30+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik (Perusahaan, dll)

34 min read

contoh-surat-pengunduran-diri-1

Surat menyurat jadi salah satu alat komunikasi yang efektif bahkan sejak dulu sebelum ada perangkat daring. Hingga saat ini, surat masih diandalkan sebagai perantara suatu hal. Itu juga yang membuat contoh surat pengunduran diri dalam berbagai kondisi banyak beredar.

Saking banyaknya contoh tanpa penjelasan yang tepat, terkadang Anda kebingungan bentuk surat mana yang tepat untuk digunakan, kan? Maka dari itu melihat referensi terpercaya jadi salah satu cara untuk menuntun penulisan surat yang baik dan sopan.

Nah, dari pada kebingungan mencari referensi surat pengunduran diri yang terpercaya dan sesuai kaidah bahasa Indonesia, simak pembahasannya disini yuk!

Daftar Isi

Apa Itu Surat Pengunduran Diri?

Apa-Itu-Surat-Pengunduran-Diri

Surat pengunduran diri adalah dokumen resmi yang sengaja dibuat sebagai jembatan penghubung antara pekerja suatu instansi dengan staf pengurus instansinya. Sesuai namanya surat pengunduran diri berisikan permohonan atau langsung pernyataan untuk berhenti dari suatu jabatan.

Surat jenis ini perlu diketahui oleh masyarakat luas karena akan berhubungan proses pekerjaan. Mengenal bentuk, format, ciri dan jenis – jenisnya menjadi hal umum yang harus dipelajari. Jika sudah mengenal bentuk dan seluk beluknya, maka akan mudah menggunakannya.

Surat pengunduran diri saat ini dalam penggunaannya tidak hanya diberikan secara langsung dalam bentuk hard file. Saat ini berkembang juga cara menyerahkan surat pengunduran diri secara online dengan format file pdf atau word. Biasanya berlaku untuk perusahaan yang bekerja secara remote.

Baca Juga Yuk: Pembuatan Surat Kuasa dan Contoh Lengkap

Kenapa Seseorang Memutuskan untuk Mengundurkan Diri?

Kenapa-Seseorang-Memutuskan-untuk-Mengundurkan-Diri

Pernah melihat seseorang melakukan resign padahal pekerjaannya terjamin? Kenapa sebagian orang bisa cepat membuat keputusan tersebut? Jawabannya beragam. Sebelum masuk ke serba serbi surat pengunduran diri, berikut beberapa alasan paling dominan untuk mengundurkan diri.

1. Tidak nyaman

Pertama, ada faktor kenyamanan. Tidak nyaman dengan kerabat kerja atau bahkan dengan si bos sendiri bisa memicu stress berlebih padahal pekerjaan yang didapat tidak seberapa. Untuk mengakhiri ketidaknyamanan itu seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri.

2. Bosan dengan Situasi Kantor

Faktor monoton jadi alasan selanjutnya. Pasti Anda juga sering merasakan bagaimana pentingnya melakukan hal yang sama ditempat yang sama. Inilah salah satu alasan kuat untuk seseorang mempercepat resign. Yaitu demi menjadi kesehatan fisik dan mentalnya.

3. Ingin Mencari Peruntungan Baru

Sebagian orang percara peruntungan baru akan selalu ada di tempat yang baru. Itu juga berlaku untuk dunia pekerjaan. Dengan mencari lapangan kerja baru bukan hanya jenis pekerjaannya yang baru tapi lingkungan dan cara interaksinya yang juga baru.

4. Memperluas Pengalaman Kerja

Sisanya meyakini memperluas pengalaman bekerja merupakan suatu keharusan untuk saat ini. Dengan begitu periode bekerja di suatu perusahaan relatif singkat. Hanya sekitar hitungan bulan orang tersebut bisa saja mengajukan resign.

Fungsi Surat Pengunduran Diri

Fungsi-Surat-Pengunduran-Diri

Sebagai dokumen resmi atau pernyataan, surat pengunduran diri memiliki fungsinya tersendiri, tidak berbeda jauh dengan pernyataan kerja. Lebih dari sekedar tulisan di atas kertas ternyata surat ini bisa memperjelas posisi Anda sebagai pekerja di suatu perusahaan. Selain memperjelas posisi, apa saja fungsi lain surat pengunduran diri? Berikut pembahasannya.

1. Sebagai Syarat Utama Pengunduran Diri

Sebagian besar perusahaan resmi menjadikan surat pengunduran diri sebagai salah satu syarat utama bagi karyawannya yang hendak resign. Ini sudah berlaku sejak dulu dan dirasa cukup efektif sebagai dokumen pengantar.

2. Untuk Menjaga Profesionalitas

Tentu sebagai pihak pekerja harus menjaga profesionalitasnya sebagai aset bekerja. Hal ini berdampak besar pada pekerjaan Anda selanjutnya. Tentu kesan yang baik harus selalu ditampilkan agar karir normal.

3. Untuk Menjaga Kehormatan

Membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu dianggap lebih terhormat dibandingkan cara lain. Seperti berbicara langsung dan keluar saat itu juga dari kantor. Dengan bermodal kertas dan tinta hitam Anda tetap menjaga kehormatan sebagai seorang pekerja.

4. Sebagai Cerminan Sikap yang Baik

Bagi pekerja dengan sikap yang baik tentu pekerjaan akan selalu lancar. Surat Pengunduran diri juga berfungsi untuk mencerminkan sikap baik. Apalagi ini saat – saat terakhir Anda bekerja di kantor.

5. Memastikan Status Kerja

Selanjutnya surat pengunduran diri juga berfungsi sebagai alat pemasti status pekerjaan Anda. Dengan hadirnya surat keterangan ini Status pekerjaan jadi lebih terukur sehingga porsi pekerjaan juga akan disesuaikan.

6. Memberikan kejelasan pada pihak perusahaan

Jangan sekali kali berbicara dibelakang perusahaan. Maksudnya Anda perlu berterus terang akan rencana Anda kedepannya. Surat pengunduran diri jadi perantara kejelasan posisi kedua belah pihak perusahaan. Sehingga Meminimalisir kesalahpahaman.

7. Memberikan waktu untuk perusahaan

Dengan hadirnya surat pengunduran diri berarti Anda juga ikut memberikan kelonggaran terhadap pihak perusahaan. Tenggat waktu pada surat bisa digunakan pihak perusahaan untuk mencari pengganti posisi Anda.

Langkah-langkah/Format Membuat Surat Pengunduran Diri

Langkah-langkah-Format-Membuat-Surat-Pengunduran-Diri

Hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah format penulisan. Surat pengunduran diri yang baik dibuat berdasarkan langkah – langkah penulisan format surat yang benar. Seperti apa langkah penulisan yang benar tersebut? Simak pemaparannya berikut ini.

1. Penulisan Waktu dan Tempat

Surat diawali dengan penulisan tempat dan diikuti dengan keterangan waktu lengkap (tanggal, bulan dan tahun). Namun perlu diketahui format awalan ini hanya berlaku untuk penulisan surat pengunduran diri buatan pribadi.

2. Penerima Surat

Bagian ini berisi nama atau bagian yang menerima surat. Penulisan yang dipakai biasanya berbentuk “Kepada Yth…”. Tulislah nama penerima atau bagian penerima surat dengan baik dan benar.

3. Isi

Isi merupakan bagian terpenting dalam surat. Disini Anda bisa mengutarakan alasan pengunduran diri menggunakan kata yang baik dan sopan. Usahakan paragraf tidak terlalu terlalu bertele – tele juga tidak terlalu panjang. Sertakan identitas Anda sebagai pengaju resign.

4. Penutup

Beralih ke bagian penutup. Disini Anda cukup menuliskan ucapan terima kasih, kalimat penegas terkait surat pengunduran diri dan disertai harapan Anda akan perusahaan atau instansi yang ditinggalkan.

5. Kolom Tanda Tangan

Sempurnakan surat pengunduran diri Anda dengan kolom tanda tangan. Umumnya kolom ini diletakan di pojok kanan bawah surat. Sertakan juga materai bila diperlukan. Jika sudah, Anda tinggal memberikannya pada pihak pengurus.

Kemana Surat Pengunduran Diri Ditujukan?

Kemana-Surat-Pengunduran-Diri-Ditujukan

Orang awam tentu akan kesulitan menentukan dalam suatu instansi kepada siapa surat pengunduran diri harus dituju. Banyaknya jabatan di suatu perusahaan jadi salah satu alasannya. Maka dari itu mengenal jabatan beserta orang yang mendudukinya penting saat baru memulai pekerjaan.

Umumnya surat pengunduran diri ditujukan ke HRD. Ini banyak dilakukan jika Anda bekerja dalam lingkup perusahaan atau pabrik sebagai karyawan biasa. Namun saat ini banyak opsi lain yang dianggap lebih baik dan lebih nyaman dilakukan.

Salah satu caranya dengan membicarakan rencana pengunduran diri secara langsung ke bos Anda untuk pertama kalinya. Cara ini dianggap lebih tepat untuk menghindari penolakan resign. Jika sudah disetujui barulah membuat surat dan ditujukan ke bagian HRD atau bagian SDM perusahaan.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Resign

Hal-yang-Harus-Diperhatikan-sebelum-Resign

Sebelum memutuskan untuk resign dan membuat surat pengunduran diri ada beberapa hal yang mesti jadi perhatian. Beberapa hal ini akan mematangkan keputusan Anda agar tidak menyesal dikemudian hari. Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum resign? Berikut urutannya.

1. Kebulatan Tekad Pribadi

Melepaskan pekerjaan merupakan satu hal yang cukup berat. Hidup tanpa pekerjaan atau mencari pekerjaan yang baru membutuhkan modal awal. Anda mungkin akan kesulitan menghadapinya. Maka dari itu tekad haruslah bulat disertai persiapan finansial yang matang.

2. Ketahui Tujuan Utama Anda Resign

Cari tau tujuan tujuan resign yang sesungguhnya. Kembali lagi mencari pekerjaan saat ini cukuplah sulit. Karenanya jauhi pemikiran sesat dalam benak Anda. Jika butuh istirahat, maka beristirahatlah sejenak dengan mengambil cuti bukan resign.

3. Jangan Terpengaruh Orang Lain

Yang paling berbahaya yaitu terpengaruh dengan perkataan orang lain. belum tentu orang lain mengerti posisi Anda. Ingat, bedakan kondisi keuangan, fisik dan mental Anda dengan orang lain. Bisa jadi mereka hanya menjerumuskan ke hal yang salah.

4. Jangan Tiba – Tiba Mengubah Sikap

Perlu ditekankan bahwa ketika surat surah diajukan surat itu tidak dapat ditarik kembali. Jangan sampai Anda merubah sikap sesaat ketika surat diajukan. Ketahuilah keputusan kantor tidak bisa diganggu gugat Percaya atau tidak ini bisa mempengaruhi jejak kinerja Anda.

5. Jika Perlu Konsultasi Kebagian yang Berwenang

Jika masih bingung menentukan sikap, Anda bisa berkonsultasi ke pihak yang berwenang dan terpercaya. Seperti HRD atau bahkan bos Anda sendiri. Karena yang paling mengenal kinerja selain diri sendiri adalah kedua pihak tersebut.

6. Persiapkan Target Selanjutnya

Jika sudah mantap untuk mengundurkan diri dari perusahaan Anda perlu membuat target jangka panjang. Walaupun target akan dimulai di kemudian hari, setidaknya ada gambaran untuk memulai pekerjaan baru. Karena hidup berleha – leha tidak akan menjanjikan apapun.

7. Jangan Putuskan Komunikasi antar Rekan Kerja

Jangan sekalipun memutuskan komunikasi dengan rekan kerja Anda. Kini relasi sangatlah penting. Kesempatan bisa terbuka dimana saja dan lewat siapa saja. Siapa tau peruntungan Anda ada di tangan rekan terdahulu.

8. Ketahui Jenis dan Bentuk Surat Resign yang Sesuai

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu mencari informasi sebanyak banyaknya terkait jenis dan bentuk surat pengunduran diri yang relevan dengan keadaan. Anda bisa mencari referensi sebanyak mungkin untuk menghindari kesalahan penulisan.

9. Siap – Siap Mendapat Penawaran Kembali

Belum berakhir. Siap – siap Anda mendapat penawaran bekerja kembali. Alih – alih mendapat persetujuan pengunduran diri Anda akan dibuat dilemma dengan penawaran kerja kembali dengan beberapa keuntungan. Mantapkan tujuan Anda, ya.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Tips-Mulai-Bekerja-di-Tempat-Baru

Surat pengunduran diri bukanlah jenis surat yang bisa dibatalkan begitu saja. Maka dari itu penting untuk membulatkan tekad sebelum membuatnya. Tidak jarang juga surat yang dibuat ditolak karena isinya yang tidak berterima. Untuk menghindarinya berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Pakai Alasan yang Logis

Sebuah keputusan yang dibuat haruslah berdasarkan alasan yang logis. Tidak terkecuali dalam pembuatan surat resign kerja. Agar lebih meyakinkan pakailah alasan se logis mungkin. Hal ini juga dapat membantu agar pengajuan Anda disetujui.

2. Memperhatikan EYD

Selanjutnya jangan lupa untuk memperhatikan EYD agar kalimat lebih terstruktur. Kata yang dipakai harus resmi dan sopan. Bagi penerima surat ini bisa menjadi indikator bahwa Anda tidak main – main untuk mengundurkan diri.

3. Sertakan Permohonan Maaf

Sertakan juga permohonan maaf dalam surat. Anda bisa menuliskan ucapan maaf terkait kinerja selama bekerja atau permohonan maaf terkait pengunduran diri yang dirasa tiba – tiba. Ini juga menunjukan profesionalitas Anda sebagai pekerja.

4. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih juga perlu ditulis dalam surat. Selain menambah kata dalam surat ucapan terima kasih juga berfungsi sebagai penegas pelepasan diri dari perusahaan tempat bekerja.

5. Tulis Harapan Terhadap Kantor

Anda juga bisa menuliskan harapan terhadap kantor atau perusahaan yang ditinggalkan. Beberapa harapan seperti semoga lebih baik, terus berkembang atau harapan baik lainnya bisa dituliskan. Tidak kalah terpenting, coba buat kesan terbaik lewat surat pengunduran diri Anda.

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Kumpulan-Contoh-Surat-Pengunduran-Diri-Kerja

Tentunya contoh surat pengunduran diri banyak dicari sebagai gambaran awal sebelum penulisan. Ini dapat membantu mempermudah siapapun agar surat yang dibuatnya tepat sasaran. Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai instansi atau keadaan si penulis.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja di Perusahaan (PT)

Jombang, 17 April 2017

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Nusa Dua Jaya
di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Roeslan Jago Wibowo
Alamat : Jl. Soedirman No. 17 Jombang, Jawa Timur
Jabatan : Manajer marketing

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran dari jabatan dalam  PT. Nusa Dua Jaya terhitung sejak tanggal 25 Mei 2017.

Lewat surat ini saya juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya karena perusahaan ini telah meningkatkan taraf hidup saya. Disamping itu saya banyak mendapat pengetahuan baru dengan skala profesional yang pastinya berguna untuk masa depan saya.

Permohonan maaf juga saya sampaikan karena tidak bisa menjadi bagian dari perusahan ini lagi. Saya berharap kedepannya perusahaan ini jadi perusahaan yang lebih berkembang dan lebih maju dari sebelumnya.

Demikian surat ini dibuat dengan penuh pertimbangan dan dalam kesadaran penuh atas kehendak diri sendiri. Tidak ada campur tangan orang lain berupa dorongan atau paksaan dalam pengambilan keputusan ini.

Tebusan : Bagian Sekretariat dan Humas
Kabag. Manajemen Marketing

Hormat saya,

Roeslan Jago Wibowo

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Palangkaraya, 17 Juli 2019

Kepada Yth.
Manager HRD
Nusa Jaya Perkasa
Jl. Budi Pekerti No.15 – 16 A
Palangkaraya

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Alief Rachmat Maulana bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Nusa Jaya Perkasa dengan jabatan sebagai operator server komputer unit 3, terhitung sejak 29 Juli 2009. Adapun alasan saya mengundurkan diri dikarenakan saya memutuskan untuk menikah di kampung halaman.

Saya banyak menghaturkan terima kasih atas segala kesempatan yang didapatkan selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran staf manajemen yang selama ini mengayomi dalam bekerja. Apabila terdapat kesalahan mohon dimaafkan.

Saya selalu berharap agar PT. Nusa Jaya Perkasa selalu sukses dan terus berkembang. Dapat terus bersaing hingga jadi yang pertama dalam bidangnya.

Hormat saya,

 

Alief Rachmat Maulana

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Jakarta, 21 Februari 2020

Hal : Surat Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 1 lembar surat keterangan sakit dokter

Kepada Yth.
Manager HRD
PT Kimia Jaya Utama
Jl. Medan Merdeka Timur No. 48
Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Histri Martin

NIK : 18892770001

Divisi : Analisa Obat bag. 2

Jabatan : Analis Kimia

Mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung sejak 25 Februari 2020 dikarenakan terjangkin penyakit serius. Hal tersebut menyebabkan saya tidak bisa beraktifitas seperti biasa dan mengharuskan diri untuk istirahat total di rumah. Untuk kepentingan bagian administrasi saya menyertakan surat sakit dan surat keterangan diagnosis dari Rumah Sahit Restu Bunda, Jakarta.

Banyak terima kasih saya sampaikan sebesar – besarnya atas segala kesempatan kerja yang dilimpahkan kepada saya selama bekerja di perusahaan ini. kedepannya saya berharap perusahaan yang Bapak pimpin bisa terus berkembang menembus kanca internasional. Saya juga mengucapkan permohonan maaf atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak ketika saya bekerja di perusahaan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar – benarnya tanpa ada paksaan, dorongan atau campur tangan pihak mana pun. Atas segala perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Histri Martin

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Bandung Barat, 21 Maret 2019

Hal : Surat Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 1 lembar surat keterangan dokter

Kepada Yth.
Pimpinan HRD
PT Restu Cahaya Utama
Jl. Belitung Utara No. 48
Bandung, Jawa Barat

Dengan Hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Arantsa Farah Nabila

NIK : 18666810001

Divisi : Penyiaran Daerah

Jabatan : Administrasi umum

Melalui ini saya,  Arantsa Farah Nabila mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Restu Cahaya Utama terhitung sejak 30 Maret 2019 karena menyangkut usia kehamilan saya yang mendekati kelahiran anak pertama. Terlebih saya ingin fokus merawatnya di rumah.

Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak perusahaan terlebih kepada pimpinan HRD yang telah mengizinkan saya untuk ikut berkecimpung dan bekerja dengan baik di PT Restu Cahaya Utama selama 4 tahun terakhir.

Dengan ini saya juga meminta maaf yang sebesar – besarnya atas segala perilaku atau ucapan yang sekiranya kurang berkenan pada setiap staff perusahaan.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar benarnya. Atas segala perhatian Anda saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Arantsa Farah Nabila

 

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena SP3

Magelang, 21 Januari 2019

Kepada Yth.
Kepala Personalia
PT Auto Mobil 3000
Jl. Wingko Utara No. 338
Magelang, Jawa Timur

Dengan Hormat,

Salam sejahtera untuk kita semua. Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Auto Mobil 3000 :

Nama : Junaedi Zulkarnaen

Departemen : Pemasaran

Jabatan : Pemasaran wilayah 2

No. Karyawan : 20942017

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kepada PT. Auto Mobil 3000 terhitung sejak tanggal 25 Januari 2019 dengan alasan terkenanya SP3. Saya berniat untuk berhenti sejenak dari ranah pekerjaan yang telah lama saya geluti.

Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. Auto Mobil 3000 yang telah memberikan kesempatan bekerja selama 2 tahun terakhir. Saya juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kelalaian saya dalam mengerjakan tugas yang dilimpahkan selama masa aktif bekerja.

Demikian surat permohonan ini saya buat semestinya tanpa ada dorongan atau paksaan dari pihak manapun. Atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Junaedi Zulkarnaedi

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Pindah Kerja

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Padang, 17 Oktober 2019

Yth.
Almaira Audrey Sundayana
Direktur PT. Tugu Langit
Jl. Kelok Sebelas No. 144
Padang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Muhammad Ridwan Awaludin bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Tugu Langit sebagai Operasional Mesin Cetak 1 terhitung sejak 17 Desember 2019 dikarenakan akan pindah domisili yang mengharuskan juga untuk pindah pekerjaan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kepercayaan juga kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama 2 tahun terakhir. Saya juga meminta maaf atas segala kesalahan yang saya lakukan kepada seluruh staff yang bekerja.

Saya berharap PT. Tugu Langit padat terus melebarkan sayap dan terus maju. Semoga perusahaan ini selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

 

Muhammad Ridwan Awaludin

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Bandung, 24 Mei 2019
Yth.
Kepala HRD Karyawan
Benang Sutra Garmen

Dengan hormat,

Saya Rohima Andi Saefudin selaku karyawan di bidang packing pabrik Pt. Benang Sutra Garmen dengan ini mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri. Saya akan berhenti bekerja mulai dari tanggal 24 Juni 2019 atau satu bulan setelah surat ini dikeluarkan. Saya akan melakukan segala prosedur pemberhentian sesuai dengan peraturan kerja pabrik.

Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada segenap karyawan lain juga pada staff manajemen pabrik atas segala pembelajaran yang diberikan selama saya bekerja. Permohonan maaf juga saya sampaikan atas segala kesalahan yang sengaja ataupun tidak sengaja dilakukan. Kedepannya saya berharap pabrik ini semoga terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar benarnya tanpa ada campur tangan pihak lain. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Rohima Andi Saefudin

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Posisi Jabatan

Depok, 1 Januari 2019

Perihal : pengajuan pengunduran diri
Lampiran : –

Kepada Yth :
Bagian Personalia
Collective Finance
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Gunardi Surachman

Jabatan : Manajer Pemasaran

Melalui surat ini menyatakan pengunduran diri atas jabatan tersebut dari PT. Collective Finance, sebagai manajer pemasaran terhitung mulai 10 Januari 2019.

Permohonan ini saya buat atas kesadaran dari sendiri dan tanpa pakasaan atau dorongan dari pihak mana pun. Saya tidak menuntut apapun dari pihak perusahaan dan akan selalu menjaga nama baik PT. Collective Finance.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan bekerja dan belajar di perusahaan berbasis keuangan ini. Saya juga meminta maaf kepada seluruh jajaran karyawan PT. Collective Finance atas kesalahan yang saya perbuat selama bekerja.

Saya berharap PT. Collective Finance akan terus berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Demikian surat ini saya buat dengan sebenar – benarnya, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terimaksih.

Hormat saya,

 

Gunardi Suracham

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Indomaret/Alfamart

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 

Kepada Yth.
HRD
Indojaya Raya

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rudi Khoerudin
Jabatan : Admin bagian gudang
Alamat toko : Jl. Beringin Utara No.235 Majalengka, Jawa Barat

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa mulai tanggal 20 Agustus 2019 saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Indojaya Raya.

Ucapan terima kasih sebesar besarnya saya sampaikan atas kesempatan bergabung dan bekerja dalam PT. Indojaya Raya .

Melalui surat ini saya meminta maaf kepada segenap manajemen dan karyawan PT. Indojaya Raya jika terdapat kesalahan yang saya perbuat selama bekerja. Besar harapan saya PT. Indojaya Raya untuk selalu bekerja dengan optimal bahkan terus berkembang dan maju.

Majalengka, 7 Agustus 2019

Hormat saya

 

Rudi Khoerudin

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Karyawan Kontrak

Seminyak, 3 Mei 2019

Yth.

Kepala HRD Karyawan
Radius Software Project

Dengan hormat,

Saya Admiral Rizki  selaku karyawan di bidang operasional software PT. Radius Software Project dengan ini mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri. Saya memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai karyawan kontrak perusahaan ini per tanggal 3 Juni 2019 atau satu bulan setelah surat ini dikeluarkan. Saya akan melakukan segala prosedur pemberhentian sesuai dengan peraturan perusahaan.

Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada segenap karyawan lain juga pada staff perusahaan atas segala pembelajaran yang diberikan selama saya bekerja. Permohonan maaf juga saya sampaikan atas segala kesalahan yang sengaja ataupun tidak sengaja dilakukan. Kedepannya saya berharap pabrik ini semoga terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar benarnya tanpa ada campur tangan pihak lain. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Admiral Rizki

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Apoteker

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rahadian Putra Ginanjar
STRA No. : 198000 / STRA – UNDIP/ 2014/ 4 7777 8
SIPA No. : 198000 / SIPA – 44/ 2015
Alamat : Jl. Keta Jati Barat No. 178 Kabupaten Pandeglang, Banten

Dengan ini menyatakan per tanggal 20 November 2019 bahwa saya tidak lagi menjadi kasir apotek di apotek :

Nama apotek : Kimia Nasional Farmasi
Alamat Apotek : Jl. Gambir No. 17 Jakarta

Demikian surat ini saya sampaikan dan saya tuliskan tanpa ada campur tangan pihak manapun. Surat ini telah disetujui HRD kantor pusat. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Pandeglang, 20 Oktober 2019

Yang membuat surat pengunduran :

 

Rahadian Putra Ginanjar
SIPA : 198000 / SIPA – 44/ 2015

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Anggota TNI

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ismail Fauzan Hanif
Jabatan : Perwira Pertama
Pangkat/ NRP : Letnan Satu / 17822
Kesatuan Militer : Batalyon Kavaleri (KAV) Pusenkav Militer V Brawijaya

Menyatakan saya bersedia diberhentikan secara hormat sebagai anggota Tentara Kavaleri Angkatan Darat Republik Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan kesehatan saya yang terus menurun hingga tidak bisa beraktifitas seperti biasa.

Pengunduran ini efektif per putusan pemberhentian dengan hormat diturunkan. Saya juga siap menerima segala konsekuensi dari keputusan pengunduran diri ini. Terutama keputusan yang tidak bisa ditarik kembali.

Demikian surat ini di buat dengan sebenar – benarnya tanpa adanya dorongan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Kuningan, 2 Juni 2019
Yang menyatakan,

(materai)

Ismail Fauzan Hanif

Letnan Satu / 17822

13. Contoh Surat Pengunduran Diri magang

Bandung, 16 Juli 2019

Kepada Yth.
Kepala Bidang Kelembagaan KPID
Ir. Edi Putranto M.Si
Jl. Malabar No. 17, Bandung

Dengan hormat,

Kami yang membuat pernyataan dan bertanda tangan di bawah ini :

  1. Agnia Prilika Priyanto (NIM : 1175030005)
  2. Arie Ramadhani Putra (NIM : 1173050035)

Melalui surat ini kami mengajukan pengunduran diri dari program magang KPID Jawa Barat terhitung mulai 18 Juli 2019 dikarenakan keputusan pihak kampus yang tidak bisa diganggu gugat.

Demikian surat pengajuan pengunduran diri ini kami buat dengan semestinya, atas kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Agnia Prilika Priyanto Arie Ramadhani Putra

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kepolisian

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Irfan Widianto Purnomo
Jabatan : Brigjen Pol Sumatra Barat
Pangkat/ NRP : Brigadir Jenderal Polisi / 17822
Kesatuan : Polri

Menyatakan dengan kesadaran penuh bahwa saya bersedia diberhentikan secara hormat dari Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal ini berkaitan dengan wacana saya menjabat sebagai anggota MPR RI periode 2020. Pemberhentian ini berlaku per dikeluarkannya surat hasil putusan pemberhentian dengan hormat.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan semestinya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas segala bentuk kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Jombang, 22 April 2019

Yang menyatakan,

(materai)

Irfan Widianto Purnomo

Brigjen Pol / 17822

15. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Satpol PP

Tulungagung, 17 Febuari 2018

Yth.
Ketua Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Sumenep
Jl. Radjiman Witjaksono No.47
Sumenep

Yang menyatakan di bawah ini :

Nama : Agus Sutopo Rubianto
TTL : Tulung Agung, 18 Agustus 1988
NIP : 3200991018071998
Jabatan : Anggota Satpol PP
Pangkat / Gol : Penata (VI A)

Bersamaan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari keanggotaan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumenep. Pengunduran ini akan berlaku per 17 Maret 2018, atau sekitar satu bulan semenjak surat ini diberikan.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran dan reka kerja atas segala bentuk kerja samanya dalam lingkungan Satpol PP. Ucapan maaf juga saya sampaikan atas segala kesalahan dan kekhilafan saya bila kurang berkenan di hati.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Terima kasih atas kerja sama dan perhatiannya.

Hormat saya,

 

Agus Sutopo Rubianto
NIP. 320091018071998

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Honorer

Tangerang, 21 November 2018

Perihal : Permohonan pengunduran diri
Lampiran : 3 lembar

Yth.
Ketua Yayasan Cerdas Taqwa Kreatif
di Tempat

Dengan hormat,

Yang menuliskan surat permohonan, saya :

Nama : Ainun Aziz Rahmawan
Tempat, Tanggal lahir : Sabah, 29 Februari 1988
Jabatan : Guru honorer SMA Kaya Budaya

Per tanggal 10 Desember 2018, saya sebagai guru honorer di yayasan Cerdas Taqwa Kreatif mengajukan permohonan pengunduran diri. Bersamaan dengan surat ini saya lampirkan berkas berkas pendukung lainnya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama 1 tahun lebih. Permohonan maaf juga saya sampaikan untuk menebus segala kesalahan baik sengaja maupun tidak. Semoga berkenan di hati masing – masing rekan kerja.

Demikian saya sampaikan surat permohonan ini dengan sebenar benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Laksmi Vania

17. Contoh Surat Pengunduran Diri Paskibraka

Yth.
Pembina Umum Paskibraka kota Bandung
di
Tempat

Dengan hormat,

Saya Adinda Rizkia Hawa mengajukan permohonan pengunduran diri dari Gugus Paskibraka Kota Bandung. Adapun biodata saya sebagai berikut :

Nama : Adinda Rizkia Hawa

Asal : Ngamprah, Bandung Barat

No. Anggota : 17002 – A – 101Bdg

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah dilimpahkan. Namun, saya juga minta maaf karena tidak bisa meneruskan kiprah sebagai anggota Gugus Paskibraka Kota Bandung dikarenakan akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Demikian surat ini saya buat agar jadi bahan pertimbangan. Terima kasih atas segala kerja sama dan perhatiannya.

Bandung,27 Juli 2019

Hormat saya,

 

Adinda Rizkia Hawa

18. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel

Denpasar, 7 Februari 2017

Kepada Yth.
Manajer HRD Hotel International Deep
Jl. Seminyak No.27, Bali

Dengan hormat,

Saya Adib Gusti Dwiguna dengan ini mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari staff Hotel International Deep sebagai male receptionist terhitung per tanggal 17 Februari 2017.

Ucapan terima kasih saya tujukan untuk segenap staff karyawan dan manajer yang telah membimbing saya untuk menjadi pekerja yang profesional. permohonan maaf juga saya sampaikan atas segala kesalahan yang telah saya perbuat.

Demikian surat ini saya buat, kedepannya saya berkarap Hotel International Deep menjadi lebih berkembang dan terus maju.

Hormat saya,

 

Adib Gusti Dwiguna

19. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Samarinda, 17 November 2019

Kepada Yth.
HRD Manajer Karyawan
Bank CBA
KCP Samarinda

Dengan hormat,

Saya Evelin Endang Putri dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri atas posisi saya sebagai teller di Bank CBA Kantor Cabang Pembantu Samarinda terhitung satu bulan setelah surat ini dituliskan. Alasan keluarga yang mendesak saya untuk rehat dari dunia pekerjaan karena sakit.

Saya mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan pembelajaran selama bekerja di bank. Ucapan maaf juga saya sampaikan ats prilaku saya yang kurang profesional sewaktu bekerja di bank.

Demikian surat ini saya buat sebenar – benarnya dan mohon di maklumi. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat saya,

 

Evelin Endang Putri

20. Contoh Surat Pengunduran Diri Pemadam Kebakaran

Tulung Agung, 17 Februari 2018

Yth.
Ketua Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Sumenep
Jl. Radjiman Witjaksono No.47
Sumenep

Yang menyatakan di bawah ini :

Nama : Edgar Saputra Wibowo

TTL : Tulung Agung, 18 Desember 1988

NIP : 3200991018075555

Jabatan : Anggota Pemadam Kebakaran

Posisi : Operasional Mobil Damkar

Bersamaan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari keanggotaan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumenep. Pengunduran ini akan berlaku per 17 Maret 2018, atau sekitar satu bulan semenjak surat ini diberikan.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran dan reka kerja atas segala bentuk kerja samanya dalam lingkungan Pemadam Kebakaran. Ucapan maaf juga saya sampaikan atas segala kesalahan dan kekhilafan saya bila kurang berkenan di hati.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Terima kasih atas kerja sama dan perhatiannya.

Hormat saya,

 

Edgar Saputra Wibowo
NIP. 32009101805555

21. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kuliah

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth.
Kepala Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru
Politeknik 11 Maret Yogyakarta
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Annisa Rahmah

NISN : 3201173050

Asal SMA : SMAS Bina Perkasa Yogyakarta

Jalur Masuk : Seleksi SNMPN

Secara resmi mengajukan pengunduran diri sebagai mahasiswa baru Politeknik 11 Maret Yogyakarta per tanggal 28 April 2020. Hal ini saya putuskan karena harus pindah domisili ke pulau Sumatera tepatnya Padang.

Banyak terima kasih saya ucapkan atas kesempatan emas berkuliah di Politeknik 11 Maret Yogyakarta. Namun sayangnya kondisi tidak memungkinkan saya untuk meneruskan perkuliahan.

Demikian saya tuliskan surat pengunduran diri ini semoga menjadi maklum. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

Hormat saya,

 

Annisa Rahmah

22. Contoh Surat Pengunduran Diri Penerimaan Dana Beasiswa

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth.
Kepala Bidang Penyelenggara Beasiswa Gemilang
Jl. Kuningan No,16
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rifqi Hadiansyah

NIM : 1175020035

Asal Kampus : Universitas Juara Nasional

Tahun penerimaan : Oktober 2019

Secara resmi mengajukan pengunduran diri sebagai mahasiswa penerima dana beasiswa Gemilang yang secara runtut diberikan pada bulan Desember 2019. Hal ini saya putuskan karena tidak lagi bisa mempertahankan kualifikasi penerima beasiswa.

Banyak terima kasih saya ucapkan atas kesempatan emas mendapat suntikan dana beasiswa Gemilang. Namun sayangnya kondisi tidak lagi memungkinkan untuk terus melanjutkan kualifikasi penerima beasiswa.

Demikian saya tuliskan surat pengunduran diri ini semoga menjadi maklum. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

 

Rifqi Hadiansyah

23. Contoh Surat Pengunduran Diri Relawan BNPB

Gorontalo, 25 Mei 2018

Nomor : 17/ 2018/ 007 / P
Klasifikasi : Penting
Perihal : Pengunduran diri relawan

Kepada Yth.
Ketua Pengurus Bagian Kerelawanan
di
Tempat

Salam relawan,

Saya Reno Adam Fahmi dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai relawan penanggulangan bencana Gorontalo. Hal ini saya putuskan karena keadaan saya yang tidak lagi mampu beraktifitas seperti biasa karena kecelakaan.

Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan. Sebagai opsi saya telah mencari kandidat pengganti yang cukup berpengalaman dan bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran ini saya buat sedan sebenar – benarnya. Mohon maklum dan terima kasih.

Anggota Relawan Pemula,

 

Reno Adam Fahmi

24. Contoh Surat Pengunduran Diri Staff Advokat

SURAT PENGUNDURAN DIRI STAFF ADVOKAT

Kepada Yth.
Ruman Situan Baru S.H
di
Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Muzakki S.H

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Pekerjaan : Pengacara

Agama : Islam

Kewarganegaran : Indonesia

Dengan ini mengatakan pengunduran diri dari staff advokat di perusahaan pengacara Tuan Baru Lawyers Club and Advocat. Hal ini saya putuskan mengingat wacana saya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Terima kasih saya sampaikan atas segala kesempatan yang telah dilimpahkan. Saya begitu belajar banyak hal sebagai pengacara lulusan awal. Saya juga meminta maaf atas segala kecerobohan saya ketika bekerja.

Demikian surat ini saya ajukan, saya harap perusahaan ini menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Hormat saya,

 

Muhammad Muzakki S.H

24. Contoh Surat Pengunduran Diri Beasiswa Keluar Negeri

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth.
Kepala Bidang Penyelenggara Beasiswa Aboard
Jl. Kuningan No.27
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rezita Maria Ginting

NIM : 117591002

Asal Kampus : Universitas Gemilang Nasional

Tahun penerimaan : Oktober 2019

Secara resmi mengajukan pengunduran diri sebagai mahasiswa penerima beasiswa Aboard kuliah di Seoul National University yang secara resmi diberikan pada bulan Desember 2019 lalu. Hal ini saya putuskan karena ada kesempatan lain untuk berkuliah di Eopa.

Tanpa bermaksud buruk, saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan emas mendapat beasiswa kuliah di Korea. Namun sayangnya kondisi ini tidak memungkinkan bagi saya untuk terus melanjutkan perkuliahan melalui beasiswa Aboard.

Demikian saya tuliskan surat pengunduran diri ini semoga menjadi maklum. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

 

Rezita Maria Ginting

25. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Penugasan Kantor

Palembang, 7 Agustus 2019

Kepada Yth.
Kepala Bidang Lapangan
Kantor Cabang Palembang
di Tempat

Dengan hormat,

Saya Ahmad Khanzul Fachri dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri atas penugasan kerja lapangan di luar kota pada 10 Agustus 2019. Hal ini berlandaskan kondisi istri saya yang sedang hamil tua. Dikhawatirkan istri saya melahirkan tanpa ada pemantauan dekat.

Saya mengucapkan terima kasih atas segala kesempatan emas yang dilimpahkan kepada saya. Besar harapan saya untuk bisa mengikuti penugasan kerja lapangan ke luar kota pada periode berikutnya.

Demikian surat ini saya buat sebenar – benarnya, mohon dimaklumi. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

 

Ahmad Khanzul Fachri

26. Contoh Surat Pengunduran Diri Komisaris

Bali, 2 Agustus 2019

Perihal : Pengajuan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Ketua Umum Komisaris PT. Sentinel Bali, Tbk
Jl. Panarukan Utara,
Ubud, Bali

Dengan hormat,

Sesuai dengan peraturan tertulis yang berlaku dari lembaga resmi negara OJK dank arena saya telah menjabat menjadi komisaris di lebih dari 2 perusahaan terbuka, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari PT. Sentinel Bali, Tbk sebagai Komisaris Bagian 2. Terhitung per tanggal 4 Agustus 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan kepada saya untuk menjabat sebagai komisaris. Permohonan maaf saya layangkan untuk segenap staff dan jajaran direksi karena kesalahan saya selama ini.

Demikian saya buat surat ini sebenar – benarnya. Atas perhatian dan kejasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Fateh Rollus Situmorang

27. Contoh Surat Pengunduran Diri dari TU Sekolah

Medan, 21 Juli 2019

Kepada Yth.
HRD Yayasan Sekolah Menengah Atas Sukses Jaya
di Tempat

Assalamualaikum wr.wb

Ucapan syukur mari kita panjatkan ke Illahi Robbi, tuhan yang mengatur segala urusan kehidupan setiap makhluk. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Nani Haryati Nurbaya
Pekerjaan : Arsip TU Sekolah
Alamat : Jl. Regal Manis N0.61
Telp/Hp : 081352918811

Mengajukan pengunduran diri sebagai pengurus arsip TU Sekolah SMA Sukses Jaya, karena harus mengurus anak saya yang sakit. Keputusan ini berlaku per tanggal 21 Agustus 2019  sekitar 1 bulan setelah surat ini dikeluarkan.

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terima kasih untuk seluruh staff yang telah sepenuh hati melimpahkan ilmu dan kebaikannya selama saya menjabat. Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang tidak sengaja dilakukan selama bekerja.

Saya harap yayasan ini akan terus berkembang dan banyak membantu anak – anak untuk meraih cita – citanya di masa yang akan datang.

Demikian surat ini saya sampaikan, diharapkan untuk menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Hormat saya,

 

Nani Haryati Nurbaya

 

Tembusan:

Kepala sekolah

28. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerja Konstruksi

Jakarta, 2 Desember 2019

Perihal : Pengajuan Pengunduran Diri

Kepada Yth.

Manajer Pengurus Pekerja Kontrak
Strong Platinum Reconstruction
Jl. Menteng Utara

Jakarta

Dengan hormat,

Saya Dodi Dwi Cahyo Kumolo dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai pekerja kontrak konstruksi MRT Jakarta oleh PT. Strong Platinum Reconstruction. Keputusan ini efektif per tanggal 12 Desember 2019.

Hal ini saya putuskan karena keadaan istri saya yang sebentar lagi melahirkan dan mengharuskan saya untuk pulang kampung.

Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan. Sebagai opsi saya telah mencari pekerja kontrak konstruksi lain sebagai pengganti. Orang ini cukup berpengalaman dan bertanggung jawab dalam bidang konstruksi bangunan.

Demikian surat pengunduran ini saya buat sedan sebenar – benarnya agar maklum. Terima kasih atas kerjasamanya.

Anggota Relawan Pemula,

 

Dodi Dwi Cahyo Kumolo

29. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah SMA

Kepada Yth.
Drs. Rumi Nur Zaman
Kepala Sekolah SMA Negeri 99 Depok
di Tempat

Assalamualaikum wr.wb

Ucapan syukur mari kita panjatkan ke Illahi Robbi, tuhan yang mengatur segala urusan kehidupan setiap makhluk. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Asep Suhendar
Pekerjaan : Peternak
Alamat : Jl. Rusa Ningsih N0.61, Depok
Telp/Hp : 081352918811

Selaku wali dari murid dengan identitas :

Nama : Raden Dwi Restu
Kelas : X1 IPA 7
No. Induk : 1718007

Mengajukan pengunduran diri sebagai pelajar di SMA Negeri 99 Depok, karena harus berpindah domisili ke Jaya Pura mengikuti orang tuanya. Sebelumnya, saya ucapkan banyak terima kasih untuk seluruh pengajar yang telah sepenuh hati melimpahkan ilmunya pada anak saya. Saya juga mohon maaf atas segala kesalahan yang dilakukan anak saya ketika di bangku SMA.

Demikian surat ini saya sampaikan, diharapkan untuk menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Depok, 17 April 2020

Hormat saya,

 

Asep Suhendar

 

Tembusan:

Bapak Wali kelas XI IPA 7

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Kumpulan-Contoh-Surat-Pengunduran-Diri-dari-Organisasi

Selain dalam dunia kerja, surat pengunduran diri juga banyak digunakan dalam organisasi. Baik organisasi daerah maupun organisasi kampus bagi mahasiswa. Di bawah akan tersaji beberapa contoh surat pengajuan resign yang bisa jadi contoh.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Kampus

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri sebagai wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa – Fakultas (DEMA – F)

Adab Humaniora Universitas Pelita Harapan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Amirudin Anwar Dzikrullah
Jabatan di BEM : Wakil ketua umum
Fakultas : Adab dan humaniora
NIM : 1175030035
Alamat : Kost Kerta Jati Gg. Kujang No.14 – 17 Bogor
Telp : 091325712829

Melalui putusan surat ini saya mengajukan pengunduran diri atas jabatan wakil ketua umum ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa – Fakultas (DEMA – F) Adab Humaniora Universitas Pelita Harapan dengan alasan mutasi perkuliahan ke luar negeri hingga harus mempersiapkan segala hal mulai saat ini. Karenanya untuk dengan sesegera mungkin mencari pengganti posisi wakil ketua umum berdasarkan kesepakatan seluruh anggota DEMA – F.

Saya sampaikan permohonan maaf yang dari kesadaran diri paling dalam. Mohon maaf bisa kinerja saya saat dalam organisasi tidak memuaskan terlebih tidak mencapai target bersama. Juga atas semua kelalaian saya yang sekiranya kurang berkenan pada setiap anggota.

Surat pengunduran dibuat dengan kesadaran penuh diri saya dan dengan isi yang sebenar – benarnya. Pembuatan surat ini tidak melibatkan siapapun atau atas dorongan pihak tertentu. Saya berharap ketua DEMA – F dan seluruh anggota bisa memahami kondisi dan keputusan ini. Atas pengertian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.

Pihak pembuat pernyataan

*materai 6000

(Amirudin Anwar Dzikrullah)

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Masyarakat

Kepada Yth:
Bapak Aji Suswanto
Ketua RW Komplek Bumi Harapan

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya atas nama Rahayu Purwa Dinata bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan di Ormas PKK Bumi Hijau sebagai sekretaris utama wilayah 1 terhitung per- tanggal 28 Oktober 2020. Keputusan ini dibuat mengingat saya sekeluarga harus pindah ke Madiun karena hal yang mendesak.

Ucapan terima kasih saya haturkan atas segala kepecayaan yang telah diberikan sejak awal menjabat hingga kini sebagai sekertaris utama wilayah 1 Ormas PKK Bumi Hijau. Welat surat singkat ini pula saya menyampaikan permohonan maaf kepada bapak Suswanto dan seluruh rekan kerja pada umumnya atas segala prilaku atau ucapan yang kuran berkenan selama masa saya menjabat.

Saya juga berharap agar Ormas PKK Bumi Hijau selalu menjadi barometer untuk PKK sekitarnya. Selalu maju dan terus berkembang dalam memajukan kehidupan para anggotanya.

Hormat saya,

 

Rahayu Purwa Dinata

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Partai

Bengkulu, 15 Agustus 2017
Kepada Yth:
Ketua Umum Partai Idaman Nasional
di
Jl. Tubagus Adam No. 320, Bengkulu

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Reki Herlambang Husain

No. Registrasi Keanggota : 1718100021

Menyatakan untuk mengundurkan diri dari bagian Partai Idaman Nasional sebagai bendahara umum terhitung mulai tanggal 27 Oktober 2018. Yang tersebut telah dipertimbangkan karena rencana saya mengikuti karir istri ke luar negeri. Saya bersedia untuk segera melepas juga mengembalikan segala atribut, wewenang, hak dan tanggung jawab yang telah diberikan untuk menjaga stabilitas dan operasional partai.

Saya juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bergabung di Partai Keadilan Rakyat . Dengan ini pula saya memohon maaf untuk seluruh anggota dan segenap jajaran manajemen Partai Keadilan Rakyat , atas kesalahan saya baik yang disengaja maupun tak disengaja selama saya bekerja.

Besar harapan saya Partai Idaman Nasional agar semakin maju dan berkembang yang ikut memajukan bangsa dan negara.

Hormat saya

 

Reki Herlambang Husain

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Pramuka

Bogor, 25 Januari 2018

Nomor : 017 – B – 2018
Klasifikasi : Penting
Perihal : Pengunduran diri dari penugasan

Kepada Yth.
Ketua Pengurus Kwarcab Bogor
di
Tempat

Salam pramuka,

Saya Arifin Abdil Hidayat dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri atas penugasan gugus 11003 di daerah Cipanas. Hal ini saya putuskan karena keadaan saya yang tidak lagi mampu berjalan seperti biasa karena kecelakaan.

Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan. Sebagai opsi saya telah mencari kandidat pengganti yang cukup berpengalaman dan bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran ini saya buat sedan sebenar – benarnya. Mohon maklum dan terima kasih.

Anggota Misi Garuda Muda,

 

Arifin Abdil Hidayat

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perangkat Desa

Bandung, 2 Maret 2019

Yang membuat keputusan di bawah ini :

Nama : Rustanto Hafudin
Tempat, Taggal Lahir : Kalimalang, 27 Juli 1978
Jenis kelamin : Pria
Agama : Islam
Jabatan : Inspektur Kesejahteraan Desa
Alamat : Komp. Bumi Panyileukan Endah No.37

Dengan ini mengajukan pengunduran diri atas posisi Perangkat Desa bagian Inspektur Kesejahteraan Desa. Hulu Asri kecamatan Hilir Asri Kabupaten Endah terhitung mulai tanggal 20 Maret 2019.

Demikian surat ini saya buat semestinya. Atas segala kerja sama dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Menyetujui :

Yang membuat pernyataan, Kepala Desa

 

Rustanto Hafudin Andang Rusmana Firdaus

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari OSIS

Banyu Wangi, 14 Maret 2019

Yth. Pembina Osis SMA Budi Prawijaya
Bapak Adhitya Aryadika S.Pd
di Tempat

Yang membuat pernyataan di bawah ini :

Nama : Qunita Rifai Husna
Kelas : XI IPS 3
NIS : 1176001
Jabatan : Kepala Bidang Humas Eksternal

Welat tulisan ini saya menyampaikan penyataan pengunduran diri ari jabatan Kepala Bidang Humas Eksternal OSIS SMA Budi Prawijaya, Banyu Wangi. Saya menyatakan hal ini dikarenakan secepatya saya akan pindah domisili ke Kota Bandung.

Saya ucapkan terima kasih atas semua rekan dan Bapak Pembina yang senantiasa mengajarkan saya seluk beluk organisasi dalam kurun waktu satu tahun. Ucapan maaf juga saya ucapkan atas segala kesalahan saya semasa menjabat di OSIS ini.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Qunita Rifai Husna

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Teater

Bandung, 9 Maret 2019

Nomor : 0238 / P.D / 002
Klasifikasi : Penting
Perihal : Pengunduran diri keanggotaan teater

Kepada Yth.
Ketua Pengurus Bagian Organisasi Teater Sendi
di
Tempat

Salam pemeranan,

Saya Dadang Rohijat Sukma Dewa dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai anggota tetap Teater Sendi. Hal ini saya putuskan karena keadaan saya akan pindah domisili ke luar negeri dan tidak bisa lagi bertanggung jawab atas proker yang ditargetkan. Hal ini berlaku per tanggal 25 Maret 2019.

Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan. Sebagai opsi saya mencari alternatif pengejaran deadline proker dengan menawarkan proker lainnya yang lebih singkat dan mudah dijalankan.

Demikian surat pengunduran ini saya buat sedan sebenar – benarnya. Mohon maklum dan terima kasih.

Penghuni Teater Sendi,

 

Dadang Rohijat Sukma Dewa

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Relawan

Bekasi, 25 Maret 2018

Nomor : 0018 / P.D / 002
Klasifikasi : Penting
Perihal : Pengunduran diri keanggotaan relawan

Kepada Yth.
Ketua Pengurus Bagian Kerelawanan
di
Tempat

Salam relawan,

Saya Rasya Irsadi Sadam dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai relawan Alzeimer nasional. Hal ini saya putuskan karena keadaan saya yang tidak lagi mampu beraktivitas seperti biasa karena kecelakaan. Hal ini berlaku per tanggal 25 Maret 2018 atau hari ini juga.

Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan. Sebagai opsi saya telah mencari kandidat pengganti yang cukup berpengalaman dan bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran ini saya buat sedan sebenar – benarnya. Mohon maklum dan terima kasih.

Anggota Relawan Pemula,

Rasya Irsadi Sadam

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris

Kumpulan-Contoh-Surat-Pengunduran-Diri-Berbahasa-Inggris

Bila Anda bekerja di instansi berskala internasional atau bekerja di instansi luar negeri, tentu tidak perlu khawatir kesulitan mencari referensi surat pengunduran diri. Simak contoh surat pengunduran diri berbahasa inggris berikut sebagai tuntunan Anda.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Umum

December, 18th 2019

Mrs. Harrell Jackson
Head of International Office
Nusa Penida Global Recident

Dear Madam,

Hope this letter finds you well.

Hereby, I notify the resignation of this company, start from January, 20th 2020.

My skill has been developed well since I worked at this company. Now, this time to expand my career on other field. I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, all the rest job will finish on time. If there is something going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to the company for any support me during the working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Ammita Bachans

2. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Sakit

April, 29th 2019

Mr. Jacob
Director of Longliving Insurance
Abbey Road Guangling No.71
Singapore

Dear Sir,

With this letter I inform you my resignation from Longliving Insurance Company. I also notify you that April 12th is my last working day. I decided to resign because of disease and could not work as usual.

I am very grateful for the trust of this company for the last 2 years. I think it’s time to expand my career. I wish the entire company always success.

Kindly contact me if something occurred during my last working time. Thanks a lot for your attention.

Jihan Amalia Pasha

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Posisi Guru

October, 8th 2018

Mr. Adam Hobson
Head Master of Ubud International School

Dear sir,

I hope you at well condition.

Hereby, I notify the resignation as Bahasa Indonesia teacher of this International school. Effective from December, 20th 2018.

My skill has been more developed since I teach in this International School. Unfortunately I had to stop dedicating because of personal reasons. I would be very grateful to have this application approved directly. All the rest job will finish on time. If there is something going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to the company for any support me during the teaching process. Further, I wish the entire school company always success and develop globally.

Thanks for your consideration,

Regards,

 

Rebbeca Ainun Habba

4. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Hamil

May, 31st 2019

Mr. Jacob
Head of Tacco Company
Jl. Pegangsaan Barat No,167
Jakarta, Indonesia

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Tacco Company as head secretary. I also notify you that April 12th is my last working day. I decided to resign because of my gestational age. Soon I will give birth and determine to stop all kinds of work activity.

I am very grateful for the trust of this company for the last 2 years. I think it’s time to stop and focus on my daughter. I wish the entire company always success.

Kindly contact me if something occurred during my last working time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Paula Dimitri Hoover

5. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Pindah ke Perusahaan Pusat

January, 29th 2019

Mr. Reuben Hamiltoon
Director of Right Laws
Jl. Pasaribu No. 224 Blok L
Tangerang, Banten

Sir,

With this letter I inform you my resignation from branch office Right Laws to main office in Singapore. I also notify you that April, 10th is my last working day. I decided to resign because it is a big opportunity.

I am very grateful for the trust of this brench company for last 2 years. I think it’s time to expand my career. I wish the entire company always success and also we can work along together.

Kindly contact me if something occurred during my last working time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Jamaluddin Jacob

6. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Anggota Keluarga Meninggal

January, 27th 2019

Mrs. Rooth Maurace
Head of International Employee Pers Office
Literarure Year Company
London, England

Dear Madam,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation of this company, start from November, February 27th 2019.

My skill has been developed well since I worked at this company. Unfortunately I have to stop working my father passed away and I have to replace his position as an owner of wood furniture business in my country.

My career as a career woman is perfect here. I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, the entire rest job will finish on time by my assinten. If there is something ruining out of control, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to the company for any support during my working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Alfa Sebastian Bachron

7. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Kecelakaan

December, 28th 2019

Mrs. Harrell Jackson
Head of International Employee Office
Seminyak Departemen Company

Dear Madam,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation of this company, start from December, 29th 2020.

My skills has been developed well since I worked at this company. Unfortunately I was involved in a major accident and now unable to move my legs properly. So I can not go to office as normal.

I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, all the rest job will finish on time by my assinten. If there is something going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to the company for any support me during the working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Bayu Yudha Permana

8. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Menikah

June, 13th 2019

Mr. Robbert Panverbeurg
Precident of Vantigio. Inc
Jl. Rawa Atu No,167
Lombok, Indonesia

Dear sir,

With this letter I submit my resignation from Vantigio. Inc as head secretary. I also notify you that July 13th will be my last working day. I decided to resign because I will marry my future husband. We have postponed the marriage for 8 years. This time is appropriate as the beginning of my wedding dream preparations.

It is a luck to get a job and trusted on this company, at least for last 3 years. I think it’s time to stop and focus on my own family. I sincerely apologize for any intentional or unintentional mistakes. I wish the entire company always success.

Kindly contact me if something occurred during my last working time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Rizaldi Anwar Musaddad

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Pindah Negara

September, 4th 2019

Mr. Richard Mails
Head of Literary Company
Jl. Tekung Barat No.13
Batam, Indonesia

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Literary Company as exchequer. I also notify you that September 23th, is my last working day. I decide my resignation because I have to move aboard.

I am very grateful for the trust of this company for the last 1 years. I think it’s time to stop and focus on my family. I wish the entire company always success.

Kindly contact me if something occurred during my last working time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Sania Kania

10. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Kendala Pribadi

November, 1st 2019

Mrs. Diana Joyns
Head of International Employee Office
Light Years Company
Bandung, Indonesia

Dear Madam,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation of this company, start from November, 5th 2019.

My skill has been developed well since I worked at this company. Unfortunately I have to stop working because there were so many things to watch out for and deal with outside the office. There is an urgent personal matter.

My career as a career woman is perfect here. I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, the entire rest job will finish on time by my assinten. If there is something going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to the company for any support during my working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Raden Dwi Pangestu

11. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Kendala Paspor

September, 17th 2019

Mr. Richi Ricahrdo
President of Reko Manufacturing Company
Melbourne, Australia

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Reko Manufacturing Company. Really apologize with this unbelievable situation. There is a hitch in my working passport and it take long time, its about 4 months.

I am very grateful for the chance to work at this company. And I hope I can get second chance to get my dream job. Kindly contact me if something occurred during my document repairs time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Joanna Agustin Firza

 

12. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Kendala Izin Tinggal

January, 1st 2020
Ms. Rianna Van Rough
Head of Revlin Beauty and Fashion Company
Paris, France

Dear Ma’am,

With this letter I submit my resignation from Revlin Beauty and Fashion Company. Really apologize with this unbeliveble situation. There is  something wrong with my residence permit and it take long time to repair, its about 4 months.

I am very grateful for the chance to work at this company. And I hope I can get second chance to get my dream job. Kindly contact me if something occurred during my document repairs time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Alisa Tubagus Ringgih

13. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kontrak Kerja

February, 28th 2019

Mr. Mike Newton
Head of Makael Torism. Inc
Paris, France

Dear Sir,

With this letter I Fthiya Muthi Wibowo submit my resignation from Makael Torism. Inc due to my employment contract as the head of resort marketing has been expired. But of course, I will finish the rest job on time. I decided to stop working from this company and return home to my country Indonesia.

I am very grateful for the chance to work at this company. I also convey the highest apologies for all my unsatisfactory work and all the mistakes that I have made during contract.

Kindly contact me if something occurred during my document repairs time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Fthiya Muthi Wibowo

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Keja Relawan

November, 1st 2015

Mrs. Dine Tackles
Head of International Volunteer Office
One Hand Volunteering.Org
Russia

Dear Madam,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation to this world volunteering organization. Start from November, 5th 2019 I can not longer do my job as international volunteer.

My skill has been developed well since I enter this organization. Unfortunately I have to stop working because there were so many things to watch out for and deal with outside. There is an urgent personal matter.

My career as a Volunteer is perfect here. I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, the entire rest job will finish on time with my friend. If there is something going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to One Hand Volunteering.Org for any support during my working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire organization always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Putu Rangga Dwipurnama

15. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Pandemi

October, 1st  2019
Mr. Ryan Tackles
Head of International Employee Department
Stadygold Fine. Inc
German

Dear sir,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation to this company. Start from November, 5th 2019 I can not longger do my job as international employee due to pandemic that happened all around the world. I decided to stop working because this period will last enough.

My skill has been developed well since I enter this company. Unfortunately I have to stop working. My career as a employee is perfect here. I would be very grateful to have this application approved directly. Surely, the entire rest job will finish on time from my own country. If there is something wrong going on, kindly contact me.

I also utter my highest gratitude to Stadygold Fine. Inc. or any support during my working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Thank you for the consideration.

Regards,

 

Reyhan Ginanjar Putra

16. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Menjadi PNS

June, 14th 2019
Mr. David Chlocsky
President of Wide Expedition. Inc
New Zealand

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Wide Expedition, effective from June, 24th 2019. Inc. Really apologize with this situation. I was appointed as a civil servant by the state directly. I can’t refuse it because it’s a state order.

I am very grateful for the chance to work at this company at least for a year. I hope our communication and cooperation will always be maintained. Kindly contact me if something occurred during my break time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Agustini Hendrawan Wahyu

17. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Kendala Visa

September, 11th 2019
Mr. Doughals Simon Cowll
President of Wide Techno Company
Melbourne, Australia

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Wide Techno Company. Really apologize with this unbelievable situation. There is a hitch in my travel visa and it take long time, its about 4 months.

I am very grateful for the chance to work at this company. And I hope I can get second chance to get my dream job. Kindly contact me if something occurred during my document repairs time. Thanks a lot for your attention.

Regards,

 

Sonia Rahmawati Wulan

Tips Menjalin Hubungan Baik Meskipun Resign Dari Pekerjaan

Tips-Menjalin-Hubungan-Baik-Meskipun-Resign-Dari-Pekerjaan

Khawatir tidak bisa menjalin hubungan baik dengan kantor lama merupakan hal mendasar yang datang ketika hendak atau telah mengajukan resign. Jangan khawatir, berikut beberapa tips menjalin hubungan baik yang patut Anda coba.

1. Tinggalkan Instansi Baik – Baik

Tinggalkanlah kantor atau perusahaan Anda dengan baik – baik. Maksudnya pakailah cara profesional untuk keluar. Jangan sampai keluar dengan tiba – tiba tanpa pemberitahuan. Ini juga bisa berakibat fatal pada karir Anda kedepannya.

2. Jangan Meninggalkan Jejak Masalah

Ini dilakukan agar tidak tercipta kesalahpahaman. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya menjalin hubungan kembali jika ada masalah sekecil apapun yang mengganjal. Selesaikanlah masalah yang ada selagi ada waktu.

3. Tetap Profesional hingga Akhir

Profesionalitas juga perlu dipertahankan hingga akhir sisa waktu kerja. Selesaikan segala bentuk pekerjaan yang sudah diberikan kepada Anda. Semakin cepat selesai semakin baik. Rekan kerja pun akan menganggap Anda sebagai pribadi yang penuh tanggung jawab.

4. Berpamitan pada Semua Kenalan

Jangan sekalipun langsung meninggalkan perusahaan tanpa pengumuman. Setelah surat pengunduran disetujui sampaikan niat resign pada semua kenalan. Jika dirasa tidak nyaman mengumumkan secara langsung, Anda bisa membuat pemberitahuan via chat.

5. Kembalikan Fasilitas Kantor

Pastikan Anda mengembalikan yang bukan lagi hak Anda. Setelah resign dari kantor atau perusahaan, kembalikanlah fasilitas yang dipinjamkan. Kecuali perusahaan memberikannya dengan cuma – cuma.

6. Tetap Saling Berkomunikasi

Hubungan yang baik bisa dibentuk dengan komunikasi yang baik. Cobalah untuk tetap saling berkomunikasi lewat aplikasi chatting atau bertemu secara langsung di sela – sela kesibukan. Hal  ini ampuh untuk menjaga hubungan baik meskipun Anda resign.

Tips Mulai Bekerja di Tempat Baru

Tips-Mulai-Bekerja-di-Tempat-Baru

Setelah memutuskan untuk resign biasanya sebagian orang langsung tancap gas mencari pekerjaan baru. Hal sulit selanjutnya datang setelahnya. Mulai bekerja di tempat baru memang agak menantang. Anda perlu mengetahui dan mencoba tips di bawah agar nyaman bekerja dalam suasana baru.

1. Keep Positive

Pasti pikiran yang tidak – tidak bermunculan ketika bekerja di tempat baru. Entah takut lingkungan tidak mendukung atau bos yang kepalang galak. Untuk permulaan Anda dilarang berpikiran seperti itu. Jaga mindset Anda untuk tetap positif apapun yang akan terjadi.

2. Buat Diri Nyaman

Jangan memasang tampang aneh, grogi atau gerakan kaku. Cobalah untuk bersikap sewajarnya dan buat diri Anda senyaman mungkin. Ini akan membantu pikiran dan hati untuk tetap tenang di hari pertama bekerja.

3. Cobalah untuk Berkenalan

Cobalah untuk berkenalan setidaknya dengan tim satu kelompok. Coba tanya namanya dan ajukan pertanyaan santai. Ini efektif untuk mencairkan suasana. Jika bisa berkenalan dengan lebih banyak staff maka akan lebih baik.

4. Pelajari Seluk Beluk Bagian Anda

Hati – hati, jangan sampai Anda tidak mengetahui seluk – beluk bagian pekerjaan Anda sendiri. Ini bisa berakibat fatal. Cobalah untuk bertanya sekali lagi pada rekan terdekat atau bisa kontak langsung pekerja lama di posisi Anda.

5. Tunjukan bahwa Anda Profesional

Tidak kalah penting, tunjukan bahwa Anda profesional. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukan hal tersebut. Beberapa contohnya seperti datang tepat waktu, kerjakan pekerjaan sesuai deadline atau membantu pekerjaan rekan yang lain.

6. Jangan Sungkan Bertanya

Ini mungkin jadi hal tersulit ketika pertama menginjakan kaki di kantor baru. Interaksi walaupun berupa pertanyaan kecil sangatlah membantu proses adaptasi Anda. Mungkin Anda bisa memulai dengan sapaan kecil.

7. Dekorasi Kecil – Kecilan

Opsi lain Anda juga bisa melakukan dekorasi kecil – kecilan di ruang atau meja kerja. Ini akan membuat Anda lebih nyaman hingga jangka waktu yang cukup panjang. perlu diingat jangan membawa barang dekorasi yang terlalu mencolok karena akan mengganggu staff yang lain.

8. Makan bersama

Cobalah untuk ikut makan bersama. Sering kali istirahat makan siang jadi waktu yang pas untuk mencoba berinteraksi lebih dalam. Anda juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk lebih mengenal lebih dalam serba – serbi “tradisi” perusahaan.

Masih banyak informasi lainnya terkait surat pengunduran diri. Yang terpenting kini Anda mendapatkan pengetahuan tambahan dari artikel ini. Jika hendak memakai contoh surat pengunduran diri yang telah disediakan jangan lupa untuk menyesuaikan beberapa bagian sesuai kebutuhan.

Mau Melamar Pekerjaan? Baca Dulu Cara Membuat Surat Lamaran Kerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *