Sejarah Sepak Bola (Lengkap) di Indonesia dan Dunia

7 min read

sejarah-sepak-bola

Salah satu cabang olahraga yang paling mendunia adalah sepak bola. Hampir semua kalangan mengenal olahraga ini, baik orang tua maupun anak muda. Akan tetapi meskipun banyak orang yang menyukai sepak bola, masih banyak yang belum paham sejarah sepak bola itu sendiri.

Jangan hanya tahu mengenai teknik permainannya saja, sejarah sepak bola juga wajib diketahui lho! Terdapat beberapa catatan sejarah yang menceritakan awal mula olahraga ini ditemukan, hingga menjadi populer. Berikut ini akan dijelaskan sejarah sepak bola lengkap, yuk simak penjelasannya!

Sejarah Sepak Bola Dunia

Jauh sebelum masuk ke Indonesia, sepak bola sudah lebih dulu dimainkan oleh bangsa asing. Dari awal penemuannya, olahraga ini mengalami perkembangan dari masa ke masa. Untuk lebih jelasnya, simak sejarah sepak bola di dunia berikut ini.

1. Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah-Sepak-Bola-Kuno

Sejarah sepak bola dunia dimulai dari negara tirai bambu, yaitu China. Sepak bola kuno diketahui pertama kali ditemukan di China, tepatnya pada abad ke-3 masa Dinasti Han. Saat itu, bola yang dipakai untuk bermain terbuat dari bahan kulit hewan. Pemain cukup sulit memasukkan bola ke gawang karena jarring yang dipasang berukuran kecil.

Permainan menggiring bola ini dijuluki dengan Tsu Chu. Awalnya olahraga ini diperuntukkan tentara China untuk latihan fisik. Selain itu, pertandingan Tsu Chu akan digelar saat perayaan ulang tahun kaisar.

Olahraga menendang bola semacam ini bukan hanya ditemui di negara China, Jepang ternyata juga memiliki olehraga ini dan diberi nama ‘Kemari’ dengan memanfaatkan kulit kijang sebagai bahan untuk membuat bolanya. Pada masa itu, penduduk Jepang sangat menyenangi jenis olahraga ini.

Di daerah Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah, hingga Mesir Kuno juga ditemukan jenis olahraga serupa. Saat itu, bola yang digunakan terbuat dari bahan karet.

Sejarah menarik tentang sepak bola terjadi di Inggris pada masa pemerintahan Raja Edward. Secara singkat, permainan ini dahulu sempat dilarang karena banyak tindakan kekerasan yang brutal. Hal ini karena saat itu, sepak bola belum memiliki aturan yang jelas.

  • Tahun 1369, Raja Edward III mencabut larangan tersebut dan memperbolehkan warganya memainkan olahraga ini. Akan tetapi, sepak bola kembali dilarang pada tahun 1572 pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I. Ratu Elizabeth I mengeluarkan sangsi yang cukup keras, siapa yang memainkan olahraga ini akan dikenai hukum penjara.
  • Sekitar tahun 1680-an, akhirnya Raja Charles II pun mencabut larangan itu. Bahkan, raja juga memberikan perlindungan kepada pemain sepak bola.

2. Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah-Sepak-Bola-Modern

Berkembangnya sepak bola modern berawal dari Inggris yang ditandai dengan berdirinya organisasi Football Association Freemason’s Tavern di London, Inggris. Pertemuan asosiasi ini dihadiri oleh 11 wakil dari perkumpulan sepak bola.

Akhirnya, disepakati dan ditetapkan sebuah aturan yang sama dalam permainan sepak bola dunia. Di kemudian hari, semakin banyak asosiasi sepak bola yang mulai ikut menerapkan aturan ini, seperti negara Skotlandia, Wales, serta negara Irlandia.

Kemudian, asosiasi sepak bola dari keempat negara tersebut mendirikan Football Association Board (IFAB). Tujuan didirikannya organisasi ini untuk mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Seiring perkembangan sepak bola di dunia yang menunjukkan kemajuan, maka pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris Perancis, resmi didirikan FIFA atau Federation International de Football Association (FIFA).

Penggagas pertemuan ini adalah dua tokoh yang sangat berperan bagi sepak bola dunia, yaitu Jules Rimet dan Henry Delaunay.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh 7 negara, antara lain:

  • Spanyol
  • Denmark
  • Swiss
  • Swedia
  • Belanda, dan
  • Belgia.

Pada akhirnya, ketujuh negara ini resmi masuk keanggotaan FIFA yang pertama dimana Robert Guerin menjadi sang ketua.

Kejuaraan sepak bola pada masa itu masih setingkat olimpiade. Akan tetapi, keanggotaannya terus mengalami peningkatan. Sejarah sepak bola modern di dunia belum berhenti, tahun 1908 olahraga ini resmi masuk ke dalam olimpiade. Kejuaraan sepak bola dunia pertama dilaksanakan pada tahun 1930-an di Uruguay.

3. Sejarah Sepak Bola Mini

Sejarah-Sepak-Bola-Mini

Mini Soccer atau sepak bola mini diperuntukkan anak-anak kisaran usia 11 sampai 12 tahun. Awal mula diadakannya olahraga ini bertujuan untuk mengenalkan permainan sejak dini.

Pengertian sepak bola mini yaitu bentuk modifikasi dari sepak bola biasa. Tidak jauh berbeda dengan sepak bola, permainan ini juga berjuang mencetak gol.

Seiring berjalannya waktu, olahraga ini dikenal hampir si seluruh penjuru dunia. Sejarah sepak bola mini mencatat bahwa badan resmi dunia yang menaungi sepak bola mini, antara lain:

  • Europian Mini Football (EMF)
  • Oceania Minifootball Federation (OMF), dan
  • Confederacion Panamaricana de Minifutbol (CPM).

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Masuknya sepak bola di Indonesia diperkenalkan oleh bangsa asing pada masa penjajahan. Berikut ini penjelasan sejarah sepak bola singkat di Indonesia.

1. Sepak Bola pada Masa Penjajahan

Sepak-Bola-pada-Masa-Penjajahan

Permainan sepak bola pertama kali masuk ke Indonesia dengan dikenalkan oleh negara China pada masa penjajahan. Selain melakukan perdangangan, China juga memiliki andil dalam berkembangnya sepak bola di Indonesia.

Catatan sejarah mengungkapkan bahwa telah banyak berdiri club-club sepak bola pada sekitar tahun 1915 yang dinaungi oleh etnik Tionghoa. Tahun 1920, sudah ada club seperti UMS dari Jakarta dan Surabaya yang merajai Hindia-Belanda tempo dulu.

2. Pembentukan PSSI

Pembentukan-PSSI

Rangkuman sejarah menunjukkan bahwa PSSI berdiri resmi pada tanggal 19 April tahun 1930, tepatnya di wilayah Jogja. Jadi, sebelum piala dunia tahun 1983 di Perancis diadakan, organisasi ini telah berdiri sebelumnya.

Sejarah persepakbolaan di Indonesia diwarnai dengan perselisihan antara PSSI dan NIVU. Konflik terjadi disebabkan keduanya memperebutkan siapa yang berhak mengikuti pertandingan piala dunia di Perancis.

Pada akhirnya, Soeratin Sosroseogondo memberikan saran untuk melaksanakan pertandingan bola antara NIVU dan PSSI. Akan tetapi, FIFA mengakui kemampuan sepak bola Indonesia, hingga mengizinkan keduanya mengikuti pertandingan piala dunia.

Akhirnya, nama yang dibawa bukan mewakili Indonesia, melainkan Hindia-Belanda. Kembali ke sejarah berdirinya PSSI, organisasi ini tidak lepas dari sosok bernama Soeratin Sosroseogondo.

Soeratin Sosroseogondo dikenal sebagai sosok pribumi yang berpendidikan tinggi. Beliau menuntut ilmu di Jerman, tepatnya di Sekolah Tinggi Teknik Hecklenburg. Beliau memiliki keinginan mewujudkan sumpah pemuda.

Menurut Soeratin, memajukan sepak bola merupakan salah satu cara meningkatkan nasionalisme pemuda Indonesia untuk melawan Belanda. Pemutusan hubungan secara sepihak dengan NIVU juga dilakukan oleh Beliau.

Kekesalan Soeratin akhirnya berujung pada pemutusan hubungan. Hal ini terjadi karena pada saat mengikuti turnamen sepak bola, justru bendera Belanda atau NIVU yang dipasang oleh mereka.

PSSI mulai pasif dalam keikutsertaan pertandingan setelah masuknya Jepang ke Indonesia. Hal ini karena PSSI dimasukkan ke dalam Tai Iku Kai, badan olahraga yang didirikan oleh Jepang.

Pada tahun 1944, PSSI ikut serta menjadi anggota Gerakan Latihan Olahraga (GELORA). Selanjutnya, Saat diadakan kongres PORI III pada tahun 1949 di Daerah Istimewa Yogyakarta, PSSI akhirnya lepas otonom kembali.

Hingga saat ini, organisasi PSSI semakin aktif dalam mengembangkan pertandingan permainan sepak bola untuk para kaum wanita dengan berbagai usia. Mulai dari usia 15 hingga usia 23 tahun. Sejauh ini, PSSI terus bekerja keras untuk meraih prestasi sepak bola di kancah internasional.

Cara Bermain Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan yang mencari tim pemenang dengan berdasarkan jumlah gol yang dimasukan ke gawang lawan. Jumlah pemain dalam satu tim sepak bola di lapangan adalah 11 orang. Berikut ini beberapa aturan cara bermain sepak bola:

1. Cara menggunakan bola

Cara-menggunakan-bola

Setiap pemain diperbolehkan menggunakan semua anggota tubuhnya, kecuali tangan. Apabila terdapat pemain selain kiper yang memegang bola, baik disengaja atau tidak, maka akan mendapatkan peringatan dari wasit. Ketika berada di area penalti, kiper satu-satunya pemain yang boleh memegang bola menggunakan tangan.

2. Waktu pertandingan

Waktu-pertandingan

Pertandingan sepak bola berlangsung selama 90 menit dan dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak berlangsung selama 45 menit. Kondisi tertentu, biasanya wasit memberikan waktu tambahan.

3. Posisi pemain

Posisi-pemain

Sebenarnya, posisi pemain bebas diatur oleh pelatih. Akan tetapi, secara umum formasi standar tim terdiri dari 4 bek, 4 pemain tengah, 2 penyerang, dan 1 kiper.

  • Bek adalah pemain yang berperan untuk menghalau lawan yang menuju gawang dan ingin mencetak gol. Pemain ini posisinya berada di belakang pada bagian garis tengah lapangan.
  • Pemain tengah ikut andil dalam menyerang gawang lawan dan juga bertahan.
  • Pemain depan atau disebut sebagai striker bertugas menembakkan bola ke gawang lawan.
  • Kiper atau penjaga gawang adalah pemain yang bertugas untuk menjaga gawang dan area penalti.
  • Cekatan, memiliki antisipasi cepat, dan lentur adalah sikap yang wajib ada dalam diri seorang kiper. Selain itu, juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan para pemain lainnya.

4. Tendangan pertama

Tendangan-pertama

Sebelum tendangan pertama atau kickoff dimulai, setiap tim harus berada di tengah lapangan. Setelah peluit ditiup, pemain bebas menendang bola ke depan dan belakang. Permainan dimulai dengan melempar koin dan memilih lapangan.

Di babak kedua tim bergantian sisi lapangan, pemain yang memilih sisi lapangan di babak pertama mendapat kickoff di babak kedua. Tendangan pertama semacam ini juga diberikan kepada tim yang mengalami kebobolan setelah terjadi gol dari serangan lawan.

5. Lemparan ke dalam

Lemparan-ke-dalam

Lemparan ke dalam terjadi apabila ada pemain yang menendan bola hingga menerobos garis pinggir lapangan dengan penuh. Jika ini terjadi, maka tim yang sebelumnya tidak menyentuh bagian bola akan menjadi penguasa bola selanjutnya. Lemparan bola di lakukan tepat di titik keluar bola dari lapangan.

6. Tendangan sudut

Tendangan-sudut

Tendangan sudut diberikan kepada pemain jika ada kejadian bola yang ditendang bergerak melebihi garis lebar pada lapangan. Tim yang menyentuh bola terakhir merupakan pemain bertahan.

Setelah itu, bola diletakkan pada bagian sudut lapangan yang jaraknya paling dekat dengan tim penyerang untuk kemudian ditendang. Sebaliknya, ketika bola melewati bagian garis lebar lapangan, maka akan terjadi tendangan gawang. Tim yang menyentuh bola terakhir merupakan pemain penyerang.

7. Tendangan penalti

Tendangan-penalti

Tendangan penalti menjadi hak salah satu tim saat pemain lawan melakukan pelanggaran di kotak penalti, yaitu ketika melakukan tendangan bebas langsung.

Saat tendangan penalti berlangsung, kiper tidak boleh melakukan pergerakan ke depan, Hanya bergerak menyamping sebelum bola ditendang. Selain itu, kedua kakinya juga harus menyentuh garis gawang.

8. Kartu kuning dan merah

Kartu-kuning-dan-merah

Apabila sudah mendapat kartu kuning, pemain harus berhati-hati karena jika mendapatkan kartu kuning kedua, tandanya pemain mendapat kartu merah. Pemberian kartu kuning dan kartu merah diakumulasikan sepanjang musim pertandingan.

Pemain yang mendapat kartu kuning adalah pemain yang melakukan tindakan tercela, bermain kasar, mematahkan serangan dengan sengaja, berlama-lama memulai permainan, perayaan gol berlebihan, dan pelanggaran lainnya.

Sementara keluarnya kartu merah disebabkan oleh semua pelanggaran tendangan bebas yang berlebihan, meludahi pemain, menggagalkan gol dengan memegang bola, menggagalkan peluang untuk mencetak gol, dan mendapat dua kartu kuning.

Peraturan Sepak Bola

Peraturan-Sepak-Bola

Peraturan bermain sepak bola dapat ditemukan pada berbagai makalah. Dalam permainan sepak bola, teradapat serangkaian aturan yang harus ditaati, seperti peraturan lapangan.

  • Standar lapangan yang umum digunakan adalah panjang 100 – 110 m, lebar 64 – 75 m, luas daerah gawang 18,35 m × 5,5 m, dan jari-jari tengah 9,15 m.
  • Sementara untuk daerah penalti 40,39 m × 16,5 m, jarak titik hukum dengan garis gawang adalah 11 m.
  • Tinggi gawang 2,44 m dan lebar 7,32 m.
  • Bola yang digunakan harus berbahan kulit, berbentuk bulat dengan berat 396 sampai 453 gram.
  • Untuk ukuran keliling bola, umumnya bola memiliki  bentuk lingkaran dengan keliling antara 68 – 71 cm.

Dalam peraturan sepak bola, pemakaian aksesoris juga sangat ketat dalam sepak bola. Pemain diperbolehkan menggunakan kaos seragam berbahan jersey, namun warnanya harus berbeda. Diperbolehkan menggunakan kaos kaki, bahkan wajib untuk menghindari cedera pada tulang kering.

Sarung tangan hanya boleh digunakan oleh kiper, dan penutup kepala hanya boleh digunakan untuk pemain yang cedera. Pemain sepak bola tidak diperbolehkan menggunakan anting, kalung, gelang, dan aksesoris yang berlebihan lainnya.

Materi Sepak Bola Lengkap (Singkat)

Materi-Sepak-Bola-Lengkap

Permainan sepak bola memiliki materi yang sangat banyak, salah satunya adalah materi teknik yang akan dibahas secara lengkap berikut ini.

1. Teknik dalam Menendang Bola

Teknik-dalam-Menendang-Bola

Menendang bola diartikan sebagai gerakan kaki untuk mendorong bola ke arah atau bagian tertentu sesuai keinginan pemain. Teknik menendang bola sendiri dibagi menjadi 3 diantaranya menggunakan kaki dalam, menggunakan kaki bagian luar, dan menggunakan punggung kaki.

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik-Menghentikan-Bola

Menghentikan bola adalah gerakan menahan bola yang menuju ke arah kita. Teknik menghentikan bola dibagi ke dalam beberapa bagian diantaranya menggunakan kaki dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki. Selain itu, diperbolehkan menghentikan bola menggunakan telapak kaki, paha kaki, dada dan perut, serta menggunakan kepala.

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik-Menggiring-Bola

Menggiring bola dapat diartikan sebagai gerakan untuk mendorong bola ke bagian depan dengan perlahan-lahan. Biasanya, gerakan ini dilakukan dengan membuat variasi gerakan ke samping kanan dan kiri sembari berlari agar bola bisa selalu ada di bawah kekuasaan pemain.

Menggiring bola bisa menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian, baik dengan kaki bagian luar atau dalam. Selama menggiring bola pemain harus waspada terhadap tim lawan yang berusaha merebut bola.

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik-Menyundul-Bola

Gerakan menyundul bola sama halnya dengan mendorong bola dengan bagian kepala. Umumnya, bagian kepala yang digunakan untuk menyundul bola adalah dahi.

Gerakan ini digunakan untuk menghalau bola yang melambung. Teknik menyundul dapat dilakukan di wilayah penalti dengan tujuan membuat gol.

Sejarah sepak bola di dunia dan di Indonesia memang menarik untuk Anda dipelajari. Tak hanya itu saja, dalam sepak bola, terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pemain. Pelanggaran disengaja atau tidak sangat merugikan tim itu sendiri.

Oleh karena itu, kunci dalam bermain bola adalah semua pemain harus menunjukkan sportifitas dalam bermain sepak bola. Jadi, Anda si pecinta bola, sekarang sudah tahu bagaimana sejarahnya bukan? Ingat, jangan melupakan sejarah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *