1000+ Ucapan Pernikahan Islami, Kristen, Sahabat, Mantan

12 min read

ucapan-pernikahan

Sebentar lagi ada kerabat, saudara, atau bahkan atasan di kantor yang mau menikah? Anda yang diundang ke pesta pernikahannya pasti tak mungkin kan datang dengan tangan kosong? Anda bisa membawa hadiah untuk pengantinnya. Agar lebih indah, kado ini harus disertai ucapan pernikahan.

Memang banyak toko kado yang menyediakan kartu ucapan praktis. Tapi kalau Anda ingin kado yang berkesan dan terus diingat oleh pasangan mempelai, Anda bisa membuat sendiri ucapan selamat atas pernikahan mereka.

Ucapan Pernikahan Islami

Ucapan-Pernikahan-Islami

Salah satu contoh ucapan selamat menikah yang paling umum dalam agama Islam adalah:

“Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah”

Tapi apakah Anda benar-benar tahu apa arti dari ucapan tersebut? Seringnya memang orang-orang hanya ikut mengucapkan semoga samawa saja. Padahal jadi lebih baik jika Anda sendiri tahu apa arti kalimat yang akan diucapkan untuk pasangan pengantin.

Sakinah artinya adalah tenang atau ketenangan. Mawaddah artinya perasaan cinta. Sedangkan warahmah artinya perasaan sayang. Saat Anda mengucapkannya, itu artinya Anda berdoa agar kehidupan pernikahan mereka diberkahi dengan limpahan ketentraman, cinta, dan kasih sayang.

Merasa kurang puas dengan ucapan samawa yang terkesan terlalu mainstream? Anda bisa menuliskan ucapan ini di kartu ucapan untuk keluarga/sahabat:

“Seorang istri diciptakan dari tulang rusuk suami. Istri adalah pelengkap kehidupan suami. Sedangkan suami adalah pelengkap kehidupan istri. Semoga kalian bisa menjadi pasangan yang saling menyempurnakan iman dan ibadah dalam Islam.”

“Tahukah Kalian bahwa awalnya Kalian bersatu dalam 1 jiwa? Tapi Allah memisahkannya dalam 2 raga. Kini Kalian akhirnya dipersatukan kembali dalam ikatan suci perkawinan.”

“Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada momen dimana kalian bisa menyempurnakan separuh ibadah. Jazakallahu khairan khatira.”

“Selamat atas pernikahan kedua mempelai. Semoga Allah SWT melimpahkan kasih sayang, berkah, rezeki, meningkatnya ketakwaan, dan juga berkah yang tak terkira pada pernikahan kalian.”

“Allah SWT menciptakan Siti Hawa untuk menemani Nabi Adam A.S. Begitu juga, Allah menciptakan kalian untuk saling melengkapi. Menjalin kisah yang harmonis dan penuh kesetiaan layaknya Nabi Adam dan Siti Hawa. Semoga pernikahan kalian penuh dengan limpahan cinta dan kasih sayang.”

“Islam menuliskan kisah cinta Sayyidina Ali dan Fatimah di langit sebagai kisah yang indah dan romantis sepanjang masa. Harapan itu juga yang ingin kuucapkan untuk kalian. Semoga Kalian menjadi pasangan pengantin yang diridhoi oleh allah SWT. Penuh berkah dunia dan akhirat.”

“Akhirnya doa-doa yang Kalian panjatkan di sepertiga malam telah dikabulkan oleh allah SWT. Akhirnya tulang rusuk yang hilang telah kembali kepada pemiliknya. Selamat menempuh kehidupan baru untuk kedua mempelai. Semoga ridho-Nya selalu menyertai Kalian.”

“Ya allah jadikanlah pernikahan kedua mempelai ini menjadi penyempurna separuh ibadah mereka. Jadikanlah sang suami sebagai imam yang baik. Jadikanlah sang istri sebagai selimut yang menghangatkan keluarga. Tidak ada yang lebih indah daripada cinta suci perkawinan.”

“Tidak ada yang lebih mulia di sisi allah SWT selain pernikahan bagi dua insan yang dimabuk cinta. Selamat berbahagia. Semoga keluarga kecil kedua mempelai bisa sakinah, mawaddah, dan warrahmah sampai jannah.”

“Konon allah SWT telah menetapkan takdir jodoh seseorang sebelum ia dilahirkan. Hari ini, Kau telah menemukan jodoh yang disiapkan-Nya untukmu. Jagalah ikatan suci dan ibadah ini selamanya. Jazakallah.”

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab

Ucapan-Pernikahan-Bahasa-Arab

“Barakallahu lakum wa baraka alaikum. Alf Mabrouk Ala Alzeefaf Alsa’eed!”

(Artinya: Semoga allah SWT melimpahkan berkah-Nya. Selamat atas pernikahan Kalian).

“Barakallahu laka wa baroka alaika wa jama’a Bainakumaa fii khoirin”

(Artinya: Semoga allah SWT memberkahi Kau dalam semua hal yang baik dan menyatukan Kalian berdua dalam kebaikan).

“Barakallahu lakuma Wa jama’a baina kuma fii khair.”

(Artinya: Semoga berkah dari Allah SWT selalu dilimpahkan kepadamu dan menghimpun Kalian berdua dalam keadaan yang baik).

Ucapan Pernikahan Kristen

Ucapan-Pernikahan-Kristen

Ucapan ini bisa digunakan baik oleh umat Kristen Protestan ataupun Katolik. Anda bisa menuliskan rangkaian kata yang puitis dan penuh dengan doa kepada Tuhan. Contohnya:

“Selamat atas pernikahan kedua mempelai. Semoga Tuhan Yesus memberkati Kalian.”

“Selamat telah melangsungkan pernikahan yang sakral ini. Apa yang telah disatukan oleh-Nya tak bisa dipisahkan oleh manusia.”

“Pernikahan akan jadi indah jika Kau mengasihi istrimu layaknya dirimu sendiri (Efesus 5:22-23).”

“Matius 19-5-6 mengajarimu bahwa pria akan meninggalkan kedua orang tuanya dan bersatu dengan istrimu. Kalian pun akhirnya menjadi satu daging. Kalian bukan lagi dua, tapi jadi satu. Apa yang telah dipersatukan oleh Tuhan Allah, tidak boleh dipisahkan oleh manusia.”

“Semoga malaikat menyaksikan betapa Tuhan menyatukan dua insan yang berbeba. Mereka kemudian telah bersatu jadi 1 daging. Selamat menikah. Semoga Tuhan Allah memberkati.”

Ucapan Pernikahan Lucu

Ucapan-Pernikahan-Lucu

Anda ingin membuat kartu ucapan yang tak biasa untuk teman dekat? Jika Anda canggung untuk mengucapkan kalimat yang puitis, kenapa tak coba dengan kata-kata yang lucu? Mungkin justru teman Anda bisa sangat senang dan terkenang selamanya. Contohnya:

“Selamat memasuki fase hidup kalau mau ngopi harus izin dulu ya Bro!”

“Selamat, akhirnya Anda lulus dari Akademi Jomblo Nasional.”

“Selamat atas dilantiknya sahabatku ini sebagai ibu negara yang sah.”

“Akhirnya temanku satu ini telah menemukan pendampingnya. Meninggalkan sahabatnya yang masih saja dalam kesendirian ini. Semoga pernikahan kalian penuh canda tawa dan kelucuan ya sobat.”

“Selamat sobat..akhirnya Kamu bisa lolos dari jebakan dunia kejombloan.”

“Beli baju warnanya biru, besok-besok diganti merah tua. Selamat kawan menempuh hidup baru. Kudoakan kalian bahagia.”

“Alhamdulillah, turut berbahagia karena sabahatku satu ini telah menemukan seseorang yang bisa memasakkan Indomie hangat di saat hujan lebat.”

“Selamat bro.. Akhirnya gelar jomblo sepanjang abadmu telah dicabut.”

“Akhirnya Kamu memasuki Waktu Indonesia bagian bisa bercanda berdua, makan berdua, tidur berdua, susah senang berdua, dan mikir masa depan berdua. Aku iri, tapi apalah daya jomblo memang jadi kaum terkuat di bumi.”

“Tak kusangka ternyata ada satu temanku yang berani menghidupi anak orang. Semoga tekadmu tak lekang oleh waktu.”

“Buah duku dibeli di pasar baru. Belinya rame-rame naik bis. Selamat menempuh hidup baru. Semoga pernikahan kalian selalu manis.”

“Selamat, akhirnya Anda akan masuk dalam dunia dimana gaji baru diambil harus disetorkan lagi ke bendahara.”

“Selamat menempuh hidup baru. Jangan lupa juga pasti ada lika-liku, terjun payung, jungkir balik, suka duka. Ya begitulah pernikahan. Untung temanmu ini masih jomblo.”

“Selamat menikah temanku yang paling bawel di kostan. Jangan lupakan kata pemerintah. Dua anak cukup, laki-laki/perempuan sama saja.”

“Tak ada yang bisa kuucapkan sebagai sahabat selain kata-kata ini. Selamat kawan, Kamu sudah punya gandengan. Padahal aku saja belum.”

“Setelah ditemukan berkali-kali menjalin kisah tragis percintaan, kini akhirnya dia berhasil duduk di pelaminan. Kami segenap sahabat yang bosan dengan tangisnya mengucapkan selamat menempuh hidup yang telah lama diimpikan.”

“Titip salam buat mbak pengantin. Temanku satu ini memang jarang mandi, tapi kami jamin hati dan cintanya suci. Selamat menempuh hidup baru ya.”

“Berita hari ini: Ada seorang mantan jomblo yang sebentar lagi harus sembunyi-sembunyi main game-nya. Selamat ya Bro sudah sah meminang anak orang.”

“Tidak ada yang lebih indah dibandingkan melihat sobat karibku duduk disamping bidadari cantik. Mungkin bidadarinya nyasar. Tapi tak apalah, sobatku memang lagi hoki. Selamat menempuh hidup baru ya teman.”

Ucapan Pernikahan untuk Kakak

Ucapan-Pernikahan-untuk-Kakak

Kalau kakak Anda menikah, pasti sebagai adiknya Anda akan merasa sangat bahagia. Di tengah hiruk pikuk persiapan dan pelaksanaan pesta pernikahan, jangan lupa untuk tetap memberikan ucapan selamat. Bagaimana ya kata-kata yang pantas untuk diberikan? Contohnya seperti di bawah:

“25 tahun Kau telah menemaniku. Menjagaku mulai dari aku dilahirkan sampai saat ini. Kini tiba saatnya Kau punya tanggung jawab untuk menjaga wanita pilihanmu. Kakak, tidak ada kata yang bisa diucap kecuali doa tulus dariku. Semoga Kalian bahagia dunia dan akhirat.”

“Melewati masa kecil bersama Kakak adalah hadiah terindah yang Tuhan berikan padaku. Kini, dengan tulus aku berdoa semoga Kakak memiliki kehidupan pernikahan yang penuh dengan keajaiban. Kakak adalah pahlawan, jadilah pahlawan untuk anak-anak dan istri Kakak selamanya.”

“Jika adikmu ini meneteskan air mata, bukan berarti dia sedang bersedih. Dia terlalu bahagia melihat kakaknya bersanding dengan pria terbaik dalam hidupnya. Selamat menikah Kakak. Semoga kalian bahagia selamanya.”

“Jika Tuhan memberikan kesempatan padaku untuk terlahir kembali ke dunia ini, aku akan tetap memilih menjadi adikmu. Di hari yang paling bahagia ini, aku mengantarkanmu untuk menjadi salah satu kebahagian bagi orang yang dipilihkan Tuhan untukmu. Jagalah dia selamanya.”

“Kakak, terima kasih sudah menjaga, membimbing, dan menyayangiku sampai detik ini. Selamat atas pernikahan Kalian. Aku sangat berharap bisa segera mendapatkan keponakan yang lucu dari Kalian. Selamat berbahagia, jangan lupakan adikmu ini ya Kakak.”

“Selamat menempuh hidup baru bagi malaikat pelindungku. Jadilah lilin yang terus menerangi keluarga kecil kalian. Ciptakanlah keluarga kecil yang bahagia. Ingatlah bahwa pasti ada ombak yang datang. Tapi Kakakku pasti bisa mengarunginya sampai ke pelabuhan di semenanjung mimpi kalian.”

“Kakak adalah orang yang paling mengerti keluh kesahku. Kakak adalah superheroku. Kini Kakak akan menjadi superhero terbaik dalam keluarga kecil kalian. Selamat menjalani kehidupan yang baru Kakak. Jadikan keluarga Kalian sebagai tempat terbaik untuk berteduh.”

“Tidak ada kata yang pantas diucapkan untuk mengungkapkan kebahagiaanku. Kini Kakak menjadi orang yang paling bahagia di dunia karena telah menemukan pendampingnya. Adikmu ini hanya bisa mendoakan dan mengantarmu sampai ke gerbang pelaminan. Selamat menempuh hidup baru Kak.”

“Terima kasih telah hadir sebagai seorang kakak untukku. Kau telah membuktikan bahwa ikatan persaudaraan begitu suci. Begitu juga dengan ikatan pernikahan. Selamat menikah kakak.”

Ucapan Pernikahan Bahasa Jawa

Ucapan-Pernikahan-Bahasa-Jawa

Anda adalah orang Jawa? Atau Anda ingin menghadiri pesta pernikahan kerabat atau saudara yang berasal dari Jawa? Mengucapkan selamat dalam bahasa Jawa tidak ada salahnya. Bagaimana contohnya?

“Wilujeng lumebet ing Balewisma. Mugi enggal nyatangi baitaning keluwargo.”

(Selamat menempuh hidup baru/rumah tangga. Semoga bisa mengemudikan biduk rumah tangga).

“Tumut mangayubagyo, mugi-mugi tansah rukun kados mimin lan mintuno.”

(Dalam budaya Jawa, pernikahan yang tentram dan bahagia umumnya diibaratkan seperti pernikahan Mimin dan Mintuno).

“Kulo sekeluwargo ngucapaken tumut mangayubagyo dhumateng temanten kalih puniko. Mugi-mugi Gusti Kang Moho Dumadi kaparing berkah dhumateng temanten kalih.”

(Saya sekeluarga mengucapkan turut berbahagia kepada sepasang mempelai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkah kepada pasangan mempelai).

“Mangayubagyo dhumateng temanten kalih, pun dhumateng sedoyo kaluwargo temanten. Mugi-mugi pinaringan balewisma ingkang kabekan ridhonipun Gusti allah Kang Maha Kuasa.”

(Turut berbahagia kepada pasangan pengantin, juga kepada semua keluarga pengantin. Semoga diberikan rumah tangga yang penuh dengan ridho dari allahYang Maha Kuasa).

“Kulo sakaluwargo namung saget ngucapaken mugi-mugi Gusti allah Kang Murbeng Dumadi kerso maringi berkah balewisma ingkang sakinnah, mawwaddah, lan warrohmah.”

(Saya sekeluarga hanya bisa mengucapkan semoga allah Yang Maha Agung mau memberikan berkah pernikahan yang sakinnah, mawwaddah, dan warrohmah).

“Ing dino meniko, kulo ngaturaken wilujeng dhateng temanten kalih. Sakmeniko panjenengan sami sampun kaparingan sigaraning nyawa. Mugi Gusti allah tansah paring welas asih, ayem, tentrem, kados Mimin lan Mintuno, Aamiin.”

(Hari ini, saya mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. Sekarang Kalian sudah mendapatkan belahan jiwa. Semoga allah selalu memberikan kasih sayang, damai, tentram, seperti Mimin dan Mintuno, Aamiin).

“Wilujeng nempahi gesang enggal dhumateng temanten kalih. Mugi-mugi balewisma ingkang sampun dianugerahaken kalih Gusti Pangeran dados ladangipun amal lan ibadah kagem panjenengan sedoyo.”

(Selamat menempuh hidup baru kepada kedua mempelai. Semoga pernikahan yang sudah dianugerahkan oleh allah ini menjadi ladang amat untuk Kalian berdua).

“Sejatosipun garwa punika inggih menika sigaraning nyowo. Mugi panjenengan kekalih enggal semanten, pinaringan welas asih kados setunggal nyowo ngantos Gusti allah Kang Murbeng Dumadi paring kaberkahan dhumateng Balewisma temanten kalih meniko. 

(Sejatinya garwa/pasangan adalah belahan jiwa. Semoga Kalian berdua juga begitu, diberi kasih sayang seperti 1 jiwa sampai allah Yang Maha Mulia memberikan keberkahan pada rumah tangga Kalian berdua).

Ucapan Pernikahan untuk Teman/Sahabat

Ucapan-Pernikahan-untuk-Teman-Sahabat

Saat menghadiri pesta pernikahan sahabat, jangan hanya penasaran tentang souvenir apa yang akan mereka berikan. Anda juga harus memberikan kado ucapan yang sangat bermakna dan bisa diingat oleh pasangan pengantin hingga tua nantinya. Contohnya:

“Selamat menjalani kehidupan yang baru sahabatku. Dulu semua keluh kesahmu selalu Kau curahkan padaku. Kini, Kau sudah punya tempat baru untuk bersandar. Semoga pernikahanmu selalu bahagia hingga maut memisahkan kalian.”

“Pernikahan adalah hubungan suci dua insan manusia. Tak ada yang bisa memisahkannya kecuali Tuhan. Jadikan pernikahanmu sebagai jalan penuh bunga. Meskipun sesekali ada hujan, angin, gerimis, dan daun-daun yang berguguran. Tapi jalan akan tetap ramai dengan kebahagiaan, teman.”

“Sahabat ada di saat susah maupun senang. Kini Kau telah menemukan sandaran dalam hidup. Sahabat, jangan pernah lupakan kami. Jadikan cerita persahabatan Kita sebagai pengantar tidur anak-anakmu kelak. Selamat menikah temanku.”

“Temanku, bahagiamu adalah bahagiaku. Tangismu adalah tangisku. Tak disangka ternyata sampailah Kau pada tanggung jawab baru sebagai seorang istri. Aku akan terus mendoakanmu. Semoga pernikahanmu selalu penuh kebahagiaan dan cinta kasih, aamiin.”

“Untuk temanku. Kini Kau akan menjalani kehidupan baru. Kau akan menjadi imam bagi keluarga kecilmu. Jangan pernah menyerah untuk menjadi teladan bagi istri dan anak-anakmu. Dan ingatlah, disini ada teman yang akan terus mendoakan kebahagiaanmu dari jauh.”

“Barakallah wahai sahabat. Akhirnya sampailah Kau pada gerbang pernikahan. Kehidupan yang penuh dengan teka-teki dan tantangan. Dayunglah perahu Kalian berdua. Saling menguatkan satu sama lain. Semoga Allah SWT menjadikan kalian keluarga kecil yang bahagia dunia akhirat.”

“Kini Kau telah menemukan bahteramu. Ingatlah untuk selalu mendayung bersama. Jangan jadikan hujan dan badai sebagai alasan Kalian berhenti mendayung. Kelak, Kalian akan sampai ke pelabuhan kebahagiaan. Selamat menikah sahabatku tersayang.”

“Kita pernah menangis bersama menghadapi kesedihan hidup. Kini kesedihan itu hanyalah masa lalu yang memburam. Kini, masa depan ada tepat disampingmu. Berada dekat dalam 1 kursi pelaminan. Selamat menempuh hidup baru wahai sahabatku. Jadilah istri dan ibu terbaik dalam keluargamu.”

“Pernahkah mau merasa bahwa kita adalah saudara yang dipertemukan dalam ikatan persabahatan? Hari ini, aku mengucapkan bahagia yang tulus dari hati. Selamat karena telah menemukan belahan jiwamu yang telah lama Kau cari selama ini.”

“Tabarokallah wahai sahabatku. Semoga pernikahan kalian sakinnah, mawwaddah, warrohmah. Jadikan pernikahanmu sebagai penyempurna separuh ibadah kepada Allah SWT.”

Ucapan Pernikahan Inggris

Ucapan-Pernikahan-Inggris

Mau mengucapkan kata-kata selamat tapi lebih keren dan kekinian? Anda bisa tulis ucapan yang menyentuh dalam bahasa Inggris. Mulai dari ucapan pernikahan simple hingga panjang ada contohnya disini:

“I already knew that your love story were so sweet. Now, You are going to become one. Congratulation on your marriage.”

(Aku tahu bahwa kisah cintamu sangat manis. Sekarang, Kalian akan menjadi satu. Selamat atas pernikahan Kalian).

“Congratulation on your hopefully marriage, John. I wish both of you will have a beatiful journey ever after.”

(Selamat atas pernikahan yang sangat Kalian harapkan ini, John. Aku berharap Kalian berdua akan mendapatkan pengalaman yang indah selamanya).

“Wishing you an ever after happiness together.”

(Semoga kebahagiaan abadi untuk Kalian).

“Wishing you have a love that long lasting and grow bigger and bigger each passing day.”

(Kudoakan semoga cinta Kalian tumbuh semakin besar tiap hari).

“Your wedding day will come and go, but your love will last forever.”

(Hari pernikahan Kalian akan datang dan pergi, tapi cinta Kalian akan bertahan selamanya).

“Today is your start to a new journey. Let it be a georgeous, fantastic, miracle, and wonderful journey for you.”

(Hari ini adalah awal mula perjalanan baru Kalian. Biarkan hari ini perjalanan yang menjadi menawan, fantastik, dan penuh keajaiban).

“May your marriage life will long lasting forever. No one can take your happiness forever.”

(Semoga pernikahan Kalian akan bertahan selamanya. Tidak ada satupun yang bisa mengambil kebahagiaan Kalian selamanya).

“Making a family is a sweet choise. Congratulation on your happiest day, Mark!”

(Membangun keluarga adalah pilihan yang manis. Selamat atas pernikahan Kalian, Mark!).

“Best wishes on this beautiful journey. Long lasting forever. I believe in you.”

(Doa terbaik untuk perjalanan yang indah ini. Semoga langgeng selamanya. Aku percaya pada kalian).

“Happy tie the knot!”

(Selamat menikah!)

“Happy tie the knot, Maria! May your love will become stronger everyday when you’re open your eyes.”

(Selamat menikah, Maria! Semoga cinta Kalian semakin kuat tiap Kalian membuka mata).

“May the fond memories in the past, the laughter in this present, will become the fragrance for tomorrow.”

(Semoga kenangan di masa lalu, tawa saat ini, akan menjadi keharuman di kemudian hari).

“To be with him is all that you need, my dear! Wish you will love each other every time you wake up in the morning.”

(Semua yang Kau butuhkan adalah dia sayangku! Semoga Kalian bisa saling mencintai tiap kali membuka mata).

“Time will change people. Miracle might smash out of you. But true love will last forever. Stay along your life with the right person, my dear.”

(Waktu akan merubah seseorang. Keajaiban mungkin akan pergi meninggalkanmu. Tapi cinta sejati akan bertahan selamanya. Habiskan waktumu bersama orang yang tepat, sayangku.”

Ucapan Pernikahan untuk Saudara

Ucapan-Pernikahan-untuk-Saudara

“Selamat menempuh petualangan dan kisah baru, saudaraku.”

“Keluarga adalah tempat terhangat untuk berteduh dari badai dingin. Kini jadikan keluarga kecilmu sebagai rumah yang hangat dan penuh cinta kasih. Selamat atas pernikahan kalian saudaraku.”

“Tuhan telah mengirimkan orang yang tepat di waktu yang tepat untukmu saudaraku. Kini saatnya Kami melepaskan adik kecil yang selalu menjadi penghangat keluarga ini untuk membangun keluarga kecilnya sendiri. Hiduplah dengan bahagia. Jadilah sinar dalam keluargamu. Selamat menikah.”

“Hari ini akan berlalu ketika matahari esok terbit. Tapi, keluarga kecilmu baru saja terbentuk saat ini. Jadikan pernikahan Kalian sebagai tempat terbaik untuk bersandar. Selamat menempuh hidup baru, sepupuku.”

“Kita pernah merasakan suka duka masa kecil bersama. Kini tiba saatnya aku harus mengantarmu ke gerbang pelaminan. Saudaraku, jangan pernah lupakan ikatan darah yang kita punya. Jangan lupa pula, kini Kau punya keluarga yang akan menjadi tempat dimana Kau bisa pulang. Selamat Kakak.”

“Tuhan telah menakdirkan dirimu menjadi adik kecilku yang lucu. Waktu yang terus berjalan ternyata akan membawamu menjadi dewasa. Aku yakin Tuhan juga telah menakdirkanmu menjadi istri dan calon ibu yang baik. Selamat berjuang menempuh hidup baru untuk adikku tersayang ini.”

“Semoga Allah SWT mencurahkan limpahan kasih sayangnya kepada adikku dan adik iparku kelak. Semoga Allah SWT mengijabah doa tulus dari seorang kakak kepada adiknya ini. Semoga pernikahan kalian penuh berkah sampai maut memisahkan. Aamiin.”

“Kuatkan niat, jadikan pernikahan sebagai jalan pembuka berkah dan ladang amal untuk kalian berdua. Semoga Kalian menjadi keluarga yang sakinnah, mawwaddah, warrohmah. Saudaraku, ingatlah bahwa sebaik-baiknya pembimbing dalam pernikahan adalah allah SWT.”

“Adikku, kini tiba saatnya kakakmu ini harus melepasmu. Kau tidak lagi akan menggandeng tanganku. Karena kini sudah ada pasangan pilihan allah yang siap menggandengmu ketika sedih atau bahagia. Selamat berbahagia Adikku.”

“Sebuah cerita indah baru saja terbentuk hari ini. Saudaraku, kini Kau telah menemukan tulang rusukmu yang hilang. Jadikan hari ini sebagai pengingat akan indahnya pernikahan. Selamat menempuh hidup baru Saudaraku.”

“Mungkin tubuh kalian bisa menua. Rambut Kalian bisa memutih. Pandangan Kalian bisa kabur diterpa usia. Tapi tak ada yang bisa menghentikan cinta romantis sepanjang masa. Selamat menikah sepupu terbaikku. Semoga Tuhan YME menjaga ikatan suci Kalian sampai maut memisahkan.”

“Kau ingat bagaimana hangatnya kasih sayang orang tua kita? Ingatlah bahwa Kau telah hidup dengan limpahan kasih sayang mereka. Jadikan itu sebagai bekalmu untuk membentuk keluarga harmonis. Menjadi istri dan ibu yang baik, Adikku. Selamat atas pernikahan indah Kalian.”

Ucapan Pernikahan untuk Atasan

Ucapan-Pernikahan-untuk-Atasan

Anda ingin memberikan ucapan selamat kepada atasan di kantor? Jangan ragu, Anda bisa mengucapkannya dengan kalimat yang sopan. Tulis di secarik kertas sambil menyerahkan bingkisan hadiah untuknya.

“Selamat menempuh hidup baru Bapak/Ibu. Semoga Tuhan mengaruniakan kehidupan pernikahan yang indah, damai, dan penuh kasih sayang. Aamiin.”

“Selamat menikah. Semoga cinta, kasih sayang, dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari Bapak dan Ibu sekalian.”

“Tidak ada yang lebih indah dari pernikahan yang penuh cinta kasih. Selamat menempuh hidup baru.”

“Kami dari Tim Keuangan PT. Adikarya Sentosa mengucapkan selamat menempuh hidup baru. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Aamiin.”

“Selamat atas pernikahan Bapak/Ibu. Semoga sukses terus dalam karir dan juga pernikahan.”

“Selamat menempuh hidup baru yang penuh dengan kebahagiaan. Semoga seiring dengan keputusan besar yang telah dibuat dalam hidup ini, bertambah bagus juga karir Bapak/Ibu di perusahaan.”

“Tuhan telah menciptakan Anda sebagai pasangan yang tepat untuk Mr. X. Selamat berbahagia, semoga pernikahan ini langgeng terus sampai usia senja.”

“Ya allah, semoga pernikahan Bapak X dan Ibu Y Engkau ridhoi dengan penuh kebahagiaan. Semoga pernikahan ini jadi pembuka kesuksesan bagi Bapak di masa depan.”

Doa Ucapan Pernikahan (Islami)

Doa-Ucapan-Pernikahan-Islami

Islam memandang pernikahan sebagai hal yang sangat mulia. Melalui pernikahan, garis keturunan akan terus terjaga. Selain itu, pernikahan juga menjaga umat Muslim agar tak terjerumus dalam dosa zina. Bahkan Islam memandang pernikahan sebagai penyempurna separuh ibadah umat Muslim.

Ada doa-doa yang bisa diucapkan oleh umat Islam ketika menghadiri pesta pernikahan. Diantaranya adalah:

“Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak dari keduanya memberkati mereka berdua,meningkatkan kualitas keturunannya sebagai pembuka pintu rakhmat, sumber ilmudan hikmah serta pemberi rasa aman bagi umat.”(Doa Nabi Muhammad SAW, pada pernikahan putrinya Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib). 

Dahulu pada masa Rasululloh SAW, ada doa yang sering diucapkan ketika seseorang menikah yaitu “Selamat menempuh hidup baru dan punya banyak anak”. Meskipun makna doa tersebut baik, tapi ternyata Nabi Muhammad SAW tidak berkenan seorang Muslim mengucapkannya.

Maka Beliau pun kemudian menggantinya dengan doa yang jauh lebih baik menurut ajaran Islam. Seorang Muslim hendaknya mendoakan kebaikan kepada pasangan pengantin yang baru saja menikah. Adapun doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhamaad SAW adalah:

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.

(Artinya: Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan).

Ucapan doa tersebut terdapat pada hadits yang diriwayatkan oleh H.R. At-Tirmidzi. Doa ini juga diriwayatkan oleh Imam Nawawi dalam sebuah kitab bernama Al-Adzkar. Sebagian besar ulama menjelaskan bahwa mengucapkan doa pernikahan di atas hukumnya adalah sunnah.

Jika ingin keluarga atau sahabat Anda terkesan, buatlah ucapan pernikahan yang tulus dari hati. Mau menggunakan kalimat yang puitis, lucu, berbahasa Inggris, ataupun biasa bisa Anda gunakan. Kuncinya adalah berikan doa tulus untuk kedua pasangan mempelai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *