1000+ Kata-Kata Bijak Buat Pacar, Cinta, Sunda, B. Inggris, Lucu, Islami

17 min read

kata-kata-bijak

Pernahkah Anda tersentuh dan tersadar ketika membaca kata-kata bijak di internet, buku atau pendapat orang? Jika iya, jenis apa yang paling disukai? Apakah romantis, bijak, islami, lucu dan yang lainnya?

Apakah  tidak pernah membacanya hanya karena takut dibilang lebay? Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah, karena setiap orang membutuhkan motivasi yang mampu membuatnya semangat lagi.

Artikel ini membahas tentang kata-kata bijak yang mampu mengubah prinsip dan pandangan Anda tentang kehidupan. Menjadikan pribadi yang tangguh dan respect akan banyak hal.

Daftar Isi

Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa

Kata-Kata-Bijak-Bahasa-Jawa

Bahasa Jawa memang kaya akan nasehat yang merasuk di hati. Jika jaman dahulu  didapatkan dengan mendatangi orang tua atau sesepuh yang ahli di bidangnya. Sekarang Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Beberapa contohnya adalah:

“Tetep eling lan waspada, wong golek pepadhang kuwi biasane akeh sing ngalangi”

Yang artinya adalah tetap ingat dan waspada, orang yang mencari pencerahan atau sesuatu yang baik itu banyak yang menghalangi.

“Jarene emak, ora butuh sing mewah, sing sederhana wae penting ati bungah, percuma mewah tapi atine susah”

Artinya adalah kata ibu, tidak membutuhkan yang mewah, yang sederhana saja yang penting senang. Percuma kan mewah tapi hatinya susah.

“Ilingo ngger, kowe yen kepengen urip mulyo kudu wani soro”.

Artinya, ingatlah nak, kamu kalau ingin hidup mulia maka harus berani bersusah payah.

“Dadi wong kui sik andhap asor.”

Artinya, jadilah orang yang selalu rendah hati.

“Alam kui ora bisa dilawan. Bencana alam sik ning alam dunyo kui dadi bebaya saking Gusti.”

Artinya, alam itu tidak bisa dilawan. Bencana alam yang terjadi di dunia ini sebagai pertanda dari Tuhan.

Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris

Kata-Kata-Bijak-Bahasa-Inggris

Bahasa Inggris memang menjadi patokan seluruh dunia. Siapapun yang bisa melafalkan dan menuliskannya dianggap keren. Nah Anda bisa membuat kata-kata di bawah ini untuk dijadikan status dan pedoman hidup.

1. Tentang Pengetahuan

“Knowledge and skills are tools, the workman is the caracter”

Yang artinya adalah pengetahuan dan keterampilan merupakan sebuah alat, yang menentukan kesuksesan adalah tabiat. Intinya, semua orang harus mempunyai perilaku yang baik.

2. Tentang Pengorbanan

“Anything that did not make me happy, but if i do something for you”

Artinya adalah apapun yang kulakukan tidak membuatku bahagia. Kecuali jika aku lakukan untukmu. Cocok sekali untuk memotivasi diri sendiri agar tidak egois.

3. Tentang Motivasi

“Life and when you stop dreaming, hope is lost when you stop believing, and love fails when you stop caring”

Artinya, hidup akan berakhir saat kamu berhenti bermimpi. Harapan hilang ketika kamu berhenti percaya dan cinta gagal ketika kamu berhenti peduli”.

Kata-Kata Bijak Mario Teguh

Kata-Kata-Bijak-Mario-Teguh

Siapa sih yang tidak kenal dengan Mario Teguh? Seorang motivator yang terkenal pada masanya. Kata-katanya selalu di iyakan oleh siapapun. Beberapa contohnya yaitu :

“ Daya tarik itu tidak sama dengan kecantikan. Karena belum tentu yang cantik itu menarik”.

“Bersabar memang tidak menjamin bahwa Anda bisa mengatasi sebuah masalah. Tapi semua masalah membutuhkan kesabaran dalam mengatasinya “.

“Wanita yang baik memang akan menuntut untuk diperhatikan, tapi tidak akan menjadikannya mengemis perhatian”..

“ Kalau malas cari kerja, jangan cari cinta”.

“Apapun yang terjadi, selalu dahulukan keluarga, karena ketika semua runtuh dan gagal hanya keluargalah yang mampu menerimamu”.

“Tidak peduli dengan seberapa buruk dirimu kemarin, karena yang paling terpenting adalah engkau masih bisa mengupayakan untuk hidup lebih baik”.

“Sukses adalah menjadi orang baik. Maka jadilah kamu seseorang yang berilmu, bekerja, berkeluarga yang baik, rukun dan mempunyai rumah di surga”.

Kata-Kata Bijak untuk Suami

Kata-Kata-Bijak-untuk-Suami

Permasalahan rumah tangga memang tidak ada habisnya ya. Selalu ada saja, entah itu dari istri atau suami. Namun tentunya hal tersebut bukan menjadi halangan untuk tetap bersama. Anda bisa mencari kata-kata bijak untuk suami dan memberitahukan ketika dalam kondisi yang tepat.

“Suami yang mengusap air mata istri menghapus kesedihannya. Maka Allah membukakan pintu surga baginya dan keluarganya”.

“Pernikahan bisa langgeng jika dua pasangan menyadari bahwa hal baik terkadang datang setelah terjadi hal buruk”.

“Suamiku, bertaqwalah kepada Allah, janganlah engkau memberi makan kami kecuali yang halal. Sungguh Kami bisa bersabar atas makanan yang sedikit. Tetapi Kami tidak bisa bersabar atas panasnya api neraka”.

“Terimakasih suamiku karena engkau telah membuat badan aku menjadi melar, dan selalu ke kanan tiap kali ditimbang berat badannya”.

“Kesuksesan seorang suami bisa berasal dari istri yang sayang dan mendoakannya. Tapi kebalikannya, kebangkrutan seorang suami berasal dari doa istri yang teraniaya”.

“Semoga, seluruh keringat yang dikeluarkan oleh suamiku dalam memperjuangkan keluarga akan diganti oleh Allah surga dan tempat yang terbaik”.

“Kuucapkan terima kasih karena telah bersedia mendidikku, bukan hanya menjadi istri yang baik tetapi juga diridhai oleh Allah”.

Kata-Kata Bijak untuk Pacar

Kata-kata-bijak-untuk-pacar

Pacar adalah seorang yang istimewa. Ikatan yang dibangun sebelum pernikahan untuk mengenal satu sama lain ini nampaknya sering membuat diri menjadi galau, senang, sedih dan lain-lain. Anda bisa menggunakan kata-kata di bawah ini untuk dikirimkan ke orang spesial :

1. Kata-Kata Sanjungan

“Ketika saya bertemu dengan mu, matamu layaknya sebuah bintang timur. Lalu seketika menghilangkan apa yang ingin kuucap”.

2. Kata-Kata Romantis

“Aku akan menjagamu, menemanimu, sekarang, saat ini dan selamanya”.

“Hari ini, nanti dan seterusnya aku berharap bisa bersamamu selalu, tanpa ada orang ketiga, keempat dan lain-lain”.

3. Kata-Kata Syahdu

“Hanya ada satu alasan untukku meninggalkanmu, yaitu ketika umurku sudah tersisa satu detik lagi”..

4. Kata-Kata Kangen Pacar

“Rindu itu bukan tentang jarak, karena sekalipun yang membatasi hanyalah udara. Seolah-olah ada sekat nyatanya tidak”.

“Aku rindu padamu, tapi apalah daya jarak ini memisahkan. Tapi percayalah angin dan angan akan menjadi saksinya”.

5. Kata-Kata Cinta yang Amat Dalam

“Ajari aku apapun, asalkan jangan tentang bagaimana hidup tanpamu”.

“Tak peduli mau seperti apapun dirimu. Jelek, gendut, suka marah-marah. Aku hanya mau dirimu. Itu saja sudah cukup, aku tak ingin menambah lagi”

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan

Kata-Kata-Bijak-dalam-Hubungan

Semua orang pasti terlibat dalam sebuah hubungan. Entah itu keluarga, persahabatan, saudara, pacar bahkan suami istri. Tidak menutup kemungkinan jika membutuhkan kata bijak atau motivasi. Baik itu diungkapkan secara langsung, digunakan sebagai nasehat atau status.

“Hubungan itu jangan hanya didasarkan pada kenyamanan. Tapi juga kepercayaan, komunikasi, komitmen dan saling menghargai”.

“Hubungan yang dewasa itu bukan tanpa konflik. Tapi hubungan yang sama-sama menyadari bahwa sebesar apapun konflik akan tetap kembali”.

“Kerjasama adalah suatu yang dipikirkan oleh seorang pemenang.Tapi berkuasa adalah sesuatu yang selalu dipikirkan oleh seorang pecundang”.

“Banyak orang yang khilaf, bahwa hubungan yang awet dan tahan lama selalu dilandasi dengan kejujuran, kepercayaan dan perhatian”.

“Hargailah siapapun yang masih rajin menanyakan kabarmu. Walaupun sebenarnya bukan itu yang kamu butuhkan. Karena mereka sudah mengorbankan waktu yang dimiliki dan peduli padamu, jangan sia-sia kan”.

“Kunci hubungan sehat adalah tidak membahas masa lalu ketika sedang bersama”.

Kata-Kata Bijak BJ Habibie

Kata-kata-Bijak-BJ-Habibie

Pak Habibie adalah seorang yang disegani, dikagumi oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Tak hanya kisah cintanya, tetapi kecerdasan, kata bijak dan nasehatnya sangat merasuk ke dalam hati. Serta bisa dijadikan untuk pedoman.

1. Tentang Motivasi

“Apabila ada orang yang menghinamu, ingatlah itu merupakan sebuah pujian. Karena mereka susah payah menghabiskan waktu untuk berfikir tentangmu, sedangkan kamu santai saja”.

2. Tentang Cinta

“Setiap masa lalu adalah milik masing-masing, yang ada hanyalah masa depan kita”..

“Pria yang besar tidak akan menjadi demikian apabila tidak ada sosok perempuan hebat. Yang selalu hadir dengan dukungan, harapan pada setiap keputusan dan langkah yang diambil”.

“Kau tak membutuhkan orang yang sempurna. Tapi yang bisa membuatmu bahagia itu sudah lebih cukup dari siapapun”.

“Ainun saya memang sangat mencintaimu. Tapi Allah lebih. Sehingga saya harus rela jika kamu pergi, selamat jalan Ainun”.

3. Tentang Kehidupan

“Tidak ada gunanya, Anda memiliki IQ tinggi jika masih punya rasa malas, tidak disiplin. Karena kesehatan dan bersedia berkorban untuk masa depan yang lebih cerah adalah yang paling penting”.

“Dimanapun tempat kamu berada, selalu berusaha secara maksimal dan berikan yang terbaik”.

4. Nasehat untuk Kaum Muda

“Apabila masa muda habis karena rasa malas. Maka, Anda tidak akan mendapatkan kemenangan”

Kata-Kata Bijak Keren

Kata-Kata-Bijak-Keren

Menjadi keren bukanlah suatu keharusan tapi Anda wajib mencobanya selagi bisa. Termasuk berpedoman pada kata-kata yang ditulis sebagian orang. Namun relevan dalam praktik keseharian.Seperti contoh :

Jika diammu bijak maka diamlah. Namun jika diammu diinjak maka bicaralah”.

“Kenapa harus takut gelap, jika banyak hal yang indah bisa dilihat ketika gelap”.

“kejujuran adalah hadiah yang sangat mahal. Jangan pernah mengharapkannya dari orang murahan”.

“Teman itu seperti bintang, kadang terlihat, kadang tida. Tapi kita tahu dia selalu ada di sana”.

“Kamu tidak perlu meniru orang lain agar terlihat keren. Cukup kenali dan jadilah diri sendiri. Itu sudah lebih dari cukup”.

“Orang yang hebat itu sederhana dalam ucapannya dan luar biasa dalam tindakannya”.

“Janganlah sedih jika dirimu terus dirundung masalah. Karena dibalik itu semua, kamu bisa berfikir lebih dewasa dari hari kemarin dan sebelumnya”.

Kata-Kata Bijak Persahabatan

Kata-Kata-Bijak-Persahabatan

Sahabat selalu siap menemani Anda dikala sedih maupun senang. Bahkan mereka tak tanggung-tanggung akan mengatakan apa kesalahan Anda dengan jelas tanpa pamrih untuk membantu. Oleh karena itu, Anda bisa membuat kata-kata bijak Tentang sahabat.

“Jika ada seseorang yang mencarimu ketika yang lain mencacimu. Dan merangkulmu ketika orang lain memukulmu. Maka itulah yang dinamakan sahabat”.

“Hanya ketika sekarang kamu ada di tempat yang baru. Maka bukan berarti itu harus membuatmu lupa akan sahabat lamamu”.

“Apabila sahabatmu pernah menggoreskan luka, maka ingat dia pun manusia yang jauh dari kata sempurna, jangan berpikir hanya dialah satu-satunya yang patut untuk dibenci”.

“Jangan berlari sendiri, berlarilah bersama sahabatmu jika ia tidak sanggup, gendong saja dia”.

“Hadiah terbesar dalam hidup ini sudah aku dapatkan, yaitu sahabat yang selalu setia menemani dan mendukungku”.

“Jika kamu ingin tahu kelemahanku, lihatlah kelebihan sahabatku. Jika kamu tahu kelebihanku maka itu bagian dari kehebatakan sahabatku”.

“Bukti bahwa Tuhan tidak pernah menakdirkan seseorang untuk sendiri adalah hadirnya sahabat”

“Kamu jangan sungkan untuk berbagi segala kesedihan, kebahagiaan, cinta atau harapan kepadaku. Karena aku adalah sahabatmu”.

“Please, jadilah sahabat yang memberi tanpa mengingat. Menerima tanpa melupakan”.

Kata-Kata Bijak Romantis

Kata-Kata-Bijak-Romantis

Anda pasti pernah melihat adegan romantis kan. Entah itu melalui film atau langsung. Jika Anda sedang ingin membuat pasangan, teman atau sahabat terkesan. Bisa menggunakan kalimat romantis dan penuh makna di bawah ini :

1. Kata Romantis untuk Pacar

“Tahu nggak persamaannya Kamu dengan soal ujian? Sama-sama diperjuangkan karena menyangkut masa depanku”.

“Sesungguhnya bertemu denganmu itu takdir, menjadi temanmu itu pilihanku. Tapi ada satu yang diluar batas kemampuanku yaitu jatuh cinta padamu”

“Aku, bersedia menjadi balon yang hanya tinggal empat, agar bisa kau pegang dengan erat”.

“Cinta adalah penyegaran paling besar dalam hidupku”.

2. Kata Romantis untuk Teman

“Bahagia bukan berarti memiliki semua yang kita cintai, tetapi mencintai semua yang kita miliki”.

“Kamu harus tahu, walaupun terkadang tak suka dengan sifatmu. Tapi kau tetap teman baikku, dan aku tak mau kehilanganmu”

“Sudah, kita kan sudah sepakat untuk tidak saling bertengkar teman, mana ada di perjanjian, nggak ada. Jadi maukah kamu memaafkanku teman?”.

“Walaupun aku belum sepenuhnya berarti untukmu. Tapi jangan khawatir, kapanpun kau membutuhkan bantuanku. Langsung angkat telepon dan panggil diriku. Aku akan siap membantu”.

“Teman. Tidakkah kau berfikir bahwa kerekatan yang sudah dibangun ini diturunkan kepada anak-anak kita kelak”.

“Teman, kalau kau punya mimpi sukses, ajak aku bersamamu ya. Biar kalau jatuh aku bisa menggendongmu dan terus bersama-sama”.

3. Kata Romantis Dilan

“Kalau mencintaimu adalah sebuah kesalahan, yasudah biar aku salah terus saja”.

“Jika kamu merasa aku tidak perhatian, ya maaf, itu karena aku memantau lingkunganmu. Memastikan apabila ada yang mengganggumu maka akan kuhajar dia”.

4. Kata Romantis Milea

“Aku tahu pasti orang yang kupeluk ini adalah yang sangat kucintai. Rasa damai dan aku suka seperti itu”.

“Dia tidak hebat seperti yang lain, sama sekali tidak. Hanya orang biasa namun mampu membuat senang dengan cara yang sederhana”.

5. Kata Romantis Lainnya

“Aku mencintaimu, bukan hanya karena apa adanya kamu, tetapi karena cara aku ketika bersamamu”.

Kata-Kata Bijak untuk Diri Sendiri

Kata-Kata-Bijak-untuk-Diri-Sendiri

Menasehati orang lain memang lebih mudah dibandingkan dengan menasehati diri sendiri. Mengapa demikian? Karena lebih mudah mengatakan dibanding melakukan. Namun bukan berarti hal ini membuat Anda selalu menutup diri terhadap nasehat bijak/ baik. Peganglah beberapa prinsip ini :

“Hidup adalah 10% hal yang terjadi pada kita dan 90% bagaimana kita meresponnya”.

“Menjadi diri sendiri adalah sebuah keistimewaan dalam kehidupan”.

“jangan kehilangan rasa percaya diri, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dengan kebaikan hidupmu”.

“setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun sebaik-baik orang adalah mereka yang dalam kehidupannya selalu berusaha memperbaiki diri sendiri”.

“Wahai diri, terimakasih karena sudah mau berjuang bersama menggapai hal hebat dalam hidup”

“Memperdulikan seseorang yang tidak punya empati kepadamu itu sia-sia. Sayangi dirimu dan hatimu. Karena mereka berhak bahagia”.

“Berjuanglah wahai diri, karena tantangan ke depan bukan seperti menebak ini huruf abjad apa. Tapi bagaimana kau merangkainya menjadi sebuah novel dan coretan yang indah”.

“Buatlah dirimu menjadi seorang yang pantas untuk dihargai, dicintai dan diperjuangkan.. Berusahalah terus dan jangan menyerah karena yang terbaik akan datang menghampiri”.

Kata-Kata Bijak Kehidupan

Kata-Kata-Bijak-Kehidupan

Agar Anda lebih memahami betul apa sih esensi hidup itu. Maka perlu membaca kata-kata bijak yang relevan, dimasukkan ke dalam hati dan dijadikan prinsip. Seperti :

“Hidup ini terlalu singkat untuk memahami tapi terlalu lambat untuk memahami”.

“Tuhan memberikan karunia berupa kehidupan. Selanjutnya berikan hadiah diri kita dengan hidup yang lebih baik”.

“Hidup memanglah tidak mudah. Maka dari itu capai pengetahuan agar hidup menjadi lebih mudah”.

“Jangan mengeluh, itu hanya membuatmu tertekan. Selalu bersyukur hidupmu akan senantiasa mudah”.

“sebenarnya kata terlambat untuk memulai hal baru itu tidak ada. Asalkan semangat dan tekad masih membara”.

“Seseorang tak akan pernah memahami keberhasilan jika tak pernah mengalami kegagalan”

“Matamu boleh basah, hatimu boleh patah, pikiranmu boleh kacau. Tapi jangan biarkan itu berlarut-larut, bangkitlah, berdiri dengan tegak dan berjalan seolah tak terjadi apa-apa”.

“Jangan berhenti berjuang dan berusaha, InsyaAllah tuhan akan menunjukkan jalan terbaiknya”.

“Ubahlah kehidupan yang terjadi hari ini. Jangan pernah berandai-andai tentang hari esok. Lakukan tindakan tanpa adanya penundaan”.

“Dalam hidup, akan selalu ada rencana kedua apabila rencana pertama gagal. Tugasmu adalah membuat bagaimana tidak ada rencana kedua yang dilaksanakan”.

“Lebih baik hidup sederhana dan apa adanya daripada mewah tetapi hasil berhutang”

Kata-Kata Bijak Lucu

Kata-Kata-Bijak-Lucu

Nah kalau yang satu ini dibuat santai aja ya. Karena nasehat atau pernyataan tidak harus disampaikan dengan serius. Contohnya seperti di bawah ini :

1. Kata Bijak Lucu Menagih Hutang

“Kamu adalah seseorang yang tidak akan pernah aku lupakan selama hidup. Karena kamu masih punya hutang kepadaku”.

“Hai kamu, janganlah menghindar dariku, karena sesungguhnya aku sangat rindu uang yang kau pinjam dan ingin bertemunya kembali. Maka kembalilah”

“Jangan lari, uangku masih kau bawa. Maka kembalikan dulu baru boleh pergi sejauh apapun yang kamu mau”.

2. Kata Lucu Motivasi

“Belajarlah dari bulu ketek, walaupun selalu terhimpit tapi tetap tegar dan bertahan agar tumbuh”.

“Namanya juga hidup pastilah banyak godaan dan cobaan. Kalau banyak cucian itu namanya laundri”.

“Apabila uang adalah sesuatu yang bisa membuatku lupa sahabat. Maka aku tidak menginginkannya sama sekali”.

“Ketahuilah bahwasanya masalah bisa membuat kita menjadi lebih dewasa. Oleh karena itu, perbanyaklah masalah”.

3. Kata Lucu tentang Kesalahan

“Jangan mengulangi kesalahan yang sama, masih banyak kesalahan lain yang perlu dicoba”.

4. Kata Bijak Wanita Lucu

“Wanita sangat rentan terkena diabetes karena kerap menelan janji manis”.

Kata-Kata Bijak Islami

Kata-Kata-Bijak-Islami

Islam memang sebuah agama yang mengajarkan tentang cinta damai. Menyarankan setiap manusia untuk bersabar. Berdo’a juga tidak boleh dilakukan setengah-setengah. Lakukan secara rutin baik di pagi hari ataupun sore hari. Insya’Allah lebih cepat sampainya. Termasuk perihal jodoh.

“Mau seperti apapun kondisinya, mau sejauh apapun jaraknya, kalau memang jodoh ya pasti akan ketemu”.

“Jangan pernah letih dan bosan dalam berdoa”. Bukan tanpa alasan karena hanya ada dua kemungkinan dalam berdoa, diijabah atau diganti.

“Aku bukan orang baik kalaulah bukan Allah yang menutupi aibku”. Jangan merasa benar dan menang sendiri.

“Tidak bisa ikatakan sbar apabila masih ada batas dan bukan ikhlas jika masih terasa sakit”.

“Rindu, tahukah Kamu kenapa ia diciptakan? Tujuannya agar manusia menghargai sesuatu sebelum ia menjauh dan pergi”.

“Letakkan kepercayaanmu pada Allah apabila sesuatu yang kamu harapkan tidak berjalan dengan lancar. Yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang jauh lebih baik”.

“Jangan kau risau akan kehidupan setelah menikah. Karena itu termasuk meragukan kehendak dan kuasa Allah”.

“Janganlah engkau larut dalam kesedihan, karena sesungguhnya Allah itu lebih dekat daripada urat nadimu”.

“Kau boleh melupakan siapapun dalam hidupmu. Asal jangan Allah, Nabi, dan keluarga”.

“Jika kau butuh sandaran dan tempat curhat teraman. Maka bangunlah di sepertiga malam, wudhu, pakailah mukenahmu dan tengadahkan tangan ke atas”.

“Siapapun yang menangis pada Allah karena dosa-dosanya. Maka sesungguhnya ia hamba yang amat beruntung. Karena masih banyak orang yang meninggal ingin kembali ke dunia hanya untuk memperbaiki amalannya”.

“Jangan bimbang, Allah tau jalan keluarnya”. Atau “Contohlah sifat Nabi Muhammad, siddiq, tabligh, amanah dan fathonah”.

Kata-Kata Bijak Anime

Kata-Kata-Bijak-Anime

Siapa nih yang suka nonton anime? Tidak hanya menghibur tapi juga kental akan nasehat baiknya. Entah itu yang berisi motivasi atau berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

1. Anime Kimetsu No Yaiba

“Langit sama dengan kehidupan, yaitu terus bergerak dan berpindah. Namun yang perlu diingat, ia tak akan selamanya cerah dan salju tak selamanya jatuh”.

“Semakin banyak manusia, semakin sulit mengendalikan mereka”.

2. Anime Hunter X Hunter

“Jika Kamu selalu berfikir dan tidak ada action. Maka bersiaplah untuk tertinggal jauh”. Tokoh Gintaki Sakarta

“Mula-mula kau harus mengubah dirimu sendiri, atau tak ada yang berubah untukmu”.

3. Tokoh Sakata Gintoki

“Pada dasarnya, hidup seperti gelembung sabun. Mengendarai angin, terbang ke sana sini, dan sebelum kau sadar, dar gelembung itu pecah”.

“Selama aku masih berdiri atau hidup, maka aku akan membuat aturanku sendiri. Apa yang kuyakini benar dan melindungi siapapun yang aku sayangi”.

4. Tkoh Kimado Tanjiro

“Pengandaian kehidupan itu sama seperti langit, akan terus berjalan dan bergerak. Pun tak selamanya cerah dan gelap. Ada kalanya semua berubah”.

5. Midoriya Izuku

“Aku sudah mengambil keputusan yang benar. Dan aku tidak perlu lagi mendengarkan perkataan orang lain. Yang terpenting terus maju dan tidak boleh putus asa”.

6. Jiraiya

“Kekuatan belum dikatakan baik apabila digunakan untuk kejahatan. Maka gunakanlah ia untuk menolong sesama makhluk”.

7. Gaara

“Kelak aku ingin menjadi seseorang yang begitu berharga untuk orang lain”.

Kata-Kata Bijak untuk Anak

Kata-Kata-Bijak-untuk-Anak

Masa anak-anak merupakan fase keemasan dalam hidup, yang mana sebagai orang tua harus membimbing dan menasehatinya dengan baik. Anda bisa menggunakan atau mencontoh kata-kata yang ada di internet dan disampaikan kepada sang anak, agar kelak menjadi orang yang baik.

“Buah hatiku tersayang, mama ini jauh dari kata sempurna, melakukan banyak kesalahan, punya banyak kekurangan. Tapi ingatlah di hati ini tidak pernah kekurangan cinta untukmu. Detik Kamu lahir di dunia, yang ada hanya perasaan untuk memberikan yang terbaik untukmu. Mama mencintaimu lebih dari yang kamu tahu”.

Atau bisa juga ini

“Buah hatiku, melakukan sesuatu untukmu adalah kebahagiaan bagiku”.

“Tidak ada yang lebih penting hari ini dibanding kebahagiaanmu. Happy birthday my dear, semoga menjadi anak yang baik lagi berguna”.

“Anakku, buah hatiku tidak apapun yang bisa kuwariskan kecuali pendidikan. Maka berjuanglah nak, agar menjadi orang yang tidak hanya pintar tetapi juga bermanfaat bagi orang lain”

“Terimakasih anakku, kau telah berjuang melawan kebodohan”

“Anakku, buah hatiku, pujaanku. Jadilah anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Jangan kecewakan siapapun yang menyayangi dan menaruh kepercayaan padamu”.

Kata-Kata Bijak Kecewa

Kata-Kata-Bijak-Kecewa

Kecewa adalah sebuah perasaan yang wajar. Karena setiap manusia selalu memiliki emosi entah itu baik ataupun buruk. Rasa kecewa terjadi akibat harapan yang tidak berjalan dengan baik. Anda bisa menggunakan beberapa kalimat di bawah ini untuk meluapkan kekecewaan dengan bijak :

1. Kecewa dengan Teman/Sahabat

“Sesuatu yang paling sakit dan mengerikan adalah penghianatan yang datang dari kawanmu bukan mushmu”.

“Baiklah, hari ini kau sudah menunjukkan bagaimana kau mengkhianti dan melukaiku. Tapi ingatlah pintu maaf ini tetap terbuka kapanpun kau datang”

“Tidak ada yang paling menyakitkan ketika orang yang kita cintai lebih memilih teman yang selama ini sudah kau anggap sebagai saudara atau keluarga”

“Pergilah, carilah kebahagiaan yang baru. Maaf aku belum menjadi sahabat yang baik, aku kecewa karena kau meninggalkanku. Tapi aku senang kau menemukan kehidupan sejatimu”.

2. Kecewa dengan Pasangan

“Kecewa yang dalam diakibatkan cinta yang dalam juga”.

“Jika kau sudah dikecewakan beberapa kali dan masih tetap bertahan. Maka berfikirlah, sesungguhnya kau lebih sayang dirimu atau orang lain”

3. Kecewa dengan Lingkungan Sekitar

“Diabaikan adalah satu hal yang paling menyedihkan dibanding dengan dibenci”.

4. Kecewa dengan Keadaan

“Bahasa terbaik ketika sedang kecewa adalah diam”.

“Pergilah ke tempat dimana kau akan dihargai, tidak hanya dibutuhkan saja. Karena yang membutuhkan belum tentu bisa menghargai”.

Kata-Kata Bijak Sindiran

Kata-Kata-Bijak-Sindiran

Sindiran adalah nasehat atau ucapan yang berisi kekesalan, kemarahan, kebaikan, cinta dan lain-lain. Namun tidak disampaikan secara langsung tatap muka. Tapi melalui status di sosial media, berkata dengan orang lain yang bukan tujuannya.

“Jagalah aku seperti halnya Kamu menjaga HP mu yang penuh rahasia itu”.

“debat sama orang yang kurang peka itu susah, kamu salah pasti akan kalah dan jika benar kau pun tetap kalah”.

“Seharusnya orang bijak akan malu apabila yang dikatakan tidak sesuai dengan tindakannya”.

“Jemuran, kalau lama dibiarkan digantung lama-lama akan hilang atau pudar. Begitu juga perasaan. Kuharap siapapun yang merasa segera memahaminya”.

“Janjimu itu layaknya balon, hanya berwarna warni tetapi tidak ada isinya, alias omong kosong”.

“Banyak yang pandai menilai orang lain. Tapi sayang dia bodoh dalam introspeksi diri sendiri”.

“Aku tidur dulu ya, karena capek pura-pura terlihat tegar”

Kata-Kata Bijak Tentang Alam

Kata-Kata-Bijak-Tentang-Alam

Bisa dibilang alam merupakan sahabat manusia yang wajib dijaga dan dilestarikan. Karena jika tidak demikian, alam pun juga mampu menunjukkan betapa ganasnya mereka. Namun, jarang manusia yang menyadari hal ini. Anda harus ingat beberapa kata-kata bijak tentangnya.

1. Cinta Kepada Alam

“Keindahan yang dilukis oleh alam senantiasa memberikan kita sesuatu yang melampaui batas”.

“Tidakkah kau mencintai alam. Padahal ia sangat mencintaimu. Pagi, siang dan malam rela tubuhnya kau tempati. Isi perutnya rela kau ambil untuk keuntunganmu. Tapi kenapa kau sangat tega dengan tidak merawatnya”.

“Anggaplah alam seperti anakmu, rawatlah dan cintai ia dengan sepenuh hati”.

2. Persatuan antara Manusia dengan Alam

“Apakah Kamu tahu bagaimana caranya mengerti tentang kehidupan? Jawabannya adalah bersatulah dengan alam”.

“Bersatu dengan alam adalah caraku bersyukur atas anugerah yang sudah diberikan Tuhan”

“Menyatulah dengan alam, kau akan tau rasanya bagaimana berjuang dan melihat sisi terburuk dan terbaik sahabatmu”.

3. Keindahan Alam

“Kau tidak akan pernah mengetahui seindah dan semegah apa bumi yang kau huni sebelum terdampar dalam lembah yang rimbun”.

“Bagaimana bisa orang tega mengeksploitasi alam yang indah ini”.

4. Simpati kepada Alam

“Jutaan atau ribuan tahun yang lalu alam lebih dulu hidup dibanding manusia. Tak heran jika dia lebih bijaksana melebihi sanjungan yang kau anggap pintar”.

“Peluklah bumi dengan penuh kasih sayang. Jagalah dari siapapun yang berusaha merusaknya”.

5. Keselarasan Alam

“Tuhan menciptakan alam semesta untuk dijadikan tempat merenung bagi orang-orang yang berpikir”.

Kata-Kata Bijak Sabar

Kata-Kata-Bijak-Sabar

Sebenarnya, banyak sekali definisi tentang sabar. Yang mana sering kali manusia mengandaikannya seperti sekolah. Belajarnya setiap hari tapi ujiannya datang mendadak. Ada juga yang bilang bahwa sabar itu ada batasnya. Bagaimana menurut Anda.

“Tidak menceritakan segala sesuatu kecuali kepada Allah, itu adalah hakikat sabar”.

“Tidak bisa dikatakan orang kuat apabia ia selalu menang, karena itu sudah biasa. Baru dikatakan kuat apabila ia berhasil bangkit ketika terjatuh”.

“Sabar itu tidak hanya soal tunggu menunggu. Tapi bagaimana sikap yang ditentukan dalam masa tersebut”.

“Jika memang tidak ada perkara yang menurutmu lebih baik, maka ingatlah Tuhan selalu siap memberikan rencana indahNya. Kamu hanya tinggal menunggu giliran”.

“Hakikat hidup adalah menghargai apa yang dimiliki, senantiasa bersabar dengan apa yang menghampiri”.

“Sabar, jujur dan ikhlas. Ketiganya memang pahit. Tapi layaknya obat mereka akan menyembuhkan”.

“Ya Allah, peluk lah diri yang penuh hina ini. Tetapkanlah iman, islam dan ikhlas dalam hati hamba. Jangan engkau berikan penyakit yang membuat hubungan semua orang kacau”.

“ketika dirimu dicampakkan. Yakinlah bahwa masih ada seseorang yang memungut hati dengan tulus dan mengajakmu kembali berdiri seperti semula”.

“Hai, ini adalah aku, aku akan terus bersabar bahkan hingga kesabaran merasa lelah dengan dirinya sendiri”.

“Satu-satunya cara tercepat agar masalah bisa terselesaikan adalah dengan bersabar”

“Pada intinya, siapapun yang sabar atau ikhlas layak untuk menerima kebahagiaan yang lebih”

“Kamu harus menikmati keadaan agar tidak merasa terbebani dengan siapapun dan apapun”.

“Tidak semua hal di dunia ini bisa kamu atasi sendiri. Relakan dan bersabarlah apa yang belum menjadi bagianmu”.

Kata-Kata Bijak Motivasi Hidup

Kata-Kata-Bijak-Motivasi-Hidup

Motivasi memang sangat diperlukan karena setiap orang pasti pernah berada di posisi terbawahnya. Di saat inilah petuah baik sangat dibutuhkan. Anda bisa membaca dan meresapi beberapa kalimat di bawah ini :

1. Motivasi tentang Perjalanan Hidup

“Semakin sulit jalan menuju suatu tempat. Yakinlah bahwa da suatu kepuasaan saat ujung perjalanan tercapai”.

2. Motivasi agar Terus Maju

“Saya mungkin berjalan lambat tapi saya tidak sesekali berjalan mundur.  Bukankah memang setiap perkara tidak perlu tergesa-gesa agar berhasil? Lebih baik pelan tapi pasti daripada buru-buru justru tidak akan mendapatkan apapun”.

3. Kata Bijak Motovasi Diri Sendiri

“Tidak bisa dikatakan egois apabila seseorang berusaha untuk mencintai dirinya sendiri, atau memberikan perhatian. Karena setiap orang berhak untuk memperoleh kebahagiaan sejati”

Kalimat ini tidak menyuruh seseorang untuk menjadi egois tetapi lebih kepada jalan menemukan bahagia

4. Motivasi untuk Kuat

“Cobaan itu tidak ada yang berat. Tuhan hanya menempatkan mereka sesuai dengan porsi seseorang. Semakin berat kau akan semakin kuat. Ubah mindset bahwa setiap ujian adalah hukuman. Berfikirlah sebaliknya, ujian untuk mengembangkan kemampuan diri”.

5. Motivasi untuk Masa Depan

“Tujuan utama bukanlah masa depan. Tapi perbaikan dari tindakan yang sudah dilakukan. Berambisi boleh tapi harus diiringi dengan hati dan pemikiran yang besar juga lapang”.

Kata-Kata Bijak Menyentuh Hati

Kata-Kata-Bijak-Menyentuh-Hati

Hati merupakan komponen penting dalam diri manusia. Yang mana ketika ia sakit semuanya juga mengikuti. Bahkan agama manapun melarang untuk tidak memiliki dendam, justru sebaliknya dianjurkan untuk berdamai dengan hati. Anda bisa membaca kata bijak menyentuh hati.

“Ketahuilah aku pernah merasakan semua kepahitan yag ada dalam hidup. Tapi yang paling pahit adalah berharap kepada manusia. Oleh karena itu, hanya boleh bergantung pada Yang Maha Esa”.

“Ketahuilah bahwasanya sebuah doa tidak akan membuat orang yang dicintai kembali. Melainkan memberikan kebahagiaan. Waktu tidak akan bisa terulang tapi akan selalu membuka kesempatan.

“Doa memang tidak bertugas mereparasi hati yang hancur. Tetapi bisa menjadi kekuatan dan penenang kalbu”.

“Kau harus berfokus untuk melakukan yang terbaik, bukan menjadi yang terbaik”.

“Kau tidak perlu resah, ketika ada seseorang yang membencimu pastilah ada yang lebih banyak mencintaimu. Resahlah ketika Allah membencimu, karena jika itu terjadi maka kau bagaikan tong kosong. Baik di dunia ataupun akhirat”.

“Sudah, biarkan saja, mereka memang tidak tahu isi hatimu. Mereka hanya tau apa yang nampak”.

Kata-Kata Bijak Ali Bin Abi Thalib

Kata-Kata-Bijak-Ali-Bin-Abi-Thalib

Ali Bin Abi Thalib merupakan sahabat yang sangat disayangi oleh Nabi Muhammad. Sekaligus menantu kesayangan (suami Fatimah Az Zahra). Siapapun yang mendengar nama beliau maka dianjurkan berkata “Karomallohu Wajhah”. Diantara kalimat baiknya adalah :

1. Motivasi agar Bahagia

“Bahagialah bagi siapapun yang merajai dirinya sendiri. Berhasil menjadi pemimpin untuk nafsunya dan kapten bagi kapal hidupnya”.

“Jangan sesekali engkau mengucapkan perkataan yang bahkan engkau sendiri tidak suka jika mendengarnya apabila ada orang lain yang berucap kepadamu”.

2. Prinsip Hidup

“Menjadi lebih baik merupakan balas dendam paling keren”.

“Hiasan bagi orang miskin adalah menjaga air muka. Sedangkan menjaga syukur adalah hiasan bagi orang kaya”.

“Apabila ia menaruh kepercayaan pada dunia. Maka niscaya dunia akan menghancurkannya”.

3. Kata Bijak Berbaki pada Orang Tua

“Jangan gunakan kefasihan bicaramu (mendebat) di hadapan ibumu yang dahulu mengajarimu bicara”.

4. Kata Bijak Memendam Amarah

“Jika ada kata-kata yang melukai hati, menunduklah dan biarkan ia melewatimu (Jangan dimasukkan hati agar tidak lelah)”.

“Kemarahan yang diiringi dengan kegilaan, maka penyesalan adalah akhirnya”.

“Sifat memaafkan adalah kemenangan yang paling terbaik”.

Kata-Kata Bijak di Pagi Hari

Kata-Kata-Bijak-di-Pagi-Hari

Ada yang bilang waktu pagi adalah saat terbaik untuk berdoa dan introspeksi diri. Termasuk membaca kata-kata yang baik. Seperti contoh :

“Keesokan hari selalu memberikan pelajaran bahwasanya masih ada harapan di setiap langkah yang diambil”.

“Selamat pagi, bersemangatlah pagi ini jangan pedulikan kegagalan hari kemarin, masih banyak kesempatan yang menunggumu di depan sana”.

“Mengeluh memang sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Maka hendaknya, setiap pagi hari, jangan mengeluh tentang kemarin. Jadikan esok yang terbaik dan bermanfaat”.

“Hari ini harus lebih baik dengan hari sebelumnya”.

“Pagi semestaku, kau harus menerima apapun yang sudah terjadi ikhlaskan segala sesuatu yang tidak bisa kau jangkau dan perbaiki apa yang masih bisa diperbaiki”. “Lakukan dengan baik pekerjaan dan tugas hari ini” – Fiersa Besari

Kata-Kata Bijak Jomblo

Kata-Kata-Bijak-Jomblo

Bagi sebagian orang, menjadi jomblo adalah sebuah pilihan. Tapi tetap saja membutuhkan semangat baru untuk menjadi berbeda dan tidak sedih ketika melihat temannya sedang berpasangan. Anda bisa menerapkan kalimat-kalimat berikut.

“Pilihan seorang yang jomblo bukan karena tidak bahagia dengan yang lain, tapi masih bisa mencari dengan kemampuannya sendiri, istilah lainnya kalau bisa sendiri mengapa harus bersama?“

“Kata orang, jomblo itu ngenes, kata saya jomblo itu modal meningkatkan keimanan kepada tuhan”.

Nah kalau sudah begini tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi ya perihal status jomblo seseorang. Karena itu pilihannya dan tidak bisa dipaksakan untuk bersama. Bukankah kenyamanan itu suatu yang sulit untuk didapatkan? Maka jangan ganggu orang lain dengan prinsipnya.

Kata-Kata Bijak Kristen

Kata-Kata-Bijak-Kristen

Untuk agama kristen sendiri memang mengajarkan cinta kasih kepada semua makhluk. Maka tak heran banyak sekali petuah baik, singkat namun sangat bermakna.

“Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya Kamu”.

Ada di Matius 5:44. Bisa dicek sendiri ya.

“Tuhan engkau tahu akan keberadaanku, jika aku dapat melakukan yang terbaik bagi Mu. Semua itu semata-mata karena berkat pertolongan rahmat Mu, Tuhan terimalah syukurku atas hari yang indah dan akan segera berlalu ini Ammin”.

Ketika Anda merasa bersedih, ingat selalu kalimat ini:

“Firman Tuhan mungkin menyakitimu dengan kebenaran. Tetapi tidak menghiburmu dengan kebohongan”.

So, Anda harus belajar lebih jauh lagi tentang apa yang menjadi kewajiban sebagai umat.

Kata-Kata Bijak Pendidikan

Kata-Kata-Bijak-Pendidikan

Pendidikan adalah penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Maka jika Anda lelah untuk belajar maka ingatlah beberapa kutipan berikut :

1. Pendidikan Pengubah Dunia

“Sesuatu paling ampuh untuk mengubah dunia adalah dengan pendidikan”.

Merupakan kalimat yang pernah dilontarkan oleh Nelson Mandela. Tokoh luar biasa di bidang pendidikan.

2. Pendidikan Karakter

“Character building tidak akan menciptakan banyak intelektual yang kurang ajar tetapi terpelajar”.

Bagaimana apakah menurut Anda nasehat ini pas digunakan untuk zaman sekarang dengan anak muda yang semakin canggih?

3. Tujuan Pendidikan

“Keseluruhan tujuan pendidikan adalah mengubah cermin menjadi jendela”.

Alias jangan hanya meniru tapi membuat. Sampai sini paham kan?

Kata-Kata Bijak Orang Terkenal

Kata-Kata-Bijak-Orang-Terkenal

Sekarang coba sebutkan, siapa sih orang terkenal yang Anda ketahui? Dan siapa saja yang kental akan nasehat dan kata baiknya?

1. Bob Sadino

“Ketika bertemu seorang yang baru, maka saya selalu mengosongkan pikiran dan hati terlebih dahulu”.

Tidak menilai berdasarkan perkataan lainnya.

2. Sir Alex Ferguson

“Kadang kekalahan itu hasil terbaik dan bereaksi terhadap masa sulit itu juga baik, di titik terendah pun kita harus menunjukkan kekuatan, jangan mudah menyerah dan putus asa”.

  • Ir. Soekarno

“Apabila keinginan kuat sudah tertanam dalam hati yang paling dalam. Maka semesta akan membantumu mewujudkannya”.

Bagaimana kalimat presiden pertama kita ini, patut diacungi jempol ya kan?

  • Abraham Lincoln

“Berikan saya waktu selama enam jam untuk menebang pohon. Maka saya akan menggunakan empat jam untuk mengasah kapaknya”.

  • Dahlan Iskan

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya setiap orang itu mempunyai jatah gagal. Maka habiskanlah selagi kamu masih muda”.

Foto Kata-Kata Bijak Lainnya

gambar-kata-kata-bijak-anime

gambar-kata-kata-bijak-anime-naruto

gambar-kata-kata-bijak-anime-jepang

gambar-kata-kata-bijak-anak-sekolah

gambar-kata-kata-bijak-anak-rantau

gambar-kata-kata-bijak-anak-ips

gambar-kata-kata-bijak-agama-islam

foto-kata-kata-bijak-tentang-kehidupan

foto-kata-kata-bijak-naruto

foto-kata-kata-bijak-lucu

foto-kata-kata-bijak-kehidupan

foto-kata-kata-bijak-joker

foto-kata-kata-bijak-islami

foto-kata-kata-bijak-cinta

foto-kata-kata-bijak-bob-sadino

foto-kata-kata-bijak-bj-habibie

foto-kata-kata-bijak-bahasa-jawa

foto-kata-kata-bijak-bahasa-inggris

foto-kata-kata-bijak-ali-bin-abi-thalib

Kata-kata bijak di atas secara tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan seseorang. Orang-orang barangkali menjadi tersadar atau belajar dari kata-kata tersebut untuk kehidupan sehari-hari dan kedepannya. Dari kata-kata di atas, mana yang paling Anda sukai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *