Pengertian Poster (Umum & Menurut Para Ahli) : Fungsi, Jenis, Contoh

5 min read

pengertian-poster

Poster bukan menjadi hal yang asing lagi bagi kebanyakan orang. Biasanya poster dipergunakan sebagai media promosi, iklan, pemberitahuan, dan pengumuman. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang poster, maka ketahui terlebih dahulu pengertian poster hingga contoh-contohnya.

Pembuatan poster biasanya bertujuan untuk membagikan informasi yang bervariasi. Informasi yang disampaikan dalam poster dapat berupa perpaduan antara tulisan, gambar dan grafis. Sedangkan isi poster dibuat seminimal mungkin supaya pesan utama dalam poster bisa tersampaikan.

Pengertian Poster

pengertian-poster-secara-umum-dan-para-ahli

1. Secara Umum

Pengertian poster yaitu sebuah media publikasi terdiri dari gambar, tulisan maupun kombinasi keduanya. Tujuan pembuatan poster yaitu memberikan informasi untuk khalayak luas. Biasanya poster dipasang di tempat strategis atau keramaian seperti fasilitas kesehatan, pasar, sekolah, dan lain-lain.

Dalam poster, informasi yang disajikan bersifat ajakan. Berkaitan dengan pengertian poster, sebetulnya poster adalah salah satu seni grafis dengan memadukan angka, huruf serta gambar di media kertas ukuran besar. Lalu ditempelkan ke permukaan rata seperti papan,dinding, dan lain-lain.

2. Menurut Para Ahli

a. Zanu

Poster merupakan gambar yang telah dirancang sedemikian rupa, semenarik mungkin. Poster tidak hanya gambar, namun juga kata-kata dan dicetak, ditempel pada beberapa tempat tertentu.

b. Sudjana & Rivai

Poster merupakan suatu rancangan visual dan teks. Tersusun dari warna dan kata-kata berupa pesan yang digunakan untuk menarik perhatian orang-orang.

Fungsi dan Tujuan Poster

Fungsi-dan-Tujuan-Poster

Poster memiliki fungsi yang penting yaitu memberikan informasi yang bersifat tambahan tentang suatu hal kepada masyarakat secara luas. Dengan melihat serta membaca poster, maka diharapkan tujuan atau pesan dari pembuat poster bisa tersampaikan melalui gambar dan tulisan yang ditampilkan.

Terdapat beberapa hal penting untuk membedakan poster dan media publikasi yang bersifat dua dimensi. Tidak hanya berdasar pengertian poster, dimana media publikasi ini dicetak di kertas ukuran besar, cara dan isi informasi poster juga berbeda dengan media informasi publik lainnya.

Tujuan poster secara umum yakni menjadi bentuk publikasi supaya dibaca masyarakat luas. Selain itu agar masyarakat bersedia mengikuti ajakan yang tertulis dalam poster tersebut.

Sedangkan tujuan poster secara khusus yaitu ajakan yang bersifat subjektif, bergantung pada keinginan pembuat poster. Biasanya tujuan tersebut antara lain tujuan komersil, mencari perhatian, menarik simpati dan lain-lain.

Ciri-Ciri Poster

Ciri-Ciri-Poster

Poster mempunyai perbedaan dengan jenis media publikasi lainnya, terutama dari segi ukuran dan cara untuk menyampaikan pesan. Sebuah poster tidak memerlukan kalimat terperinci, namun cukup kalimat sederhana yang gampang diingat pembaca. Berikut beberapa ciri-ciri sebuah poster yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebuah poster harus memiliki desain yang memadukan gambar dan tulisan pada media datar ukuran besar seperti kain atau kertas.
  2. Poster dipasang dengan menempelkannya pada permukaan datar misalnya papan atau dinding pada lokasi yang ramai dan strategis agar mudah menarik perhatian.
  3. Poster dibuat memakai pemilihan warna-warna mencolok  serta teknik pewarnaan kontras.
  4. Memakai bahasa yang singkat, jelas padat serta mudah dipahami pembaca dari berbagai kalangan masyarakat.
  5. Agar pesan mudah tersampaikan maka poster didukung oleh gambar-gambar di dalamnya.
  6. Meski bisa dibaca sambil lalu, tetapi dapat meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi pembacanya.

Syarat Poster

Syarat-Poster

Sesuai pengertian poster, diketahui bahwa poster mempunyai perbedaan ukuran serta cara penyampaian dengan media publikasi lainnya. Hal ini menjadikan pembuatan poster mempunyai syarat-syarat khusus untuk membedakannya dengan media publikasi lain. Berikut syarat-syarat sebuah poster:

  1. Memakai bahasa yang gampang untuk dipahami bagi semua kalangan.
  2. Mempunyai susunan kalimat yang padat, jelas dan singkat tetapi masih bisa menyampaikan pesan dari poster tersebut.
  3. Terdiri dari kombinasi antara gambar dan tulisan yang menarik.
  4. Dibuat dengan semenarik mungkin agar berhasil menarik perhatian banyak orang.
  5. Poster harus dipasang atau ditempelkan pada tempat strategis dan ramai.
  6. Memakai bahan berkualitas, kuat serta tahan berbagai cuaca agar tidak gampang sobek atau rusak.
  7. Ukuran poster dan sasaran lokasi pemasangan harus disesuaikan serta mempertimbangkan target pembaca.

Unsur-Unsur Poster

Unsur-Unsur-Poster

Pembuatan poster sebaiknya memperhatikan unsur-unsur poster, supaya barang atau jasa yang diinformasikan di dalam poster bisa dipahami pembaca. Selain itu, pembaca dapat memperoleh gambaran jelas seputar produk tersebut. Berikut unsur-unsur dalam sebuah poster:

  1. Terdapat produk yang ditawarkan bisa berupa barang atau jasa.
  2. Mempunyai sasaran jelas mengenai produk yang ditawarkan. Adapun sasaran tersebut bisa untuk anak-anak, remaja hingga orang tua.
  3. Memakai bahasa yang menarik maupun jelas. Poster juga memakai warna dan jenis huruf yang harus diperhatikan. Agar poster tersebut memiliki daya tarik untuk pembaca. Perhatikan juga cara peletakkan tulisan pada poster agar mudah terbaca.
  4. Mempunyai batasan waktu supaya pembaca bisa tahu kapan mereka bisa memperoleh barang atau jasa yang diinformasikan tersebut.
  5. Mempunyai slogan produk agar lebih menarik dan berkesan bagi pembaca. Terdapat juga jaminan bagi konsumen bila membeli produk di poster itu.
  6. Membutuhkan nama perusahaan dan logo agar lebih jelas pemilik produk tersebut sehingga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan para pembaca.
  7. Membutuhkan foto-foto produk yang akan ditampilkan dalam poster. Agar lebih meyakinkan pembaca mengenai tampilan barang atau jasa yang ditawarkan.

Perbedaan Poster dengan Slogan

Perbedaan-Poster-dengan-Slogan

Apakah poster dan slogan itu sama? Sebuah poster mengutamakan desain yang memadukan gambar disertai warna sekaligus kata-kata atraktif singkat dan jelas. Sedangkan slogan mengutamakan kata-kata singkat, atraktif serta jelas tanpa adanya gambar dan desain.

Perbedaan Poster dengan Brosur

Perbedaan-Poster-dengan-Brosur

Dari pengertian poster diketahui bahwa poster merupakan media publikasi berisi informasi yang ditempel di permukaan datar dengan ukuran besar agar mudah terbaca masyarakat luas. Poster tersebut berisi gambar, tulisan singkat dan permainan seni grafis.

Sedangkan brosur adalah media promosi produk di cetak pada kertas berukuran lebih kecil dibanding poster lalu dibagikan ke masyarakat atau target promosi. Brosur berisi gambar dan tulisan namun lebih didominasi oleh tulisan seputar informasi produk.

Jenis Poster

Jenis-Poster

Sebetulnya secara umum pengertian poster adalah sama, yakni bentuk media publikasi yang ditujukan pada masyarakat umum dan  memiliki berbagai jenis. Adapun jenis poster dibedakan dari segi isi dan tujuan pembuatannya. Berikut daftar jenis-jenis poster yang banyak dikenal oleh masyarakat.

1. Berdasarkan Isi

Berdasarkan-Isi

Jenis poster dapat ditinjau dari isi yang ada di dalamnya berupa informasi penting dan paling ditonjolkan. Jenis poster ini lebih menerangkan tentang informasi serta bukan kegiatan. Adapun jenis poster berdasarkan isi antara lain sebagai berikut:

  • Poster niaga adalah poster yang bertujuan menawarkan produk berupa barang atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat merupakan poster yang berisi informasi edukasi bagi masyarakat umum mengenai sebuah hal seperti bahaya merokok, poster hemat energi dan lain-lain.
  • Poster kegiatan adalah poster yang dipakai untuk memberitahukan mengenai sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan.
  • Poster pendidikan merupakan poster yang bertujuan mendidik masyarakat dan berkaitan dengan dunia pendidikan yang biasanya dipasang di sekolah-sekolah, seperti poster sumpah pemuda, giat belajar dan lain-lain.

2. Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan-Tujuan

Jenis poster ini ditekankan pada ketercapaian tujuan dari pihak pembuat poster. Adapun yang termasuk jenis poster berdasarkan tujuan diantaranya:

  • Poster kampanye merupakan jenis poster yang dibuat oleh partai politik atau calon peserta pemilu untuk menarik simpati dari masyarakat.
  • Poster film adalah media publik yang digunakan untuk promosi sebuah film yang sedang tayang di layar lebar atau bioskop.
  • Poster cheesecake merupakan kata lain bagi poster yang dipakai untuk menarik minat serta perhatian publik, contohnya ajakan menjadi model, artis, penyanyi dan lain-lain.
  • Poster komersial merupakan poster yang digunakan untuk promosi produk supaya lebih dikenal masyarakat dan menaikkan omset penjualan.
  • Poster afirmasi merupakan poster untuk memberikan semangat atau motivasi bagi pembacanya.
  • Poster riset adalah poster yang menginformasikan sebuah kegiatan riset agar menarik minat akademisi untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.
  • Poster propaganda adalah poster yang isinya kalimat pertentangan dengan pemerintah yang dahulu dipakai dalam masa penjajahan.
  • Poster buku atau komik adalah poster yang dipakai untuk mempromosikan buku maupun komik yang sedang banyak dijual.

Contoh Gambar Poster

Di bawah ini ada beberapa contoh poster yang bisa Anda download untuk dijadikan referensi.

1. Poster Pendidikan

Poster-Pendidikan

Poster di atas berisi ajakan untuk giat belajar dengan memanfaatkan waktu luang. Dipadukan dengan gambar pelajar serta perpaduan seni grafis yang menarik.

2. Poster Lingkungan

Poster-Lingkungan

Contoh poster di atas adalah poster yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Gambar pohon yang dipadukan dengan warna hijau serta tulisan yang menggambarkan ciri khas lingkungan menjadikan poster tersebut terlihat menarik.

3. Poster Kesehatan

Poster-Kesehatan

Minum air tentu hal yang sangat penting dalam tubuh, apalagi saat puasa. Poster yang menjelaskan pesan 8 gelas air dalam sehari ini bisa ditiru, guys!

4. Poster Hemat Air

Poster-Hemat-Air

Poster di atas berisi ajakan untuk menghemat air saat musim kemarau. Selain menggunakan gambar, ditambahkan juga kalimat singkat sebagai penjelas serta perpaduan warna biru yang identik dengan air.

5. Poster Pemanasan Global

Poster-Pemanasan-Global

Contoh poster di atas memadukan antara gambar dan tulisan sebagai ajakan agar masyarakat ikut serta menjaga bumi. Untuk menarik minat pembaca, poster menggunakan warna hijau yang identik dengan kesuburan.

6. Poster DBD

Poster-DBD

Setiap bulan, lonjakan kasus DBD tentu saja semakin bertambah. Oleh karena itu, poster mengenai DBD di atas bisa jadi pengingat kepada masyarakat agar lebih berhati-hati akan serangan nyamuk DBD.

7. Poster Cuci Tangan

Poster-Cuci-Tangan

Poster di atas berisi ajakan untuk mencuci tangan memakai sabun dengan benar. Terdapat gambar dan kalimat singkat dalam poster sebagai penjelasan agar pembaca mudah memahami isi dalam poster tersebut.

8. Poster Corona

Poster-Corona

Untuk menghindari virus corona, ada banyak poster-poster yang dicanangkan oleh berbagai pihak. Cukup dengan kalimat singkat dan gambar saja, poster ini pastinya akan mengingatkan kita terhadap bahaya virusnya.

9. Poster Narkoba

Poster-Narkoba

Contoh poster di atas menjelaskan akibat pemakai narkoba yang dijelaskan melalui gambar dan kalimat singkat. Poster tersebut memiliki seni grafis yang menarik sehingga pembaca lebih tertarik untuk membacanya.

10. Poster Demam Berdarah

Poster-Demam-Berdarah

Poster di atas berisi penjelasan pencegahan demam berdarah yang dijelaskan melalui gambar dan kata-kata. Pemakaian seni grafis dan warna yang mencolok membuat poster tersebut terlihat lebih menarik.

11. Poster Kemerdekaan

Poster-Kemerdekaan

Kemerdekaan tentu saja merupakan peristiwa yang bersejarah dan harus diabadikan. Meriahkan dengan contoh poster ini agar perlombaan 17 agustusan menjadi lebih asyik lagi.

12. Poster Pencegahan Penyakit Seksual

Poster-Pencegahan-Penyakit-Seksual

Poster di atas menjelaskan tentang pencegahan virus HPV yang berisi informasi pencegahan virus HPV melalui vaksin dan cara penularannya. Penggunaan gambar, kata-kata dan warna yang menarik membuat informasi dalam poster mudah dipahami.

Contoh-contoh Poster Lainnya

gambar-poster-sampah

gambar-poster-narkoba

gambar-poster-lingkungan

gambar-poster-lingkungan-sampah

gambar-poster-laut

gambar-poster-koruptor

gambar-poster-korupsi

gambar-poster-bumi

gambar-poster-binatang

Sejak dahulu sampai sekarang, poster tetap menjadi salah satu media publikasi yang efektif dan dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Terlebih saat ini perkembangan teknologi dan desain grafis menjadikan desain poster semakin unik, beragam dan modern. Jadi, sudah paham kan pengertian poster?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *