26+ Jenis Tanaman Hias Daun Indoor, Outdoor (Nama Latin)

7 min read

tanaman-hias-daun

Tanaman hias daun merupakan tanaman yang cukup populer dan banyak diminati baik oleh ibu rumah tangga maupun pecinta tanaman hias. Selain karena bentuknya yang cantik dan indah dijadikan hiasan, ternyata harganya juga terjangkau. Dan tenang saja, ternyata cara perawatannya mudah lho!

Salah satu contoh tanaman yang sering dibudidayakan adalah tanaman hias dau yang tahan panas. Mengapa? karena mampu memberikan suasana depan rumah maupun ruangan menjadi terasa sejuk dan segar.

Bahkan mampu menghadirkan suasana rilex, bahkan sudah terbukti mampu mengurangi stress atau penat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Pengertian Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah jenis tanaman yang keindahannya lebih tertuju pada bagian daunnya, baik dari segi bentuk maupun warnanya. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tanaman yang memiliki bentuk daun yang lebar hingga bentuk daun yang kecil-kecil.

Jadi masing-masing tanaman memiliki ciri-ciri khusus misalnya saja pada bagian daunya yang terdapat lekukan, bentuk ukuran daun, batang, warna daun dan pada beberapa jenis tanaman hias terdapat duri. Pada umumnya, tanaman hias yang sering kita jumpai yaitu berwarna hijau, putih, kuning dan merah.

Namun tidak menutup kemungkinan terdapat jenis warna daun lainnya. Bahkan Anda bisa menemui tanaman hias yang memiliki beberapa jenis warna dalam satu daun. Anda juga bisa budidaya tanaman hias buah di halaman rumah.

Macam-Macam Tanaman Hias Daun

Tanaman hias tidak hanya berfungsi untuk merilekskan pikiran, namun juga bisa mengurangi rasa cemas dan meningkatkan kreativitas seseorang. Maka tidak heran, jika instansi-instansi lebih memilih tanaman ini untuk menghiasi ruangan karena memiliki banyak manfaat.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghiasi beranda rumah, dalam rumah atau ruangan tempat kerja, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Daun Dieffenbachia

Daun-Dieffenbachia

Daun dieffenbachia sering disebut juga daun bahagia, karena letak keindahannya terletak pada daunnya yang memiliki bercak-bercak berwarna kuning dan hijau. Banyak orang melakukan budidaya karena cocok dengan berbagai jenis cuaca.

Meskipun begitu, Anda harus hati-hati saat menanam atau merawatnya karena getahnya bisa menyebabkan gatal-gatal.

2. Lili Paris

Lili-Paris

Lili paris terkenal dari kecantikan dan warna daunnya yang sangat cantik. Ketika usianya sudah dewasa, tunasnya bisa tumbuh hingga memanjang dan memunculkan tunas akar baru. Lili sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung untuk menambah kesejukan beranda rumah.

Tanaman lili sangat mudah beradaptasi sehingga perawatannya pun mudah. Anda bisa menaruh potnya di berbagai tempat baik di dalam ruangan atau diluar.

3. Daun Pisang Kipas

Daun-pisang-kipas

Daun pisang kipas merupakan jenis tanaman yang berasal dari madagaskar. Jika dilihat sekilas, tumbuhan ini tampak seperti pohon palem namun sebenarnya bukan dari keluarga palem. Bentuknya pun yang sangat unik dan cocok dijadikan sebagai tanaman outdoor.

4. Gelombang Cinta

Gelombang-Cinta

Kecantikan dan keindahan tanaman hias ini terletak pada daunnya. Gelombang cinta cukup populer bagi para pecinta tanaman hias. Jika dilihat dari namanya saja sudah unik, karena memiliki bentuk daun yang lebar dan bergelombang.

Gelombang cinta merupakan jenis tanaman hias yang bisa diletakkan dimana saja, baik diluar ruangan maupun untuk menghiasi ruangan.

5. Lidah Mertua

Lidah-Mertua

Tanaman hias ini memiliki nama yang cukup unik, jika dilihat dari daunnya memang terdapat daya tarik tersendiri. Karakteristik daunnya tebal dan panjang, sedangkan pada bagian ujung terdapat runcing berupa duri.

Lidah buaya bisa hidup di berbagai suhu sehingga mudah perawatannya. Selain itu juga tidak membutuhkan banyak asupan air, jadi bisa diletakkan di dalam maupun di depan rumah.

6. Daun Paku Haji

Daun-paku-haji

Daun paku haji merupakan salah satu jenis tanaman yang eksotik dan bisa ditemukan di seluruh dunia. Tanaman hias ini termasuk jenis tumbuhan yang dilengkapi dengan pembuluh sejati. Selain itu, daun paku haji juga banyak ditemui di kawasan lautan maupun bersalju.

7. Suplir

Suplir

Bentuk daun dari tanaman suplir yaitu kecil-kecil, segar dan warnanya hijau cantik. Karena warnanya yang hijau segar, maka tanaman suplir cocok sebagai tanaman hiasan indoor maupun outdoor dengan udara sejuk dan bersih.

Suplir termasuk jenis tanaman spora, sehingga mudah beradaptasi dilingkungan dengan berbagai suhu. Bisa dibilang untuk proses penanaman dan perawatannya tergolong mudah. Bagi para pecinta tanaman hias, suplir sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias gantung.

Karakter dari daunnya yang rimbun, menjadikan tanaman ini menjadi solusi terbaik untuk memberikan suasana rumah yang sejuk dan asri. Di dunia ini terdapat 200 jenis suplir dan masing-masing memiliki karakter yang berbeda.

8. Keladi Red Star

Keladi-Red-Star

Ciri-ciri tanaman yang masih sejenis genus caladium ini yaitu daunnya berbentuk bintang dengan warna merah terang. Sebaiknya Anda menaruh keladi red star di tempat yang mendapat sinar matahari cukup, sehingga warna daunnya bisa menjadi merah sempurna.

Selain daun, tangkai batangnya juga berwarna merah dan belang-belang yang menambah kecantikan pada tumbuhan keladi red star.

9. Spider Plant

Spider-plant

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, namun lahannya terbatas. Spider plant dengan bentuk daun yang mungil dan indah bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Tanaman hias ini sangat cocok untuk menghiasi ruangan atau halaman rumah Anda.

Spider plant yaitu tumbuhan yang berasal dari Afrika Selatan yang mudah dibudidaya dan cara perawatannya. Karena keindahan daunnya yang berbentuk kecil-kecil dan panjang, maka tidak heran jika tanaman ini banyak diminati banyak orang.

Spider plant biasanya digunakan sebagai tanaman hias gantung, sehingga mampu memperindah beranda rumah maupun ruangan dengan bentuk minimalis. Ciri-ciri daunnya yaitu panjang dan berwarna hijau dengan strip warna putih. Hal itulah yang menambah keasrian di tempat hunian Anda.

10. Kuping Gajah

Kuping-gajah

Daya tarik yang terdapat pada tanaman kuping gajah yaitu terfokus pada bagian daun. Bentuknya lebar dan terdapat garis-garis putih di bagian tengahnya sehingga tampak unik. Tanaman hias ini sangat cocok untuk diletakkan bersama tanaman lainnya.

Cara perawatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan sinar matahari berlebih, Anda bisa menaruh ditempat yang sejuk.

11. Tanduk Rusa

Tanduk-rusa

Tanduk rusa memiliki daya tarik tersendiri bi pecinta tanaman hias, karena karakternya yang unik. Meskipun termasuk jenis tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain, namun tumbuhan ini mudah beradaptasi. Di sebagian daerah, tanduk rusa disebut juga dengan nama Simbar Menjangan.

Jika dilihat dari namanya memang cukup unik, bahkan bentuk daunnya seperti tanduk rusa. Pada dasarnya tanaman tanduk rusa tumbuh tegak dan menempel pada pohon dengan menumpang akar berupa rimpang batang yang kokoh dengan warna coklat menyerupai mangkok.

Tanduk rusa biasanya ditanam dengan ditempelkan pada tembok atau tanaman lainnya sehingga terlihat sangat cantik karena pesona juntaian daunnya yang menjalar kemana-mana. Tanduk rusa termasuk kedalam jenis tumbuhan paku-pakuan.

12. Lidah Buaya

Lidah-buaya

Tanaman hias daun yang satu ini memang sangat familiar. Bentuk daunnya tebal, panjang dan pada bagian tepinya terdapat sedikit duri. Lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Banyak orang memanfaatkan lidah buaya untuk menyuburkan rambut, menghaluskan kulit,  mengatasi masalah kolesterol dan masih banyak lagi. Bahkan lidah buaya dapat diolah menjadi bahan dasar makanan dan minuman.

Tanaman hias aloe vera berasal dari benua Afrika dan memiliki jenis yang bermacam-macam. Meskipun begitu masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Mulai dari aloe vera yang memiliki daging tebal dan sedikit durinya sampai dengan jenis aloe vera yang daunnya tipis dan kecil-kecil dengan banyak duri.

13. Pucuk Merah

Pucuk-Merah

Pucuk merah yaitu jenis tanaman hias yang cukup populer dan banyak diminati. Tanaman ini bisa dengan mudah kita temui di taman maupun halaman rumah. Hal yang unik dari pucuk merah yaitu terjadinya perubahan warna pada daunnya, sehingga cocok sebagai tanaman outdoor.

Ketika masih muda daunnya berwarna merah, kemudian berubah menjadi warna kuning dan terakhir berubah menjadi warna hijau. Pucuk merah memiliki daun yang tumbuh merapat antara daun yang satu dengan daun lainnya. Maka tidak heran jika pucuk merah sangat diminati oleh masyarakat

14. Pakis Sarang Burung

Pakis-Sarang-Burung

Karakteristik dari pakis sarang burung yaitu memiliki daun dengan ukuran panjang, kurang lebih 20-35 cm. tumbuhan ini mudah beradaptasi di berbagai suhu, sehingga banyak pecinta tanaman hias melakukan budidaya.

Daunnya memiliki bulu-bulu halus yang bergerigi, hal ini jarang kita temukan pada tanaman hias lain.  Selain daunnya unik karena menyerupai sarang burung atau mangkok. Tanaman pakis juga tumbuh pada bagian batang yang menuju ke segala arah.

15. Walisongo

Walisongo

Jenis tanaman hias walisongo memiliki ciri khas pada daunnya yang bergerombol. Bentuk daunya menyerupai jari-jari yang didominasi warna hijau coklat dan keputihan. Tanaman walisongo memiliki keunggulan yaitu mampu menyerap polusi udara dengan baik.

Jadi manfaat dari tanaman walisongo tidak hanya memberikan keindahan di halaman rumah saja, namun sangat ramah terhadap lingkungan karena bisa menyerap polusi udara dan menjadikan lingkungan disekitar Anda menjadi lebih sehat.

16. Lemon Lime

Lemon-Lime

Jika dilihat secara sekilas bentuk daun tanaman lime tampak seperti daun pandan. Daunnya berbentuk pedang panjang dengan kombinasi warna antara hijau, putih dan kuning terang menjadikan tanaman hias ini tampak cantik.

Tanaman lemon lime tidak tahan panas, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Karena jika terlalu panas maka warna daunnya akan berubah menjadi pucat dan bahkan akan hangus.

17. Daun Anthurium

Daun-Anthurium

Daun anthurium terdiri dari jenis, diantaranya yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga yang tentunya masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Letak keistimewaan anthurium daun yaitu terlihat pada jenis daunnya yang unik.

Sedangkan anthurium bunga, letak keistimewaannya yaitu pada bunganya yang berwarna-warni. Tanaman hias ini terdiri dari 1000 spesies jenis air dan pernah menduduki peringkat atas sebagai tanaman hias yang harganya cukup fantastis.

Untuk mendapatkan tanaman ini, orang harus rela merogoh kocek . Meskipun keindahannya tidak berkurang, namun berangsur-angsur harganya semakin stabil dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

18. Sirih Gading

Sirih-Gading

Sirih gading merupakan jenis tanaman hias merambat dan cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung dengan menggunakan pot untuk diletakkan di depan rumah agar menambah suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Jika dirawat dengan baik, sirih gading juga bisa hidup didalam ruangan. Karena tanaman hias ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik, bahkan bisa hidup di lingkungan sejuk, panas hingga ruangan ber-AC.

19. Daun ApuApu

Daun-ApuApu

Apu apu yaitu tanaman hias jenis air yang biasa dibudidayakan di kolam. Selain sebagai tanaman  hias, daun apu apu juga berfungsi untuk melindungi kolam karena terbukti mampu menyerap kandungan logam dalam air.

Banyak orang menyebut daun apu apu sebagai tanaman untuk membersihkan air dari pencemaran lingkungan. Tumbuhan ini sangat mudah perawatannya dan termasuk jenis tanaman yang bandel, sehingga tidak mudah mati.

20. Palem Hias

Palem-Hias

Bagi pecinta tanaman hias, palem hias merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer. Keindahannya terlihat pada bentuk daun yang menyerupai daun kelapa namun ukurannya lebih kecil.

Palem hias termasuk jenis tanaman hias tahan panas dan biasanya ditanam dihalaman rumah. Keunggulan dari tanaman palem hias yaitu mampu menampung kandungan air dengan baik, jadi bisa disiram secukupnya saja.

21. Puring

Puring

Diantara jenis tanaman hias lainnya, puring merupakan salah satu tanaman hias daun yang cukup eksotik. Perpaduan tiga warna yang ada pada puring memiliki daya tarik tersendiri. Warna daunnya mencangkup hijau, merah dan kuning.

Bentuk daunnya memanjang, bergelombang dan oval. Tanaman hias puring terdiri dari beberapa jenis, namun yang cukup populer yaitu puring asmara jingga, puring anting raja dan puring arjuna.

22. Aglaonema

Aglaonema

Aglaonema yaitu jenis tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan. Bentuk daunnya beranekaragam dengan corak warna yang unik dan indah. Karena tidak harus selalu terkena sinar matahari maka cocok digunakan sebagai tanaman indoor maupun outdoor.

23. Philodendron

Philodendron

Philodendron memiliki ciri khas pada daunnya yang berbentuk hati dan terdapat lubang di bagian tengah, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias ruangan dan diletakkan diatas meja dekat jendela. Jenis philodendron yang banyak peminatnya yaitu yang berdaun hijau dan kuning.

Tempat yang cocok untuk tanaman hias ini yaitu teduh dan cenderung lembab, karena jika terlalu panas maka tanaman akan mudah layu.

24. Monstera

Monstera

Tanaman hias daun monstera yaitu jenis tanaman yang memiliki dekorasi kekinian dan banyak digemari. Selain langka juga memiliki karakteristik unik pada bagian daunnya. Bentuk daunnya lebar seperti kuping gajah, terdapat lubang ditengahnya dan berwarna hijau.

Maka tidak heran jika banyak orang memilih daun monstera sebagai tanaman hias untuk beranda rumah. Pasalnya tanaman ini sangat cocok untuk melengkapi desain rumah modern masa kini.

25. Daun Dolar

Daun-dolar

Daun dolar yaitu jenis tanaman hias yang memiliki ciri-ciri daunnya tebal dan tampak mengkilap, sehingga tanaman ini menyerupai tanaman plastik. Banyak orang melakukan budidaya tumbuhan ini, karena mudah cara perawatannya.

Daun dolar juga cocok untuk membuat dekorasi ruangan agar terlihat lebih segar dan asri. Daya tarik lain dari tanaman hias ini dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan bagi mereka yang menanamnya.

26. Pakis Asparagus

Pakis-Asparagus

Tampilan tanaman pakis asparagus memang membuat orang gemas dan ingin memilikinya. Tanaman ini memiliki ciri-ciri bentuk daunnya yang pipih dan menyebar hampir menyerupai renda halus.

Cara perawatannya mudah dan mampu berkembang pesat. Pakis asparagus cocok digunakan untuk tanaman hias indoor. Tidak hanya terlihat cantik, namun mampu menambah nilai estetika interior ruangan. Tidak hanya nyaman dipandang mata, akan tetapi bisa menangkal polusi udara.

Dari 26 jenis tanaman hias daun diatas, semoga bisa Anda jadikan referensi dalam memilih tanaman hias yang tepat untuk memperindah halaman rumah, ruangan, kantor maupun beranda rumah. Adapun secara umum, manfaat memelihara tanaman hias daun adalah:

  • Membuat mood menjadi lebih baik lagi

  • Menghilangkan stress

  • Menjadikan hunian rumah menjadi lebih sehat

Nah, jadi tunggu apa lagi? Anda yang hobi ataupun tidak hobi dengan menanam tanaman hias daun, lebih baik mencoba menanamnya dari sekarang yuk! Dijamin, nggak akan rugi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *