Sejarah Komputer Generasi 1,2,3,4,5 dan Ciri-cirinya (LENGKAP)

18 min read

sejarah-komputer

Seperti yang diketahui, teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Teknologi akan membawa Anda kepada pekerjaan yang lebih mudah. Salah satu teknologinya adalah komputer. Bagaimana sejarah komputer hingga bisa secanggih sekarang?

Komputer yang Anda temui saat ini pastinya mengalami perubahan dari masa ke masa. Dimulai dari penemuan pertama hingga akhirnya menemukan teknologi komputer yang begitu canggih. Berikut artikel mengenai hal seputar komputer yang wajib Anda ketahui.

Apa itu Komputer? 

Apa itu Komputer?

Secara umum, komputer adalah sebuah perangkat elektronik. Di dalam perangkat ini terdapat berbagai komponen yang saling bekerja sama dan dapat membentuk sebuah sistem. Pengolahan data bisa dilakukan oleh perangkat ini

Pengolahan data tersebut bisa dilakukan oleh komputer karena sistem di dalamnya bisa menjalankan berbagai program. Nantinya semua program itu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pembuatan komputer itu sendiri.

Sementara bila dilihat secara bahasa, komputer sendiri diambil dari Bahasa Yunani. Kata komputer berasal dari ‘computare’. Kata ‘computare’ terdiri atas dua kata yaitu ‘com’ dan juga ‘putare’

Kata ‘com’ memiliki arti menggabungkan dan ‘putare’ yang artinya memikirkan perhitungan. Komputer juga berhubungan dengan kata to compute dalam Bahas Inggris atau artinya menghitung. Sementara itu, ada pula definisi komputer lainnya bila dilihat dari pendapat ahli.

Menurut Robert H. Blissmer, komputer berarti alat yang bisa melakukan berbagai tugas seperti memproses input, membuat output, menerima input hingga menyimpan. Menurutnya, definisi ini sesuai dengan sistem yang dipakai oleh komputer untuk berbagai elektronik.

Sementara itu, ada definisi lain dari komputer dari Elias M. Awad. Komputer adalah perangkat untuk menghitung yang bisa memproses data. Setelah itu, dapat menyajikan dalam bentuk data. Hal ini berlaku untuk data yang sifatnya digital dan juga analog.

Definisi lain dari komputer, datang dari Elias M. Awad. Menurutnya, komputer merupakan alat untuk memproses data. Kemampuan komputer dengan cepat bisa melakukan proses hitung. Dapat disimpulkan bahwa kemunculan komputer awal-awal berhubungan dengan hitungan.

Fungsi Komputer

Fungsi Komputer

Lalu pertanyaan berikutnya, apa saja fungsi dari komputer? Komputer sendiri mempunyai empat fungsi utama seperti memproses input, menerima input, menyajikan input hingga menyimpan input.

Input adalah fungsi komputer yang bertujuan untuk menerima informasi maupun data dari luar. Setelah masuk ke komputer, kemudian masuk ke fungsi berikutnya yaitu processing. Dalam fungsi ini, komputer akan memproses data dan masuk ke memori internal.

Terakhir, komputer akan menjalankan fungsi output yang menampilkan data yang sudah diproses tadi. Tak heran komputer sampai sekarang memiliki banyak fungsi, mulai dari mengolah data hingga sarana hiburan seperti mendengar musik atau bermain game.

Fungsi komputer ini termasuk yang paling sederhana. Namun kini fungsinya sudah cukup kompleks. Komputer dibuat memiliki indera layaknya manusia. Teknologi memungkinkan komputer menangkap apa yang terjadi di sekitarnya.

Tak sampai situ saja, komputer juga dapat menyimpannya dalam memori. Manusia pun bisa dengan mudah mengolah langsung hasil penangkapan yang dilakukan oleh komputer. Intinya, semua kemampuan manusia bisa dibuat otomatis oleh bantuan komputer.

Penemu Komputer

Penemu Komputer

Jika ditanya siapa penemu komputer pertama, jawabannya adalah Charles Babbage. Ia telah memberikan berbagai penemuan untuk kehidupan manusia, salah satunya adalah komputer. Pertama kali ia menciptakan mesin penghitung yang diberi nama Difference Engine No.1.

Penemuan ini merupakan penemuan paling populer karena menjadi cikal bakal perkembangan komputer sampai saat ini. The Charles Babbage Foundation, sebuah perusahaan komputer bahkan menggunakan namanya sebagai bentuk penghargaan.

Sejarah Komputer

Saatnya sekarang memasuki perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Pastinya komputer mengalami banyak perubahan, mulai dari awal penemuan hingga sekarang. Pastinya ada banyak perkembangan baik dari segi hardware maupun software.

1. Sejarah Komputer Generasi I

Sejarah Komputer Generasi I

Bisa dibilang generasi ini adalah digital elektronik. Julukan dari generasi ini adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator yang mulai dirancang sekitar tahun 1942. Lalu, John Presper Eckert mulai mengerjakan sistemnya pada 1943.

  • Bentuk komputer generasi pertama

Ia bersama dengan Dr. John W. Mauchly mengerjakan program generasi I di Moore School of Electrical Engineering. Tahun 1946 pekerjaan ini kira-kira selesai dikerjakan. Hasil dari program ini ternyata membutuhkan ruang yang cukup besar.

Ruangan sekitar 500 m2 diperlukan untuk program ini. Komputer juga memakai 18.000 tabung vakum. Selain itu, ia juga membutuhkan 10.000 kapasitor, 70.000 resistor dan 75.00 relay. Saat dioperasikan, generasi pertama komputer membutuhkan listrik 140 kilowatt.

Itu dari segi hardware. Sementara dari software generasi pertama, program yang pertama kali dikembangkan adalah merancang peluru kendali dan desain pesawat. Konsep ini dibuat oleh seorang insinyur asal Jerman yang bernama Kondra Zuse.

Perkembangan komputer pada generasi pertama tak sampai situ saja. Pada sekitar pertengahan 1940-an, John Von Neumann bergabung di dalam tim pembuat komputer. Mereka pun membuat konsep desain komputer yang berkepanjangan.

  • Penemuan teknologi memori

Neumann akhirnya sukses mendesain sebuah program yang diberi nama Electronic Discrete Variable Automatic Computer. Program ini menghasilkan sebuah memori yang berfungsi untuk menampung data dan program.

Program ini memungkinkan komputer bisa berhenti di suatu saat dan penggunanya dapat melanjutkan pekerjaan sebelumnya. Neumann juga mulai mengembangkan Central Processor Unit atau CPU yang Anda kenal hingga saat ini.

Maka bisa dibilang generasi pertama ini mampu menghasilkan CPU yang berfungsi untuk mengkoordinasikan semua fungsi komputer. Namun, komputer generasi pertama ini hanya bisa melakukan satu tugas secara spesifik saja.

Program yang berbeda-beda dibuat pada setiap komputer. Dengan kata lain, bahasa mesin setiap komputer akan berbeda dan disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Kondisi ini menjadi penyebab komputer diprogramkan secara lengkap.

Dalam satu kurun waktu, generasi pertama ini hanya bisa memecahkan satu masalah saja. Itupun tidak bisa dilakukan dengan cara yang maksimal. Generasi pertama ini sering disebut dengan generasi tabung vakum.

Generasi pertama ini menggunakan input yang berbentuk kartu yang berlubang. Biasanya kartu ini juga sering disebut sebagai punched card. Selain itu, ia menggunakan pita kertas untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Sementara untuk hasilnya atau output memakai print-out dengan ukuran besar. Biaya pembuatan generasi ini juga cukup menguras kantong. Untuk membuat komputer, seseorang membutuhkan biaya sampai 1 juta dollar.

2. Sejarah Komputer Generasi II

Sejarah Komputer Generasi II

Berikutnya masuk ke generasi kedua. Salah satu penemuan penting pada generasi kedua adalah transistor. Alat ini akan membantu kerja komputer lebih maksimal dengan bantuan alat yang sangat kecil.

Tentu ini berbeda seperti generasi sebelumnya yang membutuhkan alat berukuran besar untuk mengoperasikan komputer. Penemuan alat satu ini lantas cukup memberikan pengaruh terhadap sejarah komputer dengan begitu cepat.

  • Perubahan komputer generasi kedua

Ilmuwan mulai membuat generasi kedua dari komputer ini sekitar tahun 1960-an. Memang, salah satu tujuan para peneliti membuat komputer generasi kedua supaya memudahkan para penggunanya karena bentuknya yang lebih kecil.

Sebelumnya bahasa yang dipakai adalah komputer. Kini, sudah diganti dengan bahasa assembly. Bahasa ini memakai bahasa singkatan untuk menggantikan kode biner yang dipakai oleh generasi sebelumnya.

Pada generasi inilah mulai digabungkan berbagai komponen komputer seperti yang kita lihat saat ini. Misalnya terdapat memori, program, sistem operasi, penyimpanan di dalam disket sampai menyambung ke printer.

Tak heran bila ada instansi yang mulai memanfaatkan teknologi komputer. Mulai dari pemerintah, perusahaan sampai universitas mulai memakai kecanggihan dari generasi kedua ini.

Dengan teknologi baru yang ditemukan ini, mesin pertama akhirnya berhasil diproduksi. Mesin tersebut diberi nama super komputer. Perusahaan terkemuka IBM membuat superkomputer yang disebut dengan Stretch.

Tidak mau kalah, perusahaan teknologi lainnya Sprery-Rand kala itu juga membuat super komputer yang diberi nama LARC. Perkembangan dan penelitian mengenai komputer generasi dua ini banyak dilakukan di laboratorium energi atom.

Para peneliti atom ternyata yang mampu untuk mengatasi besarnya data. Namun, program dari generasi ini masih terlalu kompleks. Harga mesin tersebut juga cukup tinggi. Hal inilah yang membuat komputer masih belum banyak dipakai.

Memang banyak instansi yang memakai teknologi komputer. Hanya saja pemakaiannya masih terbatas. Apalagi memang biaya produksinya yang juga mahal. Kala itu, hanya dua LARC yang dipakai oleh khalayak umum.

LARC yang pertama dipakai oleh Lawrence Radiation Labs di California. Sementara LARC lainnya dipakai oleh US Navy Research and Development Center yang terletak di Washington.

  • Asal mula pemakaian komputer untuk bisnis

Sementara itu, IBM mulai berakselerasi dengan memproduksi komputer yang bisa diterima oleh berbagai kalangan industri. Akhirnya pada 1965, mulailah seluruh bisnis dengan skala besar memakai komputer generasi kedua ini.

Rata-rata perusahaan memakainya untuk urusan keuangan bisnis. Salah satu kelebihannya adalah bisa menjalankan program dan langsung disimpan di dalam komputer. Apalagi bahasa pemrograman yang ada di dalamnya jauh lebih mudah dimengerti.

Namun, fungsi dari komputer masih dipakai untuk menghitung secara ilmiah. Belum ada fitur lain yang bisa ditawarkan oleh generasi ini. Salah satu keunggulan fitur yang membuat banyak orang mau membeli komputer adalah sistem penyimpanan sendiri.

Magnetic Core Storage menjadi fitur penyimpanan dari memori komputer. Sementara itu, Magnetic  Tape dan Magnetic Disk dikhususkan untuk penyimpanan luar. Inilah yang menjadi cikal bakal memori komputer yang masih terus dipantau perkembangannya.

3. Sejarah Komputer Generasi III

Sejarah Komputer Generasi III

Komputer generasi ini bisa dibilang termasuk yang memiliki perkembangan cukup pesat. Tahun 1970an menjadi tahun bagi generasi ketiga. Kala itu, komputer dengan menggunakan transistor sedang gencar dipakai oleh berbagai industri.

Sayangnya, pemakaian transistor akhirnya membuat komputer jadi cepat panas. Para ilmuwan akhirnya mencari cara untuk mengatasi masalah yang umum dialami para pengguna komputer.

Hal inilah yang membuat Jack Billy yang merupakan seorang ilmuwan, mencoba melakukan berbagai penelitian. Akhirnya, ia menciptakan sebuah komponen yang kecanggihannya melebihi transistor.

  • Penemuan teknologi Integrated Circuit

Penemuannya disebut dengan Integrated Circuit atau yang bisa disebut dengan IC. Chip dengan ukuran kecil ini bisa menampung serta mengumpulkan berbagai komponen menjadi satu. Bisa dibilang IC menjadi ciri utama pada komputer generasi ketiga.

Bahkan, teknologi saat ini masih dipakai sampai sekarang. Komputer yang sudah berubah menjadi laptop sekalipun membutuhkan teknologi IC. Maka, penemuan ini termasuk memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan komputer.

IC sukses dibuat oleh perusahaan yang bernama Fairchild Semiconductor dan Texas Instruments. Kala itu, IC yang diproduksi hanya memiliki enam transistor saja. Tentu saja ini sangat berbeda dengan prosesor yang sekarang berkembang.

Kini, transistor dalam sebuah IC sebanyak jutaan sampai ratusan juta jumlahnya. Semakin banyak transistor maka akan meringankan pekerjaan komputer untuk menjalankan program secara bersama-sama.

4. Sejarah komputer Generasi IV

Sejarah komputer Generasi IV 

Tak banyak perubahan yang dibawa oleh komputer generasi keempat ini. Pada dasarnya, generasi ini merupakan update dari teknologi yang dibawa oleh generasi ketiga. IC yang dibuat pada generasi ini akan jauh lebih rumit dan kompleks.

Selain itu, IC yang dibuat juga akan lebih terintegrasi. Dengan kata lain, teknologinya masih seputar IC. Hanya saja memang jauh lebih canggih dan mudah untuk dipakai. Di generasi ini, semua komputer sudah mulai memakai IC dalam bentuk chip.

  • Perkembangan Integrated Circuit dalam bentuk chip

Perusahaan yang bernama Very Large Scale Integration mulai mengembangkan chip IC satu ini. Mereka pun melakukan banyak perubahan. Akhirnya pada 1980-an, perusahaan ini sukses memproduksi chip yang bisa menampung komponen yang jumlahnya hingga ribuan.

Chip IC juga mengembangkan berbagai jenis teknologi yang mempermudah pemakaian komputer. Teknologi yang cukup dikenal adalah Large Scale Integration. Pada zaman itu, teknologi ini juga sering disebut Bipolar Large Large Scale Integration.

LSI ini adalah sekumpulan IC yang kemudian dijadikan satu dalam sebuah keping. Chip IC yang begitu canggih dimulai dari teknologi satu ini. Bentuknya persegi empat dan seperti lempeng. Di dalamnya terdapat rangkaian yang memuat berbagai macam IC.

Teknologi ini pun semakin berkembang. Akhirnya para ilmuwan mengembangkannya menjadi Very Large Scale Integration atau yang disebut dengan VLSI. Teknologi ini mampu menampung ratusan ribu IC.

Tak berhenti sampai situ saja, para peneliti dan ilmuwan kala itu juga mengembangkan teknologi komputer mikro. Para perusahaan teknologi berlomba-lomba memakai mikroprosesor dan semikonduktor ke dalam sebuah chip.

Selain IC yang dibuat dalam bentuk lempengan, memori komputer internal juga coba dimasukkan ke dalam satu bentuk chip. Sebab, generasi sebelumnya cukup merepotkan dengan memakai magnetic core storage yang dianggap kurang praktis.

  • Perkembangan awal mikrokomputer

Akhirnya, perusahaan Intel termasuk yang membawa perubahan mengenai mikrokomputer. Sekitar tahun 1980-an, mikrokomputer 4 bit sudah mulai diperkenalkan. Komputer ini memakai chip prosesor yang disebut dengan 4004.

Dalam chip tersebut sudah berisi 230 transistor yang berjalan dalam 108 KHz. Teknologi ini memungkinkan komputer menjalankan sampai dengan 60.000 operasi setiap detiknya. Tak berhenti sampai situ saja, Intel terus mencari teknologi terbarukan.

Intel akhirnya memperkenalkan mikrokomputer lanjutan yang diberi nama 8008. Jenis chip prosesor ini bisa memproses 8 bit informasi dalam satu kurun waktu. Inilah yang menjadi cikal bakal prosesor yang mulai dipakai oleh masyarakat luas sampai sekarang.

Lantas apa yang membedakan keduanya? Kedua prosesor ini hanya mampu memenuhi kebutuhan aplikasi tertentu saja. Hanya saja prosesor 8008 punya kemampuan yang lebih cepat serta punya paket instruksi yang jauh lebih kaya.

Selain itu, kemampuan dalam hal pengamatan dari prosesor 8008 jauh lebih besar. Dari segi hardware, semua komputer generasi keempat masih memakai tampilan monitor yang sama. Semuanya masih memakai satu warna yaitu green color.

Ada beberapa jenis komputer generasi pertama yang saat itu begitu terkenal. Misalnya PDP-11, IBM 370, Altari, Apple I dan Apple II. Semua komputer tersebut sudah memakai prosesor intel 8008. Memang, teknologi tersebut yang sudah paling terbarukan di generasi ini.

Sistem dan bahasa pemrograman dari komputer juga turut berubah. Pada generasi ini, komputer memakai sistem yang disebut dengan Control Program for Microprocessor. Untuk bahasa pemrograman, komputer memakai Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code.

5. Sejarah Komputer Generasi V

Sejarah Komputer Generasi V 

Saatnya memasuki sejarah komputer generasi kelima, yang merupakan generasi saat ini. Banyak sekali pengembangan yang terjadi pada generasi kelima. Banyak yang menyebut generasi ini sebagai komputer untuk generasi masa depan.

  • Perkembangan pesat super komputer

Perkembangan pada generasi ini cukup banyak mengalami perubahan besar. Apalagi, mulai banyak produsen yang membuat PC atau komputer yang lebih kompatibel. Pada awal kemunculan generasi kelima, IBM-PC masih jadi satu-satunya komputer yang paling canggih.

Berkat pengembangan yang dilakukan oleh berbagai perusahaan teknologi, maka menjadikan industri komputer semakin beragam. Misalnya muncul perusahaan seperti Microsoft dan Intel yang jadi pionir perkembangan hardware maupun software.

Perkembangan ini tak hanya dirasakan di dunia internasional saja. Bahkan, perkembangannya juga terasa di Indonesia. Bukti pun  masih bisa Anda rasakan hingga saat ini.

Mulai banyak teknologi perkembangan dari komputer yang sangat canggih. Misalnya mulai munculnya tablet, smartphone, netbook, ultrabook dan masih banyak lagi. Pastinya akan semakin banyak bentuk kecanggihan komputer yang dibawa oleh para perusahaan teknologi.

Salah satu perkembangan teknologi yang cukup pesat dilakukan adalah pemadatan ribuan mikroprosesor. Dari ribuan microprocessor yang ditemukan di generasi sebelumnya, akhirnya dibuat dan digabung menjadi satu mikroprosesor yang Anda kenal sekarang ini.

Teknologi terbarukan ini akhirnya membuat berbagai perusahaan teknologi berlomba-lomba membuat microprocessor. Mulai dari perusahaan Intel, Motorolla, Zilog dan lainnya mulai membuat berbagai varian dari microprocessor.

Pada generasi ini dengan mudah ditemukan microprocessor dengan berbagai jenis. Salah satu yang terkenal adalah microprocessor milik Intel. Model awalnya mulai dari 4004 sampai akhirnya masuk ke dalam teknologi terkini yaitu Pentium.

Pentium sendiri terus terbarukan karena Intel mengeluarkan seri pertama hingga yang terakhir seri keempat. Pentium empat yang diproduksi akan semakin meminimalisir kekurangan yang ada di dalam pentium tersebut.

Teknologi terbarukan dari Intel ini juga menambahkan kecepatan dan kemampuan yang dimiliki oleh processor. Kala itu, kecepatannya bisa mencapai 2GHz. Perkembangan manfaat komputer tidak berhenti sampai situ saja.

  • Perkembangan teknologi prosesor canggih

Pada 2001, perusahaan Intel sukses membuat dan meluncurkan sebuah prosesor yang disebut Itanium. Ini merupakan prosesor yang memiliki basis 64 bit. Bisa dibilang ini adalah perkembangan komputer yang cukup besar di tahun tersebut.

Prosesor Itanium adalah yang pertama dengan instruksi 64 bit. Intel mengeluarkan teknologi terbaru mulai dari aplikasi dan juga sistem operasinya. Meski begitu, Intel tetap mencoba mempertahankan supaya teknologi ini tetap berjalan dengan software 32 bit.

Sebelumnya, komputer memang bisa berjalan dengan 32 bit per satuan waktu. Ini masih berlaku hingga teknologi pentium 4. Bahkan, teknologi 32 bit ini masih dipakai sampai sekarang. Anda akan dengan mudah menemukan komputer yang punya teknologi ini.

Selain dari segi kecepatan dan kecanggihan prosesor, generasi ini juga punya kemajuan di hal lain. Salah satunya adalah tampilan gambar. Komputer generasi ini memiliki kualitas gambar yang sangat bagus dan pastinya berwarna.

Anda tak perlu lagi kesulitan saat melihat foto karena multimedia dari komputer sudah sangat mendukung. Utamanya lagi, fungsi utama dari komputer juga hadir dengan lebih cerdas. Terdapat peningkatan kecepatan kerja komputer dalam hal mengakses data.

Apalagi, komputer juga hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Desainnya juga lebih sederhana. Para perusahaan teknologi berusaha menghasilkan ukuran komputer yang kecil dan lebih praktis tapi kemampuannya semakin canggih dan pintar.

  • Penemuan Josephson Junction

Perkembangan teknologi dalam generasi kelima ini memang terbilang cukup drastis. Para peneliti juga sedang mengembangkan teknologi yang menggantikan chip. Teknologi tersebut diberi nama Josephson Junction.

Salah satu keunggulan dari teknologi chip adalah mampu bekerja dengan berbagai operasi dalam satu detik bahkan sampai miliaran operasi. Kecepatan sangat dipikirkan untuk membuat komputer yang lebih canggih.

Komputer pada generasi lima juga mengalami perubahan dalam hal bahasa mesin. Kecanggihan komputer bisa membuat komputer generasi kelima ini bisa menerjemahkan bahasa manusia. Canggihnya, manusia bisa berbicara secara langsung dengan komputer.

Pada generasi sebelumnya, bahasa mesin harus dipahami oleh manusia untuk bisa mengoperasikan komputer. Perkembangan teknologi komputer pastinya dibuat untuk mempermudah manusia dalam menjalankan komputer beserta fungsinya.

Perubahan teknologi mengenai bahasa komputer ini disebut dengan Artificial Intelligence atau biasa disebut dengan AI. Teknologi ini juga sudah berbasis Graphic User Interface atau GUI dan juga berbasis multimedia serta multi komunikasi.

Komputer generasi kelima datang sebagai jawaban dan solusi dari semua permasalahan yang terjadi pada generasi sebelumnya. Bahkan, perubahan teknologi yang terjadi dengan mudah terjadi hanya dalam hitungan tahun saja.

Sebagai gambaran, Anda perlu mengetahui berbagai contoh komputer yang lahir pada generasi ini. Pertama merupakan jenis komputer yang berbasis x86. Dalam komputer ini, terdapat teknologi chip 286 yang memiliki 134.000 transistor.

Kemudian berlanjut kepada teknologi chip 386 yang memiliki 275.000 transistor. Semakin lama chip yang dikenalkan semakin canggih. Misalnya chip 486 yang muncul pada tahun 1990-an. Kala itu, chip tersebut sudah memiliki 1,2 juta transistor.

Sejak tahun 1993, perusahaan Intel juga mulai memperkenalkan prosesor 586 yang mulai disebut dengan Pentium 1. Dari sinilah generasi pentium dimulai. Dalam generasi pertama pentium ini sudah memiliki 3,1 juta transistor.

Pentium I ini sudah bisa melakukan 90 Million Instruction Per Second atau bisa disebut dengan MIPS. Kemudian perkembangan prosesor semakin canggih dengan kehadiran generasi pentium berikutnya, mulai dari pentium 2 hingga terakhir pentium 4.

Perkembangan signifikan yang juga terjadi pada generasi kelima ini adalah kecepatan dalam memproses gambar. Visual yang ditampilkan pada generasi kelima umumnya lebih tajam dan halus. Semua ini ditambah dengan kecepatan proses kerja yang semakin baik.

Hal ini membuat proses pengiriman maupun penerimaan gambar yang Anda lakukan akan jauh lebih cepat. Tentu saja hal ini akan mempermudah seseorang dalam melakukan berbagai pekerjaan seperti membuat makalah dan artikel.

Bisa dibayangkan bagaimana perkembangan komputer di generasi mendatang. Hingga saat ini saja Anda sudah merasakan kecanggihan yang dimiliki komputer dan sangat membantu berdasarkan pekerjaan manusia sehari-hari.

  • Teknologi Biochip sebagai masa depan komputer

Lalu, apa yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan dan peneliti di bidang komputer? Berbagai ilmuwan di dunia yakin bahwa akan ada teknologi baru yang tercipta dan disebut dengan biochip. Nantinya protein sintesis akan mendukung teknologi biochip.

Biochip dianggap akan menghasilkan robot yang akan tampak seperti manusia seutuhnya. Sementara itu, teknologi lain yang sedang dalam tahap pengembangan adalah mikrooptik. Tak hanya itu saja, generasi komputer mendatang juga mengembangkan teknologi audio.

Berbagai perusahaan juga sedang memulai untuk mengembangkan teknologi yang semakin memudahkan manusia. Saat ini, para peneliti sedang mencoba untuk merakit komputer tanpa memakai penulisan atau pembuatan program.

Komputer tanpa program ini juga dianggap sebagai komputer masa depan. Generasi ke depannya akan membuat komputer lebih mudah dipakai dan bahkan mengikuti kerja dan cara pikir manusia.

Ciri-ciri Komputer Tiap Generasi

Setiap generasi pastinya punya teknologi tersendiri yang menjadi ikon penting. Hal inilah yang membuat setiap generasi komputer memiliki ciri-ciri tersendiri. Secara umum, perkembangan komputer berhubungan dengan kecepatan memori dan prosesor.

Para ilmuwan pun terus menerus melakukan berbagai perkembangan supaya bisa membawa manfaat bagi kerja manusia. Dimulai membantu manusia dalam hitung-hitungan tetapi juga bermanfaat untuk kerja grafis dan audio visual.

1. Generasi I

Generasi I

Pada generasi I, ciri-ciri komputer yang paling jelas adalah ukuran fisik yang lebih besar. Ruang yang luas dibutuhkan untuk komputer pertama ini. Selain itu, instruksi operasi dari sistem komputer dibuat untuk tugas tertentu secara spesifik.

  • Program

Selain itu, program yang dibuat hanya bisa memakai bahasa mesin. Secara fisik, komputer mempunyai sebuah silinder magnetik. Alat tersebut disebut dengan Magnetic Disk dan Simpanan Luar Magnetic Tape. Hal ini punya fungsi untuk menyimpan data.

Komputer ini juga memiliki daya listrik yang cukup besar. Suhu komputernya juga cepat panas sehingga membutuhkan pendingin. Daya simpannya juga termasuk kecil sehingga proses saat memakai komputer ini kurang cepat.

  • Memori

Untuk memori utama, generasi pertama memakai konsep Stored Program. Nama memori yang dipakai dalam generasi pertama ini adalah Magnetic Core Storage. Sirkuitnya menggunakan teknologi yang diberikan tabung vakum.

Hal inilah yang membuat ukuran komputer jadi sangat besar di masa tersebut. CPU pada generasi pertama ini bisa dibilang mesin pertama yang mampu mengoperasikan semua sistem komputer.

Program pertama kali yang dikembangkan dengan perangkat komputer lengkap dipakai untuk peluru kendali dan desain komputer pesawat. Konrad Zuse, seorang insinyur asal Jerman adalah ilmuwan yang membuat konsep satu ini.

  • CPU

Pada 1940-an, komputer sempat mengalami perkembangan berikutnya yang dibuat oleh Jon von Neuman yaitu teknologi CPU. Di sinilah teknologi komputer berkembang secara keseluruhan dalam satu sistem komputer.

Program utama di dalam komputer generasi pertama adalah bahasa mesin atau machine language. Maka dari itu, ciri dari generasi ini adalah bahasanya yang masih harus diadaptasi dengan bahasa manusia.

2. Generasi II

Generasi II

Sekarang lanjut ke generasi kedua. Salah satu ciri dari sejarah komputer singkat generasi kedua adalah bahasa pemrograman yang dipakai dalam operasi. Generasi ini menggunakan FORTRAN dan juga COBOL.

  • Memori dan Bentuk Fisik

Magnetic Core Storage menjadi tempat untuk kapasitas memori utama. Sementara untuk tempat penyimpanan luar dalam bentuk magnetic tape dan juga magnetic disk. Komputer pada generasi ini sudah mampu melakukan program secara real-time dan juga real-sharing.

Bila dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya, ukuran fisik dari generasi ini jauh lebih kecil dan kompatibel. Kecepatan dari proses operasi komputer ini juga jauh lebih cepat. Komputer sudah mampu melakukan jutaan operasi dalam kurun waktu satu detik.

Para peneliti pun juga membuat komputer generasi kedua lebih membutuhkan daya listrik yang kecil. Program yang dibuat juga tidak hanya dibuat untuk aplikasi bisnis semata. Perkembangan programnya juga sudah merembet ke area aplikasi teknik.

  • Mulai muncul teknologi transistor

Di generasi kedua inilah menjadi cikal bakal dari kemunculan minikomputer. Komputer yang diberi nama DEC PDP-8 menjadi mini komputer pertama yang dipakai sebagai pengolahan data secara komersil. Komputer ini sukses diluncurkan pada tahun 1964.

Harga dari generasi kedua ini juga jauh lebih murah karena prosesnya memang dibuat seringkas mungkin. Beberapa jenis komputer yang memang muncul di generasi ini antara lain UNIVAC 1107 dan seri UNIVAC SS80 dan SS90.

Produsen IBM juga tak mau kalah untuk memproduksi komputer pada generasi kedua ini. IBM sukses meluncurkan komputer dengan tipe IBM 7080 dan 7070. Selain itu, komputer IBM juga meluncurkan seri IBM 1400 dan 1600.

Generasi kedua ini memiliki kelebihan. Salah satunya yang cukup mencolok adalah efisiensi dalam proses produksi sehingga komputer bisa dipakai untuk berbagai bidang. Komputer mulai dipakai untuk berbagai aspek kehidupan manusia.

Komputer generasi kedua sudah mulai dipakai oleh berbagai instansi. Misalnya pada bidang pendidikan, industri hingga kesehatan. Meski sudah lebih canggih, masih ada beberapa kelemahan dari komputer generasi ini.

Teknologi transistor mulai dikembangkan pada komputer generasi kedua. Efek buruk dari transistor ini membuat komputer justru menghasilkan panas yang besar. Hal ini akan berpotensi untuk merusak bagian internal komputer yakni batu kuarsa atau quartz rock.

Bahasa mesin yang dipakai juga berubah. Generasi kedua memakai bahasa assembly yang digunakan untuk menggantikan kode biner. Kode yang dibuat ini berupa singkatan untuk menjalankan sebuah program dalam sistem komputer.

Maka, komputer ini akhirnya mampu menjalankan banyak fungsi dan fitur. Misalnya mendesain produk hingga mencetak data. Bahkan, komputer ini bisa melakukan perhitungan gaji. Jadi tak heran bila komputer mulai dipakai dan laku di pasaran.

3. Generasi III

Generasi III

Perkembangan komputer lanjut ke generasi ketiga. Semakin ke sini, pastinya semakin banyak perubahan yang membantu kerja manusia. Dari segi listrik misalnya, generasi ketiga memakan listrik yang jauh lebih kecil daripada generasi sebelumnya.

  • Software yang lebih canggih

Selain itu, software yang bisa dipakai dalam generasi ketiga ini juga semakin banyak dan bervariasi. Pastinya para peneliti kala itu ingin menjawab kebutuhan pasar. Maka, berbagai software mulai dikembangkan supaya bisa beroperasi di komputer.

Meski semakin canggih teknologi yang dibawa oleh generasi ini, harganya juga semakin murah. Hal ini dibarengi dengan produksi komputer yang semakin massal. Bentuknya juga lebih kompatibel sehingga bisa jauh lebih terjangkau.

Untuk urusan kapasitas memori, komputer generasi ini punya kapasitas yang lebih besar. Awalnya hanya mampu sampai ribuan karakter saja. Saat ini bisa menyimpan hingga ratusan ribu.

  • Sistem Integrated Circuit

Ciri-ciri yang cukup menonjol dari generasi ketiga adalah munculnya teknologi IC. Transistor yang ditemukan pada generasi kedua kemudian di update sehingga bisa menjadi satu dalam sebuah sistem yang diberi nama IC.

Fungsi dari IC ini adalah membuat komputer bekerja lebih cepat dan juga tepat. Berkat IC, kecepatan dari komputer generasi ketiga ini 10.000 kali jauh lebih cepat. Tentu saja bila teknologi dibandingkan dengan generasi pertama.

Salah satu kemampuan yang cukup disukai banyak orang adalah mampu melakukan multitasking dan juga multiprocessing. Pemakaian komputer tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. Kerja komputer yang tak terlalu berat juga membuat mesinnya tidak cepat panas.

  • Visual display dan memori

Perubahan lainnya dalam generasi kedua ini adalah adanya terminal visual display. Selain itu, komputer juga sudah mulai mengeluarkan suara. Untuk urusan memori, komputer ini memakai disket magnetik atau disebut dengan external disk.

Memori ini memiliki cara kerja random access atau pengaksesan data yang secara acak. Teknologi ini juga didukung dengan kapasitas besar hingga jutaan karakter. Kemampuan generasi ini bahkan bisa melakukan komunikasi dengan komputer lainnya.

Ada beberapa jenis komputer yang dihasilkan dari generasi ketiga ini. Untuk jenis UNIVAC, komputer seri 9000 dan 1108 muncul pada generasi ketiga. Sementara perusahaan teknologi IBM memproduksi IBM S/360 yang cukup digandrungi banyak orang kala itu.

Masih banyak jenis komputer lainnya yang cukup dikenal misalnya Burroughts dengan seri 5700 dan 67000 dan juga PDP dengan seri 8 dan juga 11. Semakin banyak bidang yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu.

Apalagi dengan ukuran komputer yang sudah jauh lebih kecil. Tak hanya sampai situ saja, komputer generasi ketiga juga bisa untuk menjalankan banyak program di dalam kurun waktu yang bersamaan.

4. Generasi IV

Generasi IV

Perkembangan sejarah komputer akhirnya masuk ke generasi keempat. Teknologi yang dipakai juga merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya. Pada fase ini, komputer memiliki ciri sudah memakai teknologi yang diberi nama Large Scale Integration atau LSI.

  • Microprosesor

Pada generasi ini, komputer mikro sudah dikembangkan lebih maju lagi. Tak hanya dari segi ukuran saja, komputer mikro sudah memakai teknologi yang disebut dengan micro processor dan juga semiconductor.

Semua teknologi ini sudah digabung dalam satu chip yang digunakan sebagai memori komputer. Pada generasi keempat ini juga sukses menghasilkan berbagai komputer yang canggih.

Misalnya saja IBM yang sukses dengan teknologi pentium II. Selain itu, ada pula seri IBM PC/386 hingga IBM PC/XT. Perusahaan Apple juga tak mau ketinggalan. Pada generasi ini, ia sukses memproduksi Apple II.

Hanya saja generasi keempat ini masih punya beberapa kekurangan. Tidak ada jenis komputer yang bisa dibilang kompatibel. Sebab, generasi ini pada awalnya mengenal standar komputer yang ringkas seperti PC yang Anda kenal sekarang.

  • Bentuk yang lebih ringkas

Barulah di akhir generasi keempat dipasarkan personal komputer atau PC. Para produsen mulai mengincar pasar perorangan. Artinya komputer tidak hanya digunakan untuk urusan bisnis semata.

Produsen juga mulai mengembangkan teknologi yang lebih fleksibel dibawa kemana-mana. Inilah modal dari awal kemunculan laptop. Maka jangan heran di awal kemunculannya, laptop hadir dalam ukuran yang sangat besar dan berat.

5. Generasi V

Generasi V

Generasi kelima merupakan perkembangan teknologi komputer yang hingga sekarang masih Anda rasakan. Pada generasi ini, komputer juga masih melanjutkan teknologi LSI. Pastinya komputer melalui berbagai pengembangan.

  • Artiifical Intelligence

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen juga makin beragam. Proses informasi yang terjadi di dalam komputer juga jauh lebih cepat. Para ilmuwan ingin menerapkan ciri komputer di masa depan. Artinya harus lebih canggih dan harganya juga semakin terjangkau.

Komputer pada generasi ini juga semakin bisa melakukan fungi layaknya manusia. Komputer dibuat sedemikian rupa supaya bisa mendengar, melihat bahkan bisa berbicara. Para pengembang ini menjadikan komputer benar-benar memiliki kecerdasan tersendiri.

Bisa dibilang ciri dari generasi kelima ini adalah kecerdasan buatan yang menyerupai manusia. Bahasa yang sering dibawa oleh generasi ini adalah Artificial Intelligence atau AI. Ada banyak kelebihan lain yang dikembangkan oleh komputer di generasi ini.

Komputer dibuat agar bisa memprediksi kejadian yang terjadi. Selain itu, dibuat sedemikian rupa agar bisa berkomunikasi dengan manusia secara mudah. Jika komputer awal harus menggunakan mesin. Kini, komputer justru dibuat agar bisa berbahasa seperti manusia.

  • Perkembangan hardware

Perkembangan komputer juga  berhubungan dengan hardware. Sebisa mungkin generasi kelima ini membuat komputer yang disesuaikan dengan kebutuhan. Komputer ada yang dibuat seringkas mungkin untuk orang yang harus bekerja sambil travelling.

Bahkan, komputer juga bisa mengubah segala sesuatu yang manual menjadi digital. Misalnya saat ingin mencatat sesuatu, orang pastinya memerlukan kertas dan pulpen. Ciri lain dari generasi ini adalah memindahkan kegiatan manusia menjadi lebih komputerisasi.

Maka diciptakanlah pulpen dan kertas digital. Dengan mudah, Anda bisa menulis di layar komputer dengan mudah. Proses output juga lebih ringkas. Setelah menulis dan ingin mempresentasikannya, Anda tinggal mengubah file menjadi pdf atau ppt.

Semuanya akan dibuat semudah mungkin pada generasi kelima. Maka, banyak orang yang sudah menggantungkan hidupnya di komputer. Bagaimana tidak bila semua unsur kehidupan bisa dilakukan di komputer.

Perkembangan Komputer Sekarang

Sejarah komputer lengkap masih terus bergulir hingga saat ini. Kini para perusahaan teknologi semakin gencar mengembangkan teknologi Artificial Intelligence atau yang biasa disebut dengan AI. Salah satu keunggulannya adalah bisa melakukan input dengan baik.

1. Mengenal Artificial Intelligence

Mengenal Artificial Intelligence

Teknologi bisa memasukkan berbagai bahasa yang setiap hari diucapkan. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari lingkungan sekitar dengan bantuan komputer. Anda juga bisa menyesuaikan keadaan dengan bantuan komputer.

Bisa dibilang AI merupakan sebuah simulasi dari kerja otak manusia yang cerdas. Teknologi memungkinkan komputer bisa memiliki program untuk berpikir layaknya seorang manusia bahkan mampu untuk melakukan tindakan manusia.

Salah satu karakter dari teknologi ini adalah mampu mengambil tindakan secara rasional yang disesuaikan dengan tujuan yang ditanamkan terhadap mesin tersebut. Hingga saat ini AI masih terus dikembangkan agar benar-benar sempurna.

Teknologi satu ini begitu dianggap sebagai terobosan terbaru yang kelak akan semakin membantu hidup manusia. Kecanggihan teknologi ini akhirnya membuat developer dan berbagai perusahaan teknologi memakai sistem AI.

Misalnya saja duo perusahaan teknologi raksasa Microsoft dan Intel. Keduanya memanfaatkan teknologi ini untuk semua perangkatnya. Maka, bentuk dari perangkat komputer yang diproduksi juga semakin beragam.

Misalnya untuk para pecinta design yang membutuhkan pena digital, perusahaan teknologi hadir dengan tablet yang bisa touchscreen. Dengan begitu orang bisa langsung mendesain dengan memakai pena digital.

2. Perkembangan Microprosesor

Perkembangan Microprosesor

Tak sampai situ saja, para perusahaan teknologi juga masih mengembangkan Large Scale Integration. Teknologi ini berfungsi untuk membuat ribuan mikroprosesor jadi jauh lebih padat.

Salah satu teknologi yang terbarukan adalah Pentium IV dari perusahaan Intel. Dalam satu chip, semua fungsi komputer bisa berjalan dengan cepat. Kapasitas memorinya sudah tak diragukan lagi. Pastinya akan membantu kerja manusia dengan lebih cepat.

Terakhir, semua perkembangan ini mengacu pada pembuatan robot yang menyerupai manusia. Beberapa negara berkembang seperti Jepang sudah memulai mengembangkan fungsi komputer sebagai robot untuk menduplikasi manusia asli.

Fungsi manusia misalnya penjaga hotel atau minimarket sudah digantikan dengan robot yang bisa jelaskan. Perkembangan teknologi komputer yang digabungkan dengan AI membuat para peneliti berlomba-lomba memberikan robot dengan kemampuan yang paling canggih.

Jika dilihat sejarah komputer secara lengkap, perkembangan teknologi dunia memang begitu canggih. Tak heran bila para perusahaan besar teknologi sangat berlomba-lomba memberikan solusi kepada masyarakat agar memilih komputer yang paling membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *