Pembukaan Pidato : Contoh Lengkap (B. Arab, Inggris, Jawa, Singkat)

10 min read

pembukaan-pidato

Mempelajari teknik membuat pembukaan pidato yang benar adalah sangat penting. Hal ini dikarenakan pembukaan yang menarikbisa mempengaruhi pendengar.

Banyak orang yang belum menguasai bagaimana cara berpidato di depan umum dengan baik. Hal ini dikarenakan orang tersebut gugup dan gemetar. Oleh karena itu, sebelum berpidato seseorang perlu mempersiapkan diri salah satunya dengan membuat kata-kata pembukaan pidato yang unik.

Berikut ini akan disajikan pengertian pidato dan contoh teks pembukaan pidato. Pembukaan pidato berisi salam pembuka dan ucapan untuk menyapa orang lain yang mendengarkan pidato. Setelah itu, barulah menyampaikan inti pidato.

Pengertian Pidato

Pidato merupakan sebuah kalimat yang disusun rapi untuk disampaikan kepada orang lain. Menurut KBBI, pidato merupakan ungkapan kata yang didalamnya memiliki makna untuk disampaikan kepada banyak orang.

Salah satu ciri pidato yang baik dan benar dapat dilihat dari reaksi orang-orang yang mendengarnya.  Hal ini dikarenakan tujuan seseorang melakukan pidato adalah untuk mengajak orang lain sehingga mengikuti ajakan yang Anda ungkapkan.

Contoh Teks Pembukaan Pidato

1. Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

Pembukaan-Pidato-Bahasa-Inggris

Ladies and gentleman, first of all let us say thanks to Allah SWT which has given blessing to us so we can gather here. Shalawat and greeting are always delivered to our Prophet Muhammad SAW.

Vegetables and fruits are source of vitamin C, vitamin A, vitamin B, mineral etc. It’s good for your growth and development. So, I will remind you how important to eat vegetables and fruit every day.

2. Pembukaan Pidato Bahasa Arab

Pembukaan-Pidato-Bahasa-Arab

وَبَرَكَاتُهُ اللهِ وَرَحْمَةُ عَلَيْكُمْ السَّلاَمُ

فَلاَ اللهُ يَهْدِهِ مَنْ أَعْمَالِنَا، سَيِّئَاتِ وَمِنْ أَنْفُسِنَا شُرُوْرِ مِنْ بِاللهِ وَنَعُوذُ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَعِيْنُهُ نَحْمَدُهُ لِلَّهِ الْحَمْدَ إِنَّ

عَلَى رِكْ وَبَا وَسَلِّمْ صَلِّ اَللَّهُمَّ .وَرَسُوْلُهُ عَبْدُهُ مُحَمَّدًا أَنَّ وَأَشْهَدُ اللهإِلاَّ إِلَهَ لاَ أَنْ أَشْهَدُ .لَهُ هَادِيَ فَلاَ يُضْلِلْ وَمَنْ لَهُ مُضِلَّ

,بَعْدُ أَمَّا .الْقِيَامَةِ يَوْمِ إِلَى بِهُدَاهُ اهْتَدَى وَمَنِ وَصَحْبِهِ آلِهِ وَعَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya:

Segala puji bagi Allah, kita memuji, meminta pertolongan, ampunan dan petunjuk kepada Allah. Kita berlindung kepada Allah dari segala bentuk kejahatan baik dari diri kita maupun dari keburukan amal kita.

Apabila seseorang dikehendaki memperoleh petunjuk dari Allah maka tidak ada orang yang mampu menyesatkan. Dan barang siapa yang sesat maka tidak ada seorang pun yang bisa memberi petunjuk kepadanya.

Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad merupakan hamba dan Rasul Allah. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tetap tercurah kepada Muhammad dan keluarganya, sahabat dan orang yang memperoleh petunjuk.

3. Pembukaan Pidato Islami

Pembukaan-Pidato-Islami

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah atas rahmat dan hidayah-Nya kita masih bisa menjumpai bulan suci ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya banyak keberkahan dan kemuliaan.

Pada bulan yang penuh berkah ini, semua orang Islam saling berlomba mengerjakan amalan sebanyak-banyaknya. Di bulan tersebut terdapat malam yang sangat dinanti-nantikan, yaitu malam lailatul qadar atau yang dikenal dengan istilah malam seribu bulan.

Bulan ramadhan juga disebut dengan bulan yang mulia. Rasulullah bersabda pada bulan tersebut pintu-pintu surga dibuka lebar sedangkan pintu neraka ditutup. Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak amal ibadah untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

4. Pembukaan Pidato Bahasa Jawa

Pembukaan-Pidato-Bahasa-Jawa

Sugeng siang. Ingkang kula hormati Bapak saha Ibu guru SMP Duta Pelita. Dhumateng para tamu undangan ingkang ugi kula hormati lan rencang-rencang sedaya ingkang kula tresnani.

Puji syukur mangga tansah kita aturaken dhumateng Allah SWT ingkang tansah paring nikmat iman lan Islam. Shalawat lan salam kita haturaken dhumateng Nabi Muhammad SAW ingkang kita antu-antu syafaatipun wonten ing akhirat.

Para jamaah ingkang kula hormati. Wonten ing kesempatan punika kula badhe ngaturaken pidato babagan lingkungan. Lingkungan menika kedah dipun jagi amarga lingkungan dados panggenan kita sedaya gesang wonten ing alam donya.

5. Pembukaan Pidato Perpisahan Sekolah

Pembukaan-Pidato-Perpisahan-Sekolah

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru yang kami hormati pula, Bapak dan Ibu orang tua siswa yang kami hormati, para tamu undangan yang berbahagia. Yang saya cintai dan sayangi teman-teman dan adik-adik kelas 10 dan 11 SMA Budi Mulia.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kita bisa berkumpul di aula ini dalam acara perpisahan siswa kelas 12 SMA Budi Mulia Bogor.

Shalawat kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umat beliau yang mendapatkan syafaat besok di hari kiamat.

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya mewakili siswa kelas 12 ingin menyampaikan beberapa patah kata pada acara perpisahan siswa kelas 12 di sekolah ini. Sebelumnya, perkenalkan nama saya Aditya Putra Permana siswa kelas 12 jurusan IPA.

6. Pembukaan Pidato Persuasif

Pembukaan-Pidato-Persuasif

Yang terhormat Bapak kepala sekolah SMA Negeri Putra Bangsa Jakarta Pusat. Yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri Putra Bangsa Jakarta Pusat dan teman-teman yang saya cintai dan sayangi.

Puji dan syukur marilah kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita semua. Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk memperingati hari bumi.

Oleh karena itu, izinkanlah saya untuk menyampaikan arti penting memelihara dan menjaga bumi tempat kita tinggal ini. Tujuannya adalah agar bumi ini terhindar dari kerusakan akibat ulah manusia.

7. Pembukaan Pidato Singkat

Pembukaan-Pidato-Singkat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya sayangi teman-teman SMP Bintang Pesona. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pembukaan pidato singkat mengenai manfaat membaca buku.

Buku merupakan jendela dunia sebagai sumber ilmu pengetahuan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan rajin membaca buku. Apa saja manfaat membaca buku? Berikut ulasannya.

8. Pembukaan Pidato yang Lucu

Pembukaan-Pidato-yang-Lucu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat siang semuanya. Semoga kita selalu diberi nikmat kesehatan. Sebelum kita memasuki materi, izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya punya sebuah pantun yang lucu:

Siang-siang main layang-layang

Layang-layang terbang di awan

Apabila tak kenal maka tak sayang

Yuk, mari berkenalan kawan

Nama saya Thomas Alfa, nama yang tentu familiar di telinga kita semua. Saya tinggal di Yogyakarta, tapi tidak saya sebutkan alamat lengkapnya. Namun, jika kalian memaksa silahkan tanyakan kepada Google Map saja siapa tau bisa menebak alamat rumah saya.

9. Pembukaan Pidato Resmi

Pembukaan-Pidato-Resmi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bapak kepala Desa Bangun Sejahtera yang saya hormati. Yang terhormat Bapak kepala dusun, yang terhormat Bapak dan Ibu tamu undangan.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya kita bisa berkumpul di balai desa ini dalam rangka menghadiri rapat resmi tahunan di Desa Bangun Sejahtera.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa perkembangan dan kemajuan kegiatan pembangunan jalan di Desa Bangun Sejahtera. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari masyarakat pembangunan berjalan dengan baik dan lancar.

10. Pembukaan Pidato Bahasa Sunda

Pembukaan-Pidato-Bahasa-Sunda

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji syukur urang panjatkeun ka Allah SWT. Solawat sareng salam urang ka Nabi Muhammad SAW. Mugia urang sadayana nampi syafaat.

Bapak Kapala Sakola anu dipikahormat, Bapak Ibu guru anu dipikahormat, sareng rerencangan anu dipikacinta. Dina kasempatan ieu kuring bade nganteurkeun pentingna urang ngajaga kabersihan lingkungan.

11. Pembukaan Pidato Cerita Sejarah

Pembukaan-Pidato-Cerita-Sejarah

Halo teman-teman. Hari ini bertepatan dengan tanggal 17 Agustus, yaitu tanggal bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan 17 Agustus merupakan hari di mana Indonesia meraih kemerdekaan.

Dahulu, para pahlawan yang telah gugur mendahului kita berjuang hingga titik darah penghabisan demi meraih kemerdekaan. Mereka rela mati demi berjuang melawan penjajah meskipun hanya dengan keterbatasan senjata perang.

Hal inilah yang melatarbelakangi diselenggarakannya upacara bendera setiap tanggal 17 Agustus. Tujuannya adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mewujudkan negara Indonesia yang merdeka.

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan bahwa sebagai generasi muda kita harus selalu semangat belajar untuk memajukan bangsa Indonesia. Dengan demikian, para pahlawan akan bangga memiliki generasi penerus yang memiliki kepedulian terhadap bangsa.

12. Pembukaan Pidato Upacara Bendera

Pembukaan-Pidato-Upacara-Bendera

Pertama-tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada pagi ini kita bisa melaksanakan upacara bendera tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua termasuk golongan umatnya yang akan mendapat syafaat di yaumul akhir. Amin.

Setiap hari senin kita mengadakan upacara bendera guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan negara Indonesia. Adanya upacara bendera ini diharapkan para siswa lebih disiplin dan giat dalam belajar.

13. Pembukaan Pidato Keren

Pembukaan-Pidato-Keren

Puji dan syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat-Nya sehingga pada kesempatan ini kita bisa bertatap muka dalam kondisi sehat dan baik-baik saja.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya menyampaikan arti penting pendidikan bagi kemajuan bangsa. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan keren baik pendidikan formal maupun non formal.

14. Pembukaan Pidato Tema Kesehatan

Pembukaan-Pidato-Tema-Kesehatan

Kepada Bapak Kepala Sekolah SMA Taruna Jaya Bekasi yang saya hormati. Kepada Bapak dan Ibu guru yang saya hormati pula, serta teman-teman kelas 10 hingga 12 SMA Taruna Jaya Bekasi yang saya cintai dan sayangi.

Pertama-tama, marilah sejenak kita panjatkan puji syukur atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa bertemu dalam acara lomba pidato antar kelas. Pidato ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke 35 SMA Taruna Jaya Bekasi.

Kesehatan merupakan nikmat yang harus kita syukuri karena sehat itu mahal harganya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenankanlah saya untuk mengutarakan sedikit mengenai bagaimana cara memelihara kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

15. Pembukaan Pidato Tema Narkoba

Pembukaan-Pidato-Tema-Narkoba

Yang saya hormati Bapak kepala sekolah SMP Purna Wisma 2, yang saya hormati pula Bapak dan Ibu guru SMP Purna Wisma 2. Tak lupa teman-teman SMP Purna Wisma 2 yang saya cintai dan sayangi.

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita masih diberi kesehatan. Dengan demikian, kita bisa berkumpul di ruangan ini tanpa ada halangan apa pun.

Shalawat kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita Nabi Muhammad SAW. Nabi di akhir zaman yang mempunyai akhlak yang bagus dan mulia. Semoga kita tergolong umatnya yang mendapat syafaat besok di hari kiamat. Amin.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna narkoba yang sangat banyak. Padahal kita tahu narkoba merupakan obat terlarang yang jika dikonsumsi dapat memberikan dampak negatif terutama jika dikonsumsi oleh generasi muda.

Penyalahgunaan ini dapat terjadi karena penegakan hukum di negara ini masih lemah. Dengan demikian, para pengedar narkoba tidak memiliki rasa jera ketika mengkonsumsi maupun melakukan transaksi jual beli narkoba di Indonesia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan sedikit kata pembuka pidato dengan tema dampak negatif mengkonsumsi narkoba bagi generasi penerus bangsa.

16. Pembukaan Pidato Tema Idul Fitri

Pembukaan-Pidato-Tema-Idul-Fitri

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar

Alhamdulillah segala puji hanyalah kepunyaan Allah semata. Allah telah menurunkan bulan suci ramadhan sebagai wujud kasih sayang kepada umat-Nya. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan.

Selama satu bulan ini kita telah melaksanakan puasa, shalat tarawih dan menjalankan berbagai amalan sunnah lainnya. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kita masih dipertemukan dengan bulan suci ramadhan di tahun depan. Amin.

Alhamdulillah di pagi yang cerah ini kita bisa melaksanakan shalat idul fitri berjamaah dengan lancar di masjid Al Barakah. Di hari raya ini, kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk saling memaafkan agar hati kita kembali bersih.

Shalawat kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita termasuk umatnya yang mendapat syafaat besok di hari kiamat. Nabi terakhir yang dirindukan umat Islam di seluruh dunia karena akhlaknya yang baik dan mulia.

17. Pembukaan Pidato Tema Memuji Allah

Pembukaan-Pidato-Tema-Memuji-Allah

Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT atas hidayah dan inayah-Nya kita bisa berkumpul di majelis ini tanpa halangan suatu apa pun. Semoga keberkahan selalu menyertai gerak dan langkah kita.

Alhamdulillah hingga saat ini kita juga masih diberi nikmat iman dan Islam. Kedua nikmat tersebut dapat membuat semua kegiatan yang kita lakukan dapat bernilai pahala di mata Allah SWT.

Kita harus selalu bersyukur karena Allah telah memilih kita untuk merasakan nikmatnya iman di hati. Hal ini dikarenakan tidak semua orang diberi nikmat iman oleh Allah. Rasulullah bersabda “Orang yang ditakdirkan baik oleh Allah maka akan dipahamkan mengenai agama.”

Shalawat dan salam kita ucapkan kepada ukhuwah kita Nabi Muhammad SAW. Atas kegigihan beliau dalam memperjuangkan agama Allah maka hingga kini kita bisa mengenal agama Islam.

18. Pembukaan Pidato Siswa Baru

Pembukaan-Pidato-Siswa-Baru

Selamat pagi teman-teman semua. Hari ini apa kabar? Saya merupakan siswa baru yang mulai hari ini akan bergabung dengan kalian di kelas ini. Oleh karena itu, pertama-tama perkenankanlah saya untuk mengenalkan diri.

Saya bernama Kamila Permata Sari. Saya lahir di Bogor, 20 Januari 1999. Saya tinggal di Jalan Bunga Bangsa Nomor 45,Perumahan Cempaka Bandung. Hobi saya menulis dan membaca.

Silahkan apabila teman-teman memiliki waktu luang dan ingin bermain ke rumah saya. Pintu rumah saya terbuka lebar untuk teman-teman semua. Sebelumnya saya mengenyam pendidikan di SMP Putra Bangsa Tangerang.

Namun, karena ayah saya dipindah tugaskan ke Bandung maka saya juga harus pindah sekolah. Besar harapan saya agar teman-teman mau menerima saya sebagai teman belajar dan bermain. Mohon bantuannya teman-teman semua. Salam kenal.

19. Pembukaan Pidato Kegiatan Rapat Guru

Pembukaan-Pidato-Kegiatan-Rapat-Guru

Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru semua. Puji syukur alhamdulillah atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita sehingga pada pagi hari ini kita masih bisa berkumpul di ruang 2 untuk melakukan rapat rutin.

Sebelum membahas inti rapat, saya sebagai kepala sekolah tidak bosan-bosannya menghimbau kepada para guru untuk bekerja dengan penuh semangat. Semangat seorang guru juga dapat mempengaruhi semangat belajar siswa di kelas maupun di rumah.

Hal ini dilakukan semata-semata untuk meningkatkan kualitas siswa siswi di SMA Bakti Mulia ini. Dengan demikian, kelak mereka akan menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi bangsa kita tercinta ini.

20. Pembukaan Pidato yang Mudah dan Sederhana

Pembukaan-Pidato-yang-Mudah-dan-Sederhana

Selamat siang para hadirin yang berbahagia. Alhamdulillah, puji syukur atas nikmat yang Allah berikan sehingga kita masih diberi kesempatan untuk bisa menghadiri acara ini dalam keadaan sehat dan tanpa ada halangan suatu apapun.

Tanpa disadari manusia sering lupa dengan nikmat sehat yang telah dirasakan setiap hari. Apalah arti hidup ini jika tubuh kita tidak sehat. Percuma kita mempunyai banyak harta jika tubuh selalu sakit. Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat itu sangat penting.

21. Pembukaan Pidato Tema Rokok

Pembukaan-Pidato-Tema-Rokok

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMP Bina Mulia, teman-teman yang saya cintai dan sayangi. Sebelumnya, perkenalkan nama saya Alisa Nurul Husni. Saya Siswa kelas 9 SMP Bina Mulia.

Terima kasih saya ucapkan kepada panitia penyelenggara yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk tampil di acara ini guna menyampaikan pidato yang bertemakan tentang rokok.

Acara ini digelar guna memperingati Hari Bebas Tembakau Sedunia. Peringatan tersebut dilakukan setiap tanggal 31 Mei. Salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan hari yang bebas dari asap rokok.

22. Pembukaan Pidato Tema Bahaya Internet Bagi Anak Muda

Pembukaan-Pidato-Tema-Bahaya-Internet-Bagi-Anak-Muda

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMP Bakti Husada. Yang saya sayangi teman-teman semua. Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya yang begitu luas.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato dengan tema bahaya internet bagi anak muda.

Batasan materi yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini antara lain adalah dampak negatif penggunaan internet secara berlebihan bagi remaja. Diharapkan dengan mengenal dampak negatif tersebut para remaja lebih bijak dalam menggunakan internet.

23. Pembukaan Pidato Tentang Dampak Positif dan Negatif Facebook Bagi Remaja

Pembukaan-Pidato-Tentang-Dampak-Positif-dan-Negatif-Facebook-Bagi-Remaja

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru. Teman-teman yang saya cintai dan sayangi. Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas  segala nikmat yang tidak terhitung jumlahnya.

Alhamdulillah kita bisa berkumpul di ruangan ini tanpa ada halangan suatu apapun. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato secara singkat.

Pada siang ini, tema pidato yang ingin saya sampaikan adalah mengenai dampak positif dan negatif Facebook bagi remaja. Dengan pengetahuan ini, diharapkan remaja dapat bijak dalam menggunakan Facebook.

24. Pembukaan Pidato Tingkat Siswa SD

Pembukaan-Pidato-Tingkat-Siswa-SD

Para dewan juri yang saya hormati dan para peserta lomba pidato tingkat SD yang saya cintai dan saya sayangi. Pertama-tama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan.

Dengan demikian, kita bisa berada di ruangan ini untuk mengikuti lomba pidato antar siswa SD di Kota Semarang. Semoga acara ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Shalawat kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita Nabi Muhammad SAW. Beliau telah membimbing umat manusia keluar dari ajaran kesesatan menuju ajaran yang diridhoi oleh Allah SWT.  Pada akhirnya, saat ini manusia sudah berada di jalan yang benar.

Sebelum memasuki acara inti, saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Habib Imam Shulton dari SD Mulia Abadi Surabaya. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema keutamaan bulan suci ramadhan.

25. Pembukaan Pidato Tema Hari Pahlawan

Pembukaan-Pidato-Tema-Hari-Pahlawan

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMA Bakti Husada. Yang saya sayangi dan cintai teman-teman kelas 10 hingga 12. Puji syukur marilah kita ucapkan kepada Allah SWT atas nikmat yang tiada henti-hentinya diberikan kepada kita.

Alhamdulillah, pada tanggal 10 November ini kita bisa berkumpul guna memeriahkan peringatan hari pahlawan. Tujuan diperingatinya hari pahlawan adalah untuk mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Shalawat kita sampaikan kepada uswatun khazanah kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita termasuk golongan umatnya yang mendapatkan syafaat besok di hari akhir. Tak kenal maka tak sayang maka izinkan saya memperkenalkan diri.

Nama saya Ummu Nurul Salamah, saya siswa kelas 11 IPS. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sedikit mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Marilah kita menundukkan kepala untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

26. Pembukaan Pidato Tema Hari Guru

Pembukaan-Pidato-Tema-Hari-Guru

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru di SMA Tri Buana. Yang saya sayangi dan cintai teman-teman kelas 10 hingga 12. Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas segala limpahan nikmat, rahmat, taufik, hidayah dan inayah-Nya.

Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa berkumpul untuk memperingati hari guru yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 25 November. Shalawat dan salam juga kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Semoga kita termasuk golongan umatnya yang besok di akhirat mendapat syafaat. Amin. Pada kesempatan ini, marilah sejenak kita menundukkan kepala untuk mendoakan guru-guru kita yang telah berjuang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa demi majunya dunia pendidikan.

27. Pembukaan Pidato Motivasi

Pembukaan-Pidato-Motivasi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bapak dan Ibu guru SMA Negeri 1 Surakarta yang terhormat. Tak lupa, anak-anakku siswa SMA Negeri 1 Surakarta yang saya cintai dan banggakan.

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya kita masih diberi kesehatan dan semangat hidup sehingga kita bisa berkumpul di aula ini tanpa ada suatu halangan. Izinkan saya memberikan sepatah dua patah kata motivasi tentang belajar.

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk memahami pembukaan pidato. Dengan demikian, Anda dapat membuat kata-kata pembukaan pidato dalam bahasa Inggris, Indonesia dan bahasa lainnya secara baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *