23+ Contoh Teks Prosedur Sederhana, Protokol, Kompleks (LENGKAP)

17 min read

contoh-teks-prosedur

Teks Prosedur seringkali kita jumpai di berbagai media, dari media cetak hingga media sosial. Anda juga bisa membuat teks prosedur sendiri sesuai dengan topik yang diinginkan. Untuk membuat teks tersebut Anda perlu mengetahui beberapa hal penting dan contoh teks prosedur yang benar.

Teks prosedur terdiri dari beberapa jenis teks yang memiliki ciri khas yang berbeda. Berikut ini terdapat penjelasan lengkap serta contoh teks prosedur dengan strukturnya. Mari simak dan pelajari lebih lanjut!

Apa itu Teks Prosedur?

Teks Prosedur merupakan salah satu jenis teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Teks Prosedur juga dapat diartikan sebagai salah satu jenis teks yang memuat berbagai langkah atau tahapan untuk melakukan sesuatu yang bersifat baik, melakukan suatu kegiatan tertentu ataupun membuat suatu hal secara berurutan.

Pada umumnya, Teks Prosedur disajikan dalam bentuk daftar yang berurutan dengan isian mengenai tahapan atau langkah-langkah guna mencapai suatu tujuan.

Struktur Teks Prosedur

1. Pengantar/Pembuka

Pengantar-Pembuka

Pada umumnya teks prosedur diawali dengan judul, sedangkan judul merupakan ringkasan paling inti tentang apa yang akan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di dalamnya. Kemudian, dilanjutkan dengan bagian pengantar yang berisi kalimat interogatif.

Kalimat tersebut digunakan sebagai pembuka sebelum masuk ke dalam topik pembahasan. Pada bagian pembuka mengandung penjelasan tentang tujuan dari pembuatan teks prosedur atau analisisnya.

Pada bagian ini, umumnya akan berisi tentang hasil yang akan dicapai setelah melakukan setiap prosedur yang tertera di bagian selanjutnya. Namun, tidak semua teks prosedur akan memuat bagian ini karena sifatnya tentative.

2. Material

Material

Bagian kedua adalah bagian material yang berisi tentang bahan-bahan, alat-alat, atau material lainnya yang akan diperlukan pada sebuah kegiatan. Semua hal tersebut harus ditulis dengan rinci dan lengkap, agar pembaca dapat mengetahuinya.

3. Langkah-langkah

Langkah-langkah

Selanjutnya adalah bagian langkah-langkah, bagian ini  memuat tentang segala hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh hasil susuai tujuan yang telah diketahui di bagian awal. Tahapan ini harus ditulis secara runtut sesuai dengan kenyataan dan tidak boleh ada yang terlewatkan.

Tujuan Teks Prosedur

Teks Prosedur bertujuan untuk menunjukkan atau menjelaskan tentang bagaimana cara mengerjakan sesuatu yang disajikan dalam bentuk daftar langkah sesuai dengan urutannya. Teks jenis ini juga memiliki tujuan untuk memudahkan para pembaca ataupun pendengar untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan benar dan dapat memperoleh hasil akhir yang tepat.

Kaidah Kebahasaan dalam Teks Prosedur

1. Menggunakan kata kerja perintah

Menggunakan-kata-kerja-perintah

Kata kerja perintah dalam teks prosedur adalah kata kerja yang dibentuk dengan akhiran –I, -kan dan –lah. Kata perintah ini digunakan untuk meminta para pembaca melakukan suatu hal dan juga melarangnya. Contoh kata perintah dalam teks prosedur adalah siapkan, hindari, berilah.

2. Menggunakan kata teknis

Menggunakan-kata-teknis

Kata teknis merupakan kata yang harus digunakan dalam teks prosedur. Kata ini memiliki kaitan erat dengan isi pembahasan dalam teks.

3. Menggunakan kata penghubung temporal

Menggunakan-kata-penghubung-temporal

Kata hubung yang digunakan dalam teks prosedur adalah kata penghubung jenis temporal yang memberikan penjelasan hubungan waktu dari dua peristiwa yang berbeda. Contoh kata hubung temporal adalah kemudian, lalu, sesudahnya dan lain sebagainya.

4. Menggunakan kalimat persuasif

Menggunakan-kalimat-persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang digunakan untuk membujuk pembaca agar melakukan suatu kegiatan atau tindakan. Contohnya, “Marilah minum air putih yang cukup agar kulit menjadi sehat dan terbebas dari jerawat”.

5. Menggunakan gambaran terperinci

Menggunakan-gambaran-terperinci

Dalam teks prosedur di bagian awal terdapat material yang akan digunakan harus ditulis secara rinci agar pembaca dapat mengetahui gambarannya. Contohnya, bahan-bahan yang akan digunakan adalah 100 gram tepung tapioka.

6. Verba material dan tingkah laku

Verba-material-dan-tingkah-laku

Verba material merupakan suatu hal yang harus ada dalam teks prosedur dan berkaitan langsung dengan kegiatan fisik, sedangkan verba tingkah laku adalah segala hal yang berkaitan dengan tindakan yang dilakukan melalui ungkapan.

Jenis-jenis Teks Prosedur

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks-Prosedur-Sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan jenis teks prosedur yang paling mudah untuk dikerjakan dan juga cukup memahamkan pembaca. Pasalnya, isi teks jenis ini sangat sederhana dan terdiri dari beberapa langkah singkat saja..

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks-Prosedur-Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks prosedur yang isinya berupa langkah-langkah yang mendetail dan jumlahnya lebih banyak dari jenis teks prosedur lainnya. Isi teks prosedur kompleks sangat detail, kompleks dan cukup rumit karena aksi yang harus dilakukan lebih dari empat langkah.

Tidak hanya itu, dalam teks prosedur jenis ini harus ada penjelasan yang mendalam dan lengkap sehingga para pembaca dapat mengerti secara dalam.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks-Prosedur-Protokol

Jenis teks prosedur yang terakhir adalah protokol yang memuat langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu dengan tampilan yang tidak terlalu rumit serta pemaparan yang objektif. Teks prosedur jenis ini juga sangat mudah dipahami oleh para pembaca.

Berikut ini terdapat beberapa contoh  dari teks prosedur dari berbagai macam kegiatan dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan atau referensi pembuatan teks prosedur milik karya sendiri.

Kumpulan Contoh Teks Prosedur Lengkap

1. Teks Prosedur Kompleks

Teks-Prosedur-Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat SIM C

SIM adalah kepanjangan dari Surat Izin Mengendarai yang harus dimiliki oleh para pengendara kendaraan yang sudah cukup umur. Sedangkan SIM kode C merupakan dokumen khusus yang harus dimiliki oleh setiap pengendara sepeda motor yang cukup umur.

Untuk mendapatkan SIM C , Anda harus bisa mengendarai sepeda motor dan harus berusia minimal 17 tahun atau sudah memiliki KTP. Syarat dan langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

Syarat-syarat:

  • KTP asli
  • Fotokopi KTP
  • Formulir permohonan
  • Surat keterangan sehat (jasmani dan rohani)
  • Lulus ujian teori dan praktek

Cara mengurus SIM C:

  • Siapkan semua dokumen yang telah disebutkan di atas tanpa terkecuali, baik yang asli maupun yang fotokopi.
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir permohonan pembuatan SIM C yang bisa Anda dapatkan di kantor Samsat Kabupaten/Kota.
  • Membayar biaya premi asuransi kesehatan sebesar Rp30.000,- untuk persyaratan pengajuan permohonan pembuatan SIM C.
  • Ikuti ujian teori yang berisi tentang pengetahuan segala hal yang berkaitan dengan berkendara sepeda motor.
  • Setelah dinyatakan lulus pada ujian teori, Anda harus mengikuti ujian praktek yakni ujian untuk menguji kemampuan dalam berkendara sepeda motor sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Apabila dalam ujian praktek Anda tidak lolos, maka Anda dapat mengulangi seluruh tahapan dalam kurun waktu tertentu.
  • Jika sudah dinyatakan lolos, Anda harus melakukan tahapan terakhir yakni proses foto, perekaman sidik jari dan tanda tangan.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu pencetakan SIM C selesai dan bisa diambil di loket yang tersedia di kantor Samsat.

 

Cara Mendaftarkan Pernikahan di KUA

Menikah tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang banyak karena harus pesan catering, dekorasi, souvenir dan lain sebagainya. Pasalnya, Anda bisa melangsungkan ibadah terpanjang ini dengan budget minim di KUA.

Menikah di KUA merupakan prosesi pernikahan yang sangat hemat di kantong karena tidak dipungut biaya apapun. Sehingga Anda tidak perlu lagi menyiapkan modal besar. Berikut ini syarat dan cara mendaftarkan pernikahan di KUA secara rinci.

Syarat dokumen:

  • Surat keterangan untuk nikah
  • Surat keterangan asal-usul
  • Surat persetujuan mempelai
  • Surat keterangan tentang orang tua
  • Surat pemberitahuan kehendak nikah
  • Bukti imunisasi TT1 (pengantin wanita)
  • Biaya pencatatan nikah Rp30.000,-
  • Pas foto ukuran 3×2 (6 lembar)
  • Surat dispensasi pengadilan bagi calon pengantin di bawah umur
  • Surat izin atasan bagi anggota TNI/POLRI
  • Surat izin pengadilan bagi suami yang hendak poligami
  • Akta cerai (bagi janda atau duda)
  • Surat pengantar RT-RW
  • Surat pengantar atau rekomendasi nikah
  • Fotokopi KTP, KK dan akta kelahiran

Prosesi pernikahan di KUA:

  • Minta surat pengantar ke desa atau kelurahan dengan mendatangi ketua RT setempat.
  • Mintalah surat pengantar ke KUA dengan mendatangi kantor Desa atau kelurahan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.
  • Mintalah surat keterangan dispensasi dari kantor kecamatan, apabila Anda akan menikah dalam jangka waktu kurang dari 10 hari pada saat pendaftaran.
  • Datang ke KUA, tempat pelaksanaan pernikahan atau akad nikah guna melakukan pemeriksaan data dan dokumen yang diperlukan.
  • Melakukan prosesi akad nikah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak (KUA dan calon pengantin).

 

Cara Mengurus SKCK

SKCK merupakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang digunakan untuk memenuhi persyaratan melamar kerja. SKCK merupakan sebuah dokumen yang digunakan sebagai bukti otentik bahwa orang tersebut tidak pernah terlibat dengan tindakan yang melanggar hukum.

Untuk membuat dokumen SKCK, lengkapilah dokumen yang menjadi syarat pengajuan dan langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Syarat Dokumen:

  • Fotokopi KTP (2 lembar)
  • Fotokopi Kartu KK
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Surat pengantar RT-RW untuk pengajuan surat pengantar ke kantor desa/kelurahan
  • Pas foto 4×6 berlatar merah (6 lembar)

Cara Membuat SKCK:

  • Datangi kantor kepolisian setempat atau kantor kepolisian yang dekat dengan lokasi Anda.
  • Isi informasi pribadi sesuai permintaan dan dan mengisi blanko pernyataan tidak pernah melakukan tindakan yang melanggar hukum atau tindakan kejahatan.
  • Pengecekan sidik jari.
  • Tunggu sampai dokumen SKCK siap dan pastikan Anda meminta legalisir sesuai dengan kebutuhan.
  • Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran biaya pembuatan dokumen SKCK.

 

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP

LPDP merupakan sebuah lembaga berkecimpung dalam dunia pendidikan yang memberikan beasiswa pendidikan S2 dan S3. Bidang ilmu yang diutamakan pada lembaga ini adalah sains, pertanian, bahasa, budaya, seni, keuangan, teknik dan kedokteran.

Berikut ini syarat dan langkah-langkah untuk mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa LPDP:

Syarat umum:

  • WNI
  • Lulus program S1 atau S2 di PT terakreditasi
  • Tidak sedang menempuh pendidikan S2 atau S3
  • Surat keterangan sehat, bebas narkoba dan TBC
  • Surat rekomendasi dari pimpinan atau pakar di bidangnya
  • Program studi sesuai ketentuan LPDP
  • Melampirkan rencana studi bagi program S2
  • Proposal studi dan penelitian

Syarat Khusus:

  • Surat pernyataan
  • S2 usia maksimal 35 tahun, S3 usia maksimal 40 tahun
  • S2 ipk minimal 2,00, S3 ipk minimal 3,25
  • Tidak memiliki IPK wajib melampirkan hasil sidang dan penelitian
  • Konservasi IPK bagi lulusan luar negeri

Cara mendaftar:

  1. Buka https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Masukkan email dan kata sandi, sebelum itu buatlah akun LPDP dahulu
  3. Lengkapi data sesuai permintaan pada formulir pendaftaran, kemudian upload dokumen yang dibutuhkan.
  4. Tunggu pengumuman selanjutnya

 

Cara Membuat Visa

Visa merupakan dokumen penting untuk digunakan saat berkunjung ke satu negara. Bagi Anda yang hendak berpergian ke luar negeri maka membutuhkan visa. Sehingga Anda harus membuatnya dengan mengikuti prosedur di bawah ini.

Dokumen diperlukan:

  • E-KTP
  • SIM
  • Ijazah
  • Akta Kelahiran
  • Identitas lainnya sesuai permintaan

Prosedur pembuatan visa:

  • Masukkan semua berkas ke dalam stopmap
  • Datanglah ke kantor imigrasi terdekat dan mintalah formulir permohonan visa, kemudian isilah sesuai dengan data diri Anda.
  • Kumpulkan formulir ke petugas pembuatan visa dan petugas akan memberikan tanda berupa jadwal pengambilan foto.
  • Sesi foto dan perekaman sidik jari
  • Setelah itu ikutilah sesi wawancara sesuai jadwal dengan menunjukkan dokumen asli yang telah Anda siapkan.
  • Menunggu proses pembuatan visa dan ambilah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pada saat mengambil visa siapkan uang pembayaran.
  • Visa siap digunakan.

2. Teks Prosedur Makanan

Teks-Prosedur-Makanan

Contoh Teks Prosedur: Membuat Pisang Goreng

Pisang Goreng merupakan salah satu menu makanan tradisional khas Indonesia yang sederhana dan banyak digemari oleh masyarakat luas. Menu sederhana ini sangat cocok disajikan sebagai pendamping teh, kopi, atau sebagai makanan penutup.

Berikut ini cara membuat pisang goreng sederhana yang menggoyang lidah dan menggugah selera.

Bahan-bahan:

  • Pisang yang sudah masak
  • Gula dan garam secukupnya
  • Tepung (sesuai selera)
  • Minyak goreng
  • Air matang

Langkah-langkah:

  • Masukkan tepung, garam dan gula ke dalam wadah tanggung, kemudian aduk ketiga bahan tersebut hingga merata. Masukkan air sedikit demi sedikit pada campuran tepung dan aduk terus sampai mengental.
  • Belah pisang menjadi dua lalu celupkan ke dalam adonan hingga semua bagian terlumuri.
  • Panaskan minyak goreng di wajan, apabila sudah panas kecilkan api supaya pisang tidak cepat gosong. Kemudian goreng pisang yang telah dilumuri adonan tepung hingga warnanya berubah coklat keemasan. Sajikan di atas piring dan pisang goreng siap dinikmati.

3. Teks Prosedur Cara Mencuci Tangan

Teks-Prosedur-Cara-Mencuci-Tangan

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Di tahun 2020 dunia dihadapkan dengan pandemik virus corona yang mematikan. WHO memberikan saran untuk mencegah terjangkitnya virus ini dengan perlindungan dasar yakni mencuci tangan sesering mungkin.

Mencuci tangan merupakan langkah utama yang direkomendasikan oleh WHO, pasalnya dengan mencuci tangan dapat membunuh virus yang menempel di tangan kita. Berikut ini terdapat tata cara mencuci tangan dengan benar sesuai rekomendasi WHO.

Alat-alat:

  • Sabun antiseptik
  • Air mengalir
  • Tisu/kain bersih

Langkah-langkah:

  • Basahi tangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun antiseptik secukupnya pada tangan.
  • Gosok kedua telapak tangan Anda hingga busa sabun keluar, kemudian gosok bagian punggung tangan hingga sela-sela jari dengan posisi jari saling bertautan satu sama lain.
  • Beralih ke ibu jari, genggam ibu jari lalu basuh dengan posisi memutar selama beberapa detik lalu gosok bagian ujung jari dengan telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun dan bersih.
  • Setelah selesai mencuci tangan dengan sabun, basuh dengan air mengalir.
  • Keringkan tangan dengan menggunakan tisu atau kain bersih, pastikan Anda mencuci tangan selama 20 detik agar virus dan bakteri mati.

4. Teks Prosedur Cara Membuat Kopi

Teks-Prosedur-Cara-Membuat-Kopi

Cara Membuat Kopi Susu

Minuman merakyat dengan rasa yang nikmat dan juga sangat digemari oleh sebagian besar penduduk bumi adalah kopi. Biasanya orang-orang menyajikannya kopi dengan susu agar rasa pahitnya tidak terlalu pekat dan diberi nama kopi susu.

Untuk membuat kopi susu yang mudah dan nikmat, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk
  • Creamer
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm susu kental manis
  • 160 ml air panas

Langkah-langkah membuat kopi susu:

  • Masukkan 1 sdm kopi bubuk dan 2 sdm gula pasir ke dalam cangkir, kemudian masukkan air panas secara perlahan ke dalam cangkir yang sama.
  • Tambahkan 2 sdm susu kental manis lalu aduk menggunakan sendok hingga semua bahan tercampur rata.
  • Apabila sudah tercampur rata, tambahkan teh creamer sesuai selera dan kopi siap untuk disajikan.

5. Teks Prosedur Sederhana

Teks-Prosedur-Sederhana

Contoh teks prosedur sederhana: Cara Menghidupkan Kompor Gas

Memasak adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di setiap rumah agar bisa menyajikan makanan. Sedangkan, alat memasak praktis yang mempermudah kegiatan tersebut adalah kompor gas.

Kompor gas merupakan perlengkapan masak modern yang tidak memerlukan kayu bakar lagi. Berikut ini langkah mudah untuk menghidupkan kompor gas agar dapat digunakan untuk memasak.

  • Pasang tabung gas pada kompor dengan selang konektor hingga terdengar suara klik dan tidak terdengar suara gas keluar.
  • Pastikan tabung gas tidak bocor, dengarkan suaranya jika suara gas masih ada maka tabung Anda harus melepas selang konektor dan memasangnya kembali. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kebakaran.
  • Hidupkan kompor dengan menekan tombol ke arah tanda ON atau menggesernya ke arah kanan. Sedangkan untuk mematikan Anda hanya perlu memutar tombol ke arah yang berlawanan.

 

Cara Mengukur Suhu dengan Termometer

Salah satu alat kesehatan yang sangat disarankan dimiliki oleh setiap keluarga adalah Termometer yang dapat mengukur suhu tubuh. lebih tepatnya termometer digital yang sangat mudah digunakan.

Untuk menggunakan termometer ini Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Nyalakan termometer dengan menekan atau menggeser tombol ON yang tersedia.
  • Masukkan termometer ke dalam mulut dan biarkan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit dan tunggu alat tersebut bekerja. Biasanya alat akan berbunyi ketika sudah selesai mengecek suhu tubuh.
  • Ambil termometer dari mulut, kemudian bacalah hasilnya di layar yang tersedia.

 

Cara Menyalakan Motor Matic

Salah satu jenis motor yang beredar dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah motor matic. Pasalnya, motor tersebut sangat mudah dikendarai tanpa harus mengoperasikan bagian lain selain stang kemudi dan kecepatannya dapat diatur secara otomatis.

Apabila Anda merupakan pengendara pemula yang akan mencoba mengendarai motor jenis ini, ikutilah langkah-langkah menyalakan motor matic dengan mudah di bawah ini.

  • Masukkan kunci motor ke tempat kunci yang berada di bawah stang kemudi bagian kanan. Pastikan motor matic yang akan Anda nyalakan berada dalam kondisi off sebelum dinyalakan.
  • Putar kunci ke arah kanan agar motor berada di posisi on, kemudian tekan tombol start yang berada di bagian kanan dekat dengan stang kemudi.
  • Setelah itu putar stang kemudi bagian kanan secara pelan-pelan untuk menjalankan motor matic.

 

Cara Memasak Mie Instan

Mie instan merupakan makanan instan andalan seluruh masyarakat Indonesia, tepatnya untuk anak-anak rantau yang jauh dari keluarga. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan lezat, selain itu juga sangat praktis untuk membuatnya.

Berikut ini langkah-langkah untuk memasak mie instan versi rebus dengan mudah dan hasilnya memuaskan.

  • Rebus air bersih hingga mendidih, kemudian masukkan mie yang sudah dipisahkan dengan bumbunya ke dalam air mendidih tersebut dan tunggu hingga matang.
  • Masukkan semua bumbu ke dalam mangkuk atau piring (sesuai selera) yang akan digunakan untuk menyajikannya.
  • Masukkan mie yang sudah matang beserta kuahnya ke dalam mangkuk yang sama dengan bumbu mie dan mie siap untuk disajikan.

 

Cara Menyalakan Televisi

Televisi merupakan media elektronik yang digunakan masyarakat untuk hiburan dan mendapatkan informasi. Banyak acara-acara menarik dan pengetahuan umum yang ditampilkan melalui media ini. Berikut ini adalah cara menyalakan televisi dengan mudah dan tepat.

  • Colokkan kabel televisi dengan stopkontak, pastikan kabel tersebut sudah terpasang dengan benar.
  • Tekan tombol power yang ada di bawah layar televisi atau tombol power yang ada diremot.
  • Pilih channel televisi yang Anda inginkan untuk di tonton, kemudian atur volume sesuai dengan keinginan menggunakan remot.

6. Teks Prosedur Membuat Kue

Teks-Prosedur-Membuat-Kue

Contoh Teks Prosedur: Membuat Kue Donat

Kue donat atau biasa disebut donat merupakan salah satu jenis kue basah yang sangat populer di dunia. Sebagian besar orang diseluruh dunia pasti sudah mengenal makanan nikmat satu ini.

Sedangkan, cara membuat makanan ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan di rumah. Anda bisa mencoba membuat kue berbentuk lingkaran dengan ciri khas lubang di tengahnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 cc air putih
  • ½ kg tepung terigu
  • ½ bungkus ragi instan
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm mentega
  • 3 sdm susu kental
  • 2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • Aneka topping
  • Minyak goreng

Cara membuat donat:

  • Kocok 2 butir telur menggunakan sendok atau garpu. Setelah itu, masukkan gula pasir, garam, susu kental manis, mentega dan tepung terigu dan aduklah hingga tercampur rata.
  • Masukkan ragi dan air ke wadah yang berbeda, kemudian aduk hingga merata. Apabila sudah merata, masukkan campuran ragi ke dalam wadah yang sama dengan adonan utama.
  • Uleni adonan hingga kalis lalu tutup adonan dengan kain, kemudiankan diamkan agar mengembang.
  • Setelah adonan mengembang, ambilah satu sendok makan adonan tersebut kemudian bulatkan lalu letakkan pada Loyang yang sudah ditaburi tepung agar adonan tidak lengket.. Diamkan sejenak, kurang lebih selama 20-25 menit agar adonan mengembang.
  • Panaskan minyak goreng, lubangi adonan yang sudah dibulatkan pada bagian tengahnya. Setelah itu, goreng dengan api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Diamkan donat yang sudah di matang hingga dingin, selanjutnya taburi aneka topping sesuai dengan selera Anda.

7. Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng

Teks-Prosedur-Membuat-Nasi-Goreng

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang kini sudah menjadi kegemaran banyak orang. Membuat nasi goreng bukanlah hal yang sulit, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri

Berikut ini terdapat langkah-langkah membuat nasi goreng yang sederhana dan mudah.

Bahan-bahan:

  • 1 piring nasi goreng
  • 1 butir telur (boleh ayam atau bebek)
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Saus sambal
  • Gula
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Mentega

Cara membuat:

  • Cincang bawang putih dan bawang merah sampai halus.
  • Nyalakan kompor, pastikan api yang digunakan sedang saja. Taruhlah wajan diatas kompor, kemudian masukkan minyak goreng dan panaskan. Apabila Anda menggunakan mentega pastikan mentega tersebut meleleh sempurna.
  • Masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah dicincang halus ke dalam minyak goreng panas atau mentega yang telah leleh. Aduk hingga tercium bau harum dan warna berubah kuning kecoklatan.
  • Pecahkan telur dan masukkan ke wajan yang sama dengan bawang merah dan putih. Aduk atau orak-arik telur bersama dengan bawang merah dan putih hingga telur setengah matang.
  • Masukkan nasi putih yang telah disiapkan, kemudian aduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata dengan bahan lainnya lalu aburkan gula dan garam secukupnya atau sesuai dengan selera Anda.
  • Tambahkan kecap dan saus sambal sesuai selera, kemudian aduk hingga semua bagian nasi tercampur dengan bumbu-bumbu lainnya.
  • Setelah nasi dan bumbu tercampur dengan sempurna, tunggu sampai nasi beraroma harum khas nasi goreng. Selanjutnya, siapkan piring dan pindahkan nasi goreng tersebut di atasnya.
  • Apabila ingin tampilan nasi goreng terlihat indah di atas piring, Anda bisa menambahkan irisan mentimun dan tomat di atasnya. Dan nasi goreng siap untuk disajikan dan dinikmati.

8. Contoh Teks Prosedur Tentang Kesehatan

Contoh-Teks-Prosedur-Tentang-Kesehatan

Tips Menjalani Hidup Sehat

Sehat adalah anugerah yang selalu diharapkan oleh setiap orang yang ada di dunia. Hal tersebut tentunya harus dijaga dan tidak boleh disia-siakan. Maka dari itu Anda harus menjalani hidup sehat yang tepat dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi seperti, buah-buahan, sayuran, daging dan makanan lainnya.
  • Perbanyak olahraga
  • Istirahatlah yang cukup dengan tidur minimal 8 jam dalam sehari.
  • Perbanyak minum air putih, pastikan minum air putih setelah bangun tidur.
  • Memperbanyak pemikiran yang positif untuk kesehatan rohani.

9. Contoh Teks Prosedur Tentang Kebiasaan Hidup

Contoh-Teks-Prosedur-Tentang-Kebiasaan-Hidup

Cara Menggunakan Blender

Di zaman berkembangnya teknologi secara pesat seperti sekarang ini, blender telah menjadi salah satu peralatan masak harus tersedia di dapur. Pasalnya, alat elektronik satu ini dapat membuat pekerjaan Anda tidak berlarut-larut atau memakan waktu yang banyak.

Contohnya, untuk menghaluskan cabai atau bumbu lainnya tidak perlu menggunakan penumpuk lagi Anda bisa menggunakan blender.  Berikut ini adalah contoh teks prosedur tentang kebiasaan hidup sehari-hari yaitu cara menggunakan blender.

  • Siapkan bahan-bahan yang perlu dihaluskan menggunakan blender.
  • Gunakan mangkok blender yang sesuai dengan ukuran dan tekstur bahan-bahan tersebut. Mangkok blender berukuran besar biasanya digunakan untuk menghaluskan bahan basah seperti tomat, mentimun atau bahan-bahan lainnya.
  • Pasang mangkuk blender dengan tepat diatas mesin blender, kemudian putar mangkok hingga berbunyi klik. Hal tersebut sebagai tanda mangkok dan mesin blender sudah mengunci satu sama lain.
  • Tancapkan kabel ke dalam stopkontak lalu tekan tombol ON pada blender. Jika tombol blender berupa angka maka tekan sesuai dengan kecepatan yang Anda inginkan.
  • Apabila bahan sudah halus sesuai dengan keinginan Anda, maka tekanlah tombol off. Setelah itu angkat mangkok dari atas mesin blender dan pindahkan bahan yang sudah diblender ke wadah lain.
  • Bersihkan blender lalu taruh di tempat yang kering.

10. Contoh Teks Prosedur Kerajinan

Contoh-Teks-Prosedur-Kerajinan

Cara membuat kerajinan Layang-layang

Alat dan bahan:

  • Bambu dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 90 cm.
  • Bambu dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 50 cm.
  • Kertas minyak
  • Plastik atau kertas tipis lainnya
  • Benang
  • Car warna
  • Lem kertas
  • Penggaris
  • Gunting
  • Pisau

Cara membuat:

  • Buatlah kerangka layang-layang dengan ukuran yang telah disebutkan diatas. Siapkan dua ruas bambu yang memiliki panjang sekitar 60 cm dan 100 cm dengan diameter sekitar 1 cm.
  • Tata bambu dengan posisi menyilang dengan kedua sisi sama panjang. Letakkan benang pada poros tenang, posisi tersebut digunakan sebagai penyeimpang agar mendapat posisi yang tepat.
  • Ikat semua bagian ujung ruas dengan menggunakan benang, kemudian buatlah belahan pada setiap ruas yang akan digunakan sebagai pengait benang.
  • Siapkan kertas atau plastik (pilih salah satu atau dikombinasikan) dan letakkan di bawah kerangka layangan yang sudah jadi. Setelah itu buatlah pola dengan cat warna yang sesuai dengan kerangka dengan melebihkan ukuran sekitar 1-2 cm untuk membuat lipatan.
  • Potong kertas yang sudah diberi pula sesuai dengan garis dari cat warna.
  • Apabila ingin menambah keindahan layang-layang. Anda dapat menggambar dengan cat sesuai keinginan Anda.
  • Layangan siap untuk diterbangkan.

11. Contoh Teks Prosedur Protokol

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol

Tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media bertajuk Instagram menjadi salah satu aplikasi yang banyak diminati oleh seluruh kalangan masyarakat . Bahkan aplikasi ini tak hanya digunakan untuk berbagi keseharian tetapi juga sebagai lapak bisnis.

Untuk bisa mengakses aplikasi ini Anda harus memiliki akunnya. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun instagram dengan mudah tanpa ribet.

  • Unduh aplikasi resmi instagram, untuk pengguna Android bisa mengunduh di Google Play sedangkan pengguna iOS bisa mengunduh di App Store.
  • Apabila sudah terunduh dan terinstall di smartphone Anda, bukalah aplikasi instagram dengan mengetuk logo aplikasinya.
  • Pilih opsi daftar untuk membuat akun baru, Anda bisa memilih mendaftar menggunakan nomor telepon atau email.
  • Klik buat akun baru, kemudian masukkan nomor telepon atau email yang digunakan untuk mendaftar akun instagram sebelumnya.
  • Tunggu kode unik untuk konfirmasi masuk melalui email atau nomor telepon, kemudian masukkan kode unik tersebut ke kolom permintaan.
  • Buat username dan password sesuai keinginan Anda.
  • Lengkapi foto dan data diri serta kontak yang bisa dihubungi.
  • Klik selesai, akun sudah bisa digunakan.

 

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Aktivitas melelahkan yakni mencuci baju bisa digantikan dengan mesin cuci di zaman sekarang.tidak perlu lagi mengucek menggunakan tangan, Anda hanya perlu memencet tombol yang ada di panel kontrol mesin cuci.

Mesin cuci masa kini hadir dengan dua pilihan yakni mesin cuci dengan satu tabung dan dua tabung. Berikut ini terdapat langkah-langkah untuk menggunkan mesin cuci satu tabung yang banyak dimiliki oleh orang-orang.

  • Pilih dan pilah pakaian yang hendak dicuci sesuai dengan kategorinya, misalnya kategori pakaian dalam, pakaian putih dan pakaian yang mudah luntur.
  • Masukkan pakaian yang telah dipilah ke mesin cuci dan jangan sampai melebihi kapasitas.
  • Masukkan detergen secara merata agar semua pakaian terkena detergen.
  • Tutup pintu mesin cuci, kemudian sambungkan selang dengan kran air dan jangan lupa colokkan kabel mesin ke stop kontak dan tekan tombol power yang ada di kontrol panel.
  • Atur waktu pencucian dan pilihkan beberapa fungsi yang diperlukan.
  • Tekan tombol start dan tunggulah sampai proses pencucian berakhir yang ditandai dengan alarm mesin cuci berbunyi.
  • Buka tutup mesin cuci dan pindahkan semua pakaian ke wadah lain.

 

Cara Membuat Salad Buah

Salad buah merupakan makanan penutup yang lezat dan menyehatkan serta digemari banyak orang. Makanan ini berisi berbagai macam  buah yang dilumuri dengan saus khusus dengan rasa manis bercampur asam yang menggoyang lidah. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Aneka buah sesuai selera
  • Aneka jelly
  • 1 cup yogurt plain
  • 3 sdm mayonnaise
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • 50 gram keju
  • 1 sdm air lemon

Cara membuat:

  • Cuci semua buah hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil menyerupai dadu.
  • Potong aneka jelly sama besar dengan ukuran potongan buah.
  • Masukkan semua bahan yang telah dipotong ke dalam kulkas dan tunggu hingga 2 jam.
  • Sembari menunggu buah dingin, buatlah saus dengan mencampur yogurt plain, mayonnaise, susu kental manis, dan air lemon hingga merata lalu simpan di kulkas selama 2 jam.
  • Setelah 2 jam berlalu tata buah dan jelly dalam wadah saji, kemudian siram dengan saus hingga semua buah tertutupi.
  • Salad buah siap untuk disajikan dan dinikmati.

 

Tips Merawat Wajah Sensitif

Memiliki wajah yang bersih, mulus dan sehat merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkannya tentu Anda harus merawat agar kulit wajah tetap sehat dan tidak kusam. Apalagi jika wajah Anda sensitif dan cenderung oily.

Untuk mewujudkan wajah yang sehat, bersih dan mulus ikutilah tips merawat wajah sensitif di bawah ini:

  • Pilih produk perawat yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan tidak memilih produk dengan bahan dasar berbahaya.
  • Gunakan pelembab dan sunscreen agar wajah terhidrasi dengan baik.
  • Gunakan masker atau sheet mask dengan bahan alami minimal 3 kali seminggu dan hindari penggunaan masker yang berbentuk scrub.
  • Rajin minum air putih agar kulit mendapat asupan mineral yang cukup.
  • Hindari makanan siap saji dan mengandung minyak berlebihan.
  • Hindari penggunaan make up yang berlebihan.
  • Perbanyak konsumsi makanan sehat, terutama buah dan sayur.

 

Cara memasak Nasi dengan Rice Cooker

Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih, salah satu hasilnya adalah Rice Cooker. Benda tersebut merupakan alat penanak nasi yang praktis dengan menggunakan aliran listrik. Untuk menggunakannya memasak nasi ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan beras yang akan dimasak.
  • Cuci beras yang akan dimasak dengan air mengalir, kemudian masukkan ke dalam wadah khusus rice cooker.
  • Colokkan kabel rice cooker pada stop kontak lalu tutup rice cooker hingga terdengar suara klik,
  • Tekan tombol cook pada rice cooker dan pastikan lampu tanda mesin bekerja menyala, biasanya berwarna merah.
  • Tunggu warna lampu penanda berganti warna, hal tersebut menandakan nasi telah matang dan siap untuk dimakan.

 

Cara Mematikan Laptop

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh para pekerja karena alat ini memiliki banyak fungsi dan juga cukup mudah digunakan. Anda harus mengikuti prosedur pemaiakan yang baik untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengikuti prosedur tentang cara mematikan laptop dengan benar yang ada di bawah ini.

  • Pastikan semua aplikasi yang digunakan sebelumnya tertutup tanpa terkecuali.
  • Klik tombol start pada desktop kemudian pilih menu shut down. Sesudah itu, klik pilihan shut down kembali.
  • Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan keyboard dengan menekan tombol alt dan F4 secara bersamaan, kemudian enter.
  • Tunggu hingga laptop benar-benar mati dengan mengecek semua lampu mati.

 

Cara Membuat Akun Gmail

Gmail merupakan salah satu layanan email yang diciptakan oleh perusahaan Google sejak tahun 2004. Membuat akun gmail merupakan hal yang wajib untuk pengguna smartphone Android sebagai syarat pemasangan aplikasi. Prosedurnya adalah sebagai berikut.

  • Masuklah ke situs remsi gmail di gmai.com dan tunggu hingga halaman terbuka.
  • Klik “Creat An Account” dan isi form pendaftaran sesuai dengan data pribadi masing-masing.
  • Setelah itu masuk ke halaman verifikasi akun dan isilah kolom dengan nomor telepon yang masih aktif untuk pengiriman kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi ke kotak yang sudah disediakan ketika sudah menerima SMS dari pihak google dan email sudah selesai dibuat.
  • Login melalui aplikasi.

Kumpulan Contoh Teks Prosedur Berbahasa Inggris

Kumpulan-Contoh-Teks-Prosedur-Berbahasa-Inggris 

Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris: How to Make Sandwich

Materials:

  • Two slice of bread
  • Salad
  • Tomato sauce
  • Tomatoes
  • Mayonnaise
  • Cheese
  • Lettuce leaves

Steps:

  1. Firstly, place a slice of bread on the plate, then put the tomato sauce.
  2. Second, add all the other ingredients on the bread.
  3. Add lettuce leaves
  4. Next, put a slice of bread on the top.
  5. Finally, sandwich ready to eat.

 

Contoh Teks dalam Bahasa Inggris: How to Make a Pencil Case with Box

Materials:

  • Box
  • Glue
  • Paint marker
  • Scissors

Procedures:

  • Find a box and then peel off any labels.
  • Next, cut new labels from clean states of paper and then glue them on your box using the glue you prepared.
  • The next step, use decorative stickers, paint markers or hand draw to embellish your pencil case box.
  • Finally, your pencil box done and can be used.

 

How to Make a Coffee

Materials:

  • Water
  • Coffee
  • Sugar
  • Spoon
  • Katle and glass

Steps:

  1. First, boil the water in the stove
  2. Second, take two spoons of coffee and then put into a glass
  3. Next, take two spoons of sugar.
  4. Then, pour the hot water in the glass
  5. Stir it glenty and finally your coffee is ready!

 

How to Use Camera

You need:

  • A digital camera
  • The object

Steps:

  • Turn on camera
  • Center object in the LCD
  • Manage zoom control until get the best view
  • Take the picture
  • Press shutter all the way down

 

How to Call Person with Smartphone

If you want to call with someone, you can follow the instruction below:

  • Press the power button in your smartphone
  • Next, search the name of the person that you want to call in the contact list and then press the call button is green.
  • Wait until the call to be connected and received by the person.
  • And you will start the conversation with the person.
  • If you want to end the call, press the Call off button is red.

 

How to Make Iced Tea

Ingredients:

  • Tea bag
  • Ice cubes
  • Water
  • Sugar

Steps:

  • Boil the water and then pour the water into glass
  • Next, steep tea and then remove the tea bags.
  • Add sugar
  • Add the iced cubes
  • Finally, the Iced Tea ready to drink

Contoh teks prosedur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai jenisnya di atas dapat Anda jadikan referensi. Sedangkan penjelasan lengkap tentang teks prosedur dapat menambah pengetahuan Anda dan menambah wawasan tentang macam-macam teks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *