70+ Gambar Pemandangan Alam Indonesia dan Dunia (Gampang!)

11 min read

gambar-pemandangan

Ada begitu banyak gambar pemandangan yang bisa Anda tiru. Tidak melulu harus bernuansa alam, Anda juga bisa mengadopsi sejumlah potret lingkungan sekitar yang tak kalah menakjubkan. Realisasikan hasil gambar yang memukau dengan teknik pewarnaan luar biasa.

Daftar Isi

Kumpulan Gambar Pemandangan

1. Alam Serba Nila

Alam-Serba-Nila

Betapa indahnya lukisan alam dengan kombinasi warna nila untuk latar belakangnya. Tetapkan keasrian alam dengan menempatkan sejumlah pepohonan dan bebatuan kali. Jadikan aliran sungai sebagai refleksi dari latar belakang lukisan natural tersebut.

2. Pegunungan dan Rel Kereta

Pegunungan-dan-Rel-Kereta

Gambar ini menceritakan nuansa pegunungan yang indah. Tepat di atas sungai ada sebuah rel kereta yang membelah pemandangan. Nantinya sebuah kereta yang melaju akan mendapatkan suguhan pemandangan alam yang luar biasa dari gunung yang bertengger serta aliran sungai besar cukup tenang.

3. Gambar Pemandangan Air Terjun

Gambar-Pemandangan-Air-Terjun

Perpaduan warna lembayung di langit senja tentu memberikan nuansa menenangkan tersendiri. Bak di negeri dongeng, Anda bisa menempatkan sejumlah rumah tradisional tepat di sisi air terjun yang begitu deras.

4. Hunian Rahasia

Hunian-Rahasia

Kartun hunian rahasia seperti ini juga bisa menjadi alternatif gambar dan lukisan pemandangan yang tidak kalah apik. Gambar semacam ini tentu bisa membangkitkan ingatan Anda tentang sejumlah film animasi petualangan kesayangan. Misalnya, Scooby Doo dan Bima Sakti.

5. Musim Gugur

Musim-Gugur

Musim gugur selalu menarik bukan hanya dari segi penceritaan saja melainkan juga lukisan dan gambar. Musim gugur merupakan musim terbaik yang senantiasa paling berwarna di sepanjang tahun. Anda bisa menempatkan sejumlah pepohonan dengan warna oranye seperti halnya yang ada di negeri Kanada.

6. Lukisan Keasrian Pedesaan

Lukisan-Keasrian-Pedesaan

Lukisan potret pedesaan senantiasa menarik untuk dituangkan di atas sebuah kain kanvas. Anda bisa mengembalikan ingatan melalui lukisan pedesaan di era 90-an ke bawah. Keasrian alam pedesaan yang amat dirindui tentu bisa sedikit terobati dengan suguhan lukisan keasrian pedesaan.

7. Lukisan Pegunungan Es

Lukisan-Pegunungan-Es

Lukisan pegunungan es bisa menjadi opsi menarik Anda yang ingin menuangkan keasrian alam melalui secarik kanvas. Anda bisa mengadopsi gaya lukisan Zaria Forman yang begitu melegenda. Buatlah rangkaian pegunungan es dengan komposisi besar dan padukan dengan ketenangan air laut.

8.     Pemandangan Matahari Terbenam

Pemandangan-Matahari-Terbenam

Siluet matahari terbenam tentu bisa menjadi pilihan pemandangan menarik berikutnya. Bayangkan kehangatan nuansa senja dengan kombinasi alam dan burung-burung mungil yang beterbangan di bawah langit oranye. Refleksikan dengan aliran tenang sebuah sungai besar untuk memperindah suasana.

9. Lukisan Historia Peperangan dalam Hutan

Lukisan-Historia-Peperangan-dalam-Hutan

Melukis hutan tidak melulu harus dengan sejumlah satwa sebagai pelengkap. Anda bisa coba memadukannya dengan nuansa gerilya. Ambillah salah satu histori peperangan dunia atau regional setempat untuk menampilkan sebuah karya definitif.

10. Gambar Siluet Perkotaan Urban

Gambar-Siluet-Perkotaan-Urban.

Tidak melulu harus menuangkan senja dengan latar belakang pedesaan. Anda juga bisa mencicipi kesyahduan nuansa senja di perkotaan. Tambahkan sejumlah gedung-gedung bertingkat sebagai latar belakang gambar tepat di bawah langit.

11.   Animasi Taman Ibukota

Animasi-Taman-Ibukota

Gambar animasi horizontal taman di ibukota seperti ini juga bisa menjadi pilihan yang tak kalah mengagumkan bagi Anda. Anda bisa coba mengadopsi sejumlah potret taman ibukota seperti yang dimuat dalam sejumlah film animasi.

12.Lukisan Alam Feminin

Lukisan-Alam-Feminin

Ide lukisan ini sangat cocok bagi penggemar nuansa feminim seperti Anda. Buatlah sebuah gambar pemandangan sekitar seraya menambahkan warna-warna feminin. Warna-warna semacam itu tentu bisa memberikan kesan lembut dan cantik.

13. Gambar Danau dan Gunung

Gambar-Danau-dan-Gunung

Melukis pemandangan tentu amat identik dengan pegunungan. Kali ini Anda bisa coba menambahkan danau dengan air tenang sebagai ganti objek persawahan. Tempatkan juga sebuah bangku panjang tepat di bawah rindangnya pepohonan sebagai tempat bersantai ria sambil menyaksikan pemandangan.

14. Lukisan Animasi Pemandangan Simpel Anak SD

Lukisan-Animasi-Pemandangan-Simpel-Anak-SD

Pemandangan hd simpel semacam ini tentu bisa dengan mudahnya dikerjakan oleh siswa SD. Lukisan ini menempatkan sebuah pohon sebagai objek utama dengan warna merah yang semu. Berikan sebuah pegunungan yang menjulang tinggi dengan bagian pucuknya berupa istana layaknya negeri dongeng.

15. Gambar Pemandangan Alam Sederhana

Gambar-Pemandangan-Alam-Sederhana

 

Potret pemandangan alam sederhana ini mengambil fokus lokasi di desa. Alih-alih menempatkan sebuah rumah khas pedesaan setempat, Anda justru bisa menempatkan rumah bercerobong asap khas negara empat musim. Lukis juga sejumlah pohon cemara sebagai background potret pemandangan tersebut.

16. Pemandangan Alam Paling Simpel

Pemandangan-Alam-Paling-Simpel

Pemandangan alam paling simpel ini tentu dapat dengan mudah Anda tiru. Jangan lupa untuk memberikan sedikit sentuhan fantasi untuk memperindah potret tersebut. Misal, dengan menempatkan dua ekor jerapah dengan leher super panjang.

17. Gambar Pemandangan yang Indah

Gambar-Pemandangan-yang-Indah

Pemandangan indah semacam ini tentu akan terealisasi dengan sempurna apabila Anda berani mengkombinasikan ragam warna-warna lembut. Padukan warna-warna feminin seperti merah jambu, kuning, hijau muda dan biru. Gunakan juga cat air sebagai sensasi pewarnaan lukisan yang berbeda.

18. Lukisan Alam Serba Hijau

Lukisan-Alam-Serba-Hijau

Lukisan penuh dengan warna hijau mampu mencerminkan daya hidup serta martabat baik. Hijau ialah wakil warna dari sejumlah tanaman hidup serta pertumbuhannya yang saling berkesinambungan. Esensi alami yang dipadukan dengan sejumlah bunga-bunga segar tentu amat memukau.

19. Lukisan Pelangi

Lukisan-Pelangi

Pelangi memiliki makna kehidupan tersendiri. Kemunculannya yang sebentar tentu amat berharga untuk dilewatkan begitu saja. Saat Anda menuangkan pelangi di atas kanvas, tentu ini bisa menjadi pengingat bahwa Anda telah berhasil memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

20. Lukisan Alam dengan Kombinasi Warna Violet

Lukisan-Alam-dengan-Kombinasi-Warna-Violet

Lukisan alam tidak melulu harus berfokus pada warna hijau saja. Anda juga bisa menambahkan sentuhan fantasi dengan dominasi warna violet biru. Warna-warna seperti ini dapat memberikan kesan menenangkan serta kualitas harmonisasi hidup yang baik.

21. Lukisan Alam Rumah Dua Lantai Mungil

Lukisan-Alam-Rumah-Dua-Lantai-Mungil

Lukisan dengan objek rumah dua lantai khas Amerika ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Alih-alih menampilkan kesan kaku, Anda justru bisa memberikan nuansa fantasi yang artistik dengan tembok rumah yang melengkung secara vertikal.

22. Lukisan Kincir Angin

Lukisan-Kincir-Angin

Jika Anda ingin melukis pemandangan alam yang berbeda, maka bisa coba untuk mengadopsi gaya lukisan ala Van Gogh. Lukisan dengan gaya ekspresionisme ini juga melahirkan spontanisme yang kuat. Berikan juga sentuhan ragam warna yang ada di alam sekitar.

23. Lukisan Pemandangan Laut

Lukisan-Pemandangan-Laut

Lukisan ini kaya dengan warna biru khas laut dan langit yang amat cantik. Menakjubkannya lagi, lukisan ini juga menampilkan larik-larik sinar matahari yang tertutup awan tebal. Jika Anda suka kebebasan, maka lukisan ini bisa menjadi alternatif yang cukup elok.

24. Lukisan Alam Dominasi Warna Hijau

Lukisan-Alam-Dominasi-Warna-Hijau

Lukisan yang objeknya kaya akan warna hijau tentu bisa menjadi identitas lingkungan yang sehat. Untuk menyuguhkan nuansa yang berbeda, Anda bisa mengambil latar belakang lokasi padat penduduk. Hadirkan kesan seakan-akan masih ada nuansa alam yang tersisa di tengah padatnya pemukiman.

25. Potret Hunian Ala Animasi Strawberry Shortcake

Potret-Hunian-Ala-Animasi-Strawberry-Shortcake

Lukisan pemandangan yang mengadopsi dari sejumlah animasi serial TV tentu senantiasa memikat hati. Salah satunya konsep hunian dengan lingkungan alam sekitar yang penuh fantasi. Kolaborasikan warna netral seperti biru dan putih sebagai latar belakang agar objek utama lukisan tersebut kian menonjol.

26. Lukisan Alam Dominasi Warna Ungu

Lukisan-Alam-Dominasi-Warna-Ungu

Ungu senantiasa memberikan kesan mewah dan elegan. Coba buatlah pemandangan perkotaan dengan sentuhan warna ungu yang dominan. Gunakan cat minyak agar warna ungu tersebut kian hidup.

27. Potret Lingkungan Kerajaan Asia

Potret-Lingkungan-Kerajaan-Asia

Jika Anda sudah jatuh cinta dengan lingkungan kerajaan Asia, maka bisa coba menuangkannya di atas kanvas. Ambil nuansa malam hari agar lukisan terasa kian hangat. Tampilkan ornamen serba kerajaan Asia yang amat eksotis dengan gemerlapnya langit malam.

28. Potret Negeri Tionghoa

Potret-Negeri-Tionghoa

Jika mengambil secuil lokasi kerajaan saja tak cukup, maka Anda bisa coba menuangkan atmosfer lingkungan serba Tionghoa yang kental di atas kertas lukis. Anda bisa coba mengambil setting di tempat terbuka atau pasar.

29. Lukisan dengan Objek Utama Gadis Tionghoa

Lukisan-dengan-Objek-Utama-Gadis-Tionghoa

Jika Anda menyukai lukisan alam bernuansa eksotis, cobalah untuk mengambil inspirasi dari salah satu pejuang Tiongkok yakni Mulan. Ambil latar belakang pada masa Dinasti Utara sekitar tiga ratusan masehi dengan Hua Mulan sebagai objek utama lukisan tersebut.

30. Lukisan Senja Kelabu

Lukisan-Senja-Kelabu

Senja tidak melulu harus oranye. Anda bisa coba menuangkan dominasi warna ungu dalam suasana senja di sudut perkotaan. Jika dilihat lebih dalam, nuansa lukisan ini tentu mampu menghadirkan perasaan sendu.

31. Lukisan Fantasi Raksasa

Lukisan-Fantasi-Raksasa

Bermain fantasi tentu sangat menyenangkan, bukan? Salah satunya dengan coba melukis pemandangan bernuansa twilight dengan objek raksasa. Walaupun sedikit bikin merinding, namun lukisan ini bisa menjadi pajang berbeda pada dinding rumah Anda.

32. Potret Rumah Ala Eropa

Potret-Rumah-Ala-Eropa

Bagi Anda yang susah move on dari nuansa Eropa, tentu bisa menuangkannya ke dalam bentuk gambar maupun lukisan. Satukan dengan imajinasi warna-warni kalem untuk memberikan kesan feminin pada potret tersebut.

33. Gambar Tepi Hutan dan Kehidupan Perkotaan

Gambar-Tepi-Hutan-dan-Kehidupan-Perkotaan

Ini bisa menjadi pilihan lukisan pemandangan yang cukup berbeda. Cobalah mengambil sudut pandang dari balik rerimbunan hutan seraya berfokus pada kehidupan perkotaan yang gemilang.

34. Potret Gedung Pencakar Langit

Potret-Gedung-Pencakar-Langit

Potret gedung pencakar langit juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar lukisan pemandangan alam yang penuh makna. Anda bisa coba mengambil sudut pandang kelengangan di pagi hari untuk nuansa perkotaan yang tetap bernyawa. Lukisan ini tentu akan menjadi sebuah karya yang epik.

35. Gambar Pemandangan Hitam Putih

Gambar-Pemandangan-Hitam-Putih

Lukisan hitam putih ini nampak begitu menggugah nurani. Melalui lukisan ini Anda tentu bisa memaknai suasana yang berbeda tanpa perlu warna-warna semarak. Penyampaian pesan lukisan tentu kian mendalam dengan kombinasi dua warna netral tersebut.

36. Lukisan Keluarga Bahagia

Lukisan-Keluarga-Bahagia

Lukisan ini adalah cara keren untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada keluarga tercinta. Anda bisa mengambil latar belakang taman perkotaan dimana sebuah keluarga tengah asyik bersenda gurau. Jangan lupa sentuhkan warna-warna semarak agar suasana semakin hidup.

37. Lukisan Pemandangan Malam dan Bulan

Lukisan-Pemandangan-Malam-dan-Bulan

Malam dan bulan adalah kombinasi yang pas untuk dituangkan ke dalam sebuah lukisan. Pada lukisan tersebut tampak sebuah pekarangan lapang tengah menghangat karena sorot bulan. Bayangan hitam tercipta dari pagar yang melingkar seakan-akan kian menampilkan nuansa malam romantis.

38. Lukisan Pemandangan Selepas Perang

Lukisan-Pemandangan-Selepas-Perang

Meski tergolong cukup mengerikan, akan tetapi lukisan yang terinspirasi dari peperangan ini bisa memunculkan begitu banyak nilai moral. Anda bisa mengambil kisah heroik dari pahlawan masa perang ke dalam lukisan cantik ini.

39. Lukisan Gedung-Gedung Ibukota

Lukisan-Gedung-Gedung-Ibukota

Ada begitu banyak cerita di ibukota yang menarik untuk dituangkan di atas kanvas. Misalnya, deretan gedung-gedung tinggi pencakar langit seperti ini. Anda bisa mengekspresikan imajinasi Anda tentang padatnya nuansa perkotaan melalui lukisan ini.

40. Lukisan Ketertiban Lalu Lintas

Lukisan-Ketertiban-Lalu-Lintas

Lukisan lalu lintas tersebut menyimpan makna keberagaman sekaligus toleransi dalam berkendara. Lukisan tersebut juga bisa dijadikan sindiran atas lalu lintas saat ini yang cenderung mengabaikan ketertiban. Hal ini banyak terjadi di jalanan perkotaan yang padat.

41. Gambar Pemandangan Indah

Gambar-Pemandangan-Indah

Pemandangan ini memiliki fokus terhadap perkotaan di tepi laut. Meski terlihat sederhana, namun gambar ini cukup menarik perhatian. Perspektif yang tak biasa dari lukisan ini membuatnya amat berkesan.

42. Lukisan Malam Penuh Fantasi

Lukisan-Malam-Penuh-Fantasi

Apa yang Anda bayangkan dari saat melihat lukisan ini? Pasti mengagumkan. Lukisan ini berhasil dikemas secara apik, sehingga menyebabkan Anda seolah-olah ikut hanyut dalam suasana. Jika dibayangkan lebih jauh, Anda seperti tengah berada di alam dongeng yang luar biasa cantiknya.

43. Gambar Bunga Sakura dan Bangunan Tradisional Jepang

Gambar-Bunga-Sakura-dan-Bangunan-Tradisional-Jepang

Membawa nuansa Jepang ke dalam hasil karya pribadi tentu bukan perkara yang sulit. Alih-alih hanya berfokus pada potret bunga sakura, Anda juga bisa menambahkan bangunan tradisional Jepang yang begitu artistik. Tampilkan pula pegunungan Fuji sebagai latar belakang lukisan.

44. Gambar Pertokoan Jepang

Gambar-Pertokoan-Jepang

Pertokoan ala Jepang tampak begitu cantik sekaligus mudah digambar. Ambil salah satu jenis pertokoan Jepang sebagai fokus Anda. Misal, toko ikan, daging dan kelontong.

45. Gambar Dua Ruko Khas Jepang

Gambar-Dua-Ruko-Khas-Jepang

Lukisan seperti ini bisa menjadi simbol ungkapan sikap individualisme dalam suatu kelompok masyarakat. Dengan adanya dua ruko berjarak tentu menggambarkan kepribadian orang-orang yang menempati hunian tersebut sebagai individu yang senantiasa menjaga kesenjangan.

46. Potret Macam-Macam Ruko Khas Jepang

Potret-Macam-Macam-Ruko-Khas-Jepang

Pertokoan dianggap sebagai citra diri yang bersungguh-sungguh dalam mencari nafkah. Untuk itu, melukis objek semacam ini sangatlah baik sebagai pemantik api semangat yang ada dalam diri Anda. Di samping itu, gambar seperti ini juga mudah diwarna.

47. Lukisan Kepadatan Negeri Matahari Terbit

Lukisan-Kepadatan-Negeri-Matahari-Terbit

Jepang senantiasa digambarkan sebagai negara yang super sibuk. Kehidupan yang serba kerja tentu cukup menarik perhatian masyarakat luas. Jika Anda mau menuangkan kesibukan Jepang ke dalam sebuah lukisan, maka cobalah untuk mengadopsi tema lukisan ini.

48. Gambar Pensil Menara Eiffel

Gambar-Pensil-Menara-Eiffel

Paris merupakan perkotaan romantis. Salah satu simbolnya adalah Menara Eiffel. Tidak selalu menggunakan cat air, Anda bisa menyajikan potret cantik Paris hanya dengan pensil warna. Wujudkan kharisma Menara Eiffel di antara ribuan gedung bertingkat di bawahnya.

49. Lukisan Pohon Sakura di Depan Rumah

Lukisan-Pohon-Sakura-di-Depan-Rumah

Sekali lagi, pohon sakura dengan warna ungu muda yang begitu cantik bisa menjadi pilihan lukisan istimewa Anda. Sebagai latar belakang, Anda bisa menempatkan sebuah rumah khas Jepang yang sederhana.

50. Lukisan Perempuan Bertopi yang Berjalan Seorang Diri

Lukisan-Perempuan-Bertopi-yang-Berjalan-Seorang-Diri

Jika Anda ingin menampilkan kesan misterius, maka bisa coba membuat lukisan ini. Buatlah sebuah lukisan yang berfokus pada seorang gadis bertopi besar khas Eropa. Ciptakan kesan seakan-akan dia tengah berjalan menikmati jalanan di kotanya.

51. Lukisan Cat Air Deretan Gedung Bertingkat

Lukisan-Cat-Air-Deretan-Gedung-Bertingkat

Sekali-kali Anda bisa coba membuat lukisan gedung bertingkat dengan nuansa feminim. Kesampingkan unsur ketegasan bangunan gedung bertingkat dan beralihlah pada warna-warna kalem seperti ungu muda, merah jambu dan oranye.

52.   Lukisan Seorang Gadis dan Anjingnya

Lukisan-Seorang-Gadis-dan-Anjingnya

Pada lukisan ini, pemandangan alam bukan lagi menjadi fokus utama. Pemandangan dalam lukisan ini dihadirkan sebagai background utama. Justru seorang gadis dan anjingnya yang menjadi objek utama gambar ini.

53. Lukisan Pedesaan yang Penuh Fantasi

Lukisan-Pedesaan-yang-Penuh-Fantasi

Pemandangan di pedesaan seringkali menjadi fokus utama dalam pembuatan lukisan bertema natural. Kali ini Anda bisa mengkolaborasikannya dengan sentuhan ornamen fantasi beserta warna-warni kalem yang kian menambah magis nuansa pedesaan.

54. Lukisan Lingkungan Padat Penduduk

Lukisan-Lingkungan-Padat-Penduduk

Lukisan ini merupakan simbol protes dari keresahan yang timbul akibat tinggal di lingkungan padat penduduk. Kurangnya spasi bagi penduduk setempat untuk melakukan sejumlah aktivitas juga dibarengi dengan kebutuhan udara segar yang kian memprihatinkan.

55. Gambar Gedung Tingkat Nan Mewah

Gambar-Gedung-Tingkat-Nan-Mewah

Jika Anda masih ingin menuangkan imajinasi seputar nuansa perkotaan, maka cobalah untuk mengambil objek gedung bertingkat ini. Tidak melulu harus mengambil fokus sederet gedung bertingkat, Anda hanya cukup menilik sebuah gedung saja.

56. Lukisan Rumah Padat Penduduk dengan Warna Bangunan Beragam

Lukisan-Rumah-Padat-Penduduk-dengan-Warna-Bangunan-Beragam

Jika Anda sempat berkunjung ke daerah Yogyakarta, Indonesia tentu pernah melihat pemandangan ragam hunian padat penduduk dengan warna bangunan beragam nan cerah. Nah, bisa saja segera mengambilnya sebagai ide brilian untuk lukisan terbaik Anda.

57. Gambar Pemandangan Laut

Gambar-Pemandangan-Laut

Tidak hanya indah, lukisan pemandangan perkotaan tepi bawah laut semacam ini juga bisa menjadi ekspresi kebebasan Anda. Walaupun tidak memerlukan banyak warna, akan tetapi lukisan ini tetap memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Anda bisa menikmati sendiri keindahan lukisan ini dalam sekejap mata.

58. Lukisan Hiruk Pikuk Suasana di Pabrik

Lukisan-Hiruk-Pikuk-Suasana-di-Pabrik

Jangan salah, pabrik juga bisa menjadi alternatif lukisan pemandangan yang cukup menarik. Suguhkan padatnya aktivitas pabrik ke dalam lukisan Anda dengan kombinasi warna perak dan hijau. Katakan lewat gambar bahwa bangunan pabrik tidak melulu merusak lingkungan.

59. Pemandangan Ribuan Pohon Cemara

Pemandangan-Ribuan-Pohon-Cemara

Lukisan ini menceritakan pemandangan hutan cemara di kala sunset. Alih-alih menggunakan warna asli pepohonan khas Natal ini, Anda justru bisa memberikan sentuhan warna hitam. Seolah-olah pohon cemara dalam lukisan tersebut hanya berupa siluet.

60. Lukisan Pemandangan Tepi Danau

Lukisan-Pemandangan-Tepi-Danau

Lukisan ini mengambil latar hunian di tepi danau. Selain nampak begitu indah, lukisan yang mengambil titik fokus daerah tepi danau tentu bisa menjadi simbol kelestarian lingkungan. Salah satunya sebagai upaya untuk melestarikan hutan tepi danau.

61. Gambar Gedung Bertingkat

Gambar-Gedung-Bertingkat

Hiruk pikuk perkotaan tentu selalu menarik untuk dilirik. Di dalam gambar tersebut tampak begitu jelas sejumlah gedung bertingkat yang senantiasa menghiasi cakrawala perkotaan. Meski tidak jarang mengusik mata, namun di sejumlah gedung bertingkat tersebut orang-orang tengah mencari rezeki.

62. Lukisan Pemandangan Kota Malam

Lukisan-Pemandangan-Kota-Malam

Potret nuansa malam di perkotaan tentu amat eksotis. Sayang sekali untuk Anda lewatkan begitu saja. Tuangkan padatnya nuansa perkotaan dan gemerlapnya lampu malam yang amat cantik di atas kanvas lukis Anda.

63. Gambar Pemandangan Pantai

Gambar-Pemandangan-Pantai

Pantai selalu menarik untuk dijadikan sebagai objek gambar. Bayangkan keindahan nuansa musim panas di tepi pantai hanya pada lukisan pemandangan ini saja.

64. Lukisan Musim Panas di Pantai

Lukisan-Musim-Panas-di-Pantai

Pemandangan musim panas di pantai selalu menarik untuk diabadikan. Tidak hanya melalui foto saja, akan tetapi juga bisa melalui lukisan. Cobalah untuk membuat lukisan seperti ini.

65. Lukisan Berjemur di Tepi Pantai

Lukisan-Berjemur-di-Tepi-Pantai

Potret ini cocok sekali menggambarkan nuansa musim panas di tepi pantai. Ketika banyak orang memanfaatkan musim panas untuk berjemur di pantai, maka Anda bisa mengabadikannya sebagai objek lukisan.

66. Potret Pegunungan

Potret-Pegunungan

Lukisan sederhana ini mengusung tema utama pegunungan. Di halaman muka, Anda bisa menambahkan jalan raya yang membentang tanpa hambatan.

67. Lukisan Malam di Pegunungan

Lukisan-Malam-di-Pegunungan

Lukisan ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda yang ingin menghadirkan nuansa cukup berbeda. Hanya dengan perpaduan tiga warna saja sudah cukup untuk membuat potret ini kian menarik.

68. Lukisan Hutan

Lukisan-Hutan

Potret pemandangan alam tentu identik dengan tumbuhan serba hijau. Salah satunya adalah hutan. Selain memukau, lukisan ini tentu bisa membawa nuansa sejuk tersendiri bagi setiap mata yang memandang.

69. Siluet Hutan

Siluet-Hutan

Hadirkan pekatnya nuansa hutan dengan lukisan semacam ini. Tidak melulu dengan warna-warna khas alam yang serba hijau, Anda justru bisa menuangkan cukup satu warna saja.

70. Lukisan Kastil

Lukisan-Kastil

Lukisan kastil tentu bisa menjadi potret pemandangan yang cukup anti mainstream. Anda bisa mengambil sudut kastil dari balik rimbunnya pepohonan dengan mengkombinasikan warna biru dan ungu. Dijamin lukisan ini akan beda daripada biasanya.

Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Menggunakan Krayon

1. Teknik memutar

Teknik melakukan pewarnaan terhadap krayon pada lukisan pemandangan bisa Anda lakukan dengan cara memutarkan krayon berulang kali. Teknik ini nantinya bisa membuat kertas terwarnai dengan begitu baik. Mewarnai pemandangan alam dengan teknik ini tentu memiliki kelebihan tersendiri.

Hal yang paling utama tentu saja ada pada hasil lebih merata (maksimal). Anda hanya perlu mengaplikasikan pewarnaan pada wujud gambar yang cenderung sama prosesnya. Sayang sekali, pengerjaan pewarnaan dengan krayon terbilang cukup lama.

2. Teknik melakukan goresan

Teknik ini membutuhkan keahlian Anda untuk melakukan goresan garis lurus berulang kali pada kertas gambar. Hal ini tentu membuat pengerjaan Anda kian cepat. jangan lupa untuk senantiasa menyesuaikan pengaplikasian pewarnaan terhadap sejumlah wujud gambar.

Misalnya, dengan memberikan warna tua terlebih dahulu pada gradasi lukisan. Barulah berikutnya bisa disusul dengan warna-warna lain yang lebih muda. Sayangnya, teknik ini memiliki kekurangan yakni terkait hasil akhir yang kurang optimal.

Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Menggunakan Pensil Warna

1. Stippling

Teknik yang pertama adalah teknk stippling. Teknik ini memungkinkan Anda membuat gambar dengan sejumlah titik kecil di atas kertas. Tidak selalu rapat, titik-titik hasil stippling juga bisa dibuat renggang. Teknik ini merupakan cara terbaik untuk memberikan tekstur menarik bagi hasil gambar Anda.

2. Hatching

Setelah stippling, adalah satu teknik yang tidak kalah penting untuk diketahui yaitu teknik hatching. Teknik hatching dikerjakan dengan membuat serangkaian gambar garis paralel. Wajib Anda ingat bahwa garis tersebut harus ada pada arah sama. Angkatlah pensil ke atas usai menyelesaikan sebuah garis. Lakukan seterusnya sampai gambar Anda selesai dibuat.

3. Cross-hatching

Teknik menggambar pemandangan dengan pensil warna ini mencakup rangkaian teknik hatching namun dengan arah sedikit berbeda. Teknik ini merupakan cara terbaik guna menciptakan sebuah bayangan pada hasil gambar Anda.

4. Back & Forth Stroke

Ini termasuk ke dalam kategori teknik paling awam bagi pelukis pemula. Teknik ini sangat mirip dengan teknik mewarnai ala anak-anak. Back & Forth Stroke tentu sangat efektif guna mengisi segala ruang berbeda pada kertas gambar Anda.

5. Scumbling

Teknik scumbling memungkinkan Anda dalam membuat lingkaran tanpa terputus di atas kertas gambar. Teknik ini sangat bagusuntuk mengisi ruang berbeda dengan warna amat beragam.

Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan dengan Cat Air

1. Flat wash

Teknik ini terbilang cukup menarik karena tidak dapat menimbulkan efek gradasi pewarnaan pada tiap penyapuannya. Flat wash memungkinkan Anda untuk memberikan tekanan yang ekstra pada kertas gambar sehingga menimbulkan warna cukup tebal.

2. Graded wash

Graded wash merupakan teknik pewarnaan khusus cat air yang mampu menyuguhkan sapuan warna amat tipis pada kertas gambar. Usai menyapukan kuas basah, Anda perlu mengeringkannya dengan tisu sampai tidak ada lagi warna yang menempel di kuas lukis tersebut.

3. Dry on wet

Teknik satu ini akan menimbulkan efek smudge. Hasil dari lukisan cat air dengan teknik ini akan memiliki efek penyebaran warna pada sisi tepi cat air.

4. Dry on dry

Teknik yang merupakan lawan dari dry on wet ini memanfaatkan fungsi langsung dari pasta cat air. Jadi, pasta tersebut langsung dioleskan pada kertas kering tanpa mencelupkannya ke dalam air.

5. Wet on wet

Teknik ini memanfaatkan kuas basah serta kertas kering guna menciptakan desain watercolour. Nantinya teknik ini akan memunculkan efek splatter sekaligus efek blurry pada kertas lukis Anda. Teknik ini banyak digunakan untuk lukisan menggunakan cat air dan caranya cukup mudah. Pastikan kertas telah dibasahi terlebih dahulu untuk memaksimalkan efek wet on wet.

6. Wet on dry

Bagi Anda yang masih awam dalam menggunakan cat air, maka bisa menggunakan teknik ini. Tujuan teknik pewarnaan ini tidak lain untuk menimbulkan gradasi warna natural. Di samping itu, teknik ini juga bisa mempermudah Anda dalam mengatur konsistensi gradasi. Teknik wet on dry cocok digunakan untuk pewarna cat air maupun akrilik. Kesan yang dihasilkan juga lebih natural.

Pada dasarnya ada begitu banyak contoh gambar atau lukisan pemandangan yang bisa Anda contoh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa untuk memakai teknik pewarnaan yang tepat. Anda bisa memilih penggunaan krayon, pensil warna maupun cat air tergantung kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *