Pengertian Wirausaha, Wirausahawan : Secara Umum & Menurut Ahli

11 min read

pengertian-wirausaha

Pengertian wirausaha yaitu pelaku utama di dalam pembangunan ekonomi. Wirausaha memiliki fungsi untuk melakukan inovasi dan kombinasi baru dengan tujuan memperbaiki sistem produksi dan lain sebagainya. Wirausaha sering bereksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya.

Salah satu jenis usaha menggiurkan bagi pelaku wirausaha yaitu kerajinan limbah, kerajinan patung 6M, dan beberapa kerajinan lainnya. Untuk mengetahui tentang wirausaha secara lebih lengkap dan jelas, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian-Wirausaha-Secara-Umum

Dapat dijelaskan bahwa pelaku wirausaha atau yang biasa disebut wiraswasta merupakan seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala upaya dan sumber daya yang dimilikinya seperti menentukan cara berproduksi yang baru dan kepandaian mengenali suatu produk.

Selain  itu, juga menyusun operasi guna menciptakan suatu peluang usaha, mengatur permodalan operasi agar mampu menghasilkan suatu produk bernilai tinggi, pengadaan produk baru, merencanakan pemasaran yang efektif, dan bersiap dengan segala bentuk risiko yang mungkin akan dihadapi.

Secara etimologi, wirausaha adalah seorang pahlawan atau pejuang yang berusaha untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Adapun pengertian tersebut diambil dari 2 kata yang membentuk kata wirausaha, yakni wira dan usaha.

Kata wira memiliki arti pahlawan, teladan, manusia unggul, pejuang, berwatak agung, gagah berani, dan berbudi luhur, sedangkan usaha memiliki arti perbuatan untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian dari wirausaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI ialah seseorang yang pandai atau memiliki bakat untuk mengenali produk baru dan bereksperimen dengan cara produksi yang baru.

Wirausaha di dalam KBBI memiliki arti seseorang yang menyusun berbagai operasi mendalam guna menciptakan produk baru, memasarkan produk tersebut di pasaran, dan mengatur berbagai jenis permodalan operasi yang dimilikinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian-Wirausaha-Menurut-Para-Ahli

Para ahli menyuarakan pendapatnya perihal pengertian dari wirausaha. Di bawah ini merupakan beberapa pendapat dari para ahli tentang wirausaha.

1. J.B Say (1803)

Say mengungkapkan bahwa seorang wirausaha merupakan pengusaha yang memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien, serta meningkatkan tingkat produktivitas para pekerjanya dari yang mulanya rendah menjadi tinggi.

2. John F. Burgess & Dan Stein (1993)

Menurut John F. Burgess & Dan Stein, wirausaha ialah seseorang yang berani menanggung segala jenis risiko, mengelola, dan mengorganisasinya dengan baik untuk kemudian dapat menciptakan peluang usaha dan jenis usaha yang baru.

3. Pengertian Wirausaha Menurut Encyclopedia of Americana

Dalam ensiklopedia Amerika, wirausahawan (entrepreneur) didefinisikan sebagai orang yang berani mengambil risiko atas tindakan usaha yang dilakukannya dengan menyatukan berbagai fungsi produksi, bahan baku, tenaga kerja, dan juga modal.

Wirausaha juga menerima imbalan dalam bentuk laba atas nilai pasar global yang berhasil diperolehnya.

4. Vernon A. Musselman dan John H. Jackson

Pengertian Wirausaha menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson digambarkan sebagai subjek yang mempertaruhkan (menginvestasikan) uang, waktu, dan usaha untuk memulai sebuah perusahaan dan mengembangkannya hingga berhasil sukses.

Definisi di atas memuat kata ‘mempertaruhkan uang, waktu, dan usaha’, artinya adalah konsep dari wirausaha harus memiliki kemauan untuk menanggung risiko yang mungkin dialami dan keberanian untuk memulai usaha tersebut.

5. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausaha digambarkan oleh Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz sebagai seorang inovator yang memiliki kecakapan untuk mengubah segala jenis kesempatan menjadi ide yang dapat dijual.

Selain itu, seorang wirausaha juga harus mampu memberikan nilai tambah melalui modal upaya, biaya, waktu, dan juga skill dengan tujuan akhir untuk mendapatkan keuntungan.

6. Geoffrey G. Meredith (1995)

Geoffrey G. Meredith menggambarkan pengertian wirausaha sebagai orang dengan kemampuan untuk melihat dan menilai semua kesempatan yang datang dalam dunia bisnis dan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan agar mendapatkan keuntungan.

Seorang wirausaha juga harus mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan kesuksesan di masa mendatang.

7. Skinner (1992)

Dilansir dari pendapat yang disebutkan oleh Skinner, wirausahawan adalah seseorang yang berani mengambil risiko untuk mengorganisasikan dan mengelola sebuah bisnis untuk menerima imbalan jasa yang umumnya berupa profit non-finansial.

8. Say (1996)

Pengertian wirausaha adalah orang yang mampu melakukan organisasi, koordinasi, dan juga pengawasan.

Berbekal pengetahuan yang luas akan lingkungan serta mampu membuat keputusan bijak terkait dengan lingkungan usaha, pengelolaan modal, dan menghadapi keuntungan yang tidak pasti adalah karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

9. Joseph C Schumpeter

Tokoh Joseph C Schumpeter juga turut memberikan pendapatnya terkait arti dari wirausaha. Beliau mendefinisikan wirausaha sebagai orang yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan keseimbangan pasar dan membentuk keseimbangan yang baru.

Bukan hanya itu saja, wirausaha harus mampu mengambil semua keuntungan yang terjadi atas perubahan keseimbangan tersebut. Joseph juga mengungkapkan bahwasanya tidak semua wirausaha merupakan seorang inovator yang berperan sebagai inventor atau penemu.

10. Syamsudin Suryana

Pengertian wirausaha adalah seorang dengan karakteristik yang berorientasi pada tugas dan hasil, selalu percaya diri, mengambil risiko secara wajar, memiliki sikap kepemimpinan yang lugas, berorientasi pada masa depan, serta kreatif dalam menghasilkan suatu inovasi.

11. Prawirokusumo

Wirausaha ialah mereka yang melakukan berbagai upaya kreatif dan inovatif untuk mengembangkan ide, serta meramu sumber daya guna menemukan peluang usaha dan perbaikan hidup.

12. Peter F Drucker

Drucker menggambarkan wirausaha sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dan baru di pasar.

13. Andrew J Dubrin

Wirausaha adalah mereka yang dapat menjalankan suatu usaha inovatif.

14. Arif F. Hadipranata

Sosok yang mampu mengambil kemungkinan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan pengaturan semua masalah serta menerima keuntungan atas usahanya tersebut, baik finansial maupun non-finansial merupakan definisi wirausaha yang dikemukakan oleh Arif F. Hadipranata.

15. Frank Knight

Frank Knight menjelaskan bahwa seorang wirausahawan selalu berusaha untuk memperkirakan dan menyikapi berbagai bentuk pergantian pasar. Ia juga mengungkapkan hal penting tentang pengutamaan fungsi seorang wirausahawan ketika menghadapi ketidakstabilan dalam dinamika pasar.

Pelaku wirausahawan disyaratkan mampu melakukan semua manfaat manajerial mendasar seperti pengarahan dan juga pengawasan.

16. Marzuki Usman

Definisi wirausaha menurut Marzuki Usman adalah seseorang dengan kemampuan untuk menggunakan dan mengkombinasikan segala sumber daya yang dilibatkan dalam suatu usaha seperti keuangan, material, tenaga kerja, bisnis, kecakapan untuk menghasilkan sebuah produk, serta membuat bentuk organisasi yang baru.

Wirausahawan diharuskan untuk memiliki kombinasi unsur-unsur internal seperti halnya motivasi, komunikasi, semangat, optimisme, dorongan, serta kemampuan untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada.

17. Kathleen

Kathleen mengungkapkan bahwasanya arti dari wirausaha adalah seseorang yang mengatur, menggerakkan, dan berani dalam mengambil berbagai kemungkinan atas pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

18. Zimmerer (1996)

Pada tahun 1996, tokoh Zimmerer menggambarkan wirausaha sebagai suatu proses untuk menerapkan kreativitas dan keinovasian di dalam memecahkan suatu persoalan dan menemukan peluang baru untuk memperbaiki kehidupan bisnis usaha.

19. Kasmir

Definisi wirausaha yang dikemukakan oleh Kasmir adalah seseorang yang memiliki jiwa pemberani dengan karakteristik yang tidak takut dalam mengambil segala kemungkinan atas pembukaan suatu usaha melalui berbagai peluang yang ada.

20. Edi Swasono

Wirausaha diilustrasikan sebagai pengusaha. Kendati demikian, pengusaha datang dari kalangan wirausahawan.

Wirausaha sendiri dijelaskan sebagai pelopor di dalam sebuah bisnis, orang yang menanggung risiko dengan visi ke masa depan, serta orang yang memiliki keunggulan dan juga prestasi dalam dunia usaha.

21. Raymond W.Y. Kao

Raymond W.Y. Kao mengemukakan pendapatnya bahwa wirausaha ialah orang yang dapat menciptakan dan merealisasikan sebuah gagasan menjadi kenyataan.

22. Richard Cantillon

Wirausaha menurut Richard Cantillon adalah seseorang dengan kemampuan untuk memindahkan atau mengkonversikan sumber daya ekonomis pada tingkat produktivitas yang rendah ke produktivitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Ciri-Ciri-Wirausahawan

Wirausahawan ditandai dengan beberapa ciri ciri yang melekat pada dirinya. Ciri tersebut dapat menunjukkan tipe tipe dari wirausahawan itu sendiri. Apakah seseorang termasuk ke dalam tipe mudah menyerah atau tipe gigih, dan tipe lainnya. Berikut ini ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan.

1. Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan haruslah berani dalam mengambil segala risiko terkait dengan bisnis yang dijalankannya. Namun perlu dicatat, risiko tersebut harus berada dalam tingkat yang wajar. Artinya, apakah risiko itu bisa ditanggulangi dengan beberapa penyelesaian yang solutif atau tidak.

2. Mempunyai Daya Kreasi

Untuk bisa bertahan dalam pasar, seorang wirausahawan harus memiliki daya kreasi. Menciptakan produk baru, mencari cara berproduksi yang efisien, serta menambah variasi dari suatu produk merupakan beberapa contoh terkait daya kreasi yang dimiliki oleh seorang wirausahawan.

3. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Wirausahawan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan agar usaha yang dijalankan sesuai dengan arah tujuan bisnis Anda.

4. Berorientasi pada Masa Depan

Berorientasi pada masa depan juga menjadi ciri khas dari seorang wirausahawan.

5. Mempunyai Kemauan yang Keras

Kemauan yang keras dibarengi dengan keuletan dan produktivitas yang konstan menjadi ciri sekaligus syarat untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

6. Mempunyai Analisis yang Tepat

Dalam setiap kesempatan, wirausahawan harus menganalisis pasar secara mendetail agar bisa menentukan target pembeli dari produk yang hendak dipasarkan serta persaingannya di pasar.

7. Orientasi Terpusat Kepada Tugas dan Hasil

Semua produk yang dihasilkan wirausahawan harus dipusatkan pada hasil kualitas produknya dan bukannya pada kuantitasnya. Meskipun pada akhirnya kuantitas juga penting, namun dengan mengedepankan kualitas produk, Anda dapat mempertahankan kepercayaan dari konsumen.

8. Memiliki Sifat Percaya Diri

Sifat percaya diri selalu dibutuhkan oleh seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya.

9. Disiplin

Disiplin pada target yang sudah direncanakan akan membantu pengembangan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Sikap/Karakter Seorang Wirausaha

Sikap-Karakter-Seorang-Wirausaha

Selain ciri-ciri seorang wirausaha juga memiliki perilaku atau karakter yang melekat pada dirinya. Berikut ini merupakan sikap yang wajib dimiliki oleh seorang wirausaha.

  • Haus akan prestasi
  • memiliki rasa selalu ingin tahu
  • Tekun dan tabah dalam menjalani bisnis
  • Memilih teknik / tahapan yang jelas alurnya
  • memiliki motivasi yang tinggi dan selalu bekerja keras
  • Berorientasi pada keuntungan
  • Energik dan selalu memiliki inisiatif positif
  • Berjiwa pemimpin
  • memiliki kemampuan dan keberanian untuk mengambil risiko
  • Suka pada hal yang menantang
  • Dapat menerima dan memberikan saran dan kritikan terhadap suatu tindakan yang sudah dilakukan
  • Inovatif, orisinil, kreatif, dan juga fleksibel
  • Mudah bergaul dengan orang lain
  • memiliki banyak pengetahuan tentang bisnis
  • Selalu mengasah skill yang dimiliki dan berusaha untuk menemukan skill lain pada dirinya
  • memiliki orientasi pada masa depan
  • Selalu optimis setelah selesai mengerjakan sesuatu

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Faktor-Keberhasilan-Wirausaha

Terdapat beberapa hal yang memengaruhi keberhasilan dari kegiatan wirausaha. Berikut ini merupakan beberapa faktorkeberhasilan yang ada pada wirausaha.

  1. Menganalisis target pasar dengan teliti.
  2. Mampu melayani konsumen dengan baik dan ramah.
  3. memiliki kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan informasi yang didapatkannya.
  4. Mempunyai modal yang cukup untuk menjalankan usaha bisnisnya.
  5. memiliki tenaga ahli sesuai dengan bidang kemampuannya yang dapat diandalkan untuk terlibat di dalam kegiatan usaha.
  6. Dapat mengelola waktu dengan disiplin dan efektif.

Faktor Kegagalan Wirausaha

Faktor-Kegagalan-Wirausaha

Selain faktor keberhasilan, wirausaha juga memiliki beberapa faktor kegagalan. Di bawah ini merupakan beberapa faktorkegagalan yang dimiliki oleh wirausaha.

  1. Pemilihan lokasi usaha yang kurang memadai (tidak strategis).
  2. Tidak kompeten dalam mengelola usaha.
  3. Kurangnya pengalaman usaha yang dimiliki.
  4. Tidak tekun dalam berusaha.
  5. Gagal dalam perencanaan atau bisa juga karena kurangnya perencanaan.
  6. Sumber daya yang dimiliki tidak memadai.
  7. Tidak memiliki kemampuan untuk melihat ataupun memanfaatkan peluang yang datang.

Tokoh Wirausaha yang Sukses

Tokoh-Wirausaha-yang-Sukses

1. Larry Page

Larry Page menjadi salah satu tokoh wirausaha yang sukses di dunia. Ia merupakan ilmuwan komputer yang berasal dari Amerika serikat. Selain itu, Larry juga menjadi pengusaha mesin pencari terbesar di dunia, Google.

2. Sergey Brin

Sergey Brin juga menjadi bagian dari Google yang kedua. Kekayaan yang berhasil diraihnya setelah bergabung dengan Google diperkirakan senilai $24.400.000.000.

3. Coco Chanel

Coco Chanel merupakan seorang perancang baju yang berhasil mendirikan merk besar fashion dunia bernama Chanel. Pada sekitar era ke-20, Coco Chanel masuk ke dalam daftar majalah Time untuk kategori 100 orang yang paling berpengaruh.

Pada awalnya, brand Chanel hanya bergerak di bidang trend fashion wanita. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Chanel memperluas jangkauan pasarnya ke produk tas, perhiasan, dan bahkan parfum.

4. Bill Gates

Bill Gates merupakan wirausaha terpopuler untuk revolusi dunia komputer. Ia adalah penemu serta kepala eksekutif dari Microsoft. Terhitung hingga bulan November 2013, kekayaan yang dimiliki oleh Bill Gates mencapai nilai $76.800.000.000.

5. Anita Roddick

Anita Roddick merupakan pendiri dari brand kecantikan bernama The Body Shop. Roddick merupakan sosok wanita yang merevolusi konsumerisme etis dalam perusahaannya. Satu diantara revolusi yang berhasil dilakukannya adalah pelarangan pemakaian bahan untuk di tes pada hewan.

Selain itu, Roddick juga mempromosikan sistem perdagangan yang adil bersama dengan negara-negara dunia ke-3.

6. Steve Jobs

Steve Jobs merupakan seorang wirausahawan, marketer, dan juga penemu sekaligus CEO dari perusahaan Apple Inc.

Steve Jobs juga turut serta dalam pembangunan Pixar Animation Studios serta menjadi anggota dewan direksi dari The Walt Disney Company di tahun 2006 sesaat ketika Disney mengakuisisi Pixar Animation Studios.

Contoh Jenis-Jenis Wirausaha

Contoh-Jenis-Jenis-Wirausaha

Ada banyak jenis-jenis wirausaha yang berkembang di dunia. Berikut ini adalah salah satunya.

1. Fashion

Baru-baru ini, usaha fashion banyak dilirik karena mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi pelaku usahanya. Terlebih lagi, mode dalam bisnis fashion bergerak sangat cepat. Sehingga tentu akan menantang untuk ditaklukkan.

Beberapa brand fashion dunia yang cukup terkenal dalam bidang usaha wirausaha adalah LV, Chanel, Gucci, Dior, dan lainnya. Untuk brand fashion dari Indonesia seperti Meccanism, Ivan Gunawan Collection, Dian Pelangi, Doa, dan lainnya.

2. Makanan

Usaha makanan juga bisa dilirik bagi Anda calon wirausahawan baru. Makanan instan cepat saji bisa menjadi opsi yang menggiurkan untuk dijajal.

3. Teknologi

Jenis wirausaha selanjutnya datang dari bidang teknologi. Anda bisa mencoba untuk menjadi wirausahawan piranti lunak seperti Steve Jobs dan Bill Gates.

Kisah Wirausahawan yang Sukses

Kisah-Wirausahawan-yang-Sukses

1. Bob Sadino

Bob Sadino lahir pada tanggal 9 Maret 1939 di Lampung. Tokoh wirausaha sukses bernama lengkap Bambang Mustari Sadino ini masuk ke dalam salah satu pengusaha sukses dengan semua lika-liku perjalanan yang dilampauinya.

Setelah sekitar 9 tahun lamanya Bob Sadino menjadi pegawai, Ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan memulai karirnya dunia usaha.

Jenis usaha pertama yang dipilih oleh Bob Sadino ialah bisnis penyewaan mobil. Dalam bisnis ini, Ia mengeluarkan modal 1 mobil Mercedes yang dikemudikannya sendiri.

Tetapi karena adanya musibah kecelakaan yang dialaminya ketika mengemudikan mobil tersebut, bisnis penyewaan ini terpaksa harus berhenti di tengah jalan.

Ia kemudian memilih profesi lain untuk mengcover biaya hidup sehari-harinya. Bob diketahui bekerja sebagai buruh bangunan yang dibayar per harinya.

Ketika masih menjadi kuli, Bob Sadino melihat adanya peluang bisnis lain yang dapat dicoba. Ialah bisnis telur dan ternak ayam negeri. Dengan menggunakan modal yang dipinjamnya dari tetangganya, Bob mulai menekuni bisnis ternak tersebut.

Pada awal mula bisnisnya, Bob menawarkan produk ternaknya dari pintu ke pintu di sekitar tempat tinggalnya.

Bisnis itu pada akhirnya membuahkan hasil yang manis. Berkat keuletannya, Ia mengembangkan bisnis ternak dibarengi dengan produksi sayuran hidroponik dan penjualan daging.

Ia juga mendirikan supermarket ternama yang menjual berbagai jenis produk pertanian dan peternakan bernama Kem-Chicks.

2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti bukan hanya dikenal sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, tapi juga seorang pengusaha sukses yang populer dengan ketegasannya.

Wanita kelahiran 1965 ini memulai bisnis di bidang perikanan dan maskapai penerbangan dari nol. Susi memutuskan untuk berhenti sekolah sebelum dirinya dinyatakan lulus SMA. Ia memulai karir bisnisnya sebagai pedagang bed cover dan pakaian.

Setelah menganalisis adanya peluang di kawasan tempat tinggalnya, Pangandaran, untuk menghasilkan ikan, Susi memilih untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dan beralih ke bidang usaha perikanan.

Pada awal mula dirinya terjun ke dunia bisnis tersebut, Ia hanya memiliki modal sebesar 750 ribu yang didapatkannya dari menjual perhiasan miliknya. Susi kemudian mulai kulakan ikan dari tempat pelelangan dan mulai menjajakannya ke sejumlah restoran yang dituju.

Meskipun sempat mengalami kendala dan berhenti sementara, bisnis perikanan Susi Pudjiastuti ini berhasil menguasai bursa pelelangan ikan yang ada di Pangandaran. Bahkan usahanya ini meluas hingga ekspor ikan dan lobster ke luar negeri.

Bisnis maskapai penerbangan yang dirintisnya bermula dari bisnis perikanan yang Ia geluti. Bisa dibilang, bisnis maskapai penerbangan ini dihadirkan untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang terlalu lambat jika melewati jalur darat maupun laut.

Dalam pengembangan bisnis maskapai penerbangan, Susi mengajukan sejumlah pinjaman ke Bank untuk membeli sebuah pesawat. Maskapai yang dinamai dengan Susi Air tersebut hingga saat ini masih beroperasi untuk melayani penerbangan ke daerah pedalaman dan keperluan carter.

3. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman merupakan founder dari keripik setan Maicih. Keripik singkong super pedas yang sangat populer, baik secara lokal maupun internasional, itu sudah hadir sejak pertengahan tahun 2010.

Pada awal mula bisnisnya, lelaki berusia 23 tahun itu bekerja sama dengan satu produsen keripik lokal di Bandung dengan modal 15 juta.

Bisnis keripik itu ia mulai dengan teknik pemasaran sederhana. Yakni penggunaan media sosial online seperti Twitter. Ia kemudian mengembangkan kiprahnya di dunia bisnis dengan menerapkan sistem keagenan yang diberi istilah Jenderal guna menjangkau konsumen yang lebih luas dari sebelumnya.

Para Jenderal yang bergabung dengan Reza ini biasanya akan memasarkan produk Maicih secara nomaden atau berkeliling.

Wirausahawan sukses ini membeberkan kunci kesuksesannya yang terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, alias beda dari yang lainnya. Ia memilih untuk tidak membuka toko khusus untuk memasarkan produknya sehingga membuat image produktersebut terasa lebih eksklusif.

Dengan teknik dan cara pemasaran yang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan produsen, nama Maicih segera melejit setelah populer di jagat maya. Saking populernya, Reza dikabarkan dapat mengantongi omzet sebesar 7 miliar per bulannya dalam setengah tahun setelah kemunculannya.

4. Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau merupakan pemilik dari tas tangan bermerk Robita. Tas yang diduga sangat populer di Jepang ini ternyata banyak menjadi idaman para sosialita.

Pemuda dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Sesaat setelah dirinya meninggalkan NTT dan memutuskan untuk pergi ke Bali, Sunny bekerja sebagai tukang sapu di salah satu hotel di Bali.

Tak berselang begitu lama, Ia diangkat menjadi satpam setelah menunjukkan kinerja yang baik. Dalam kurun waktu itu, Sunny Kamengmau belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Gaji pertama yang diperolehnya Ia belanjakan untuk kamus dua bahasa. Ia kemudian belajar bahasa dengan tekun hingga akhirnya bisa lancar berbahasa asing.

Keberuntungan masih ada dipihaknya, Ia bertemu dengan salah seorang pengusaha asal Jepang yang memintanya untuk memasok tas kulit ke negara Jepang.

Walaupun sempat bangkrut dan kehilangan semua penjahit tas yang bekerja bersamanya, Sunny tidak memilih untuk menyerah. Ia memutuskan untuk bangkit dan memulai kembali bisnisnya.

Etos kerja dan keuletan yang dipertaruhkannya selama ini membuahkan hasil. Ia bisa sukses dan memiliki 100 karyawan hingga saat ini.

5. Gibran Rakabuming

Putra Sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming, adalah seorang pebisnis muda yang menjalankan bisnisnya di bidang wedding organizer dan catering dengan nama Chili Pari.

Walaupun ayahnya dulu sempat menjadi pengusaha mebel ternama, Gibran memilih untuk memulai karir usahanya sendiri tanpa ada campur tangan orang lain, termasuk juga ayahnya. Ia memulai bisnis Chili Pari dengan pengajuan modal pinjaman di bank.

Sebelumnya, ia sempat mengalami beberapa penolakan oleh bank hingga akhirnya salah satu dari pengajuan tersebut diterima. Bisnis tersebut mulai ia rintis dengan melayani pesanan partai kecil.

Berkat kegigihan dan keuletannya, Chili Pari sekarang banyak kebanjiran order partai besar dengan total jumlah tamu mencapai ribuan orang.

6. Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq yang lahir pada tahun 1993 sudah menunjukkan bakat berbisnis sejak dirinya masih kecil. Ia sering berjualan petasan, kelereng, hingga koran ketika masih sekolah. Ia bahkan pernah menjadi ojek payung dan tukang parkir.

Ketika dirinya mengikuti seminar bisnis pelajar saat masih SMA, Hamzah ditawari usaha waralaba bimbingan belajar oleh seorang pengusaha bimbel yang memiliki 44 cabang.

Dengan modal 5 juta yang dimilikinya ditambah dengan pinjaman modal sebesar 70 juta yang ia pinjam dari ayahnya, Hamzah memutuskan untuk membeli salah satu cabang bimbel tersebut.

Harga untuk satu cabang itu diberi nilai 175 juta dengan ketentuan 75 jutanya digunakan sebagai DP dan 100 juta sisanya bisa dibayar secara cicil dengan keuntungan yang diperolehnya di setiap semester.

Usaha bimbel tersebut semakin berkembang seiring dengan bertambahnya waktu. Kini, Hamzah yang sudah memiliki setidaknya 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa sebesar 200 orang di setiap semesternya, menerima omzet besar di setiap bulannya.

Terhitung sejak akhir 2011, bisnis yang ditekuni oleh Hamzah diresmikan oleh badan hukum sebagai CV bernama Hamasa Indonesia.

Penjelasan di atas bisa memberikan Anda wawasan mengenai pengertian wirausaha. Kunci sukses dari semua bisnis yang dijalankan oleh seseorang adalah keuletan dan kegigihan didampingi dengan tekad yang kuat dan keberanian untuk menanggung segala risiko yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *