50+ Contoh Surat Perjanjian Jual Beli, Hutang Piutang, Kerja (Lengkap)

14 min read

contoh-surat-perjanjian

Sebuah surat perjanjian menjadi elemen penting berlangsungnya suatu bisnis. Tentunya, hal tersebut tidak bisa lepas dari upaya peningkatan bisnis itu sendiri. Tidak hanya soal bisnis, surat  berisi kesepakatan ini juga penting untuk mengurus urusan lainnya.

Misalnya dalam keluarga atau instansi khusus.  Berikut ulasan dan beberapa contoh surat perjanjian yang bisa Anda pahami.

Pengertian Surat Perjanjian

Pengertian-Surat-Perjanjian

Surat Perjanjian merupakan salah satu jenis surat yang sifatnya mengikat karena berisi kesepakatan antara dua belah pihak mengenai hak dan kewajiban yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Pada dasarnya, surat ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu :

1. Surat Perjanjian Otentik

Surat perjanjian ini dibuat dengan menghadirkan pejabat pemerintahan sebagai saksi.

2. Surat Perjanjian di Bawah Tangan

Surat ini bisa dibuat tanpa menghadirkan saksi dari pejabat pemerintahan.

Meski demikian, dua kategori di atas tidak berhubungan dengan keabsahan surat perjanjian yang ditulis. Artinya, jika ada surat perjanjian yang dibuat tanpa notaris atau saksi pejabat pemerintahan, surat tersebut tetap disebut legal digunakan asalkan memenuhi syarat-syarat sahnya surat perjanjian.

Fungsi/Tujuan Surat Perjanjian

Fungsi-Tujuan-Surat-Perjanjian

Sebuah surat perjanjian dapat dijadikan acuan utama saat terjadi pelanggaran antar dua pihak yang berjanji. Masih ada beberapa fungsi penting dari surat perjanjian, antara lain :

1. Kepastian Hukum

Siapapun pasti akan merasa tenang jika kesepakatannya mendapat kepastian di mata hukum. Surat perjanjian resmi menjamin kepastian tersebut karena sudah terdapat payung hukum yang menaunginya, misalnya pada Pasal 1313 KUH Perdata Perjanjian.

2. Batas Hak dan Kewajiban

Surat perjanjian dapat menjadi rujukan mengenai batasan hak dan kewajiban apa saja yang harus dilakukan masing-masing pihak dalam suatu kesepakatan. Tentunya, dengan mengetahui batasan-batasan tersebut, setiap pihak harus mematuhinya agar tidak terjadi pelanggaran.

3. Menghindari Selisih Paham

Perselisihan antar pihak yang memiliki kesepakatan bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Misalnya ketika Anda melakukan kesepakatan jual beli barang tertentu. Adanya surat perjanjian dapat mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi banyak kerugian.

4. Penyelesaian Perselisihan

Jika sebuah perjanjian sudah terlanjur menimbulkan perkara, adanya surat resmi bisa menjadi acuan penyelesaian perkara tersebut.

Konsekuensi umumnya terpampang jelas bagi pihak yang melanggar dalam surat perjanjian. Misalnya ketika terjadi perselisihan dalam bisnis seperti akun jual beli gojek.

Tidak sedikit orang yang membuat surat perjanjian dalam melakukan berbagai kesepakatan. Hal tersebut karena beberapa fungsi penting yang dimiliki surat tersebut yang sangat membantu dalam urusan bisnis atau keluarga.

Cara Menuliskan Surat Perjanjian

Cara-Menuliskan-Surat-Perjanjian

Sebelum menuliskan sebuah surat perjanjian, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar surat tersebut dianggap sah dan legal. Jangan sampai ada yang terlewati karena dapat menghambat pihak yang ingin menuntut serius ketika terjadi pelanggaran kesepakatan.

Berikut syarat-syarat agar sebuah surat perjanjian dapat dianggap sah di mata hukum :

1. Menggunakan Kertas Segel

Keabsahan dan legalitas suatu surat perjanjian diantaranya harus ditulis di atas kertas segel atau lebih murah dengan kertas biasa yang diberi materai.

2. Tanpa Paksaan

Surat perjanjian yang dibuat kedua belah pihak harus didasari rasa rela dan tanpa paksaan dari siapapun.

3. Memahami Isi

Kedua belah pihak yang melakukan kesepakatan harus benar-benar memahami isi surat perjanjian yang dibuat. Misalnya dalam surat perjanjian pra nikah, kedua pihak baik suami dan istri harus benar-benar memahaminya.

4. Dibuat dalam Keadaan Sadar

Surat perjanjian harus dibuat oleh pihak-pihak yang sudah dewasa dan dalam kesadaran penuh. Tidak boleh ada manipulasi dari pihak manapun.

5. Rinci

Isi dari surat perjanjian harus jelas dan terperinci, tidak boleh setengah-setengah dalam menjabarkan kesepakatan yang dibuat.

6. Tunduk pada Aturan

Isi dari surat perjanjian harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tidak boleh menyeleweng dan diluar norma-norma susila yang berlaku di masyarakat.

Beberapa syarat di atas harus terpenuhi sebelum membuat surat perjanjian. Tentunya, keseluruhan syarat tersebut bermanfaat dalam legalitas kesepakatan yang dibuat. Jika surat perjanjian bersifat ilegal, surat tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Penulisan Surat Penawaran yang Benar

Hal-hal yang Harus Ada dalam Surat Perjanjian

Hal-hal-yang-Harus-Ada-dalam-Surat-Perjanjian

Surat perjanjian memiliki ciri khasnya tersendiri dibanding jenis surat lainnya. Beberapa hal harus ada dalam surat perjanjian dan tidak terdapat di jenis surat lain. Sebelum membuat sebuah surat perjanjian, perhatikan elemen-elemen yang harus ada sebagai berikut :

1. Isi

Isi dari surat perjanjian pasti berdasarkan hukum perundang-undangan, norma susila, dan sifatnya mengikat terhadap kepentingan umum. Hal tersebut agar ketertiban hukum tetap berjalan dan meminimalisir perselisihan.

2. Objek

Objek dalam surat perjanjian tidak boleh samar, melainkan harus jelas.

3. Identitas

Pihak-pihak yang terkait dalam kesepakatan harus ditulis dengan jelas identitasnya. Selengkap mungkin dan datanya valid. Misalnya ketika membuat surat damai suami istri.

4. Saksi

Menghadirkan saksi-saksi yang sah untuk menyaksikan dan menandatangani kesepakatan di surat perjanjian. Saksi yang dihadirkan harus memenuhi syarat, yaitu usianya minimal 15 tahun, dalam keadaan waras, dan bukan seorang tahanan pelanggaran hukum.

5. Tanda Tangan

Kedua belah pihak yang bersepakat harus memberikan tanda tangan dan nama terang dalam surat perjanjian.

6. Terdapat Pasal-pasal

Surat perjanjian yang legal adalah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Maka, tak heran di dalamnya terdapat pasal-pasal yang perlu dipahami kedua pihak.

7. Mekanisme Penyelesaian Sengketa

Sebuah surat perjanjian harus meliputi mekanisme penyelesaian sengketa didalamnya. Hal tersebut menjadi keharusan karena di masa yang akan datang, konflik mungkin terjadi antara dua pihak yang bersepakat.

8. Retical

Surat perjanjian harus terdapat latar belakang atau retical kesepakatan yang jelas di dalamnya.

Beberapa hal-hal di atas memang harus ada dalam proses pembuatan surat perjanjian. Oleh karena itu, membedakan surat perjanjian dengan surat lainnya pada dasarnya bukanlah hal yang sulit. Surat ini memang memiliki karakter khusus yang mungkin Anda tidak mendapatinya dalam jenis surat lain.

Kumpulan Contoh Surat Perjanjian 

Kumpulan-Contoh-Surat-Perjanjian

Jika Anda sudah dapat memahami pengertian surat perjanjian dan karakteristiknya maka selanjutnya adalah memahami contoh-contoh surat perjanjian. Hal ini sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda hendak melakukan kesepakatan di berbagai bidang, baik bisnis maupun kepentingan keluarga.

Pahamilah contoh surat perjanjian yang benar di bawah ini dengan seksama.

1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA USAHA

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap                         : Yustiadi Darmawan

Tempat, Tanggal Lahir              : Bogor, 28 Juli 1994

Alamat                                     : Jl. Limus Km. 18 Limusnunggal, Bogor

No. KTP                                   : 32007745633779887

Yang mana selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama

Nama Lengkap                         : Ibnu Hadi

Tempat, Tanggal Lahir              : Jakarta, 17 Januari 1993

Alamat                                     : Jl. Bojong Km. 88 Gunungputri, Bogor

No. KTP                                   : 4332299008877643

Selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Kedua

Kedua belah pihak tersebut telah setuju untuk mengadakan kerjasama usaha dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat, yaitu :

PASAL I

Dalam usaha ini, Pihak Pertama akan menanamkan sejumlah modal kepada Pihak Kedua sebesar Rp 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) yang diperuntukkan sebagai modal usaha kuliner yang akan dilakukan oleh Pihak Kedua.

PASAL II

Pihak Kedua akan memberikan sejumlah laba kepada Pihak Pertama sebesar 3% dari hasil penjualan setiap tahunnya. Pihak Kedua akan mengembalikan modal dari Pihak Pertama maksimal 3 (tiga) tahun pasca penandatanganan surat perjanjian ini.

PASAL III

Kedua belah pihak akan saling bekerjasama untuk melakukan promosi produk dari usaha Pihak Kedua.

PASAL IV

Apabila terjadi kerugian maka akan menjadi tanggung jawab kedua belah pihak yang berkerjasama.

PASAL V

Jika perselisihan terjadi di masa mendatang terkait kesepakatan ini maka penyelesaian secara kekeluargaan akan diutamakan. Namun, bila tidak menemui solusi, jalur hukum akan ditempuh.

Demikian surat perjanjian ini kami buat sebenar-benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan pihak manapun. Surat ini dibuat dua rangkap dan memiliki kekuatan hukum yang sama tanpa memihak.

Bogor, 4 Juni 2020

Pihak Pertama,                                                                                         Pihak Kedua,

(materai)                                                                                                      (materai)

Yustiadi Darmawan                                                                                    Ibnu Hadi

2. Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

SURAT PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

 

Nama                                       : Nanda Muhidin

NIK                                          : 3224887898809987

Pekerjaan                                 : Pegawai Swasta

Alamat                                     : Jl. Amerta Km.44, Bogor

Yang mana dalam surat ini disebut sebagai Pihak Pertama

Nama                                       : Lutfi Imamudin

NIK                                          : 3554668876645667

Pekerjaan                                 : Pegawai Swasta

Alamat                                     : Jl. Cakung Km 33, Jakarta Timur

Selanjutnya dalam kesepakatan ini disebut sebagai Pihak Kedua

Surat perjanjian ini berisi ketentuan-ketentuan yang telah dibuat dan harus dipatuhi kedua belah pihak, yaitu sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama telah menerima uang sejumlah Rp 44.000.000 (empat puluh empat juta rupiah) dari Pihak Kedua, yang mana sejumlah uang tersebut berstatus pinjaman atau hutang.
  2. Pihak Pertama bersedia memberikan jaminan berupa sertifikat rumah kepada Pihak Kedua.
  3. Pihak Pertama menyanggupi untuk melunasi hutang tersebut dalam jangka waktu 18 bulan pasca ditanda tanganinya kesepakatan ini.
  4. Jika Pihak Pertama tidak melunasi hutang pada tenggat waktu yang ditentukan maka Pihak Kedua memiliki hak atas jaminan.

Surat perjanjian ini dibuat tanpa paksaan dan kedua belah pihak bersepakat dalam kesadaran yang penuh.

Jakarta, 3 Mei 2020

Pihak Pertama,                                                                                                                   Pihak Kedua

(materai)                                                                                                                                (materai)

Nanda Muhidin                                                                                                                 Lutfi Imamudin

3. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

 

Saya yang bertanda tangan dalam surat perjanjian berikut ini :

Pihak Penjual

Nama Lengkap                         : Aryadi Historo

Tempat, Tanggal Lahir              : Jakarta, 17 April 1980

Alamat                                     : Jl. Cibubur Km.18, Jakarta Timur

Pekerjaan                                 : Pegawai Swasta

 

Pihak Pembeli

Nama Lengkap                         : Prasetya  Wijaya

Tempat, Tanggal Lahir              : Solo, 14 Mei 1977

Alamat                                      : Jl. Pakansari Km.41, Cibinong Bogor

Pekerjaan                                : Pegawai Swasta

Kedua belah pihak sudah melakukan kesepakatan jual beli tanah seluas 610 m2  atas nama Aryadi Historo. Tanah tersebut berbatasan dengan sejumlah pihak, antara lain :

  1. Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik Ibu Handayani Kirana.
  2. Sebelah barat berbatasan dengan tanah milik SMP PGRI PELITA 02.
  3. Sebelah timur dan selatan berbatasan dengan tanah milik PT Cipta Mandiri Perkasa.
  4. Kesepakatan jual beli ini dapat dilakukan dengan pasal-pasal yang berlaku, yaitu :

Pasal I

Pihak Penjual menjamin tanah tersebut adalah miliknya secara pribadi, bukan atas nama orang lain dan tidak sedang disewa pihak manapun.

Pasal II

Kedua belah pihak melakukan transaksi jual beli tanah secara tunai tanpa perantara senilai Rp 670.000.000 (enam ratus tujuh puluh juta rupiah).

Pasal III

Sertifikat tanah akan diserahkan kepada Pihak Pembeli pada tanggal 18 April 2019.

Pasal IV

Biaya pengalihan ditanggung oleh Pihak Pembeli.

Pasal V

Jika terjadi pengalihan hak atas jual beli tanah maka Pihak Pembeli wajib membayarkan pajaknya.

Pasal VI

Hal-hal yang belum tercantum dalam surat perjanjian ini, akan dibahas secara kekeluargaan dan mengutamakan musyawarah.

Pasal VII

Jika terjadi perselisihan paham dari kesepakatan tersebut maka akan diselesaikan dengan jalur hukum.

 

Demikian surat perjanjian ini dibuat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak secara rela dan dalam keadaan sadar.

Jakarta, 16 April 2019

 

Pihak Penjual                                                                                          Pihak Pembeli

(materai)                                                                                                    (materai)

Aryadi Historo                                                                                       Prasetya Wijaya

4. Contoh Surat Perjanjian Kerja

SURAT PERJANJIAN KERJA

 

Nama Lengkap                                     : Muhammad Adnan

Alamat                                                  : Perum Cileungsi Asri Blok 14B, Bogor

Jabatan                                                : Kepala Divisi HR PT Mega Asri Makmur

Dalam surat ini, bertindak untuk :

Nama Perusahaan                               : PT Mega Asri Makmur

Alamat                                                  : Kawasan Industri Cileungsi Permai No 128B, Bogor

Yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

 

Nama Lengkap                                     : Elsa Alsyira

Tempat, Tanggal Lahir                          : Cianjur, 14 April 1995

Alamat                                                  : Jl. Bojong Raya Km.16, Gunung Putri, Bogor

Yang mana dalam surat ini bertindak atas nama sendiri dan disebut sebagai Pihak Kedua

 

Kedua belah pihak telah sepakat membuat surat surat perjanjian kerja, dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak Pertama telah menerima Pihak Kedua sebagai pekerja di PT Mega Asri Makmur yang beralamat di Kawasan Industri Cileungsi Permai No  128B, Bogor. Pihak Kedua menerima jabatan sebagai Staff Accounting.

Pasal 2

Pihak Kedua bersedia menjalani masa training selama 3 bulan, terhitung semenjak diterimanya pada posisi tersebut, yaitu sejak tanggal 11 Januari 2019. Pihak Kedua akan menerima gaji setiap tanggal 25 per bulannya.

Besaran gaji yang diberikan adalah Rp 3.600.000 (tiga juta enam ratus ribu rupiah) dengan waktu kerja non-shift 8 jam sehari.

Pasal 3

Apabila terjadi selisih paham antar kedua pihak maka akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Dan apabila tidak ditemui titik terang, akan ditempuh jalur hukum.

Kesepakatan kerja ini dibuat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak di atas materai dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

Bogor,  11 Januari 2019

Pihak Pertama                                                                                                      Pihak Kedua

(materai)                                                                                                                 (materai)

HRD PT Mega Makmur Asri                                                                               (Elsa Alsyira)

5. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap                                     : Sari Riasita

Tempat, Tanggal Lahir                          : Sidoarjo, 15 Desember 1991

Pekerjaan                                            : Guru

Alamat                                                 : Jl. Gandasria Km.88, Bandung

No. KTP                                               : 3211156447789005

Dalam surat ini bertindak atas nama sendiri yang mana nantinya disebut sebagai Pihak Pertama/Pemilik

Nama Lengkap                                     : Elisia Novatri

Tempat, Tanggal Lahir                          : Tangerang, 17 November 1990

Pekerjaan                                             : Pegawai Swasta

Alamat                                                 : Jl. Leci Km.14 Bojong Gunung Putri

No. KTP                                                : 345563113567776

Dalam surat ini selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua/penyewa

Pasal 1

Pihak Pertama mengontrakkan sebuah rumah kepada pihak kedua yang beralamat di Jl. Kuningan Bojong Gunung putri No 334. Terhitung mulai tanggal 13 April 2017 sampai dengan 13 April 2018.

Pihak Kedua telah membayar secara tunai kepada Pihak Pertama sebesar Rp 13.000.000 (tiga belas juta rupiah) untuk masa kontrak 1 tahun.

Pasal 2

Pihak Kedua berkewajiban merawat bangunan rumah sebaik mungkin. Segala bentuk kerusakan pada konstruksi bangunan selama masa kontrak ini ditanggung oleh Pihak Kedua untuk memperbaikinya dengan biaya sepenuhnya dari Pihak Kedua.

Pasal 3

Selama masa sewa rumah, kewajiban pembiayaan rutin rumah menjadi kewajiban pihak kedua. Seperti biaya kebersihan, keamanan, listrik, dan sebagainya.

Pasal 4

Apabila kewajiban seperti yang disebutkan dalam pasal 3 diabaikan oleh Pihak Kedua yang berakibat pada pencabutan fasilitas yang ada, Pihak Kedua harus memulihkannya seperti sedia kala paling lambat 1 bulan sebelum masa sewa berakhir.

Pasal 5

Pihak Kedua tidak diperkenankan menyewakan ke pihak lain atau melakukan perubahan pada bangunan rumah, kecuali mendapat izin dari Pihak Pertama.

Pasal 6

Pihak Kedua bersedia menggunan bangunan rumah tersebut sebagai mestinya dan tidak melakukan kegiatan pelanggaran hukum/bertentangan dengan agama selama tinggal di rumah tersebut.

Pasal 7

Apabila terjadi perselisihan paham yang terjadi antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua atas kesepakatan ini, akan mengutamakan penyelesaian secara kekeluargaan. Jika tidak menemukan solusi atas perselisihan, maka akan memilih jalur hukum.

Gunung Putri, 11 April 2017

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                              (materai)

Sari Riasita                                                                                                        Elisia Novatri

6. Contoh Surat Perjanjian Peminjaman Uang

SURAT PERJANJIAN PINJAM UANG

 

Pada hari ini, Kamis 14 Agustus 2018, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                   : Salim Budiarto Singgih

NIK                                                      : 3255669988765657

Pekerjaan                                            : Pegawai Swasta

Alamat                                                 : Jl. Petampura, Km.43, Bandung Barat

Selanjutnya di surat ini disebut sebagai Pihak Pertama/Peminjam

Nama                                                   : Rudiawan Yanianto

NIK                                                      : 4457688654667765

Pekerjaan                                            : Wiraswasta

Alamat                                                 : Jl. Ciandeuy, Km.66, Bandung Barat

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua/Pemberi Pinjaman

Melalui surat perjanjian ini, kedua belah pihak telah menyepakati transaksi hutang piutang dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama telah menerima uang tunai sejumlah Rp 37.000.000 (tiga puluh tujuh juta rupiah) dari Pihak Kedua sebagai bentuk hutang atau pinjaman.
  2. Pihak Pertama bersedia menyerahkan barang berupa BPKB mobil Honda Brio sebagai jaminan atas hutang yang diberikan.
  3. Pihak Pertama bersedia melakukan pelunasan hutang dalam waktu maksimal 8 bulan, terhitung mulai ditanda tanganinya surat perjanjian ini.
  4. Jika dalam waktu 6 bulan Pihak Pertama tidak bisa melunasi sejumlah hutang yang diberikan maka Pihak Kedua memiliki hak penuh atas surat jaminan yang diberikan untuk dijual atau dimiliki secara pribadi.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani oleh Pihak Pertama selaku peminjam dan Pihak Kedua sebagai pemberi pinjaman. Kedua pihak menyepakati perjanjian ini tanpa paksaan pihak manapun sebelumnya.

Bandung, 14 Agustus 2018

Pihak Pertama                                                                                           Pihak Kedua

(materai)                                                                                                       (materai)

Salim Budiarto                                                                                      Rudiawan Yanianto

7. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Evilia Sarahlia

Alamat                                     : Jl. Imamadi, Km.34, Cijantung, Jakarta Timur

Nomor KTP                              : 3577766994488776

Yang nantinya dalam kesepakatan ini disebut sebagai Pihak Pertama/Penjual

Nama                                       : Windi Kiswanti

Alamat                                     : Jl. Mabes Hankam, Km. 55, Pasar Rebo, Jakarta Timur

Nomor KTP                              : 3667785676434545

Yang selanjutnya dalam surat ini disebut sebagai Pihak Kedua/Pembeli

Dalam surat perjanjian ini, kedua belah pihak telah setuju mengadakan transaksi jual beli mobil dengan ketentuan dan aturan sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama akan menjual sebuah mobil kepada Pihak Kedua, yaitu mobil Mitsubishi Xpander keluaran 2018 atas nama pribadi Pihak Pertama. Pihak Kedua sudah mengetahui secara mendalam kondisi keseluruhan mobil yang akan dijual oleh Pihak Pertama.

Spesifikasi mobil :

Atas Nama                               : Evilia Sarahlia

Merk Mobil                                : Mitsubishi Xpander

Warna                                      : Deep Bronze

Nomor Rangka                         : 564554564445

Tahun                                      : 2018

CC Motor                                  : 1500 cc

No. Polisi                                  : B 451 GHJ

No. BPKB                                 : 355566744345

  1. Pihak Kedua telah setuju untuk membeli mobil Mitsubishi Xpander dari Pihak Pertama sejumlah Rp 167.000.000 (seratus enam puluh tujuh juta rupiah)
  2. Pihak Kedua bersedia membayar keseluruhan harga secara tunai pada saat serah terima mobil beserta kelengkapan surat kendaraan.
  3. Apabila terjadi perselisihan paham di kemudian hari atas perjanjian transaksi jual beli mobil ini maka akan diselesaikan dengan mengutamakan musyawarah untuk mufakat. Namun, jika tidak menemui jalan keluar maka akan menggunakan jalur hukum yang berlaku.

Kesepakatan transaksi jual beli mobil ini disetujui dan ditanda tangani oleh masing-masing pihak tanpa paksaan siapapun.

Jakarta, 27 Februari 2020

Pihak Pertama                                                                                                     Pihak Kedua

(materai)                                                                                                               (materai)

Evilia Sarahlia                                                                                                   Windi Kiswanti

8. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja 

SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA

 

Pada hari ini (Senin, 18 Oktober 2019), diberlakukannya kesepakatan kedua belah pihak dengan data sebagai berikut :

Nama                                       : Apriadi  Yustanto

Jabatan                                    : Kepala Bagian Warehouse

Alamat                                      : Jl. Sarimuti Km.18, Ciomas, Bogor

Sebagai pihak pertama dari PT Agritirta Kencana, dan

Nama                                       : Gisella Hastari

Tempat/Tanggal Lahir               : 17 Juni 1994

Nomor KTP                               : 35466654876726356

Jabatan                                    : Staff Administrasi Warehouse

Alamat                                      : Jl. Selayangpadang Km.4, Cibinong, Bogor

Dalam surat ini dinyatakan sebagai pihak kedua yang telah menyepakati keterikatan perjanjian kontrak kerja dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

Pasal I

Pihak Pertama memiliki wewenang menentukan kebijakan dalam sistem kerja, termasuk memutuskan atau melanjutkan hubungan kerja dengan Pihak Kedua.

Pasal II

Pihak Kedua wajib mematuhi segala ketentuan yang berlaku dan telah ditetapkan oleh Pihak Pertama.

Pasal III

Kesepakatan kontrak kerja ini mulai berlaku sejak diterimanya Pihak Kedua sebagai pekerja di PT Agritirta Kencana, yaitu pada tanggal 18 Oktober 2019 sampai 18 April 2021.

Pasal IV

Pihak Kedua wajib melaksanakan semua pekerjaan sesuai dengan jobdesk dengan jam kerja 6 hari (Senin s/d Sabtu) 8 jam kerja. Upah yang akan diberikan kepada Pihak Kedua adalah sejumlah Rp 4.200.000 (empat juta dua ratus ribu rupiah).

Cibinong, 18 Oktober 2019

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                           (materai)

Apriadi  Yustanto                                                                                              Gisella Hastari

9. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang 

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA DAGANG

 

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Dwiki Saputra

Alamat                                     : Jl. Muara No.453, Tangerang Selatan

Dalam surat ini nantinya dinyatakan sebagai Pihak Pertama

 

Nama                                       : Akbar Garda Aji

Alamat                                      : Jl. Serdadu No.565, Tangerang Selatan

Dalam surat ini selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

 

Untuk selanjutnya antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua membuat kesepakatan kerjasama bisnis dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama bertindak sebagai konsinyor (pemilik barang) yang menitipkan sejumlah produk kepada Pihak Kedua. Dari hasil omzet penjualan produk titipan tersebut, Pihak Kedua akan mendapatkan 15% keuntungan.
  2. Pihak Pertama menitipkan produknya maksimal sebesar 150 item untuk setiap desain kepada Pihak Kedua.
  3. Distribusi produk untuk area Tangerang Selatan diatur oleh Pihak Kedua.
  4. Promosi produk dilakukan oleh kedua belah pihak secara online maupun offline.
  5. Pihak Kedua membuat laporan hasil penjualan produk kepada Pihak Pertama rutin setiap bulan. Laporan disertai penyerahan laba 85% dari hasil penjualan produk Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.

 

Demikian surat perjanjian kerjasama dagang ini dibuat untuk menjadi pengikat perihal bisnis yang kami jalankan. Segala hal yang belum tercantum dalam surat ini, akan dibicarakan secara musyawarah dan kekeluargaan.

Kesepakatan ini dibuat berdasarkan kesadaran penuh kedua belah pihak dan tanpa paksaan sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

 

Tangerang Selain, 27 Juli 2018

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                           (materai)

Dwiki Saputra                                                                                                   Akbar Garda Aji

10. Contoh Surat Perjanjian Sekolah 

SURAT PERJANJIAN SISWA

Saya, yang bertanda tangan dalam surat ini :

Nama                                       : Cahyo Wibowo Aji

Tempat, Tanggal Lahir              : Jakarta, 15 Desember 2002

Kelas                                        : VII B

Nomor Induk                            : 453234223221

 

Saya berjanji bahwa tidak akan membawa HP ke sekolah karena hal tersebut melanggar tata tertib di SMP PGRI Citayam 01. Apabila Saya tertangkap membawa HP ke sekolah maka HP Saya akan diambil pihak sekolah dan baru dikembalikan menjelang kelulusan.

Surat perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani tanpa ada paksaan siapapun, melainkan atas suka rela kedua belah pihak.

 

Jakarta, 17 Maret 2017

 

Orang Tua,                                                                                                               Tertanda,

 

(Sukmawati)                                                                                                      (Cahyo Wibowo Aji)

11. Contoh Surat Perjanjian Kontrak

SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Rafli Wijaya Kusuma

Alamat                                      : Jl. Industri Baru No.77, Bekasi

Dalam hal ini selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

Nama                                       : Abdul Azis Widayanto

Alamat                                      : Jl. Halim No. 66, Tangerang

Nantinya dalam surat ini disebut sebagai Pihak Kedua

 

Kedua belah pihak dengan ini menyatakan kontrak kerjasama pengembangan web perusahaan dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat sebagai berikut :

Pasal 1

Jobdesk

Ruang lingkup pekerjaan sesuai dengan permintaan Pihak Kedua sebagai client, yaitu :

  1. Desain website meliputi Html, Css, Javascript, Jquery, ReactJS, dan NodeJS.
  2. Web kompatibel untuk berbagai platform.
  3. Pengembangan website meliputi pembuatan database dengan PHP dan tampilan UI/UX pada website.
  4. Pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan web development.

Pasal 2

Nilai Perjanjian Kontrak

Atas jobdesk web development tersebut, Pihak Pertama berhak mendapat upah yang telah disepakati bersama Pihak Kedua, yaitu sebesar Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).

Pasal 3

Pembayaran

  1. Pada saat kesepakatan ini ditanda tangani, Pihak Kedua wajib melakukan 60% pembayaran dari nominal yang disepakati.
  2. Sisa pembayaran dilakukan setelah website perusahaan dirampungkan oleh Pihak Pertama.
  3. Jika Pihak Kedua membatalkan pemesanan website maka tidak ada kewajiban bagi Pihak Pertama untuk mengembalikan DP.

Pasal 4

Waktu Pengerjaan

  1. Waktu pengerjaan website dimulai sejak ditanda tanganinya surat perjanjian ini oleh kedua belah pihak.
  2. Durasi pengerjaan website oleh Pihak Pertama adalah maksimal 6 bulan terhitung disepakatinya kontrak kerja ini.
  3. Waktu pengerjaan bisa sewaktu-waktu berubah apabila Pihak Kedua tidak tepat waktu memberikan data-data yang dibutuhkan.

Sekian surat perjanjian kontrak kerja ini dibuat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak tanpa ada paksaan dari pihak manapun

 

Jakarta, 15 Februari 2019

Pihak Pertama                                                                                      Pihak Kedua

(materai)                                                                                               (materai)

Rafli Wijaya Kusuma                                                                             Abdul Azis Widayanto

12. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA INVESTASI

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Hamdan Syahreza

Jabatan                                    : Pemilik Usaha Zalina Fashion (Peminjam Dana)

Yang mana selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

 

Nama                                       : Asraf Gunawan

Jabatan                                    : Pemberi Dana

Yang selanjutnya dalam surat ini disebut sebagai Pihak Kedua

 

Untuk selanjutnya kedua belah pihak setuju mengadakan kerjasama dalam bisnis Zalina Fashion dengan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak Kedua memberikan pinjaman dana kepada Pihak Pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis Zalina Fashion guna memenuhi permintaan pelanggan.

Pasal 2

Nilai investasi setelah melalui kesepakatan masing-masing pihak adalah sebesar Rp 35.000.000 (tiga puluh lima juta rupiah).

Pasal 3

Pihak Pertama wajib menyerahkan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang terperinci kepada Pihak Kedua.

Pasal 4

Apabila terjadi kerugian dalam pengembangan usaha Zalina Fashion maka Pihak Pertama yang akan menanggung kerugian tersebut. Kemudian Pihak Pertama wajib mengembalikan pinjaman dana sesuai yang diberikan selambat-lambatnya dalam waktu 6 bulan.

 

Surat perjanjian kerjasama investasi ini dibuat dan ditanda tangani kedua belah pihak dalam keadaan sadar dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

Yogyakarta, 17 Juni 2018

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                           (materai)

Hamdan Syahreza                                                                                            Asraf Gunawan

13. Contoh Surat Perjanjian Suami Istri

SURAT PERJANJIAN SUAMI ISTRI

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Pihak Pertama (Suami)

Nama Lengkap                                     : Ardiansyah Ibrahim

Usia                                                     : 37 tahun

Pekerjaan                                             : Pegawai Swasta

Alamat                                                  : Jl Serdadu Km. 16 No. 33, Tangerang Selatan

 

Pihak Kedua (Istri)

Nama Lengkap                                     : Novi Julianti

Usia                                                     : 35 tahun

Pekerjaan                                            : Ibu Rumah Tangga

Alamat                                                  : Jl Serdadu Km. 16 No. 33, Tangerang Selatan

 

Sehubungan dengan telah terjadinya selisih paham pada beberapa waktu yang lalu, maka pada hari ini (15 April 2019), kami setuju untuk berdamai. Hal ini sesuai dengan hasil kesepakatan sebagai berikut :

Pihak Pertama (suami) terhadap istri

  1. Tidak mengulangi perbuatan tercela yang dapat menyakiti hati istri, seperti mengeluarkan kata kasar, mencela, dan memukul.
  2. Dapat berbuat adil di dalam rumah tangga agar tercipta keluarga yang harmonis.

Pihak Kedua (istri) terhadap suami

  1. Bersikap jujur, bijaksana, dan sopan dalam mengurus kehidupan rumah tangga.
  2. Memberitahu suami apabila terjadi hal-hal yang dapat merusak keutuhan rumah tangga.

 

Surat perjanjian suami istri ini kami buat dan ditandatangani berdasarkan kesadaran penuh kedua belah pihak yang ingin berdamai.

 

Tangerang, 15 April 2019

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                           (materai)

Ardiansyah Ibrahim                                                                                           Novi Julianti

14. Contoh Surat Perjanjian Adopsi Anak

SURAT PERJANJIAN ADOPSI ANAK

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Suami                                         : Soleh Firdaus

Tempat, Tanggal Lahir                          : Cibinong, 23 April 1990

Nama Istri                                             : Sri Retnowati

Tempat, Tanggal Lahir                          : Ciampea, 14 Februari 1991

Alamat                                                  : Perum. Cibinong Lestari Blok H11, No.31, Bogor

Dalam surat ini dinyatakan sebagai sepasang suami istri yang dengan rela dan ikhlas tanpa paksaan dari pihak manapun untuk menyerahkan bayi yang telah lahir hasil pernikahan Kami kepada pasangan suami istri :

Nama Suami                                         : Aryo Rizki Winata

Tempat, Tanggal Lahir                          : Jakarta, 18 Juli 1992

Nama Istri                                             : Herdinawati Alia

Tempat, Tanggal Lahir                          : Semarang, 19 Maret 1993

Alamat                                                  : Jl. Pasar Rebo Km.33, Jakarta Timur

Untuk dibimbing dan dirawat dengan sepenuh hati sebagai orang tua pengganti yang bertanggung jawab penuh atas kehidupan bayi Kami seumur hidupnya.

Kami dari pihak orang tua kandung bersepakat tidak akan melakukan tuntutan di kemudian hari dalam bentuk apapun kepada kedua orang tua pengganti tersebut.

Demikian surat perjanjian adopsi anak ini dibuat dan ditanda tangani masing-masing pihak dengan sukarela tanpa paksaan apapun.

Jakarta, 10 Juni 2019

Orang Tua Kandung                                                                                         Orang Tua Angkat

 

(Soleh Firdaus)                                                                                                 (Aryo Rizki Winata)

15. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH

Pada hari ini (Jumat 17 Mei 2018), yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Nurul Husnaiyah

Umur                                        : 32 tahun

Pekerjaan                                 : Guru

Alamat                                      : Jl. Alternatif Cibubur Km.17, No.45, Jakarta Timur

Dalam surat ini nantinya disebut sebagai Pihak Pertama (Penjual), setelah melakukan kesepakatan jual beli dengan :

Nama                                       : Sania Intania

Umur                                        : 33 tahun

Pekerjaan                                 : Wiraswasta

Alamat                                     : Jl. Tegar Beriman Km.11, No.34, Cibinong

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua (pembeli), isi kesepakatan tersebut adalah :

  1. Pihak Kedua telah memberikan sejumlah uang sebesar Rp.167.000.000 (seratus enam puluh tujuh juta rupiah) sebagai transaksi jual beli sebidang tanah beserta bangunan yang berdiri di atasnya.
  2. Apabila di masa mendatang terjadi perselisihan atau kesalahpahaman terhadap sebidang tanah dan bangunan rumah tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan.

Demikian kesepakatan transaksi jual ini dibuat dan ditanda tangani kedua belah pihak dengan sukarela tanpa paksaan dari manapun.

 

Cibinong, 17 Mei 2018

 

Pihak Pertama                                                                                                  Pihak Kedua

(materai)                                                                                                           (materai)

(Nurul Husnaiyah)                                                                                             (Sania Intania)

Contoh-contoh surat perjanjian resmi di atas memang penting dipahami agar kesepakatan yang Anda buat memiliki legalitas. Tentunya, hal ini sangat penting dilakukan mengingat setiap kesepakatan berkaitan dengan hak dan kewajiban seseorang bukan?

Baca Juga: Fresh Graduate Harus Tahu! Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *