20+ Contoh Surat Resmi Sekolah, Undangan, Dinas, Perusahaan

20 min read

contoh-surat-resmi

Surat resmi biasanya digunakan pada beberapa situasi dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya surat resmi digunakan pada kepentingan resmi yang berhubungan dengan instansi, perusahaan, atau organisasi tertentu. Oleh karena itu biasanya contoh surat resmi dibutuhkan dalam pembuatannya.

Pada dasarnya setiap surat resmi memiliki struktur yang sama, namun beberapa hal yang membedakan adalah kepentingan dalam pembuatannya. Masing-masing surat resmi pasti memiliki berbagai tujuan pembuatan yang dicantumkan dalam isi surat tersebut. Simak di bawah ini yuk untuk lebih detailnya!

Pengertian Surat Resmi

Pengertian-Surat-Resmi

Surat adalah informasi tertulis yang ditujukan oleh individu maupun lembaga kepada pihak yang lainnya sebagai alat komunikasi. Sedangkan resmi adalah suatu hal yang telah disahkan oleh Pemerintah atau instansi yang telah terdaftar secara resmi.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian surat resmi adalah alat komunikasi tertulis yang digunakan oleh individu, lembaga maupun instansi untuk menyampaikan informasi dengan berbagai tujuan yang disebutkan. Surat resmi ini bersifat formal, sehingga di dalamnya terdapat banyak struktur.

Surat resmi juga berbeda karena di dalamnya menggunakan bahasa Indonesia yang penulisannya harus sesuai eyd dan sesuai kaidah yang benar. Biasanya surat resmi mewakili perorangan atau instansi yang dijadikan sebagai simbol sehingga harus ditulis dengan baik.

Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi

Perbedaan-Surat-Resmi-dan-Tidak-Resmi

Biasanya surat juga dijadikan sebagai bukti fisik atas sebuah kejadian atau informasi tertentu yang berhubungan dengan suatu topik. Perbedaan antara surat resmi dan tidak akan dijelaskan di bawah ini.

1. Bahasa yang digunakan

Hal utama yang membedakan antara surat resmi dan surat tidak resmi terletak pada bahasa yang digunakan beserta sebutannya. Jika surat resmi ditulis dengan bahasa Indonesia baku, maka surat tidak resmi menggunakan bahasa santai.
Surat resmi menggunakan bahasa yang baku dan formal untuk menyampaikan segala hal yang berhubungan dengan penerima surat. Informasi yang disebutkan juga disertakan dengan detail berupa lampiran dan lain sebagainya,.

Sedangkan bahasa yang digunakan pada surat tidak resmi menggunakan bahasa sehari-hari atau bahkan menggunakan bahasa yang santai. Bahasa yang digunakan surat tidak resmi bervariasi, Anda dapat menggunakan bahasa Sunda dan bahasa Bali juga.

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang digunakan juga dilakukan dengan orang asing. Karena itu dibutuhkan kemampuan bahasa Internasional agar dapat menulis contoh surat resmi dalam Bahasa Inggris.

2. Struktur kepenulisan

Perbedaan antara surat resmi dan tidak resmi juga terletak pada struktur kepenulisannya. Surat resmi memiliki struktur seperti kop surat, nomor surat, lampiran, penggunaan salam pembuka, isi, dan penutup dengan bahasa yang baku, dan tanda tangan beserta stempel.

Sedangkan dalam surat tidak resmi langsung to the point atau langsung berisi salam pembuka, isi, dan penutup menggunakan bahasa yang tidak formal. Pada bagian akhirnya juga tidak ada stempel namun hanya nama pengirim saja.
Struktur dan standar penulisan sebuah surat resmi juga tergantung dari instansi atau lembaga masing-masing. Meskipun pada umumnya surat resmi terdiri dari beberapa unsur, namun dalam penulisannya tergantung pada standar dari masing-masing instansi.

Sedangkan struktur penulisan surat tidak resmi terbilang lebih sedikit dan cara penyampaiannya santai dibandingkan surat resmi. Struktur penulisan surat tidak resmi lebih sedikit dibandingkan dengan surat resmi.

3. Ketentuan penulisan

Jika penulisan surat resmi harus disesuaikan dengan peraturan perusahaan atau lembaga, maka surat tidak resmi lebih bebas dan tidak memiliki ketentuan tertentu. Dalam penulisan surat tidak resmi Anda dapat menyampaikan berbagai hal dengan bebas.

Meskipun surat tidak resmi dapat dituliskan dengan bebas, namun bahasa yang digunakan harus tetap santun dan sopan. Dalam surat tidak resmi ini Anda dapat menyampaikan berbagai kabar terbaru untuk keluarga penerima surat.

Contoh surat resmi dan tidak resmi pada dasarnya dapat dibedakan secara mudah dari segi kepenulisannya. Karena perbedaan mencolok yang dapat diketahui adalah dari bahasa yang digunakan serta cara penulisannya.

4. Tujuan dibuatnya surat

Pada dasarnya surat resmi dan surat tidak resmi memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan informasi. Namun perbedaan tujuan dibuatnya surat yang membedakan antara satu dengan yang lain terletak pada kepentingannya.

Karena bersifat formal, surat resmi biasanya berhubungan dengan program, kebijakan, maupun proyek yang dilakukan oleh perusahaan maupun instansi tertentu. Surat resmi juga dapat dibuat berdasarkan kepentingan perorangan berhubungan dengan instansi.

Surat resmi juga dapat dibuat secara individu berhubungan dengan surat lamaran maupun surat pengunduran diri pada sebuah instansi atau perusahaan. Meskipun bersifat resmi namun surat lamaran atau surat pengunduran diri termasuk dalam surat pribadi. hubungan sifat resmi dan surat pribadi karena berhubungan dengan instansi terkait.

Unsur-unsur yang Harus Ada dalam Surat Resmi

Unsur-unsur-yang-Harus-Ada-dalam-Surat-Resmi

Tata penulisan dan bahasa dalam surat resmi berbeda dengan surat tidak resmi. Dalam surat resmi terdapat beberapa struktur dan ketentuan penulisan yang harus ada dalam bagian suratnya. Unsur-unsur yang harus ada pada surat resmi adalah sebagai berikut.

1. Kop surat

Ketika membuka sebuah surat, hal yang pertama dilihat adalah kop surat atau kepala surat. Ketika membuat contoh surat resmi pastikan untuk melampirkan kop surat agar mewakili surat yang Anda buat.

Kop surat dapat disebut sebagai identitas perorangan, lembaga, atau instansi yang membuat surat. Selain sebuah lambang beserta tulisan terkait perorangan maupun lembaga yang membuat surat, terdapat berbagai macam usaha yang dapat dilampirkan.

Seperti nomor izin usaha, bidang kegiatan, dan lain sebagainya sehingga dapat memperjelas sebuah identitas perorangan, lembaga, maupun instansi. Biasanya penulisan kop surat yang benar dituliskan dengan jelas dan singkat.
Kop surat sebagai salah satu unsur utama dalam pembuatan surat resmi ini juga memiliki 3 fungsi utama, yaitu sebagai media promosi perusahaan atau instansi, sebagai alat untuk mengetahui nama serta alamat instansi, dan memberi informasi tentang kegiatan usaha.

2. Nomor surat

Dalam surat resmi pasti terdapat nomor surat yang biasanya terdiri dari nomor, tanggal, dan tahun pembuatan surat resmi tersebut. Nomor surat ini digunakan untuk memudahkan penyimpanan surat dan mempermudah membuat surat selanjutnya.

Dalam sebuah instansi, pembuatan surat resmi telah terstruktur sedemikian rupa sehingga membutuhkan manajemen penyimpanan surat yang bagus sehingga dapat memudahkan dalam pencarian ketika dibutuhkan.

Nomor surat juga harus terdiri dari bulan, tahun, kode tujuan, kode kedudukan, dan nomor yang harus dituliskan berdasarkan cara penulisan nomor surat. Adanya kode tujuan dank ode kedudukan ini berfungsi untuk membedakan antara surat keluar dan undangan.

Perbedaan antara surat undangan dan surat keluar terletak pada kepentingannya. Jika surat undangan identik untuk mengajak anggota atau karyawan untuk datang pada acara tertentu, namun surat keluar digunakan untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Biasanya nomor surat ini diletakkan pada bagian bawah kop surat dan terletak di sebelah kiri. Fungsi adanya nomor surat ini dapat memudahkan pencarian dan penyimpanan administrative ketika dibutuhkan.

Selain itu, adanya nomor surat ini dapat menjadi cara untuk mengelompokkan surat sesuai dengan isi dan tujuan dibuatnya. Nomor surat ini juga digunakan sebagai alat untuk mengatur frekuensi pengiriman surat sehingga tidak terlalu banyak atau sedikit.

3. Tanggal penulisan surat

Biasanya dalam pembuatan surat resmi dibutuhkan persetujuan dari kepala instansi. Sehingga biasanya pada saat diterbitkan membutuhkan waktu untuk tanda tangan dan stempel di atas tanda tangan tersebut.

Oleh karena itu biasanya tanggal penulisan surat dibuat lebih lambat 2 hari agar pada saat sampai kepada penerima, tanggal penerimaan surat sesuai dengan tanggal surat tersebut diterima.

Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan agar pembuatan surat resmi dapat diketahui masa berlakunya. Ketika sebuah surat resmi diterima dengan tanggal yang berbeda, tentu penerima akan mempertanyakan kebenaran dari surat resmi tersebut.
Oleh karena itu tanggal penulisan surat sangat penting jika digunakan untuk penulisan surat resmi. Penulisan tanggal harus dilampirkan pada saat penulisan surat resmi sehingga tergolong dalam komponen yang sangat penting.

4. Lampiran

Dalam surat resmi biasanya dibutuhkan dokumen pendukung yang digunakan untuk memperkuat surat resmi yang dibuat. Oleh karena itu dalam surat resmi biasanya terdapat lampiran untuk mengetahui jumlah dokumen yang dilampirkan dalam sebuah surat resmi.

Biasanya dalam sebuah lampiran hanya dituliskan jumlah per lembar lampiran yang disertakan pada saat pembuatan surat resmi. Jumlah lampiran dalam surat resmi tidak ditentukan, sehingga dapat dilampirkan sesuai kebutuhan.

Adanya lampiran dalam sebuah surat resmi dapat berfungsi sebagai dokumen tambahan atau penunjang isi surat yang telah disampaikan. Adanya lampiran juga dapat diajadikanebagai keterangan lanjut dalam sebuah surat tersebut.

Contohnya seperti surat lamaran kerja yang dibuat oleh instansi yang dituju, biasanya melampirkan curriculum vitae, ijazah, dan sertifikat untuk mendukung surat lamaran yang telah dibuat. Jumlah berkas yang dibawa dituliskan pada lampiran dalam surat resmi.

5. Perihal

Dalam setiap isi surat pasti dapat dikategorikan dalam berbagai jenis berdasarkan tujuan pembuatan surat. Perihal ini terletak di bagian atas surat, sehingga dapat diketahui lebih awal tujuan dibuatnya surat resmi tersebut.

Penerima surat akan lebih mudah mengetahui tujuan meskipun belum membaca keseluruhan surat resmi yang telah dibuat. Adanya perihal ini dapat memudahkan penerima pesan untuk memilih surat yang diprioritaskan.

6. Alamat tujuan

Mengirimkan surat harus disertai dengan alamat tujuan agar surat resmi yang dibuat dapat segera dikirimkan. Adanya alamat tujuan ini dapat membantu memperjelas surat resmi yang telah dibuat diberikan pada penerima secara khusus.

7. Salam pembuka

Setelah 6 bagian yang harus dicantumkan di atas, hal selanjutnya yang harus ada dalam sebuah surat resmi adalah salam pembuka. Sebelum menyampaikan isi serta tujuan surat yang ingin disampaikan, diperlukan ucapan salam pembuka di bagian awalnya.

Salam pembuka pada surat resmi biasanya mengucapkan selamat atau mengucapkan doa bagi sesama umat Islam. Namun untuk menggeneralisir semua agama, alangkah baiknya mengucapkan selamat saja atau menggunakan keduanya.

8. Isi surat

Setelah mengucapkan salam pembuka, isi surat harus dituliskan dengan singkat, padat, dan jelas berhubungan dengan tujuan dibuatnya surat. Hal-hal yang terlampir atau yang akan dibicarakan lebih lanjut dapat dilakukan dengan pertemuan.

Selain itu Anda juga dapat menjelaskan hal-hal penting berhubungan dengan keterangan yang disampaikan melalui dokumen pada lampiran. Dalam hal ini Anda menuliskan poin-poin penting pada isi surat saja.

Dalam bagian isi ini juga terdapat struktur penulisan yang terdiri dari 3 paragraf penting, yaitu pembuka, isi, dan penutup surat. Sehingga dalam sebuah isi surat ini harus memiliki poin penting pada bagian isinya.

9. Salam penutup

Setelah menuliskan bagian isi, tuliskan salam penutup sebagai akhir dari sebuah surat resmi. Hal ini dilakukan agar memberikan kesan sopan dan santun karena pada bagian awal ditulis dengan salam pembuka, maka selanjutnya diakhiri dengan salam penutup.

10. Tanda tangan dan nama penanggung jawab

Setelah salam penutup tuliskan tempat ditulisnya surat tersebut kemudian di bawahnya tuliskan tanda tangan dan nama penanggung jawab atau pengirim. Adanya tanda tangan beserta nama ini harus ada dalam surat resmi karena bersifat formal.

Selain itu, letakkan stempel pada bagian tanda tangan penanggung jawab. Hal ini dilakukan agar menambah validitas surat resmi yang Anda kirim tersebut. Adanya tanda tangan beserta stempel ini bersifat wajib untuk kebenaran surat resmi yang dikirimkan.

11. Tembusan

Tembusan merupakan salah satu unsur dalam sebuah surat resmi yang tidak wajib ada karena tergantung kebutuhan. Adanya tembusan ini dapat digunakan oleh perusahaan, instansi, atau perorangan tertentu yang membutuhkan izin dari pihak berwenang.

Namun biasanya tembusan ini digunakan oleh beberapa pihak sebagai alat untuk mengetahui isi dari surat resmi yang dibuat. Adanya tembusan ini juga dapat menjadi bukti atas sebuah tindakan atau tujuan tertentu dalam isi surat yang dibuat.

Kumpulan Contoh Surat Resmi

Kumpulan-Contoh-Surat-Resmi

1. Contoh Surat Resmi Sekolah

Contoh 1

SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO
Jl. LOWOKWARU No. 17 KOTA PROBOLINGGO
No. Telp (0335) 042345

Probolinggo, 18 Mei 2020

No : 035/SMAN 2 Probolinggo/18/2020
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Kepada Yth.
Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 2
Probolinggo

Dengan hormat,
Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan para siswa dan siswi SMAN 2 Probolinggo khususnya kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Maka dengan surat resmi ini, kami selaku pihak pendidikan sekolah, bermaksud untuk melaksanakan bimbingan belajar bagi siswa siswa kelas XII di wilayah sekolah setiap 3 kali dalam waktu 1 minggu. Untuk guru yang bertugas dapat diketahui berdasarkan jadwal yang telah diberikan.

Untuk membahas pelaksanaan bimbingan belajar tersebut, kami mengharap kehadiran Bapak / Ibu dalam rapat yang akan diselenggarakan pada :

Hari : Sabtu
Pukul :10.00 WIB
Tempat : Ruang Laboratorium IPA
Acara : rapat wali murid

Demikian surat resmi ini kami beritahukan dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 2 Probolinggo

Ryan Ade Rachman, M.Pd

Contoh 2

SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SURABAYA
Jl. TOYO ARUM No. 23 KOTA SURABAYA
No. Telp (0335) 435672

Surabaya, 19 Juni 2020

No : 015/SDN 2 Surabaya/19062020
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Kepada Yth.
Wali Murid
Kelas V SD Negeri 2
Di
Tempat

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Dengan ini, berhubungan dengan pelaksanaan program pembelajaran berbasis komputer yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2020. Kami mengharap Bapak / Ibu telah mempersiapkan kebutuhan siswa siswi khususnya kelas V SD Negeri 2 untuk memenuhi persyaratan dalam menjalankan program.

Untuk membahas persiapan program pembelajaran komputer tersebut, kami mengharap kehadiran Bapak / Ibu dalam rapat wali murid yang akan diselenggarakan pada :

Hari : Rabu, 21 Juni 2020
Pukul :10.00 WIB
Tempat : Kelas V A
Acara : rapat wali murid persiapan program pembelajaran berbasis komputer

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala SD Negeri 2 Probolinggo

Cindy Bagardini, M.Pd

Contoh 3

SMP NEGERI 7 MALANG
Jl. SUDIRMAN No. 53 Kota Malang
No. Telp (0335) 472145

Malang, 13 Desember 2020

No : 067/13/12/2020
Lampiran : –
Perihal : Rapat Wali Murid

Kepada Yth.
Wali Murid
Kelas VII SMPN 7 Malang
Di
Tempat

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Bersama dengan surat ini kami selaku pihak sekolah mengundang Bapak / Ibu wali murid siswa kelas VII untuk menghadiri Rapat Siswa Baru. Agenda rapat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan, program, serta peraturan sekolah agar dapat disampaikan kepada siswa siswi. Rapat wali murid ini akan diselenggarakan pada :

Hari : Jum’at, 15 Desember 2020
Pukul :13.00 WIB
Tempat : Auditorium
Acara : Rapat wali murid

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala SMP Negeri 7 Malang

Novita Puspitasari, M.Pd

2. Contoh Surat Resmi Undangan

Contoh 1

RUKUN TETANGGA (RT) 02
RUKUN WARGA (RW) 04
DESA SUKOREJO, KECAMATAN WILIS
LUMAJANG
Website : http://desasukorejort2.blogspot.com
Email : desasukorejo24@gmail.com

Lumajang, 07 September 2021

Nomor : 105/0709/2020
Lampiran : –
Perihal : Undangan Musyawarah

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Warga RT 02 RW 04
Di
Tempat

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh, salam sejahtera untuk kita semua..
Bersama dengan surat ini kami mengundang kehadiran Bapak / Ibu dalam rapat rutin yang akan diselenggarakan pada :

Hari : Sabtu, 09 September 2020
Waktu : 19.00 (Ba’da Isya)
Tempat : Balai pertemuan warga
Acara : Musyawarah

Demikian surat ini kami buat, besar harapan kami agar Bapak / Ibu berkenan hadir dan berpartisipasi dalam rapat rutin ini.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hormat Kami,
Sekretaris                                                                                                                                                                                   Ketua RT 02

Irish Bela                                                                                                                                                                                        Sugeng H.

Contoh 2

PT RAYA KARYA TRANSPORT
Jl. Brantas No 53 Surabaya
6553
Telp. (0335) 435786
Fax 022334455
Mobile 085743567432
Website : http://rayakaryatransport.com
Email : rayakarya@gmail.com

Surabaya, 23 Januari 2020

Nomor : 031/RK/I/2020
Lampiran : –
Perihal : Undangan Meeting

Yth.
Ibu Gabriella, Karyawan PT Raya Karya Transport
Di
Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang menghambat keseluruhan aktivitas bisnis perusahaan, maka bersama dengan surat ini kami mengundang seluruh karyawan PT Raya Karya Transport untuk hadir dalam meeting menanggulangi dan mengatasi dampak Covid-19. Rapat ini akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 15 Januari 2020
Waktu : 09.00 WIB
Tempat : Ruang pertemuan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat kepentingan acara tersebut maka dimohon kehadiran tepat pada waktu yang telah disepakati. Atas perhatian dan partisipasi kehadirannya, kami ucapkan terima kasih.

Surabaya, 23 Januari 2020
Hormat Kami,

Manager PT Raya Karya Transport
Laudia Cintya Bella

Contoh 3

PT JAYA MAKMUR ABADI
Jl. Abdul Hamid No. 54 Jember 54321 Jember
Telp. (0335) 675342 Fax. 083256521 Mobile : 082287654390
Website : jayamakmurabadiblogspot.com Email : ptjayaakmurabadi@gmail.com

Jember, 25 Maret 2020

Nomor : 535/UR/25/2020
Lampiran : 1
Perihal : Undangan diskusi

Yth.
Bapak Gibsey, Manager Marketing
Di
Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan dilaksanakannya perubahan pendistribusian produk saat pandemi Covid-19. Maka kami mengundang Bapak selaku Manager PT Jaya Makmur Abadi untuk hadir dalam diskusi yang akan diselenggarakan pada :

Hari/tanggal : Jum’at, 27 Maret 2020
Waktu : 10.00 WIB
Tempat : Ruang rapat

Kami telah melampirkan hasil kesepakatan pendistribusian produk pada rapat terakhir berupa dokumen. Diharapkan inovasi lanjutan terkait pendistribusian produk disampaikan pada saat rapat diskusi.

Demikian surat undangan diskusi ini kami sampaikan, diharapkan Saudara datang tepat waktu dalam pelaksanaan diskusi tersebut. Atas perhatian dan partisipasi kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Jember, 25 Maret 2020
Hormat Kami,

Direktur PT Jaya Makmur Abadi
Leonardo

3. Contoh Surat Resmi Osis

Contoh 1

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 07 MALANG
Jl. Soekarno Hatta No. 78 Malang Telp. (0335) 567437 Email : sma7mlg@gmail.com

Malang, 15 Mei 2021

Nomor : 315/OSIS/15/2020
Lampiran : –
Perihal : pemberitahuan dan permohonan izin

Kepada
Yth. Wali murid SMAN 7 Malang
Di
Tempat

Dengan hormat,
Dengan surat ini, kami selaku Panitia Kegiatan Sosial SMA Negeri 7 Malang bermaksud mengadakan kegiatan sosial untuk masyarakat yang tergolong memiliki perekonomian yang rendah di sekitar lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/ tanggal : Jum’at, 18 Mei 2021
Pukul : 08.00 – selesai
Tempat : Jl. Soekarno Hatta Kota Malang

Kegiatan sosial ini membutuhkan kontribusi dana dengan total sebesar Rp. 10.000.000,- yang diperoleh dari :
1. Kelas X Rp. 3.000.000
2. Kelas XI Rp. 3.000.000
3. Kelas XII Rp. 3.000.000
4. Dana OSIS Rp. 1.000.000

Jumlah total Rp. 10.000.000

Untuk putra / putri wali murid diharapkan dapat mengikuti kegiatan tersebut sebagai salah satu program sosial sekolah. Demi kelancaran kegiatan sosial ini kami mohon partisipasi Bapak / Ibu untuk menyumbangkan dana yang telah dikoordinir oleh pihak OSIS tersebut.

Atas perhatian dan izin Bapak / Ibu selaku wali murid, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,

Ketua OSIS,                                                                                                                                                                         Sekretaris OSIS,

Afifah                                                                                                                                                                                         Aldo
NIS : 213546                                                                                                                                                                         NIS : 135674

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 07 Malang,                                                                                                                    Pembina OSIS,

         Sugianto, M.Si                                                                                                                                            Nina, S.Pd
NIP. 123456789010                                                                                                                              NIP. 234897654310

Contoh 2

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP NEGERI 2 GRESIK
Jl. Hayam Wuruk No. 78
Telp. (0335) 672295 Fax. 2567438

Gresik, 03 Agustus 2019

Nomor : 415/OSIS/6/2019
Lampiran : 1
Perihal : Undangan Rapat Kegiatan Peringatan Kemerdekaan ke-64

Kepada
Yth. Seluruh Pengurus OSIS Angkatan 2019 – 2020
SMA Negeri 02 Gresik

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya lomba memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 64. Maka kami segenap pengurus OSIS meminta kehadiran dan partisipasi anggota OSIS untuk mempersiapkan terkait berbagai hal yang dibutuhkan dalam acara tersebut. Rapat persiapan peringatan kemerdekaan ke-64 ini akan diselenggarakan pada :

Hari/tanggal : Sabtu, 05 Agustus 2019
Waktu : 12.00 WIB
Tempat : Ruang OSIS

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

Gresik, 03 Agustus 2019
Ketua OSIS

Zaka Mursyidan

Contoh 3

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 06 BANDUNG
Telp. (031) 672543 Fax. 6754332

Bandung, 13 Mei 2020

Nomor : 75/OSIS/05/2020
Lampiran : –
Perihal : Lomba

Yth.
Seluruh Siswa Siswi SMA Negeri 06 Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan agenda kegiatan OSIS yang telah dibuat setelah ujian sekolah, maka tiba saatnya kegiatan class meeting atau kegiatan lomba antar kelas. Maka kami menghimbau kepada seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 06 agar mempersiapkan perwakilan dari setiap kelas untuk mengikuti lomba yang insyaAllah akan diselenggarakan pada :

Hari/tanggal : Senin – Kamis, 16 – 19 Mei 2020
Waktu : 08.00 – selesai
Tempat : Gor OlahRaga

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

Bandung, 13 Mei 2020
Ketua OSIS

Muhammad Irul

5. Contoh Surat Resmi Penawaran Barang

Contoh 1

PT SINAR JAYA ABADI
DISTRIBUTOR PERSONAL COMPUTER
Jl. Suyoso No. 17 Kota Semarang
Telp. (031) 645378

Semarang, 19 Mei 2020

Nomor : 125/Pnwrn/V/2020
Lampiran : 1
Perihal : Penawaran Barang

Kepada Yth.
UD Sejahtera
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan Sinar Jaya Abadi sebagai perusahaan distributor personal computer. Perusahaan kami bergerak di bidang penyediaan elektronik terdiri dari PC beserta perangkatnya. Kami telah bekerjasama dengan kurang lebih 250 perusahaan dan 500 sekolah di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memperluas jejaring, kami bermaksud mengajukan kerjasama dengan Perusahaan Bapak yang juga membutuhkan personal computer sebagai alat untuk bekerja. Kami memiliki kualitas produk dan pelayanan yang baik disertai harga yang sesuai dengan kualitas terbaik kami. Adapun jenis produk, kualifikasi, dan daftar harga terlampir.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Semoga penawaran yang kami ajukan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT SINAR JAYA ABADI

Fandar Budiman

Contoh 2

UD MAJU JAYA
ELEKTRONIK
Jl. Wilis No. 13
Bali (021) 7654xx

Bali, 23 Juli 2020

Nomor : 134/Pnwrn/07/2020
Lampiran : 1 Bendel
Perihal : Penawaran Kerja Sama

Kepada
Yth. Pimpinan PT Cemerlang
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang kami ketahui dari website resmi PT Cemerlang bahwa Perusahaan Bapak membutuhkan elektronik. Kami selaku UD Maju Jaya yang merupakan distributor elektronik bermaksud untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak. Data lengkap terkait daftar elektronik beserta harga yang kami miliki telah terlampir. Adapun hal-hal yang belum tercantum dalam surat penawaran ini dapat dilanjutkan dengan pertemuan. Kami menunggu keputusan terbaik Bapak kurang lebih tujuh hari setelah surat penawaran ini diterima.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas pertimbangan dan perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

Hormat Kami,
UD Maju Jaya

Aulia, S.E

Contoh 3

PT ADIS JAYA CEMERLANG
DISTRIBUTOR PERABOT RUMAH TANGGA
Jl. Amadea No. 6 Kel. Ketapang
Telp. (031) 289543

Jakarta, 15 Juli 2020

Nomor : 321/Pnwrn/07/2020
Lampiran : 1 Bendel
Perihal : Penawaran

Kepada Yth.
PT Atmaja Jaya Sentausa
Di
Depok

Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami yang bernama Adis Jaya Cemerlang yang bekerja di bidang penyediaan perabot rumah tangga. Kami telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan di Jakarta dan ingin memperluas jaringan. Oleh karena itu kami menawarkan kerjasama di bidang penyediaan perabot rumah tangga dengan Bapak selaku pimpinan PT Atmaja Jaya Sentausa. Semua jenis produk beserta harga telah tercantum dalam lampiran. Jika Bapak berminat kami siap bertemu untuk membicarakan lebih lanjut terkait penawaran ini.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, besar harapan kami agar Bapak bersedia mempertimbangkan produk kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT Adis Jaya Cemerlang

Haikal Ramadhan

6. Contoh Surat Resmi Dinas

Contoh 1

PT PERMODALAN NASIONAL MADANI
Jl. Argopura – Sidoarjo
Telp. (0335) 432145 Fax. 0341 578890

Sidoarjo, 20 Juni 2020

SURAT TUGAS
Nomor : 512/ST/PNM/06/2020

Berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya karyawan PT Permodalan Nasional Madani, maka bersama surat ini diberikan tugas kepada :
Nama : Nadya Wulandari
Nomor Induk Karyawan : 20190057281
Jabatan : Account Officer

Untuk dipindah tugaskan sementara di Cabang Blitar mulai tanggal 22 Juni 2020 sampai dengan 02 Juli 2020.

Demikian surat tugas ini dibuat untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan menjaga nama baik perusahaan.

Sidoarjo, 20 Juni 2020

Area Manager Sidoarjo
PT Permodalan Nasional Madani

7. Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja

Contoh 1

Dika Andikavian
Email : andikavian@gmail.com
Handphone : 082234657898

Malang, 29 November 2018

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Kepala Bagian Human Capital
OTO GROUP
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari website bahwa OTO GROUP sedang membutuhkan tenaga kerja, maka dengan surat ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut. Saya baru saja menyelesaikan studi di jurusan Manajemen Universitas Brawijaya, Malang. Saya memiliki pengalaman penelitian pada saat kuliah. Saya memiliki pengetahuan tentang manajemen berbagai hal terkait administrasi maupun bisnis.

Selama masa kuliah, saya aktif di organisasi dan telah mendapat pengalaman kepanitiaan dimulai dari sekertaris, bendahara, humas, konsumsi, dan LO pemateri.

Atribut personal yang melekat pada diri saya antara lain :
– Motivasi : prestasi di bidang akademis dan nonakademis
– Kemampuan menggunakan Microsoft office, excel, power point, dan SPSS.
– Kemampuan bekerja : pengalaman sebagai peserta magang di PT Anugerah Dewantara dan sebagai promotor bagi bisnis yang saya jalankan.
– Komunikasi : pengalaman sebagai mentor kajian bagi siswa dan mahasiswa FISIP UB 2015.

Saya menunggu kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu untuk menjelaskan secara lengkap mengenai diri saya. Demikian surat lamaran kerja saya, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dika Andikavian

Contoh 2

Surabaya, 12 Desember 2010

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD
PT Cinta Kasih
Jl. Lumajang No. 18
Surabaya

Dengan Hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan kerja yang saya peroleh dari akun Facebook resmi PT Cinta Kasih, maka saya mengajukan diri untuk bergabung dan mendaftar pada posisi tim design. Adapun data diri saya adalah :

Nama : M. Wasiun Nurcahyo
Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 19 April 1986
Umur : 24 tahun
Pendidikan terakhir : S1 desain grafis
Alamat : Perum Kopian Indah No. 37 RT 02 RW 03 Kota Surabaya
Telepon : 082278564372
E-mail : wasiuncahyo86@gmail.com

Saya memiliki kondisi yang sehat rohani dan jasmani, memiliki kemampuan berbahasa Inggris secar tertulis maupun lisan. Besar harapan saya untuk diterima bekerja di perusahaan Bapak / Ibu.

Demikian surat ini saya buat sebenar-benarnya. Informasi lanjutan tentang diri saya akan saya jelaskan secara rinci pada pertemuan selanjutnya. Terimakasih.

Hormat Saya,

M. Wasiun Nurcahyo

Contoh 3

Bandung, 13 Agustus 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Makmur Abadi
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Koran Kompas edisi tanggal 12 Agustus 2020 terdapat lowongan pekerjaan untuk posisi Sekretaris. Saya memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menjadi salah satu kandidat yang dapat dipilih sebagai Sekretaris. Izinkan saya memperkenalkan diri secara singkat dengan data di bawah ini :

Nama : Dewi Sri Utomo
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 05 Januari 1995
Umur : 25 tahun
Pendidikan terakhir : S1 Administrasi
Alamat : Jl. Ciujung No. 57 Kota Bandung
Telepon : 082173542635
E-mail : dwsri95@gmail.com

Saya memiliki pengetahuan teori terkait administrasi dan telah menjalankan praktik kerja di bangku perkuliahan. Sehingga saya memiliki keterampilan kerja yang berhubungan dengan tugas, pokok, dan fungsi seorang Sekretaris. Besar harapan saya untuk diterima di Perusahaan Bapak. Penjelasan rinci dan keterampilan akan saya ceritakan pada kesempatan selanjutnya.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen penunjang :
1. Daftar riwayat hidup
2. Fc ijazah terakhir
3. Fc transkrip nilai
4. Fc sertifikat
5. Pas foto ukuran 4×6 baground merah

Demikian surat lamaran yang saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Sri Utomo

6. Contoh Surat Resmi Perusahaan

Contoh 1

PT ANUGERAH PERKASA
Perumahan Singosari Blok L No. 03 Jl. Raya Kendedes Malang 57812
Telp. (0335) 231678 Fax. 987654386 Mobile. 081324567893

Malang, 20 Februari 2020

Nomor : 22/UR/II/2020
Hal : Undangan Rapat
Lampiran : –

Yth.
Bapak Lukito Adi
Manager Marketing
PT ANUGERAH PERKASA
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakan acara peresmian distribusi produk utama, maka seluruh Manager PT Anugerah Perkasa diharapkan hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal : Rabu, 13 Februari 2020
Waktu : 10.00 – 12.30 WIB
Tempat : Ruang pertemuan

Demikian undangan resmi ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara tersebut diharapkan Bapak datang tepat waktu. Atas perhatian dan partisipasi kehadirannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,

Lailatul Fitriyah

Contoh 2

PT KARYA MAKMUR
Ruko Mawar Permai Blok C No. 12 Jl. Raya Ir. Soetomo Km. 04 Blitar
Telp. 022 357645 Fax. 022 357645 Mobile. 082278543762
Website : www.karyamakmurjaya.com Email : karyamakmur@gmail.com

07 Desember 2021

Nomor : 031/KM/XII/2021
Perihal : Undangan Kegiatan
Lampiran : 1

Kepada
Bapak / Ibu
Karyawan PT Karya Makmur
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan program SDM (Sumber Daya Manusia) di awal tahun, maka pihak perusahaan mengundang Bapak / Ibu yang terdaftar dalam karyawan PT Karya Makmur untuk mengikuti gathering yang akan dilaksanakan pada :

Hari/ tanggal : Senin, 07 Januari 2022
Tempat : Bandung

Rincian kegiatan pelaksanaan beserta rundown dilampirkan bersama dengan surat ini. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan partisipasi Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Agung Permana

Contoh 3

PT ANUGERAH SEJATI
Jl. Jenderal Soetomo No. 23 Kota Jember
Telp. (0335) 632145 Fax. 022 735624 Mobile : 081256743678
Website : www.anugerahsejati.com Email : anugerahsejati@gmail.com

Jember, 10 Maret 2020

Nomor : 51/AS/III/2020
Perihal : Pemberitahuan Libur Lebaran

Kepada
Bapak / Ibu
Karyawan PT Anugerah Sejati
Di tempat

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2020. Maka melalui surat ini kami memberitahukan bahwa :

1. Karyawan mulai libur pada tanggal 13 Maret 2020 dan mulai aktif bekerja kembali pada tanggal 23 Maret 2020.
2. Sedangkan bagi security masih tetap masuk seperti biasa dengan libur shift yang telah disepakati.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, kami mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Semoga amal dan ibadah yang dijalankan pada bulan suci ini berkah. Amin

Hormat Kami,

Indah Jayanti

7. Contoh Surat Resmi Organisasi

Contoh 1

LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN
KORWIL PROBOLINGGO
Jl. Merdeka No 17 Kota Probolinggo

Probolinggo, 19 September 2019

Kepada
Nomor : 219/SK/LPKSM/X/2019 Yth : Bapak Walikota
Perihal : Pindah alamat kantor LPKSM Probolinggo
Dan permohonan TDLPK baru
Sifat : Penting di
Lampiran : – Jl. Panglima Sudirman No. 19
Kota Probolinggo

Assalammualaikum wr. Wb
Dengan surat ini kami memberitahukan bahwa alamat kantor LPKSM (Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat) Kota Probolinggo yang tadinya beralamat di Jl. Bromo Indah No. 38. Terhitung semenjak dituliskannya pemberitahuan surat ini. dengan alamat kantor LPKSM yang baru yaitu di perumahan Kopian Indah Jl. Merdeka No. 17 Kota Probolinggo. Bersama surat ini pula kami mohon untuk diterbitkannya TDLPK (Tanda Daftar Lembaga Perlindungan Konsumen) dengan alamat kantor yang baru sesuai tersebut di atas. Demikian pemberitahuan pindah alamat kantor LPKSM dan permohonan penerbitan TDLPK dengan alamat yang baru kami buat sebenar-benarnya. Kami segenap dewan pimpinan serta jajaran pengurus. LPKSM Kota Probolinggo turut berdoa semoga Bapak Walikota Probolinggo senantiasa diberi kesehatan oleh Allah S.W.T untuk memimpin Kota Probolinggo lebih baik lagi. Demikian atas perhatiannya kami haturkan terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

Pimpinan LPKSM Kota Probolinggo

M. Nurhayat
Tembusan kepada
Yth :
1) Sdr. Kepala Disperindag Kota Probolinggo
2) Sdr. Kepala Bangkesbangpol Linmas Kota Probolinggo
3) Sdr. Ketua Pengadilan Negeri Kota Probolinggo
4) Sdr. Ketua DPRD Kota Probolinggo
5) Sdr. Kepala UPT Perlindungan Konsumen Jember
6) Sdr. Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur

Contoh 2

LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN
KORWIL PROBOLINGGO
Jl. Merdeka No 17 Kota Probolinggo

Nomor : 25-V/SK/LPKSM/2019
Perihal : Pengangkatan Pengurus
Lampiran : –

Memperhatikan : Tanda daftar Lembaga Perlindungan Konsumen (TDLPK) Nomor : 510/991/425.106/2013 sebagai pengakuan Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen untuk melakukan kegiatan di bidang penyelenggaraan perlindungan konsumen di seluruh wilayah Republik Indonesia selama Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat masih menjalankan kegiatannya dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Menimbang : Bahwa dipandang perlu untuk dibuatkan Surat Keputusan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) kepada pengurus dan anggota Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya masyarakat Korwil Probolinggo

Mengingat : 1.Undang-undang No 8. Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
pasal 44
2.Peraturan Pemerintah No. 59 tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM)
3.Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 302/MPP/Kep/10/2001 tentang LPKSM
4.AD/ART Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Korwil Probolinggo

Memutuskan
Menetapkan
Pertama : Terhitung mulai tanggal ditetapkan, maka surat keputusan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Korwil Probolinggo,

Kepada :
Nama : Cinta Laura
Jabatan : Sekretaris LPKSM
Alamat : Jl. Merdeka No 17
Kedua : Surat kepengurusan tersebut berlaku untuk periode tahun 2019 – 2024; dan dapat dipilih kembali sesuai peraturan yang berlaku
Ketiga : Segala sesuatu akan di ubah dan dibetulkan kembali, apabila terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini.

Ditetapkan di Probolinggo
Pada tanggal 27 November 2019
Pimpinan
LPKSM Korwil Probolinggo

M. NURHAYAT

Contoh 3

ISLAMIC SOCIAL ORGANIZATION (ISO)
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA

No : 67/ISO-FISIP /X/2016
Hal : Permohonan Pembukaan Stand

Kepada
Kabag. Perlengkapan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh,
Dalam rangka diadakannya Open Recruitment ISO 2016 yang akan dilaksanakan pada
hari : Senin – Jum’at
tanggal : 28 September – 7 Oktober 2016
pukul : 09.00-15.00 WIB

Kami selaku panitia mengajukan permohonan untuk membuka stand pada waktu tersebut.

Demikian surat permohonan ini Kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih atas izin yang Bapak berikan.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Malang, 4 Oktober 2016

     Ketua Umum ISO                                                                                                                                                       Ketua Pelaksana

M. Yogi Sukarjo.                                                                                                                                                           Ahmad Khoiri
NIM. 135786543820098                                                                                                                 NIM. 14786543281021

Mengesahkan,
Pembantu Dekan III
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Muhammad Lundi, S.Sos,.,M.Si.
NIP. 563278708350465721

8. Contoh Surat Resmi untuk Gubernur

Contoh 1

PANITIA DIES NATALIS UNIVERSITAS PADJAJARAN
DIVISI PSDM BEM UNPAD
Jl. Raya Sumedang Km 23 Jatinangor

Jatinangor, 25 September 2010

No : 71/PSDM-BEM/IX/2010
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Kepada
Yth. Bapak Gubernur Jawa Barat
Di tempat

Dengan Hormat,
Segala puji syukur kehadiran Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Serta shalawat serta salam tak lupa kita sampaikan pada teladan yang terbaik yaitu Rasulullah S.A.W.
Sehubungan dengan akan dilaksanakan kegiatan Dies Natalis Universitas Padjajaran yang insyaAllah akan diselenggarakan pada :

Hari/ tanggal : Sabtu, 30 September 2010
Tempat : GOR Universitas Padjajaran
Kami mengharap kehadiran Bapak selaku Gubernur Jawa Barat untuk hadir dan menjadi pembicara sebagai alumni dari Universitas Padjajaran. Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar Bapak dapat hadir dan meramaikan acara Dies Natalis Universitas Padjajaran ini. atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.

Panitia Pelaksana

Ketua Pelaksana                                                                                                                                      Sekretaris

Lundy Prakarsa                                                                                                                                        Rezita Efrilia

1561280937261                                                                                                                                    32516798301762

Mengetahui,
Ketua BEM UNPAD

Fauzi Abdillah
61862973519201

Contoh 2

KEMENTERIAN REFORMASI BIROKRASI
REPUBLIK INDONESIA
Jl. Jenderal Sudirman No. 24 Jakarta

17 Januari 2020

Nomor : 17/SM/I/2020
Sifat : Segera
Hal : Undangan Rapat Koordinasi

Yth.
Gubernur (terlampir)
Di tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan surat undangan Sekretaris KEMENTERIAN Pembangunan perihal konsultasi pengadaan administrasi di lingkungan instansi Pemerintah, maka kami akan melaksanakan rapat koordinasi sosialisasi peraturan pengadaan administrasi yang akan dilaksanakan pada :

Hari / tanggal : Kamis, 20 Januari 2020
Waktu : 09.00 – selesai
Tempat : Swiss Bellin Hotel & Resto

Sehubungan dengan pentingnya kegiatan ini maka diharapkan Saudara dapat hadir atau minimal menugaskan SekretarIs Daerah untuk 1 orang pejabat yang ditugaskan.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.
Deputi Bidang SDM Aparatur

Agus Dwi Laksono

Tembusan :
1. Menteri Pembangunan
2. Sekretaris KEMENTERIAN Pembangunan

Contoh 3

MENTERI SEKRETARIS NEGARA
REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 18 Januari 2019

Nomor : 13/M-Sesneg/I/2019
Sifat : Segera
Lampiran : 3 (tiga) lembar
Hal : Permohonan audiensi

Yth. Gubernur Jawa Barat
Di tempat

Merujuk surat yang diperoleh dari Badan Pekerja Silaturahmi Nasional pada tanggal 20 Desember 2018 untuk bersilaturahmi kepada Presiden Republik Indonesia. Karena jadwal yang padat, Presiden RI memberi himbauan agar Gubernur Jawa Barat dapat mewakili Beliau pada acara yang dimaksud.

Atas perhatian dan berkenan Saudara Gubernur, kami mengucapkan terima kasih.
An. Menteri Sekretaris Negara

Alamsyah Perdana
NIP. 1687543785201

9. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat

Contoh 1

PT. INDAH CEMERLANG
Perumahan Taman Bougenville Blok E No. 39 Bandung
Telp. (031) 675432 Fax. 0226583647 Mobile. 021567435636
Website www.indahcemerlang.com E-mail : indahcemerlang@gmail.com

18 Maret 2019

Nomor : 35/IC/III/2019
Hal : Undangan Rapat
Lampiran : 1 Bendel

Yth.
Bapak / Ibu Karyawan PT Indah Cemerlang
Di tempat

Sehubungan dengan turunnya memo baru terkait pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) terbaru 2019, maka kami mengundang seluruh karyawan PT Indah Cemerlang pada rapat yang akan diselenggarakan pada :

Hari / tanggal : Jum’at, 21 Maret 2019
Waktu : 10.00 – selesai
Tempat : Aula pertemuan
Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Dendi Pratama

Kumpulan Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris

Kumpulan-Contoh-Surat-Resmi-Bahasa-Inggris

Contoh 1

ISLAMIC SOCIAL SCIENCE COMMUNITY
BRAWIJAYA UNIVERSITY

Number : 009 / ISSC.FISIP / X / 2015
Things : Request for a loan
Official: –
To
Equipment
FISIP UB
in place

Peace be upon you, and Allah’s mercy and blessings

In connection with the holding of the School of Hijabers event in October 2015 with the theme of Inner Beauty of Muslimah aimed at the UB academic community on:

Day: Friday, October 16, 2015
Time: 11.00-13.00 WIB
We chose to lend Projectors and Microphones for the smooth running of the event.

Thus we submit and submit this letter. Thank you for your attention and permission.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Malang, October 12, 2015
ISSC Chairperson

M. Fadzar Firdaus
NIM 13451847564

Contoh 2

ISLAMIC SOCIAL SCIENCE COMMUNITY
BRAWIJAYA UNIVERSITY

No. : 81 / ISSC-FISIP-UB / XII / 2016
Attachments: –
Subject: FISIP Care 2016 Invitation

BEM
In place

Assalaamu ‘alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
All praise and gratitude to Allah S.W.T for giving love and compassion to all His people. And blessings and greetings we always present for the eternal example of Muhammad S. AS.W as Uswatun Hasanah for the entire ummah.
In connection with the 2016 FISIP Care event which will be held on:

Saturday
Date: December 10, 2016
At : 15:00 – 17:30 WIB
Place : Floor 1

So, we invited 2 representatives from BEM (men and women) to attend our activities.
Thus we made this invitation letter. For your attention and willingness to come, we thank you.

Malang, December 7, 2016
Chief Executive of FISIP Care

M. Farid Usman
NIM 13556635271032

Contoh 3

ISLAMIC SOCIAL SCIENCE COMMUNITY
BRAWIJAYA UNIVERSITY

No. : 012 / ISSC-FISIPUB / III / 2016
Attachments: –
Subject: ISSC Work Meeting Invitation

FORKIM
In place

Assalaamu ‘alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

All praise and gratitude to Allah S.W.T for giving love and compassion to all His people. And blessings and greetings we always present for the eternal example of Muhammad S. AS.W as Uswatun Hasanah for the entire ummah.
In connection with the holding of the ISSC (Islamic Social Science Community) Work Meeting which, God willing, will be held on:

day / date: Saturday, March 5, 2016
o’clock: 08.00 WIB – finished
place: Room 2.2 Building B FISIP UB

Therefore, we invited 2 representatives from FORKIM (brothers and sisters) to attend the 2016 ISSC Work Meeting. In addition, for the smooth working meeting, representatives are expected to bring their sincerity in sincerity.
Thus we made this notification letter. For your attention and willingness to come, we thank you.

Malang, 2 March 2016
ISSC Chairperson

Arif Maulana Firmansyah
NIK 145120138885732

Penjelasan lengkap beserta contoh surat resmi di atas dapat menjadi pengetahuan sekaligus dapat dipraktikkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. mulai dari contoh surat resmi singkat, contoh surat resmi dan surat pribadi, hingga contoh surat resmi penawaran lengkap dicantumkan di atas.

Pastikan untuk menggunakan bahan yang telah dijabarkan di atas sebagai acuan agar surat resmi baik pribadi maupun instansi yang Anda buat benar. Semoga penjelasan serta contoh surat resmi yang telah dijabarkan di atas dapat mudah dipahami ya!

Baca Juga: Penulisan Surat Perjanjian yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *