Sejarah Bola Voli Indonesia dan Dunia (+ Peraturan Main)

7 min read

sejarah-bola-voli

Selain cabang atletik, jenis olahraga yang cukup terkenal adalah permainan bola besar. Permainan bola besar ini juga ikut dilombakan di ajang olimpiade internasional. Salah jenis permainan bola besar tersebut adalah bola voli. Sejarah bola voli sangatlah panjang hingga bisa masuk ke Indonesia.

Walaupun terlihat mudah, permainan bola voli membutuhkan teknik khusus. Jika teknik yang digunakan tidak tepat, maka kemungkinan cedera akan sangat besar. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman teknik yang baik dalam permainan bola voli.

Pengertian Bola Voli

Pengertian-Bola-Voli

Bola voli merupakan salah satu jenis permainan bola besar yang banyak sekali digemari oleh orang-orang. Olahraga yang dilakukan secara beregu ini cukup dikenal banyak orang. Masyarakat Indonesia juga terkenal sebagai salah satu penggemar jenis olahraga bola besar ini. Permainan bola voli ini adalah permainan bola beregu yang bisa dimainkan oleh siapa saja.

Umumnya jumlah anggota masing-masing regu adalah 6 orang. Anda hanya perlu menyiapkan bola, net, dan juga lapangan untuk bermain bola voli. Bahkan voli juga bisa dimainkan di pasir pantai. Adapun bola yang digunakan untuk bermain voli adalah bola khusus yang biasanya terbuat dari bahan karet.

  • Cara bermainya adalah dengan menyiapkan dua regu kelompok yang masing-masing berjumlah 6 orang. Kemudian setiap regu akan berada di daerah lapangan yang dipisahkan oleh kehadiran net. Pemain haruslah melewatkan bola dari net ke area lapangan lawan dengan cara dipukul.
  • Jika lawan tidak dapat mengembalikan bola yang sudah diberikan, maka tim Anda akan mendapatkan poin. Namun, jika tim Anda gagal melewatkan bola berbahan karet tersebut, maka tim lawanlah yang akan mendapatkan poin tambahan.
  • Lamanya permainan bola voli ini berkisar antara 2 sampai 3 babak. Apabila salah satu tim telah unggul telak di babak kedua, maka permainan hanya akan berlangsung selama dua babak. Jika pada babak kedua skor yang dimiliki sama-sama seri, maka babak ketiga digunakan sebagai penentu pemenang.
  • Durasi permainan dalam satu babak ditentukan oleh lamanya skor sejumlah 25 tercetak. Jika salah satu tim berhasil mencetak skor 25, maka tim tersebut dianggap memenangkan babak tersebut. Permainan bola voli ini dipandu dan diawasi oleh seorang wasit lapangan.
  • Dalam permainan bola voli, ada teknik yang harus Anda kuasai. Baik itu dalam memukul bola ataupun menangkis bola. Selain itu, mengetahui peraturannya sebelum bermain juga penting agar permainan dapat berjalan dengan lancar.

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sejarah-Bola-Voli-di-Dunia

Sejarah bola voli di dunia dimulai pada 9 Februari tahun 1895. Pada saat itu, bola voli diperkenalkan oleh William G. Morgan yang merupakan seorang guru olahraga. Bola voli ini pertama kali ditemukan di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat.

Pada awalnya permainan ini disebut Mintonette. Permainan ini pertama kali diajarkan Morgan pada para anggota Young Men’s Christian Association (YMCA). Penciptaan jenis permainan bola besar ini dilakukan setelah pertemuannya dengan James Naismith.

James Naismith merupakan seseorang yang berjasa dalam menemukan permainan bola basket. Setelah 4 tahun adanya permainan bola basket, Morgan pun berinisiatif menciptakan jenis permainan bola besar lainnya. Awalnya permainan ini hanya dikhususkan untuk tujuan pendidikan saja.

Adapun pemainan Mintonette ini diciptakan Morgan dengan cara menggabungkan beberapa jenis dan teknik permainan bola lainnya. Terdapat empat jenis permainan bola yang diadopsi oleh Morgan untuk menciptakan permainan bola voli ini.

Empat jenis permainan bola tersebut antara lain adalah permainan baseball, bola basket, tenis dan juga bola tangan. Tujuan awal penciptaan permainan bola voli ini adalah sebagai permainan pengganti bola basket untuk kaum yang lebih tua, karena bola basket merupakan permainan yang sangat aktif.

Kemudian permainan ini resmi berubah nama dari Mintonette menjadi bola voli pada tahun 1896. Hal ini terjadi pada demonstrasi pertandingan pertama permainan ini di International YMCA Training School. Morgan diundang oleh Executive Director dari YMCA untuk mendemonstrasikan Mintonette.

Alasan perubahan istilah dari Mintonette menjadi bola voli adalah karena permainan bola besar dilakukan dengan cara melambungkan bola menyentuh tanah. Istilah tersebut disebut dengan volleying.

Jika dijelaskan secara ringkas, nama Mintonette diubah menjadi istilah bahasa inggris dari cara bermain bola voli. Sejak saat itu, permainan tersebut berubah nama menjadi permainan bola voli. Nama tersebutlah yang dipakai hingga zaman modern seperti sekarang.

Pada event tersebut, Morgan membawa dua tim untuk mendemonstrasikan bagaimana permainan bola voli itu. Masing-masing tim yang dibawa saat itu terdiri dari 5 orang. Morgan juga menjelaskan, bahwa permainan bola voli ini sebenarnya bisa dimainkan tanpa adanya batasan pemain.

Kemudian, Morgan juga memberitahu bahwa permainan bola voli ini bisa dimainkan di seluruh jenis lapangan, baik secara indoor ataupun outdoor. Adapun target yang ingin dicapai dalam permainan ini adalah mempertahankan bola agar bisa melewati net dan tidak jatuh di daerah pertahanan sendiri.

Sejarah Bola Voli Masuk ke Indonesia

Sejarah-Bola-Voli-Masuk-ke-Indonesia

Bagaimana awal mula voli bisa dikenal luas di Indonesia? Sejarah bola voli di Indonesia jika dijabarkan secara lengkap maka akan sangat panjang. Berdasarkan rangkuman sejarahnya, bola voli masuk ke Indonesia sejak tahun 1928. Permainan ini sudah sangat berkembang di Eropa. Oleh karena itu, permainan ini pun dibawa oleh tentara Belanda ke Indonesia.

Untuk mengembangkan permainan bola voli di Indonesia, akhirnya banyak guru-guru olahraga yang didatangkan secara langsung dari Belanda. Guru-guru inilah yang kemudian mengajarkan bagaimana cara bermain bola voli kepada siswa-siswa di Indonesia.

Bahkan permainan bola voli ini juga populer di kalangan tentara Nasional. Disela-sela waktu istirahat, mereka sering bermain salah satu jenis permainan bola besar ini. Bahkan tak jarang mereka mengadakan lomba kecil kecilan di lapangan untuk menghilangkan jenuh.

Permainan bola voli pun berkembang sangat pesat di Indonesia, sehingga pada tahun 1955 tanggal 22 Januari didirikanlah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Organisasi ini didirikan bertepatan dengan ajang kejuaraan olahraga nasional pertama di Indonesia yang melibatkan pertandingan voli.

Menurut sejarah bola voli singkat, sejak saat itu, bola voli di Indonesia sangatlah berkembang. Puncak perkembangan tersebut terjadi pada era Ganefo I dan juga Asian Games ke IV yang diadakan di Jakarta. Perkembangan tersebut terjadi baik untuk bola voli cabang pria dan juga bola voli cabang wanita.

Ukuran Bola Voli

Ukuran-Bola-Voli

Untuk memainkan bola voli, dibutuhkan sebuah bola yang terbuat dari bahan karet. Namun, tidak semua bola yang terbuat dari karet bisa digunakan untuk pertandingan bola voli. Bisa saja bola tersebut terlalu mini ataupun terlalu besar.

Adapun ukuran standar yang harus dimiliki oleh bola voli adalah yang memiliki keliling kira-kira sekitar 65 – 67 cm. Kemudian berat yang dimiliki bola tersebut haruslah sekitar 260 hingga 280 gram, tidak boleh terlalu ringan ataupun terlalu berat.

Selain keliling dan berat, ternyata tekanan udara pada bola juga mempengaruhi kualitas permainan bola voli. Adapun tekanan udara ideal yang harus dicapai adalah 0,30 – 0,325 kg/cm2. Bola yang memenuhi standar akan mudah untuk dipukul dan dilambungkan.

Cara Bermain Bola Voli dan Teknik Dasarnya

Cara-Bermain-Bola-Voli-dan-Teknik-Dasarnya

Cara bermain bola voli adalah dengan melambungkan bola voli agar melewati net dan jatuh di daerah lapangan lawan. Selain itu, Anda juga harus menjaga agar bola tidak jatuh di luar lapangan lawan ataupun jatuh di daerah sendiri.

Jika bola yang dilambungkan jatuh di daerah lawan, maka tim Anda akan mendapat tambahan poin. Namun, jika Anda gagal menjatuhkan bola di daerah lapangan lawan, maka lawan tersebutlah yang akan mendapatkan tambahan poin.

Pertandingan bola voli ini terdiri dari 2 hingga 3 babak pertandingan. Adapun target skor yang harus dicapai pada masing-masing babak adalah 25. Jika salah satu tim sudah mencapai skor 25, maka babak permainan akan berakhir dengan tim tersebut sebagai pemenang babak tersebut.

Permainan selama 2 babak dilakukan apabila selama pertandingan hanya satu tim yang memenangkan kedua babak pertandingan. Namun, jika kedua tim sama-sama memiliki skor yang seri, maka babak ketiga haruslah dimainkan dan digunakan untuk menentukan tim mana yang akan menang.

Dalam pertandingan bola voli diperlukan beberapa teknik yang harus dikuasai. Penguasaan teknik bermain ini selain untuk memenangkan pertandingan juga bertujuan untuk mencegah cidera. Teknik yang salah juga sering kali menyebabkan pemain terkena cidera.

Ada beberapa teknik khusus yang harus dikuasai dalam permainan bola voli. Beberapa teknik tersebut antara lain adalah:

1. Servis

Servis adalah teknik yang digunakan untuk melambungkan bola dari garis belakang daerah pertahanan sendiri menuju daerah pertahanan lawan. Servis ini dilakukan untuk menandai awal permainan bola voli. Selain itu, servis juga dilakukan saat terjadi pelanggaran, atau saat terjadinya penambahan poin.

Penguasaan teknik servis sangatlah diperlukan. Hal ini untuk menghindari kesalahan servis yang sering kali dilakukan. Adapun kesalahan tersebut dapat berupa bola yang jatuh di daerah sendiri ataupun bola yang justru keluar dari lapangan.

Hal ini tentu saja dapat merugikan karena tim lawan lah yang akan mendapatkan poin. Oleh karena itu, teknik servis haruslah dipelajari dengan sungguh-sungguh. Walaupun dianggap sepele tetapi kualitas servis juga berpengaruh terhadap kualitas permainan.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan servis, diantaranya adalah memegang bola dengan posisi yang nyaman. Setelah itu, pukul bola dengan kondisi tangan mengepal ataupun terbuka. Anda harus memperkirakan kekuatan pukulan agar bola melambung sempurna.

Ada beberapa model servis yang bisa Anda lakukan. Pilihlah model yang Anda anggap nyaman untuk dilakukan. Beberapa model servis tersebut antara lain adalah servis bawah, servis mengapung, jumping servis dan juga overhead round-house servis.

2. Passing Atas

Teknik passing atas juga haruslah dikuasai oleh para pemain bola voli. Teknik ini berguna untuk memberikan umpan yang akan melakukan smash. Kualitas passing yang diberikan akan berpengaruh pada hasil smash yang akan dihasilkan.

Dengan demikian, passing yang bagus sangatlah berguna untuk menghasilkan umpan yang bagus bagi pemain yang akan melakukan smash. Terdapat dua jenis passing atas, diantaranya adalah passing atas normal, dan passing atas setinggi wajah saja.

3. Passing Bawah

Selain passing atas, teknik lainnya yang harus Anda kuasai jika ingin bermain bola voli adalah passing bawah. Passing bawah ini digunakan untuk menerima bola hasil servis ataupun hasil smash dari pihak lawan. Jika teknik passing bawah yang dilakukan salah, maka Anda tidak akan bisa menerima bola.

Akibatnya, bola dari pihak lawan akan jatuh ke daerah pertahanan Anda dan tim lawan akan mendapatkan poin tambahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari teknik passing bawah yang baik dan benar.

4. Smash

Teknik lainnya yang harus Anda kuasai dalam permainan bola voli adalah smash. Smash merupakan sebuah pukulan menusuk ke daerah pertahanan lawan. Untuk melakukan smash dibutuhkan sebuah pukulan yang kuat dan juga terarah.

Pukulan smash ini merupakan jenis pukulan yang menyediakan kesempatan besar untuk mendapatkan poin. Pukulan yang keras dapat membuat tim lawan kewalahan dalam menangkap bola sehingga bola bisa jatuh di daerah pertahanan mereka. Dengan demikian, poin pun akan dengan mudah didapatkan.

5. Blocking

Teknik dasar dapa permainan olahraga bola voli adalah blocking, suatu teknik yang wajib dikuasai oleh seluruh pemain voli. Blocking merupakan salah satu teknik yang juga harus dipelajari saat bermain bola voli. Blocking merupakan teknik yang paling diandalkan untuk menahan serangan dari pihak lawan seperti smash dan juga passing.

Teknik ini biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki postur badan yang cukup tinggi. Selain itu, insting yang kuat juga diperlukan dalam teknik ini. Dengan demikian Anda dapat memblok bola yang akan masuk ke pertahanan sendiri, sehingga pihak lawan tidak dapat menghasilkan poin. Teknik blocking sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kekalahan.

Beberapa teknik dasar yang harus dikuasai ini sudah banyak sekali tersedia di buku-buku olahraga baik dalam bentuk doc ataupun pdf. Untuk memudahkan proses belajar, cobalah menggunakan buku yang menyediakan ilustrasi gambar dari teknik yang akan dipelajari.

Peraturan Bola Voli

Peraturan-Bola-Voli

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi. Beberapa aturan tersebut adalah jumlah pemain, sistem pertandingan, larangan pertandingan dan juga ukuran lapangan. Adapun ukuran lapangan yang digunakan adalah 9 x 18 m, baik itu untuk putra ataupun untuk putri.

Selain itu tinggi net yang digunakan sekitar 2,43 untuk putra ataupun 2,23 m untuk putri. Lebar garis serang yang digunakan adalah 3 m dan garis tepi lapangan adalah 5 m. Jumlah pemain dalam satu tim adalah 10 orang dengan 6 pemain inti di lapangan dan 4 pemain sebagai cadangan.

Sistem permainan bola voli ini adalah permainan bola voli yang berlangsung selama 2 atau 3 babak. Pergantian pemain pun tidak dibatasi. Jumlah pemain minimal di lapangan haruslah 4 orang, jika kurang maka tim tersebut akan dianggap gugur.

Poin didapatkan dengan cara menjatuhkan bola di lapangan lawan. Maksimal poin yang harus dicapai untuk memenangkan satu babak pertandingan adalah 25 poin. Namun jika terjadi poin seri 24-24, maka akan terjadi sistem rally dengan menambahkan 2 poin kembali untuk mencari pemenang.

Adapun larangan yang tidak boleh dilakukan adalah menangkap bola dengan tangan dan bukan memukulnya. Kemudian pemain yang menyentuh net, servis yang dilakukan di luar garis lapangan, memantulkan bola dengan seluruh anggota tubuh dan masih banyak lagi hal lainnya.

Bola voli merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat terkenal di Indonesia. Jika diceritakan maka sejarah bola voli lengkap tidak akan ada habisnya. Permainan bola voli pun masih sangat berkembang hingga saat ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya atlet yang dikirim ke berbagai kejuaraan di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *