatan

Hormat Kami,
Manajer PT Catering Kita

Yudi Maryani

5. Contoh surat penawaran barang furniture

PT RUMAH LESTARI
Jl. Musi No. 46 Depok
Telp. 534624 Fax. 061-635427 Mobile. 082235466354
Website : www.rumahlestari.com E-mail : rumahlestari@gmail.com

Depok, 24 Juli 2020

Nomor : 735/PNWR-RL/VII/2020
Lampiran : 2 (dua) lembar
Hal : Penawaran

Kepada Yth.
Pimpinan ACE Hardware
Jl. Kedungasem No. 234
Di Depok

Dengan Hormat,
Sebelumnya perkenalkan kami adalah PT Rumah Lestari yang bekerja di bidang penyediaan perabot atau furniture. Kami telah bekerja di bidang selama 10 tahun lebih. Oleh karena itu kami telah berpengalaman dan profesional di bidang pengadaan furniture.

Sejauh pengamatan yang kami lakukan, Perusahaan Anda bergerak di bidang furniture juga. Oleh karena itu kami ingin menawarkan kerjasama agar barang furniture yang kami produksi dapat dijual di toko Anda.

Daftar barang furniture, harga, serta spesifikasi telah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Besar harapan kami agar dapat bekerjasama dengan pihak Anda selaku Pimpinan ACE Hardware. Kami menunggu balasan berupa kabar baik agar kerjasama ini dapat berjalan secepatnya, terimakasih.

Hormat Kami,
PT Rumah Lestari

Joko Purnomo

6. Contoh surat penawaran produk kue

PT KULINER INDONESIA
Jl. Jati No. 67 Palembang
Telp. 432536 Fax. 022-364574 Mobile. 083425346378
Website : www.kulinerindonesia.com E-mail : kulinerindonesia@gmail.com

11 Agustus 2020

Nomor : 434/KI/VIII/2020
Hal : Penawaran
Lampiran : 3 (tiga) lembar

Kepada Yth.
Pimpinan CGV
Jl. Borobudur No 11

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan surat penawaran yang Anda kirimkan pada tanggal 8 Agustus 2020 terkait bazar yang akan diselenggarakan untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. Kami tertarik untuk menawarkan beberapa produk kue yang dapat dijual pada saat acara berlangsung.

Daftar kue serta harga telah kami sertakan berupa dokumen bersama dengan surat ini. Kami telah bekerja di bidang penyediaan kue dalam jangka waktu yang lama. Sehingga kualitas dan kuantitas produk tidak perlu dikhawatirkan.
Informasi lebih jelas terkait konsep akan kami jabarkan secara rinci setelah penawaran produk kue ini diterima. Semoga kabar baik kami terima segera. Besar harapan kami untuk mendapatkan kabar baik terkait kerjasama yang baik ini. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Manajer Kuliner Indonesia

Haikal Martin

7. Contoh surat penawaran jasa

BEAUTYBYDEARAHMANIA MAKEUP SERVICE AND WEDDING
Jl. Hamka Damai Kota Probolinggo
Telp. (0335) 432145 Fax. 0221 4567345

10 April 2021

Nomor : 115/PNWR/IV/2021
Lampiran : 1 Bendel
Hal : Penawaran Jasa

Kepada Yth.
Manajer Wedding Planner
Di tempat

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini izinkan kami memperkenalkan diri. Beautybydearahmania adalah perusahaan di bidang Makeup Artist dan layanan pernikahan. Kami bermaksud menawarkan jasa dan melakukan kerjasama.
Kami memiliki kualitas produk makeup dan wedding service lainnya yang memuaskan bagi klien. Karyawan kami juga telah profesional di bidang pelayanan makeup maupun wadrobe yang dapat membantu klien menjadi yang terbaik pada acara istimewa.

Kami telah bekerjasama dengan berbagai jenis wedding organizer di wilayah Jawa Timur. Untuk memperluas jaringan, maka kami menawarkan kerjasama dengan Bapak selaku Manajer dari Wedding Planner yang merupakan salah satu Wedding Organizer terkenal di wilayah Jawa Timur. Jenis pelayanan serta harga telah kami cantumkan dalam lampiran.

Untuk penjelasan lebih detail akan kami jabarkan pada saat pertemuan lanjutan. Kami mengharap balasan berupa kabar baik sehingga kami dapat bekerjasama dengan pihak Bapak. Terimakasih.

Hormat Kami,
Manajer Promotion

Klara Rizky

8. Contoh surat penawaran kerja

PT. VIESTA CHICKEN NUGGET
Jl. Borobudur No 17 Kota Surabaya
Telp. (0335) 5674635 Fax. 022 654739 Mobile. 082135467845
Website : www.viestachickennugget.com E-mail : viestachickennugget@gmail.com

PENAWARAN KERJASAMA AGENCY SPG

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini kami Pimpinan PT Viesta Chicken Nugget ingin menawarkan posisi SPG pada beberapa outlite yang kami miliki di daerah Surabaya. Kami membutuhkan SPG yang telah berpengalaman dan profesional untuk menghandle berbagai macam produk yang kami tawarkan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perusahaan kami lampirkan dokumen pendukung bersama dengan surat ini. Setiap SPG yang bergabung dengan perusahaan kami akan mendapatkan fee yang bersaing. Kami menunggu balasan kurang lebih tujuh hari setelah surat penawaran ini dikirimkan. Terimakasih.

Hormat Kami,
Pihak SDM PT Viesta Chicken Nugget

Sam Tsui

9. Contoh surat penawaran harga pekerjaan

MAJU JAYA TEKNIK
AIR CONDITIONER CONTRACTOR
SALES AND SERVICE

Nomor : 031/CV-PJT/V/2020
Hal : Penawaran harga pekerjaan

Kepada
Yth. Pimpinan PT Indah Sejati
Di Bekasi

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini kami mengajukan penawaran harga pekerjaan. Sesuai dengan permintaan penawaran kerja yang kami terima sebelumnya untuk pengerjaan perawatan air conditioner di perusahaan Bapak. Berikut ini daftar harga yang kami tawarkan untuk pekerjaan perawatan air conditioner, yaitu :

No. Keterangan Pekerjaan Qty (unit) Harga (Rp)
1 Service AC 1 Rp. 50.000
2 Tambah Freon 1 PK (R22) 1 Rp. 70.000
3 Isi Ulang Freon 1 Rp. 155.000
4 Jasa Pemasangan AC 1 Rp. 155.000
5 Jasa Bongkar AC 1 Rp. 100.000
6 Jasa Pembersihan AC 1 Rp. 215.000

Demikian surat penawaran harga ini kami sampaikan, besar harapan kami agar Bapak / Ibu bersedia mempertimbangkannya. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Bekasi, 11 Mei 2020
Hormat Saya,

Janita Janet

10. Cntoh surat penawaran mobil

PT INDAH MAKMUR
Jl. Bendungan Sutami No. 33 Singosari
Telp. (0335) 453678 Fax. 022 3765436 Mobile. 082267543827
Website : www.indahmakmur.com E-mail : indahmakmur@gmail.com

11 Januari 2020

Nomor : 12/PNWR-IM/I/2020
Lampiran : 2 Lembar
Hal : Penawaran jasa mobil

Kepada
Kabag. Inventaris Dinas
Di Malang

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini kami telah mengetahui bahwa pihak Dinas membutuhkan inventaris berupa mobil untuk menunjang kinerja pegawai Pemerintah. Kami adalah perusahaan di bidang penyedia alat transportasi yang memiliki harga terjangkau serta kualitas terbaik. Oleh karena itu kami juga akan memberikan pelayanan serta fasilitas terbaik untuk Dinas.

Kami telah melampirkan daftar barang sekaligus harga lengkap dengan spesifikasi bersama dengan surat ini. maka izinkan kami mengajukan penawaran jasa mobil agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dengan pihak Dinas Malang dalam jangka waktu yang lama. Informasi lebih lengkapnya akan kami bicarakan setelah Bapak menyetujui penawaran kami. Terimakasih.

Hormat Kami,
Manajer PT Indah Makmur

Ryan Kasela

11. Contoh surat penawaran jasa service

PT. SERVICE ALL ITEM
Jl. Tanah Hijau Km. 04 Semarang
Telp. (021 654372 Fax. 022 1876543

11 April 2010

Nomor : 113/PNWR-SAI/IV/2010
Lampiran : 1 Bendel
Hal : Penawaran jasa service

Kepada Yth.
Manajer PT. Gojek
Di tempat

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini perkenalkan kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa semua aktivitas. Kami bermaksud menawarkan jasa kami untuk perusahaan Bapak sebagai salah satu fitur yang mungkin bisa dibuat pada aplikasi Gojek.

Semua tenaga service yang kami miliki telah berpengalaman dan profesional di bidang service. Sertifikat berbagai bidang service juga telah dimiliki ole tenaga profesional kami. Sehingga dapat menjadi salah satu pertimbangan jika Bapak membutuhkan terobosan baru.

Jenis service beserta harga telah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Semoga jenis service beserta harga yang kami tawarkan sesuai dengan kebutuhan pihak Gojek.

Kami menunggu kabar baik dari pihak Gojek untuk menggunakan jasa service kami. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Promotion & Relation Staff

Nurul Qomariyah

Contoh Surat Penawaran Bahasa Inggris

Contoh-Surat-Penawaran-Bahasa-Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam aktivitas bisnis juga berhubungan dengan orang luar negeri. Oleh karena itu dibutuhkan bahasa Inggris yang baik dan benar untuk membuat surat penawaran dalam Bahasa Inggris. Simak contohnya di bawah ini.

Contoh 1

PT INDO MAKMUR
RELIABLE CONVECTION
Jl. Mayjen Sungkono No. 37 Sidoarjo
Tel. (031) 534725

Sidoarjo, March 23, 2020

Number: 134 / IM / III / 2020
Attachments: 1
Subject: Goods offer

Dear.
UD Milkita
In
The place

Sincerely,
Together with this letter, we intend to introduce PT Indo Makmur as a trusted convection company. Our company is engaged in the supply of clothing consisting of clothes, jackets, shirts, and so forth. We have collaborated with approximately 350 companies and 235 agencies throughout Indonesia. To expand the network, we intend to propose cooperation with your company that also needs official uniforms as work needs. We have quality products and good service along with prices that match our best quality. As for the types of products, qualifications, and price lists attached.

Thus we submit this offer letter. Hopefully the offer that we submit is suitable with the needs and can be considered. Thank you for your attention and cooperation.

Best regards,
PT INDO MAKMUR

Junaedi

Contoh 2

PT MAKMUR JAYA ABADI
ELECTRONIC
Jl. Bromo Indah Blok AA No. 53
Bali (022) 766542

Bali, November 26, 2020

Number : 153 / Pnwrn / XI / 2020
Attachments: 1 Bendle
Subject : Cooperation

Dear The Chairman of PT Maju Jaya
In
The place

Sincerely,
Based on information we know from the official website of PT Maju Jaya that your company needs electronic goods for production needs. We as PT Makmur Jaya Abadi which is an electronic distributor intends to establish cooperation with the company Mr.

Complete data related to the electronic list and the prices we have are attached. As for matters not yet included in this offer letter, it can be continued with further meetings. We have been working in the field of providing electronic goods in more or less 20 years. So that the quality and professionalism of our services need not be doubted.

We are waiting for your best decision about fourteen days after this offer letter was received. Thus we submit this offer letter, thank you for your consideration and attention.

Best regards,
PT Makmur Jaya Abadi

Kevin

Contoh 3

PT SAHABAT KITA
HOUSEHOLD DISTRIBUTORS
Jl. Amanda No. 7 Housing of Bougenville
Tel. (031) 4732516

Bandung, July 25, 2019

Number: 387 / SK / 07/2019
Attachments: 1 Bendle
Subject: Offer

Dear.
PT Indah Makmur Permai
In
Jakarta

Sincerely,
With this letter, let us introduce ourselves. We are from PT Sahabat Kita, which is engaged in the distribution of household furniture and installation services. Based on the information we have obtained, PT Indah Makmur Permai is a property company that has advanced in the Jakarta and surrounding areas.

In connection with this, we want to offer some of the best household furniture that can be one of the operational supporting materials of PT Indah Makmur Permai. We want to register as one of the companies that provide furniture for your company. We have attached a list of furniture products as well as price lists in the attachment to this offer letter.

If your company requires products and services from PT Sahabat Kita, please contact our office number, 0821-4563-6453. We will be happy to help meet the needs of clients and do the installation. We also offer a special price for your company if you make a purchase in a predetermined nominal.

It is our hope that we can establish cooperation with your company. If needed, we are ready to come to your office to explain further related to our products.

Thus we made this offer letter. We hope that we will receive good news soon to establish good cooperation. Thank you for your attention and time.

Best regards,
PT Sahabat Kita

Aulia Permatasari

Bagaimana? Penjelasan lengkap tentang contoh surat penawaran di atas sangat membantu, bukan? Pada dasarnya pembuatan surat penawaran dapat disesuaikan dengan karakteristik perusahaan atau lembaga pembuatnya. Sekarang sudah bisa membuat sendiri, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Surat Lamaran Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *