100+ Ucapan Ulang Tahun Islami (Barokalloh Fii Umrik, Doa)

7 min read

ucapan-ulang-tahun-islami

Ulang tahun adalah saat yang paling dinantikan oleh sebagian orang. Seseorang yang berulang tahun pasti mengharapkan kejutan serta ucapan dari orang-orang terkasih.

Anda bisa memberikan selamat ulang tahun memakai ucapan ulang tahun Islami agar lebih bermakna dan terselip doa di dalamnya. Pemilihan kata-kata ulang tahun islami yang tepat tentu sangat penting guys!

Biasanya ulang tahun dijadikan perayaan khusus sebagai bentuk ungkapan syukur. Jika Anda yang berkeinginan menyampaikan ucapan ulang tahun untuk orang spesial, ada banyak referensi kata-kata yang unik dan berkesan. Yuk langsung simak saja pembahasan lengkapnya di sini!

Ucapan Ulang Tahun dalam Islam

Di bawah ini akan diberikan penjelasan beberapa hal terkait pemberian ucapan ulang tahun Islami dalam pandangan Islam. Hal tersebut bertujuan supaya umat Islam dapat membatasi diri saat menyikapi perayaan ulang tahun. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Hukum

Hukum

Terdapat dua hukum yang mengatur pemberian ucapan ulang tahun yaitu segi sosial dan agama. Manusia merupakan makhluk sosial yang mempunyai hubungan dengan manusia lain. Dalam riwayat Bukhari, Rasulullah SAW juga sering menerima hadiah dan membalas hadiah tersebut.

Dalam hukum Islam, ada dua hukum berbeda dalam menyikapi ucapan ulang tahun Islami. Pertama, ada yang memperbolehkan atau mubah meski tidak ada dalil kuat. Kedua, ucapan selamat ulang tahun menurut Islam haram hukumnya karena tidak ada dalil dan sunah.

2. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Hal-Hal-yang-Harus-Diperhatikan

Dalam memberikan ucapan ulang tahun secara Islami ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya memberikan ucapan ulang tahun diperbolehkan dalam Islam dengan syarat tidak berlebihan. Ucapan tersebut diberikan untuk bersyukur kepada Allah dan sebagai bentuk doa.

Perayaan ulang tahun sebaiknya tidak perlu berlebihan dan hindari hal-hal yang tidak sesuai syariat Islam seperti makan minum berlebihan, tidak menutup aurat dan lain-lain. Sebaiknya jadikan perayaan ulang tahun untuk beramal kepada yang lebih membutuhkan.

Sebaiknya berikan ucapan ulang tahun kepada orang-orang yang Anda sayangi dengan kata-kata yang baik dan yang lebih Islami seperti Barakallah fii umrik. Ucapan yang baik tersebut akan mendatangkan pahala bagi yang mengucapkannya karena telah menyebutkan huruf hijaiyah.

3. Hal-Hal yang Diharamkan

Hal-Hal-yang-Diharamkan

Hindari memberikan ucapan dengan mengatakan selamat ulang tahun dan perayaan pesta. Cukup berikan ucapan sekedar mendoakan dan berikan hadiah untuk mempererat persaudaraan.

Doa Ulang Tahun dalam Islam

Berdoa saat ulang tahun dapat menjadi bentuk renungan dan introspeksi diri. Doa tersebut dapat menghindarkan seseorang dari perbuatan dosa yang dilakukan terus menerus. Doa ulang tahun dapat mengingatkan seseorang akan kematian terutama bagi orang yang sudah dewasa.

Di bawah ini ada beberapa contoh doa ulang tahun dalam Islam kepada seseorang. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa ucapan ulang tahun Islami yang merupakan sebuah doa, sesuai anjuran agama Islam. Berikut doa ulang tahun dalam Islam untuk orang-orang terdekat maupun keluarga.

1. Doa Ulang Tahun Agar Panjang Umur

Doa-Ulang-Tahun-Agar-Panjang-Umur

Umur manusia dari waktu ke waktu selalu berkurang dan setiap detik yang dilalui tidak dapat terulang kembali. Untuk seseorang yang berulang tahun Anda bisa mengucapkan doa permohonan agar diberikan umur panjang, sebagai berikut.

“Ya Allah, berikan kami usia yang panjang, kesehatan, hati yang terang, tetapkan keimanan kami, lancarkan rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan, jauhkan kami dari keburukan. Sesungguhnya hanya Engkau lah Maha Kuasa atas Segala di muka bumi”.

2. Doa Ulang Tahun agar Menjadi Anak Saleh dan Saleha

Doa-Ulang-Tahun-agar-Menjadi-Anak-Saleh-dan-Saleha

Jika yang berulang tahun adalah buah hati Anda maka doa ini sangat dianjurkan. Hendaknya diucapkan dengan penuh kesungguhan agar buah hati Anda menjadi anak laki-laki yang saleh dan anak perempuan yang saleha. Berikut doa yang dapat Anda ucapkan.

“Ya Allah, berikanlah kami dari sisi Engkau keturunan yang baik. Sesungguhnya hanya Engkaulah Maha Pendengar doa Hamba-Mu”.

“Ya Allah, Yang Maha Kuasa. Hamba berharap supaya anak yang kami besarkan senantiasa Engkau berikan kebaikan di dunia maupun di akhirat. Hamba juga selalu berharap agar anak kami bisa selalu mengingat Engkau Ya Allah”.

3. Doa Ulang Tahun untuk Kemuliaan Keluarga

Doa-Ulang-Tahun-untuk-Kemuliaan-Keluarga

Jika yang berulang tahun adalah istri Anda maka Anda bisa membaca doa permohonan untuk kemuliaan keluarga., Berikut bacaan doa dalam bahasa Indonesia yang bisa Anda baca.

“ Ya Allah, anugerahkan kami, istri-istri kami serta anak cucu kami sebagai penghibur hati kami. Jadikan kami imam untuk orang-orang bertakwa”.

4. Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Doa-Ulang-Tahun-Memohon-Keselamatan-dan-Kesejahteraan

Bacaan doa yang bisa Anda berikan untuk orang-orang terkasih yang berulang tahun yaitu doa permohonan keselamatan dan kesejahteraan. Berikut bacaan doa dalam bahasa Indonesia yang bisa Anda bacakan.

“Ya Allah, kami bermunajat kepada-Mu, keselamatan dalam agama serta kesejahteraan tubuh, tambahan ilmu dan keberkahan rezeki, taubat sebelum kami meninggal maupun rahmat di waktu meninggal serta ampunan setelah kami meninggal”.

5. Doa Ulang Tahun Agar Diberi Rezeki yang Halal

Doa-Ulang-Tahun-Agar-Diberi-Rezeki-yang-Halal

Doa ini dapat dibacakan untuk seseorang yang berulang tahun agar memperoleh rezeki yang halal, lancar dan penuh keberkahan. Berikut doa agar diberi rezeki halal yang dapat Anda bacakan ketika seseorang sedang berulang tahun.

“Ya Allah, Hamba memohon kepada Engkau rezeki halal, baik, luas, tanpa repot serta tanpa keberatan maupun kemelaratan. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Kuasa”.

Kumpulan Kata-Kata/Ucapan Ulang Tahun Islami

Kumpulan-Kata-Kata-Ucapan-Ulang-Tahun-Islami

1. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Suami

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Suami

“Suamiku, barakallah fii umrik. Karena bertambah lagi usiamu. Semoga senantiasa dilancarkan rezekimu, diberikan kesehatan yang baik, semakin cinta pada istri dan anak-anak. Semoga engkau menjadi imam yang baik untukku di dunia hingga di akhirat kelak. Aamiin”.

“Happy milad suamiku tercinta, hari ini usiamu bertambah satu tahun. Hanya doa yang dapat ku persembahkan kepadamu. Semoga Allah memberkahi setiap langkahmu, memberikan kelancaran rezeki, kesehatan lahir dan batin serta keselamatan dalam perjalanan’”

“Ied Milad Mubarak suamiku, kuucapkan alhamdulillahirabbil alamin atas keberkahan yang sudah Allah limpahkan kepadamu. Semoga engkau selalu diberikan kesehatan lahir batin, keselamatan dan rezeki yang halal dan lancar. Semakin cinta kepadaku maupun anak-anakmu,aamiin”

“Di hari yang sejuk ini, usiamu bertambah satu tahun. Suamiku semoga engkau senantiasa dalam naungan keberkahan Allah SWT, aamiin.”

2. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Istri

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Istri

“Ied Milad Mubarak, Istriku tercinta. Inilah pemberian kecil serta doa yang kupersembahkan padamu. Semoga Allah senantiasa menganugerahi kesehatan lahir maupun batin, juga memberikanmu hati lapang dan selalu bertambah iman serta Islamnya, aamiin”.

“Hari ini usiamu bertambah, happy milad istriku tersayang. Semoga Allah senantiasa memberikanmu kesehatan, semakin cinta kepada keluarga, iman dan takwa untuk menjalankan kewajiban, , Semoga Allah memberikan keberkahan untuk segala pengorbananmu, Aamiin”.

“Barakallah fii umrik istriku tercinta dan tersayang. Semoga selalu diberikan kesehatan maupun umur panjang. Semakin sayang keluarga dan cinta kepadaku. Semoga Allah senantiasa melapangkan hatimu penuh kesabaran dan keikhlasan, aamiin.”

“Rasa sayangku kepadamu tak bisa diukur menggunakan apapun, duhai Istriku. Dalam setiap hembusan nafas ini, aku senantiasa melantunkan doa terbaik untuk kesehatan serta pencapaian dalam hidupmu.”

“Barakallah fii umrik cintaku. Bukan hanya cantik rupa yang menjadikanku jatuh cinta kepadamu setiap waktu. Melainkan akhlakmu yang kian tinggi.”

3. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk ibu

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-ibu

“Milad eid mubarak Mama, barakallah fii umrik. Semoga Mama panjang umur, senantiasa diberikan kesehatan serta limpahan rahmat maupun hidayah-Nya. Semoga Mama sehat terus, diberikan perlindungan oleh Allah SWT,aamiin. Kami sayang Mama.”

“Ibu, milad mubarak. Bertepatan dengan hari ini, umur ibu bertambah lagi satu tahun. Semoga ibu senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT, kesehatan yang baik, rezeki yang lapang serta cinta yang selalu untuk kami. Semoga Ibu juga semakin sayang kepada keluarga, aamiin.”.

“Alhamdulillah, hari yang indah ini umur bundaku bertambah lagi satu tahun. Semoga Allah memberikan kesehatan lahir batin, semakin bertambah iman dan Islamnya. Memberikan keberkahan di dalam hidup dan kelapangan rezeki, aamiin.”

“Barakallah fii umrik Ibu tersayang. Semoga Ibu selalu sehat, diberikan umur panjang dan senantiasa diberikan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak, aamiin.”

4. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Teman

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Teman

“Milad saeid mubarak kawanku, hari ini bertambah sudah satu tahun usiamu. Semoga Allah senantiasa memberiku rezeki yang melimpah, keberkahan dan kesehatan jiwa maupun raga. Iman dan Islam yang kuat, serta selalu tiada henti berbuat baik kepada sesama, aamiin.”

“Ied milad teman terbaikku, bertambah lagi satu tahun usiamu hari ini. Hanya doa yang dapat kuberikan untukmu. Semoga Allah memberikanmu kesehatan, rezeki, kesuksesan dan umur panjang. Tak lupa juga semoga kau selalu diberikan keberkahan, aamiin.”

“Barakallah fii umrik temanku. Semoga di hari ulang tahunmu hari ini, engkau selalu mendapatkan keberkahan dan rezeki dari Allah SWT. Tidak lupa, semoga kamu selalu sehat, menjadi semakin dewasa dan banyak kesabaran dalam menjalani kehidupan, aamiin.”

“Tiada doa terbaik bagimu di hari ulang tahunmu hari ini. Selain umur yang lebih berkah dan senantiasa dalam lindungan Allah. Barakallah fii umrik ya kawanku.”

5. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Pacar

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Pacar

“Barakallah fii umrik kekasihku, aku berharap semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan untukmu dalam segala urusan di dunia maupun akhirat”.

“Semoga di hari ulang tahunmu hari ini, Allah selalu memberikan rahmat, taufik, berkah serta lindungan beserta keselamatan. Barakallah fii umrik kasihku.”

“Barakallahu fii umrik, Doaku semoga di sisa usiamu semakin berkah hingga akhir dunia, aamiin.”

“Di hari ulang tahunmu ini, aku ucapkan doa serta harapan untukmu sayang. Semoga engkau selalu tersenyum ketika berada di dekatku sampai maut memisahkan.”

6. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Diri Sendiri

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Diri-Sendiri

“Alhamdulillah, Allah memberikan kesempatan lainnya bagiku dengan bertambahnya usiaku. Tandanya, aku harus menggunakan kesempatan ini agar menjadi pribadi yang lebih baik, lebih meningkatkan iman dan Islam serta semakin menyayangi orang-orang sekitar.”

“Bertambahnya usiaku hari ini, menyadarkanku bahwa kematian semakin dekat dan aku belum bisa menjadi seorang hamba yang Taat kepada Allah. Sudah waktunya aku berhijrah untuk menjadi seseorang yang lebih baik, mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak.”

“Tidak terasa usiaku sudah bertambah. Saatnya untuk benar-benar fokus serta selalu bersemangat untuk meraih cita-cita untuk hidup yang sukses di dunia maupun akhirat.”

“Bila hari sebelumnya diriku bukanlah siapa-siapa, hari ini adalah hari bertambahnya usiaku. Inginku mohonkan doa kepada Allah agar bisa memperbaiki hidup menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal, aamiin.”

7. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Anak Perempuan

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Anak-Perempuan

“Barakallah fii umrik, putriku tersayang. Semoga Allah senantiasa memberikan usia yang panjang serta keberkahan dalam kehidupanmu. Diberikan juga rezeki yang berkah dan hati yang senantiasa bersyukur, menjadikanmu anak yang sholeha, aamiin.”

“Anak perempuanku tersayang, engkau merupakan pelengkap bagi hidup ayah serta ibumu. Di hari ulang tahunmu ini, semoga kau diberikan umur yang panjang, kesehatan dan menjadi anak saleha dan kelak dapat membahagiakan ayah dan ibu.”

“Barakallahu fii umrik. Semoga Allah selalu memberikanmu keberkahan wahai anak perempuanku. Semoga di tahun barubertambahnya usiamu senantiasa kau gunakan dalam ketaatan kepada Allah SWT, aamiin.”

“Barakallah putri kesayangan Bapak dan Ibu. Semoga keberkahan selalu menyertai disetiap pertambahan usiamu. Jadikan mimpi serta harapanmu untuk pemacu agar lebih giat  dalam belajar. Semoga doa kami menyertaimu dalam setiap langkahmu, aamiin.”

8. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Kakak/Adik

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Kakak-Adik

“Milad mubarak kakak tersayang. Semoga diberikan umur panjang serta sehat selalu. Hanyalah  doa yang dapat ku berikan padamu. Semoga Allah senantiasa memberikanmu rezeki yang melimpah, keberkahan dan kemudahan dalam hidup, aamiin.”

“Barakallah fii umrik adikku, semoga Allah senantiasa melindungi setiap langkahmu, memberikan keberkahan dalam hidupmu dan semakin bertambah pula keimananmu kepada Allah. Semoga Allah memberikan rezeki yang lancar maupun kesehatan yang baik, aamiin.

“Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat, hari ini Kakakku bertambah usia. Barakallah Kak, semoga apa yang kakak cita-citakan dapat tercapai, diberikan kelancaran rezeki, kesehatan yang baik dan semoga segera dipertemukan dengan jodoh terbaik pilihan Allah, aamiin.”

9. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Ayah

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Ayah

“Barakallah Pak, hanya doa yang dapat kami berikan untuk Bapak. Semoga di hari lahir bapak ini, Allah memberikan kesehatan, ridho, rahmat serta rahim-Nya kepada Bapak. Diluaskan juga rezekinya, diberikan keselamatan maupun kemudahan dalam hidup. Aamiin.”

“Saied milad mubarak Ayah. Tepat hari ini merupakan hari kelahiran Ayah. Ya Allah, berikan Ayah Kami kesehatan maupun umur yang panjang. Tak lupa berikan juga Papa kami kenikmatan dalam iman dan Islam. Semoga Papa senantiasa diberikan keberkahan dari Allah SWT, aamiin.”

“Barakallah fii umrik untuk Papa. Di hari ulang tahun Papa ini, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan untuk Papa, kelancaran rezeki, kemudahan dalam segala urusan, dan senantiasa menjadi teladan bagi kami, aamiin.”

10. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Atasan

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami-untuk-Atasan

“Barakallah fii umrik Bapak Pimpinan kami. Semoga senantiasa diberikan keberkahan di usia yang sekarang, semakin sehat dan semakin berkah usianya. Terima kasih atas nasihat yang Bapak berikan selama ini kepada kami. Sukses selalu.”

“Milad Mubarak Bapak Manajer. Barakallah fii umrik, kami berdoa semoga Bapak senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan serta kesuksesan dan selalu menjadi panutan bagi tim kami, aamiin”.

“Selamat bertambah usia Bapak/Ibu, barakallah semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan semoga semakin istiqomah di jalan yang baik. Senantiasa menjadi panutan kami, sehat selalu, dimudahkan rezeki dan semakin sukses, aamiin.”

Memberikan ucapan ulang tahun Islami kepada orang-orang spesial dalam Islam memang diperbolehkan. Ucapan ulang tahun yang baik akan menjadi doa sekaligus harapan bagi seseorang. Selain itu, ucapan tersebut lebih berkesan bagi penerimanya dan mempererat tali persaudaraan umat.

Untuk Anda yang berulang tahun di hari ini, Barakallah Fii Umrik yaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *