1000+ Kata-kata Mutiara Cinta, Islam, Bijak, Lucu, Semangat

18 min read

kata-kata-mutiara

Dalam kehidupan manusia, seringkali dihadapkan dengan berbagai masalah yang membuat seseorang mengalami putus asa. Dengan begitu, maka dibutuhkan kata-kata mutiara yang memberikan motivasi agar orang tersebut bisa bangkit dan memiliki semangat hidup yang lebih kuat.

Kata-kata bijak dapat memberikan pencerahan pada seseorang, agar bersemangat dalam menjalani hidup dan merubah sikap lebih baik kedepannya. Karena secara tidak langsung, pikiran dibawah alam sadar akan terpengaruh dari kata-kata yang telah didengar maupun dibaca. Nah, biar semangat lagi, yuk simak saja kata-kata mutiara nya di sini.

Kata-Kata Mutiara

Meskipun terlihat simpel, namun kata-kata bijak bisa membuat orang merasa memiliki motivasi ketika membacanya. Bahkan kata-kata bijak yang menyentuh hati mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

Memang kesannya biasa saja, akan tetapi menyimpan makna yang cukup dalam bagi seseorang yang bisa merasakannya. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa kata kata bijak dalam kehidupan manusia sangat dibutuhkan.

Selain membutuhkan dukungan dari sahabat, teman maupun keluarga, terkadang seseorang membutuhkan waktu sendiri untuk mencari motivasi dengan membaca kata-kata bijak. Karena yang mampu merubah nasib seseorang hanyalah diri sendiri bukanlah orang lain.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak yang berupa teks maupun bergambar yang bisa Anda download untuk dijadikan sebagai inspirasi hidup.

1. Kata-Kata Mutiara Cinta

Kata-Kata-Mutiara-Cinta

“Apa yang perlu Anda takuti jika jodohmu memang bukan dia, aku hanya membutuhkan waktu untuk menikmati kesendirian dan aku akan jatuh cinta untuk yang terakhir kalinya dengan jodoh yang telah ditetapkan oleh Allah”

“Anda butuh mempertimbangkan banyak hal dalam memilih siapa yang terbaik sebagai pendampingmu. Sebenarnya kalimat itu salah…! Karena hanya satu hal yang perlu Anda pertimbangkan yaitu seseorang yang bisa menjaga hatimu.”

“Indahnya percintaan bisa pudar seketika jika ada cobaan yang menghampirinya, Anda harus tetap sabar dalam menghadapi cobaan itu agar cinta yang indah dan penuh makna tidak pergi dari kehidupanmu.”

“Wanita yang tulus mencintaimu mungkin akan merasa marah dengan berbagai alasan, namun wanita tersebut tidak akan pernah meninggalkan Anda karena satu hingga ribuan alasan.”

“Jika dalam satu waktu yang sama Anda mencintai dua orang sekaligus, maka pilihlah orang yang kedua karena jika orang pertama itu benar-benar Anda cintai, maka tidak akan mungkin Anda bisa mencintai orang kedua.”

“Jika Anda sudah menemukan cinta sejati dalam hidupmu, maka jangan pernah berniat untuk menemukannya lagi. Peluklah dan jagalah ia selama Anda bersamanya.”

2. Kata-Kata Mutiara Islam

Kata-Kata-Mutiara-Islam

“Sebagai hamba-Nya, kita tidak akan pernah mengetahui bagaimana cara menyembah-Nya, sebelum dalam diri kita muncul rasa mencintai-Nya terlebih dahulu.”

“Alangkah luasnya jagat raya yang Allah miliki. Namun jika waktunya sudah tiba dan takdir Allah telah datang maka seluruh angkasa pun seketika akan berubah menjadi sempit.”

“Apakah Anda pernah meremehkan suatu doa yang dipanjatkan kepada Allah, itu karena Anda tidak pernah mengetahui keajaiban sebuah doa.”

“Jangan pernah berjalan dipermukaan bumi dengan penuh rasa congkak dan kesombongan, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, bisa jadi besok Anda akan dimasukkan ke dalam bumi.”

“Barang siapa yang melakukan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh pada jalan yang tepat, maka yakinlan Anda akan tiba pada tujuannya yang diinginkan.”

“Dari pada mengingat uang, akan lebih baik jika Anda memperbanyak mengingat kematian. Karena seseorang yang meninggal tidak akan membawa uang sedikitpun, akan tetapi amal perbuatan yang akan dibawanya.”

3. Kata-Kata Mutiara Lucu

Kata-Kata-Mutiara-Lucu

“Laki-laki yang sukses sudah pasti ada wanita yang hebat dibelakangnya. Namun jika laki-laki tersebut gagal, maka di belakangnya kira-kira ada apa ya?”

“Perempuan yang cantik parasnya saja belum tentu menjamin kehidupan Anda menjadi lebih bahagia, lalu bagai bagaimana dengan wanita yang memiliki wajah yang jelek.”

“Gagal merupakan sebuah kesuksesan yang belum terwujudkan, sedangkan kebohongan merupakan kesuksesan yang tertunda.”

“Seseorang yang bijaksana saja belum tentu menikah, apalagi seseorang yang bijaksana dan bijaksini sudah pasti akan mengalami jomblo selamanya.”

“Laki-laki yang sukses yaitu yang bisa mencari uang, sedangkan wanita yang hebat yaitu wanita yang mampu menemukan laki-laki untuk menghabiskan uangnya.”

“Jika Anda tidak ingin menuntut ilmu, maka akan menjadikannya Anda bodoh. Jika Anda bodoh sudah pasti akan gagal dalam kehidupannya. Jika gagal dalam menjalani hidup, Anda sudah pasti akan miskin dan dipandang hina oleh orang lain.”

4. Kata-Kata Mutiara Bahasa Inggris

Kata-Kata-Mutiara-Bahasa-Inggris

“If you could not too be excellent, so be a good individual”. (Jika Anda belum mampu menjadi orang yang pintar, maka jadilah seseorang yang baik).

“Never underestimate yourself. If you are not happy about your life, so just repair what’s incorrect”. (Jangan pernah meremehkan diri sendiri, jika merasa belum puas dengan hidup Anda maka perbaiki kesalahannya).

“You will definitely never recognize, before you trying to do. So remember of one point, the work will be success if you do a planning before”. (Kamu tidak akan pernah tahu hasilnya, jika tidak pernah mau mencobanya. Jadi ingatlah satu hal, bahwa suatu usaha akan berhasil jika Anda mau merencanakan sebelumnya).

“Do not calm because it stopped active at the first capability. Because something invaluable you will not have to accessibly. So always keep trying”. (Jangan pernah menyerah atas kegagalan dalam kesempatan pertama. Karena kesempatan yang bernilai tidak akan pernah bisa Anda miliki dengan mudah, Jadi selalu berusaha untuk mencoba).

“True desire just can you truly feel, if you can build up it as well as be fortunate”. (Keindahan yang sejati hanya akan bisa Anda rasakan, jika Anda sanggup untuk menikmatinya dengan bersyukur).

5. Kata-Kata Mutiara untuk Sahabat/Teman

Kata-Kata-Mutiara-untuk-Sahabat-Teman

“Dari dulu aku selalu berusaha untuk bisa jadi yang terbaik dan bisa lebih baik dari kalian. Sekarang aku sadar, ternyata aku bukan siapa-siapa jika tidak ada kalian di sisiku”.

“Marilah kawan kita belajar bersama karena tanpa belajar maka kita tidak akan pernah jadi apapun. Jadi hanya melalui belajar, kita semua bisa mempertahankan semua kejayaan”.

“Terimakasih sahabatku, karena selama ini kamu tidak pernah lelah dan terbebani untuk selalu membantuku. Aku tidak pernah tahu bagaimana caranya untuk bisa membalas kebaikanmu”.

“Jika kelak kamu menjadi seorang yang sukses, maka aku hanya bisa berharap agar kamu tidak melupakanku karena aku pernah menjadi sahabat terdekatmu”.

“Jika hari-hari kemarin kita masih mampu bahagia dan tertawa bersama, namun jika dilain hari kita menangis maka jangan pernah lelah berjuang untuk mengingatkan dan membangkitkan aku”.

“Pertemuan dan perpisahan menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dan sudah ada yang mengatur. Aku hanya bisa berharap suatu saat kita akan dipertemukan dalam keadaan yang bahagia”.

6. Kata-Kata Mutiara Singkat

Kata-Kata-Mutiara-Singkat

“Tetesan air mampu menciptakan sebuah sungai, kumpulan dari butiran beras mampu memenuhi sebuah lumbung yang kosong. Jangan pernah Anda meremehkan hati nurani diri sendiri dan berusahalah untuk berfikir positif dan melakukan perbuatan baik meskipun sangat kecil”.

“Dalam kehidupan manusia, Anda akan berada dalam situasi yang tidak selalu baik-baik saja. Namun bagi mereka yang telah mengalami berbagai ujian, dengan sangat mudah mereka mampu melewati kondisi tersebut meskipun itu sulit”.

“Semua manusia di dunia itu baik, jika Anda bisa melihat semua kebaikan dan kesenangannya. Namun akan menjadi buruk jika seseorang hanya mencari sisi buruknya saja dalam menilai orang lain”.

“Semoga Anda bisa mendapat kebahagiaan yang cukup, cobaan yang Anda peroleh bisa menjadikan lebih kuat. Hal itulah yang akan membuat Anda menjadi manusia yang sebenarnya dan memiliki harapan hidup yang lebih positif”.

7. Kata-Kata Mutiara Bijak

Kata-Kata-Mutiara-Bijak

“Jadikanlah Anda seperti lautan yang luas, jadi apapun yang akan terjadi Anda bisa menerimanya dengan iman yang tebal serta tawakal”.

“Jangan pernah melupakan sebuah pengalaman, karena pengalaman yang akan menuntun Anda menuju masa depan.”

“Setiap hari aku selalu berusaha untuk tersenyum, bukan berarti hidupku sudah sempurna namun aku selalu berusaha untuk bersyukur atas nikmat dan rahmat yang Allah berikan kepadaku”.

“Meskipun ada seribu orang yang datang untuk mencemooh dan merendahkan Anda, maka jangan pernah membalasnya namun jadikan sebagai penyemangat untuk menuju kesuksesan”.

“Untuk menjadi hebat, maka Anda harus memfokuskan diri pada hal-hal yang yang telah dimengerti”.

8. Kata-Kata Mutiara Tentang Kehidupan

Kata-Kata-Mutiara-Tentang-Kehidupan

“Jangan tertarik kepada seseorang hanya parasanya, kecantikan paras tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Jangan pula tertarik kepada seseorang hanya kekayaan hartanya, harta bisa musnah dengan seketika. Untuk itu tertarik lah dengan seseorang yang bisa membuat Anda tersenyum. Hanya kekuatan senyuman yang mampu membuat hidup Anda menjadi lebih berwarna”.

“Seberapa pun Anda mempertahankan dan memperjuangkan seseorang sebagai pacar, tidaklah lebih hebat dari mereka yang berani menikah meskipun baru saja kenal. Karena pacar Anda belum tentu yang ditakdirkan sebagai jodoh Anda”.

“Aku ingin menjadi seorang yang hebat, namun tidak berlebihan dalam menjalani kebahagiaan. Aku juga tidak akan terlalu murung menghadapi kesulitan, namun aku akan berusaha untuk menaklukan semuanya, dengan begitu aku yakin semua kesuksesan tidak akan meninggalkanku”.

9. Kata-Kata Mutiara Bahasa Jawa

Kata-Kata-Mutiara-Bahasa-Jawa

“Aja dadi manungso sing rumangsa bener lan pinter. Dadiya manungso sing bisa rumangsa”. (Jangan pernah menjadi seseorang yang merasa bisa dan pintar, Namun jadilah seseorang peka terhadap sesuatu).

“Yen kowe wis duwe niat kerjo iku ora perlu golek perkoro. Yen wis duwe niat golek rezeki ora perlu golek rai”. (Kalau sudah niat untuk bekerja, maka tidak perlu mencari masalah. Jika sudah diniati mencari rezeki maka tidak perlu mencari muka).

“Urip ning ndunya kuwi ibarat kopi, yen kowe ora bisa nikmati rasane tetep pahit”. (Anda hidup di dunia ini seperti sedang minum secangkir kopi, jika tidak pandai menikmati, maka rasanya akan tetap pahit).

“Tresno kuwi kadang koyo criping, sewektu-wektu iso ajur yen ora bisa ngati-ati nggowo”. (Cinta itu ib arat seperti keripik. Sewaktu-waktu bisa hancur jika tida dihati-hati pada saat membawanya).

“Rasa tresno kuwi ora ono patokan karo ayu, ganteng rupamu, kepinteranmu lan panggaweanmu”. (Perasaan cinta itu tidak pernah berpatokan terhadap kecantikan, ketampanan paras kepintaran dan juga pekerjaan).

10. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu

Kata-Kata-Mutiara-untuk-Ibu

“Memang tidak bisa dibayangkan oleh seorang pria, bagaimana caranya seorang ibu dalam melakukan pekerjaannya dalam keluarga, mulai dari mengurus anak, menyiapkan makan, mengurus rumah dan masih banyak lagi. Hanya seorang ibu yang tangguh mampu melakukan semua pekerjaan tersebut”.

“Seorang ibu akan selalu mendapat penghargaan berupa medali emas perak dan juga perunggu, namun seorang ayah harus tetap puas karena hanya mendapat hadiah hiburan saja”.

“Terimakasih Tuhan, karena Engkau telah menitipkanku pada malaikatmu yaitu Bunda ku tersayang”.

“Ada banyak sekali ibu yang terbaik di dunia ini, namun hanya ada satu ibu terbaik yang ada di dunia ini selamanya yaitu ibuku”.

“Menjadi anak sholihah dan tidak pernah menyakiti perasaan orang tua itu menjadi harapan terbesar orang tua kita”.

“Ibu merupakan sosok yang mencintaimu seutuhnya, mendengarkan setiap apapun yang Anda katakan dan hanya ibulah yang bisa memahami apa yang belum Anda katakan. Maka tidak ada yang lebih hebat dari sosok seorang ibu”.

11. Kata-Kata Mutiara untuk Suami

Kata-Kata-Mutiara-untuk-Suami

“Sayang, kaulah kekasihku sekaligus sahabat terbaik dalam hidupku. Meskipun aku tidak tahu bagaimana caraku untuk lebih mencintaimu. Namun aku sangat menghargai dalam setiap sisi, seperti halnya aku menghargai kehidupan kita bersama”.

“Ketika aku mengucapkan aku mencintaimu, aku tidak mengucapkan kata-kata itu dengan santai. Namun aku mengatakannya untuk selalu mengingatmu bahwa dirimu adalah segalanya bagiku dan merupakan hal terbaik yang terjadi dalam kehidupanku”.

“Aku memiliki hati yang beruntung dan paling bahagia karena Allah telah memberikan aku kesempatan untuk bisa memiliki suami yang hebat dan hidup bersama didalamnya. Tidak ada kata yang tepat untuk mengungkapkan bagaimana aku bisa bersyukur sebagai penerima cinta serta dukunganmu”.

“Satu hal yang benar-benar aku yakini dalam kehidupan ini yaitu kita bisa hidup bahagia selamanya hingga waktu memisahkan untuk menuju sang khalik”.

“Semoga semua perjuanganmu dan tetesan keringat yang engkau keluarkan ketika mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan kami menjadi berkah yang melimpah dan semoga Allah sudah menyiapkan surga untukmu”.

“Saat aku bersandar dipundakmu, maka perasaan ini sangat nyaman dalam suasana rumah ini. Engkau adalah rumah terbaikku, semoga engkau pun merasakan hal yang sama dan selalu menjaga hubungan ini hingga menuju syurgaNya”.

12. Kata-Kata Mutiara Guru

Kata-Kata-Mutiara-Guru

“Guru merupakan seseorang yang memberikan inspirasi bagi banyak orang. Seorang guru selalu memanfaatkan kesempatan untuk membuat muridnya menjadi sukses”.

“Seorang murid tidak membutuhkan sosok guru yang sempurna, namun mereka membutuhkan seorang guru yang selalu merasa bahagia”.

“Seorang guru sejati yaitu yang mampu menghidupkan cinta terhadap murid-muridnya tanpa pandang bulu dan mencintainya dengan tulus karena Allah SWT”.

“Guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Kata-kata tersebut bukan berarti guru tidak berjasa, namun siapapun tidak akan pernah bisa membalas semua jasa-jasa seorang guru”.

“Guru merupakan tokoh pembimbing anak-anak di Indonesia sebagai penerus bangsa agar lebih berprestasi. Terimakasih guruku atas semua pengorbananmu yang tidak kenal lelah dalam membimbing kami dan keikhlasan mu untuk menghabiskan waktu bersama kami”.

“Orang-orang hebat akan selalu berusaha untuk menciptakan sebuah karya yang bermutu, namun bagi seorang guru yang bermutu akan berusaha untuk melahirkan ribuan orang-orang hebat”.

13. Kata-Kata Mutiara Sedih

Kata-Kata-Mutiara-Sedih

“Perasaan yang sering menghantui dalam kehidupan manusia yaitu rasa iri hati. Karena rasa iri akan melahirkan suatu kebencian dan dapat membunuhmu dengan perlahan”.

“Waktu ibaratnya adalah sebuah pedang. Jika Anda menggunakan pedang tersebut dengan baik, maka sudah pasti akan membawamu ke arah keberuntungan. Sebaliknya, jika Anda menggunakan untuk hal yang buruk maka pasti akan membunuhmu”.

“Berpikirlah terlebih dahulu sebelum Anda berbicara, karena dengan berpikir yang jernih maka dapat mengendalikan ucapan yang mampu menimbulkan salah paham”.

“Jika Anda memiliki keinginan, maka segeralah untuk memulai. Anda juga harus memiliki keberanian untuk menyelesaikan keinginan tersebut bukan mengakhiri”.

“Ketika Anda memiliki perasaan sedih, maka akan lebih bermakna jika melakukan kegiatan-kegiatan positif. Karena kesedihan akan berangsur hilang dan perasaan di hati Anda menjadi semakin membaik”.

14. Kata-Kata Mutiara Basa Jawa

Kata-Kata-Mutiara-Basa-Jawa

“Manungsa ing dunya mung bisa ngunduh wohing pakarti”. (Baik buruknya kehidupan manusia di dunia tergantung pada perbuatan manusia itu sendiri).

“Sak becik-becike manungsa yen awehi pitulungan kanthi dedemitan”. (Sebaik-baik manusia yaitu jika memberikan pertolongan dengan cara sembunyi-sembunyi).

“Urip manungsa ning dunya iku terus mlaku, bebarengan wektu lan sing bisa ngubah awakmu yo lakumu dewe”. (Hidup di dunia itu terus berjalan beriringan dengan waktu. Yang mampu merubah nasibmu hanya dirimu sendiri).

“Sabar iku ingaran mustikaning laku”. (Berbuat sesuatu dengan mengutamakan sikap sabar merupakan hal yang paling indah di dalam suatu kehidupan).

“Yen uripmu isine mung nuruti hawa napsu, soyo angel ketemune urip mulyo”. (Maka suatu kemulyaan hidup akan semakin sulit untuk ditemukan).

15. Kata-Kata Mutiara Motivasi

Kata-Kata-Mutiara-Motivasi

“Allah selalu memberikan petunjuk kepada hamba-Nya yang sedang mengalami masalah. Maka dari itu, carilah petunjuk tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah, jika Anda menginginkan suatu keajaiban terjadi pada diri Anda”.

“Kesulitan hidup bukanlah sesuatu yang harus Anda ratapi secara terus menerus, namun kesulitan itulah yang akan membuat Anda menjadi semakin kuat dan gigih untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.”

“Kegelisahan bukanlah milik Anda yang mudah berputus asa. Untuk meraih kebahagiaan yang sejati, maka segera lepaskan-lah pemikiran negatif yang menghantui fikiran Anda”.

“Untuk menjadi sukses, maka jadilah pekerja keras yang selalu percaya dengan kemampuan diri sendiri dan bukan menjadi seseorang yang berlindung pada kemampuan orang lain”.

“Membuat rencana yang sederhana kemudian diterapkan itu jauh lebih baik ketimbang membuat rencana besar namun selalu ditunda untuk melaksanakannya”.

“Ketika rasa putus asa menghampiri Anda, ketika harus menerima cobaan yang berat, maka berusaha bertahan sekuat tenaga. Ubahlah rasa putus asa menjadi sebuah kesabaran, maka Allah akan memberikan jalan keluar untuk Anda”.

16. Kata-Kata Mutiara Bahasa Sunda

Kata-Kata-Mutiara-Bahasa-Sunda

“Gagal sakali lain hartina gagal salamina? Diajar tina kagagalan, tong jadikeun mangsa kaliwat urang janten hahalang tina nga-wujudkeun impén sareng harepan urang”. (Kegagalan dalam melakukan sesuatu bukan merupakan kegagalan sepenuhnya, ubahlah kegagalan tersebut untuk belajar menjadi sukses).

“Mangga cobian sésakeun waktos urang sakedap kanggo nyukuran kana perkawis anu ku urang dipiboga tina kahirupan ieu. Cobi hargaan! Insya allah urang bakal tiasa kapanggih kana sumanget nu anyar pikeun ngawujudkeun kahayang urang”. (Mensyukuri atas kehidupan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan didalam hati dan jiwa. Karena dengan bersyukur maka akan meningkatkan semangat untuk menciptakan hal-hal yang baru).

“Ulah mipigawé ku samata-mata kana duit hungkul, nanging urang kedah ngareseupkeun pagawéan éta, sabab boa-boa éta kasuksésan téh mipibogaan urang”. (Jangan pernah mengerjakan sesuatu hanya semata-mata karena uang, namun kita harus belajar untuk menyukai pekerjaannya. Karena bisa jadi kesuksesan kita berasal dari pekerjaan tersebut).

“Ngan saukur jalma anu bodo, anu angger masih kénéh ngalakukeun kasalahanana noron dua kali”. (Hanya orang bodoh saja yang masih melakukan kesalahan yang sama hingga dua kali).

17. Kata-Kata Mutiara Pendidikan

Kata-Kata-Mutiara-Pendidikan

“Pendidikan merupakan senjata paling ampuh yang mampu merubah dunia”.

“Hanya pendidikan bermoral dan berkualitas yang mampu menyelamatkan masa depan suatu bangsa. Ketahanan suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan yang mampu menciptakan generasi unggulan”.

“Hal utama yang mampu membedakan seseorang yaitu dari kualitas pendidikannya. Jika kualitas pendidikannya baik dan memperoleh pendidikan terbaik, maka sudah pasti hasil yang akan diperoleh juga akan lebih maksimal”.

“Hiduplah seakan Anda akan mati besok dan belajarlah seakan Anda akan hidup selamanya”.

“Menciptakan anak-anak usia dini untuk berucap jujur merupakan langkah awal suatu pendidikan”.

“Pendidikan merupakan sahabat terbaik. Seseorang yang terdidik dengan baik, maka dimanapun akan dihargai. Pendidikan yang berkualitas mampu mengalahkan kecantikan paras dan jiwa muda seseorang”.

“Suatu pembelajaran tidak bisa didapatkan secara kebetulan, namun harus didapatkan dengan penuh semangat dan ketekunan”.

18. Kata-Kata Mutiara Lebaran

Kata-Kata-Mutiara-Lebaran

“Suara beduk saat lebaran mampu memecahkan kesunyian malam dan mengantarkan kita rasa syukur kepada Allah SWT karena hari kemenangan telah datang menyambut kita dengan perasaan penuh bahagia. Untuk itu, izinkan lah aku untuk memohon maaf atas segala khilaf baik lisan ataupun perbuatan”.

“Meskipun banyak kata-kata yang telah membuat hati kita terluka. Banyak perbuatan yang telah membuat hati kita kecewa. Namun hal itu jangan sampai membuat hubungan silaturahmi menjadi putus. Marilah kita membuka hati untuk saling meminta dan memberi maaf dengan tulus dan ikhlas”.

“Jangan sampai karena hanya perbuatan atau kata-kata yang terucap memutuskan hubungan persaudaraan. Allah maha pemaaf, maka kita sebagai hambaNya sangat malu jika tidak saling memaafkan atas segala khilaf dan perbuatan yang telah kita perbuat”.

“Janganlah meminta maaf dan memberi maaf hanya melalui ucapan di mulut saja. Sebaiknya lakukan lah dengan penuh keikhlasan dan sepenuh hati. Mohon maaf lahir dan batin”

“Memaafkan kesalahan seseorang tidak akan pernah membuat kita menjadi hina. Meminta maaf tidak akan pernah menjatuhkan harga diri dan saling memaafkanlah yang akan membuat hati seseorang menjadi semakin mulia dan dihargai”.

19. Kata-Kata Mutiara PSHT

Kata-Kata-Mutiara-PSHT

“Sepira Gedhening Sengsara Yen Tinampa Amung Dadi Coba”. (Seberapa pun besar kesulitan jika mampu melewatinya maka hanya merupakan cobaan saja).

“Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan”. (Jangan pernah sakit hati ketika sedang ditimpa bencana, jangan merasa sedih ketika sedang merasa kehilangan).

“Budhi Dayane Manungso Tan Keno Ngluwihi Kodrate Sing Maha Kuwoso”. (Segala hal yang menjadi usaha manusia tidak akan bisa melebihi dari kehendak Allah SWT).

“Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo”. (Janganlah mudah tergoda dengan dengan kemewahan, jangan mudah mendua agar rasa semangatnya tidak mudah luntur).

“Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman”. (Jangan mudah terkejut, jangan mudah menyesal, jangan mudah kagum, jangan mudah aleman).

“Urip Iku Urup, yang secara harfiah”. (Didalam kehidupan sebisa mungkin agar bisa bermanfaat untuk orang lain).

20. Kata-Kata Mutiara Pagi

Kata-Kata-Mutiara-Pagi

“Awali pagimu dengan sesuatu yang baik, salah satunya yaitu dengan tersenyum. Senyuman di pagi hari akan menciptakan suasana hati yang lebih baik dan akan menghadirkan harimu menjadi lebih indah”.

“Mengawali hari lebih awal merupakan kunci utama menjadi seorang yang sukses. Karena di pagi hari otak masih jernih dan tenaga masih kuat”.

“Ketika Anda bangun di pagi hari, pikirkanlah hal-hal yang baik bahwa masa depan akan menjadi lebih baik, maka harimu juga akan menjadi lebih cerah”.

“Marilah awali pagi ini dengan rasa kepedulian terhadap diri sendiri dan juga sesama, maka harimu akan lebih berarti dan menyenangkan”.

“Tanamkan kebiasaan berbuat baik untuk sesama. Hapus segala memori yang tidak menyenangkan, karena kita harus selalu belajar untuk memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik”.

“Mengawali hari dengan rasa sayang bagi diri sendiri dan semua yang ada disekitarmu. Maka dunia ini akan menyayangimu dengan sepenuh hati”.

21. Kata-Kata Mutiara Pernikahan

Kata-Kata-Mutiara-Pernikahan

“Semoga ikatan pernikahan ini menjadikan kalian lebih dekat dengan Allah, semakin bersemangat dalam menjemput rezekiNya dan keluarga semoga kalian selalu dilindungi oleh Allah SWT …Amin”.

“Selamat menempuh kehidupan baru, semoga menjadi keluarga yang selalu bahagia hingga menuju surga-Nya”.

“Ikut berbahagia di hari perkawinan kalian, karena mulai detik ini hubungan kalian sudah halal. Maka akan menjadikan suatu bagi ibadah kalian dan semoga Allah selalu melindungi kalian untuk bersama selamanya.”

“Mulai saat ini Anda sudah tidak lagi kesepian, karena sudah ada seseorang yang setia disampingmu. Semoga Anda semakin bersemangat untuk menggapai masa depan, karena saat ini Anda memiliki kewajiban yaitu membahagiakan pasangan Anda”.

“Telah datang seseorang yang tulus kepadamu, mengambil hati hingga cintamu. Karena kamu dan dia merupakan pasangan yang paling serasi saat ini, dan mampu mempertanggungjawabkan hubungan cinta kalian menuju cinta yang abadi dalam ikatan pernikahan yang sangat suci”.

“Selamat menjalankan kehidupan yang baru, karena kini sudah datang pasangan terbaik untukmu. Dia mampu membuatmu lebih yakin dan pantas untuk dicintai untuk selamanya”.

22. Kata-Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib

Kata-Kata-Mutiara-Ali-Bin-Abi-Thalib

“Hal terbaik yang harus dilakukan untuk diri sendiri yaitu selalu berusaha merubah diri sendiri agar mampu menjadi yang terbaik”.

“Aku sudah pernah merasakan semua kehidupan yang paling pahit dan hal yang paling pahit yaitu ketika aku berharap sesuatu dengan manusia”.

“Berbahagialah bagi seseorang yang bisa menjadi tuan untuk dirinya sendiri, menjadi pemandu yang terbaik untuk nafsunya dan menjadi seorang kapten dalam menjalani bahtera kehidupannya”.

“Seseorang yang selalu menjaga kejujurannya akan akan mendapatkan tiga hal, diantaranya adalah kepercayaan, perasaan cinta dan rasa hormat”.

“Jangan pernah berhenti berdoa yang terbaik bagi seseorang yang benar-benar kamu cintai”.

“Angin tidak akan pernah berhembus untuk menggoyang pepohonan, namun akan selalu menguji pada bagian akarnya”.

“Jangan pernah mencoba untuk menjelaskan siapa dirimu kepada orang lain, karena seseorang yang menyukaimu tidak membutuhkan itu. Sedangkan seseorang yang membencimu meskipun dijelaskan siapa dirimu namun tetap tidak akan mempercayaimu”.

“Kesabaran dalam hidup itu terdiri dari dua macam, pertama yaitu sabar atas segala sesuatu yang tidak pernah Anda inginkan dan yang kedua yaitu sabar mengenai sesuatu yang Anda inginkan”.

23. Kata-Kata Mutiara Rindu

Kata-Kata-Mutiara-Rindu

“Sebagian rindu memang terjadi sembunyi-sembunyi, bukan untuk disampaikan dengan terang-terangan, namun selalu diungkapkan melalui doa yang tulus”.

“Menjalin sebuah hubungan dalam jarak jauh memang tidak semudah seperti air hujan yang jatuh dari langit, menjalin hubungan jarak jauh benar-benar mampu menumbuhkan rasa rindu yang sangat utuh”.

“Rindu antara aku dan kamu sama seperti angin, karena rasa rindu itu tidak tampak, namun bisa aku rasakan kehangatannya serta kegelisahannya”.

“Kenangan tentangmu bagaikan sebuah rumah. Jadi setiap kali aku teringat tentangmu, maka akan selalu menemukan jalan terbaik untuk kembali kepadamu”.

“Kamu tidak akan pernah berada jauh dari hidupku, karena kemanapun aku pergi akan selalu ada dirimu. Dihatiku selalu ada dirimu karena yang jauh hanyalah raga dan bukan hati kita”.

“Sebuah kebersamaan akan sangat berarti setelah kita pernah merasakan kehilangan. Rasa kehilangan akan menjadi semakin berarti ketika diantara aku dan kamu saling merindukan”.

24. Kata-Kata Mutiara untuk Mantan

Kata-Kata-Mutiara-untuk-Mantan

“Aku adalah salah satu orang yang selalu menjaga indahnya dalam sebuah kisah cinta, meskipun sinar pelangi tidak selamanya ada”.

“Bagaimana caraku untuk bisa membuang kenangan itu jauh, sedangkan bayang-bayang dirimu selalu hadir dalam kehidupanku”.

“Aku akan lebih memilih untuk tidur dan tidak terbangun lagi, daripada terlalu sakit ketika aku harus membuka mata tanpa adanya seorang pacar disisiku”.

“Entah harus bagaimana caraku untuk bisa berpaling darimu, karena kemanapun tatapanku pergi yang didapati hanyalah bayangan wajahmu”.

“Kupikir melihatmu pergi jauh merupakan suatu hal yang terberat, namun mengetahui jika kamu pergi dan tidak akan pernah kembali itu yang paling berat”.

“Walaupun saat ini kita sudah tidak bisa sejalan. Namun selagi kita masih mampu melihat langit yang sama, aku yakin masih banyak kesempatan untuk kita bisa bersama lagi”.

“Mungkin bagimu aku bukanlah siapa-siapa, namun perlu kamu tahu bahwa dirimu adalah segalanya bagiku bahkan duniaku”.

25. Kata-Kata Mutiara Soekarno

Kata-Kata-Mutiara-Soekarno

“Barangsiapa yang menginginkan sebuah mutiara, maka ia harus berani menyelam di lautan yang dalam”.

“Jika dalam diri kita memiliki suatu impian yang kuat, alam semesta secara tidak langsung akan mendukung kita dan mewujudkannya”.

“Belajar tanpa adanya berpikir tidak ada gunanya, akan tetapi berpikir tanpa adanya kemauan untuk belajar justru lebih berbahaya”.

“Menaklukkan manusia dalam jumlah ribuan mungkin tidak bisa disebut pemenang. Namun mampu menaklukkan diri sendiri baru akan disebut brilian”.

“Jika aku diberikan dua kali kesempatan hidup oleh Tuhan, maka kedua kesempatan itu akan aku persembahkan untuk bangsa dan tanah air ini”.

“Antara pria dan wanita seperti halnya sayap pada se eokor burung. Jika kedua sayap tersebut sama-sama kuat maka burung tersebut bisa terbang hingga kepuncak yang tinggi. Namun, jika ada salah satunya yang patah maka burung tersebut tidak akan mampu terbang sama sekali”.

26. Kata-Kata Mutiara Alam

Kata-Kata-Mutiara-Alam

“Tiada awan di langit selalu tetap dalam keadaan yang serupa. Tidak akan mungkin cuacananya selalu terang. Setelah malam, maka akan datang pagi dengan sinar mentari yang cerah menyinari bumi ini. Kehidupan manusia pun sama seperti alam, setelah datang kegelapan akan tiba suatu pencerahan”.

“Agar lebih bisa mengerti mengenai kehidupan, maka kita harus menyatu dengan alam. Semua hal tidak boleh dipaksakan, karena semua bisa terjadi dengan sendirinya. Setelah hidup maka kita akan mengalami keselarasan dengan kehidupan”.

“Kemunculan pelangi setelah hujan menandakan bahwa itu adalah janji alam, bahwa semua hal buruk sudah berlalu dan semua masa depan akan terjadi baik-baik saja”.

“Sebagai manusia kita harus selalu berikhtiar untuk mendapatkan kehidupan yang abadi di alam ini. Dengan hanya duduk nyaman dan meminta syurga itu suatu hal yang tidak mungkin. Jadi aku tidak berani untuk meminta surga hanya dengan duduk diam, melainkan kita harus berikhtiar”.

“Cinta merupakan salah satu kebebasan yang ada di dunia, karena ia sangat mengangkat jiwa seseorang”.

27. Kata-Kata Mutiara Idul Fitri

Kata-Kata-Mutiara-Idul-Fitri

“Jika ada khilaf yang pernah berucap. Maka di hari yang suci ini, izinkan lah aku untuk memohon maaf. Sesungguhnya tidak ada manusia yang sempurna dan tidak pernah berbuat luput”.

“Jika jiwa pada diri seseorang sebening air, maka Anda jangan pernah membuatnya keruh. Jika hati sepenuh awan di langit, maka jangan membuat keadaan menjadi mendung. Untuk itu raihlah kemenangan bersama-sama dengan saling memohon maaf dan memaafkan”.

“Terkadang lidah yang tidak bertulang ini salah berucap. Terkadang hati memiliki perasaan yang tidak baik. Maka dari hati yang paling dalam sampaikan mohon maaf lahir dan batin”.

“Jika jari ini tidak mampu berjabat tangan, seiring dengan bunyi bedug yang menggema saling bersahutan, serta suara takbir malam yang berkumandang. Hadiah yang paling indah yaitu untuk bisa saling memaafkan”.

“Jangan pernah memutuskan sebuah hubungan hanya karena ucapan yang tidak sengaja dilontarkan. Baik sengaja atau tidak, maka berusahalah untuk saling memaafkan tanpa rasa menyimpan dendam sedikit pun”.

28. Kata-Kata Mutiara Natal

Kata-Kata-Mutiara-Natal

“Semoga kebahagian Natal ini abadi dan selalu ada dihati kita, sehingga menjadikan sinar terang bagi keluarga dan semua umat”.

“Natal merupakan waktu yang tepat untuk berbagi hati dan cinta kasih terhadap sesama. Natal adalah saat kita untuk memberi dan mendapatkan berkah. Saatnya bagi seluruh umat untuk berbahagia, karena penyelamat seluruh umat telah lahir”.

“Setiap detik dalam kehidupan sehari-hari memiliki makna tersendiri. Ketika pagi hari ada sebuah harapan, sore membawa keimanan, petang hari membawa cinta kasih dan malam menghadirkan suatu ketenangan. Semoga semua keberkatan selalu bersamamu”.

“Natal merupakan saatnya seseorang melupakan masa lalu dan mengenang kehadiran hari ini agar menjadi insan yang lebih baik kedepannya”.

“Natal yaitu salah satu bukti nyata cinta kasih Tuhan Yesus kepada umatnya. Di setiap waktu kita akan menerima cinta kasih dan keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus”.

29. Kata-Kata Mutiara Sabar

Kata-Kata-Mutiara-Sabar

“Sabar itu tidak pernah ada batasnya, jika ada batasnya berarti sama saja tidak sabar”.

“Orang dengan pikiran bodoh seringkali banyak alasan terhadap segala sesuatu yang sebetulnya dia hanya mengalah dengan keadaan tanpa mau berusaha”.

“Jika hidup kita tidak mudah menyerah, maka sudah pasti kesuksesan itu sudah sangat dekat. Karena di dunia ini hanya ada 2 hal yang tidak bisa dikalahkan untuk menuju sukses. Pertama yaitu seseorang yang memiliki sifat sabar dan yang kedua yaitu seseorang yang memiliki jiwa pantang menyerah”.

“Ciptakanlah dirimu sebagai pribadi yang kuat dan unggul, serta manfaatkan peluang meskipun itu kecil untuk meraih kesuksesan”.

“Jalan meraih kebahagiaan yang sempurna yaitu dengan kesabaran dan keikhlasan”.

“Berusahalah dengan suatu harapan yang Anda impikan dan raihlah suatu mimpi dengan keikhlasan dan kesabaran”.

“Bersabar dan berlapang dada lah ketika sesuatu yang sangat kamu cintai hilang. Percayalah jika Allah akan memberikan ujian dengan mengambil sesuatu yang sangat Anda cintai untuk menggantikannya dengan yang lebih baik.”

“Tetaplah untuk selalu tersenyum ketika kesedihan sedang melanda, memaafkan dari segala kekecewaan yang terjadi. Karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan hidup”.

“Jangan pernah menganggap masalah Anda sebagai beban hidup yang terberat. Jadikanlah semua masalah itu sebagai tempat belajar agar hidup Anda menjadi lebih maju”.

“Segala sesuatu tidak akan menjadi sulit, jika Anda mampu melewatinya dengan sebuah kesabaran dan juga keikhlasan”.

“Di dalam kehidupan, yang perlu Anda lakukan adalah berusaha dan berdoa untuk mengharap kebaikan kepada Allah SWT. Sedangkan hasilnya tergantung dari ikhtiar yang telah Anda lakukan”.

30. Kata-Kata Mutiara Cobaan

Kata-Kata-Mutiara-Cobaan

“Tinggalkan segala pikiran yang bisa membuat Anda lemah, kemudian peganglah erat-erat pemikiran yang mampu memberikan Anda kekuatan. Karena dengan begitu, maka kesuksesan akan semakin mendekati Anda”.

“Janganlah merisaukan segala sesuatu yang belum Anda miliki saat ini, namun risaukan mengenai suatu hal yang Anda belum mampu untuk bersyukur”.

“Kenyataan di dalam hidup manusia bukan hanya untuk mencari hal yang terbaik. Namun kita juga harus belajar untuk bisa menerima kenyataan yang terjadi”.

“Jika ada seseorang yang memberikan perhatian kepada Anda maka jangan pernah bosan dengannya apalagi sampai mengabaikannya. Karena sekecil apapun perhatian itu suatu saat akan Anda rindukan ketika merasa kesepian”.

“Janganlah menyelesaikan masalah dengan hanya mengeluh dan marah-marah. Namun selesaikan masalah dengan lebih bersabar, banyak bersyukur dan jangan lupa untuk tetap tersenyum. Maka yakin lah jika pertolongan Allah sangat dekat” .

“Jangan pernah berhenti berharap atas semua kebaikan, karena Allah niscaya akan lebih mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan permintaan hamba-Nya”.

31. Kata-Kata Mutiara Sakit hati

Kata-Kata-Mutiara-Sakit-hati

“Tangisanku yaitu cara mataku berbicara ketika mulutku terasa terkunci dan tidak mampu menjelaskan apapun bahkan mengenai kehancuran dan perasaan sedih ini”.

“Ada sebagian sakit hati yang benar-benar tidak bisa tersembuhkan, namun hanya bisa untuk belajar dilupakan”.

“Kehadiranmu yang masih tetap disini justru akan semakin membunuhku. Aku mencoba untuk tidak berbalik kepadamu, meskipun sakit namun itulah cara terbaikku”.

“Banyak orang menyatakan cintanya sangat tulus dan sampai mati, namun kenyataannya dia pun juga pergi meninggalkanmu”.

“Dia tidak berubah, dia datang dengan kebohongan baru dengan cara yang baru karena itulah sifatnya yang sudah melekat dan sulit untuk dirubah”.

“Lebih baik kita dalam posisi sendirian ketimbang kita harus menjalin hubungan yang buruk dan tidak memiliki makna”.

“Aku spesial, aku lebih berharga, aku pasti bisa dan pantas untuk memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Jadi, aku tidak akan pernah mendengarkan orang yang pernah datang dan menyakitiku”.

32. Kata-Kata Mutiara Caknun

Kata-Kata-Mutiara-Caknun

“Agama merupakan sebuah perilaku dan juga sikap. Semua agama mengajarkan cinta kasih, rasa sayang dan juga kesantunan terhadap sesama”.

“Syurga bagi seorang muslim itu tidak penting, namun yang terpenting adalah fokuskan dirimu kepada Tuhan”.

“Tuhan tidak pernah menuntut umatnya harus selalu hidup dengan kesuksesan. Namun, Tuhan menyuruh umatnya untuk terus berjuang tanpa henti untuk meraih kesuksesan”.

“Tuhan tidak akan sakit hati atas keingkaran umatnya, Namun Tuhan akan merasa tersakiti jika melihat umatnya hanya berpura-pura menyembah-Nya”.

“Memiliki ilmu agama yang pas-pasan bukan menjadi masalah yang besar. karena hal itu justru akan membuat Anda menjadi rendah hati. Banyak sekali orang yang sudah mengetahui tentang ilmu agama, namun justru jadi tinggi hati”.

“Kalah atau menang bukan menjadi hal penting yang akan membuat hati kita haru, karena jika kalah pun dia tidak akan berdosa. Namun Tuhan akan menilai apakah seseorang itu mau berjuang atau tidak dalam kebaikan”.

Kumpulan kata-kata mutiara di atas, semoga dapat memberikan inspirasi dan menambah motivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih sukses. Ingat, jangan menyerah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *