50+ Usaha Modal Kecil Tapi Untung Besar (Untuk Pemula)

12 min read

usaha-modal-kecil

Orang sering mengira jika bisnis sangat sulit. Tetapi bagi sebagian orang yang lain, bisnis adalah peluang. Namun kadangkala untuk memulai suatu bisnis membutuhkan usaha modal yang cukup besar. Tidak banyak yang tahu jika bisnis juga bisa dijalankan dengan usaha modal kecil.

Penasaran apa saja yang bisa jadi usaha dengan modal yang kecil? Yuk simak informasinya di sini.

Daftar Isi

Tips Dalam Menjalankan Usaha Modal Kecil

Tips-Dalam-Menjalankan-Usaha-Modal-Kecil

Tidak mudah memang menjalankan bisnis, namun jika Anda memiliki semangat dan mental yang kuat seperti baja, maka tantangan apapun dalam bisnis pasti dapat Anda lewati tanpa takut jatuh. Agar bisnis Anda dapat terus berjalan, simak tips dalam berbisnis usaha modal kecil berikut.

1. Tidak mudah menyerah

Saat berbisnis, pasti ada masa Anda di atas dan di bawah. Anda membutuhkan mental tidak mudah menyerah meskpun Anda sedang berada di bawah. Mental seperti ini membuat Anda mencari terobosan agar usaha Anda bisa meningkat dan sukses.

2. Fokus

Fokuskan usaha Anda pada hal yang Anda kuasai. Terutama pada awal memulai usaha, fokuslah pada satu usaha atau satu bidang hingga berhasil. Jika usaha Anda sudah berhasil, barulah Anda bisa menambah cabang usaha Anda di bidang lain.

3. Membuat pembukuan keuangan agar uang dikelola dengan baik

Banyak usaha yang gagal karena tidak ada pembukuan sehingga tidak diketahui modal, uang yang keluar dan uang yang masuk. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa memperkirakan pengeluaran dan pemasukan serta penambahan modal untuk memperlebar usaha Anda.

4. Peka terhadap trend dan terus berinovasi

Usaha yang Anda jalankan juga harus mellihat trend yang ada pada sasaran pelanggan Anda. Dengan terus berinovasi mengikuti trend yang ada, usaha Anda akan tetap digemari dan bukan usaha musiman yang akan ditinggalkan jika trendnya sudah lewat.

Contohnya saat ini banyak yang menggunakan sosial media sebagai media untuk promosi. Penggunaan sosial media sangat menguntungkan Anda terutama jika Anda memulai usaha modal kecil di desa, Anda bisa mendapatakan pelanggan dengan cakupan yang luas.

5. Mulai dari langkah sederhana

Mulailah usaha dari hal yang sederhana sesuai dengan modal yang Anda miliki. Jangan memaksakan apa yang Anda inginkan. Hal ini justru membuat pengeluaran modal melebih budget. Jika sudah seperti ini, Anda tidak bisa memulai usaha karena terpatok modal.

6. Mulai dari mencari sasaran pasar pembeli yang dekat

Manfaatkan koneksi Anda dan teman-teman Anda untuk mendatangkan pelanggan lain yang lebih luas. contohnya jika Anda menggunakan sosial media untuk promosi, Anda bisa meminta teman Anda untuk review produk dan mempromosikan ke orang lain.

7. Mulai dengan bidang yang diminati atau dikuasai

Mulailah usaha dari bidang yang Anda kuasai dan Anda minat. Hal ini akan berdampak pada konsistensi dan fokus usaha. Dengan memulai dari bidang yang Anda kuasai, maka akan lebih mudah untuk memulai karena bisa dibilang risiko untuk gagal sedikit.

8. Mencari tempat yang tidak strategis

Mulai lah dari tempat yang tidak strategis untuk menekan modal yang keluar, seperti memanfaatkan rumah Anda sendiri dijadikan usaha modal kecil rumahan. Gunakan kreatifitas dalam promosi agar orang mengetahui tempat usaha Anda.

Kesalahan-kesalahan Dalam Menjalankan Usaha Modal Kecil

Kesalahan-kesalahan-Dalam-Menjalankan-Usaha-Modal-Kecil

Bisnis bisa di-ibaratkan seperti roda yang berputar. Kadang di bawah atau rugi kadang di atas atau untung. Banyak orang yang menginginkan usaha modal kecil hasil besar, namun memiliki banyak rintangan. Berikut ini beberapa rintangan yang biasa ditemukan saat bisnis berjalan.

1. Tidak dijalankan dengan niat dan sepenuh hati

Bisnis yang tidak dijalankan dengan niat dan setengah-setengah bisa berakibat gulung tikar. Hal ini karena bisnis tidak bisa ditinggal atau dibiarkan berjalan sendiri. Anda harus mengontrol bisnis Anda agar tidak jatuh atau rugi terlalu besar.

2. Rencana tidak matang atau sering meleset

Dengan merencanakan keuangan, Anda juga bisa merencanakan atau mempredikasi kapan tujuan Anda bisa tercapai. Perencanaan yang matang dapat mengembangkan usaha menjadi lebih maju dan lebih stabil dibandingkan pada saat Anda memulai usaha modal kecil.

3. Pasif atau tidak ada promosi

Rintangan terakhir adalah tidak adanya promosi. Orang-orang tidak akan tahu produk atau jasa apa yang Anda tawarkan jika Anda bersikap pasif. Bagaimana cara dan dimana mereka bisa mendapatkan produk Anda. karena itu Anda harus bersikap aktif dalam promosi.

Bagaimana Memulai dari Awal?

Memang untuk menjalankan bisnis memerlukan persiapan yang matang dan berencana. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperkirakan untung rugi perusahaan Anda. berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda terjun ke dunia bisnis dan memulai usaha.

1. Ide kreatif

Kreatifitas memang sesuatu yang mahal. Namun dengan kreativitas Anda bisa memanfaatkan barang yang ada atau modal yang kecil untuk mendapatkan untung besar. Kreatifitas erat kaitannya dengan inovasi. Kreativitas akan menciptakan inovasi.

2. Inovasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kreativitas erat dengan inovasi. Kreativitas akan menciptakan inovasi baru yang membuat Anda selangkah lebih maju dibandingkan orang lain. Dan hal ini lah yang biasanya diminati oleh banyak konsumen di pasar perdagangan.

Cara agar Anda bisa mendapatkan kreatifitas dan inovasi adalah dengan peka terhadap trend yang sedang digandrungi dan yang kiranya akan digandrungi. Kepekaan juga menghadirkan peluang usaha modal kecil untung besar yang tidak terpikirkan oleh Anda dan orang lain.

3. Teliti

Ketelitian akan membuahkan hasil yang maksimal, begitu kata pepatah dahulu. Ketelitian inilah yang diperlukan oleh para pebisnis. Proses pembuatan produk ataupun jasa yang ditawarkan memerlukan ketelitian dalam menjaga kualitas dan kuantitas produk.

Dalam penawaran produk berupa jasa, ketelitian juga merupakan hal yang perlu dilakukan. Konsumen biasanya akan sangat puas dengan jasa yang diberikan karena teliti. Contohnya jasa cuci mobil, Anda membersihkan mobil dengan teliti sehingga konsumen puas.

4. Mental kuat

Para pengusaha memang harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi berbagai rintangan yang ada saat proses usaha itu berlangsung. Dengan mental yang kuat Anda akan terus bekerja dan berusaha meskipun Anda tahu Anda bisa saja merugi.

Kerugian dari usaha memang terkadang tidak dapat diprediksi. Namun hal yang sama berlaku pada keuntungan, bisa saja setelah rugi Anda mendapatkan untung dari hal yang tidak pernah Anda duga atau prediksi sebelumnya.

5. Semangat usaha

Tanpa semangat usaha, bisnis yang Anda jalankan tidak akan berhasil atau berkembang. Semangat untuk terus maju dan berkembang dapat membuahkan motivasi yang tertanam di dalam otak Anda sehingga Anda tidak akan pernah berhenti untuk berusaha.

Apapun jenis bisnis yang Anda tekuni, tetap saja diperlukan semangat untuk maju dan berkembang. Sengat untuk bekerja keras dan pantang menyerah adalah modal dasar para pengusaha sukses yang dapat Anda contoh saat memulai usaha modal kecil Anda.

Ide Usaha Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Ide-Usaha-Modal-Kecil-Tapi-Menguntungkan

Di tahun 2020 ini, segala hal telah berubah semakin cepat dan dinamis. Orang-orang akan memilih hal yang praktis seperti membayar jasa untuk melakukan suatu pekerjaan yang menyita waktu kerja jika dibandingkan dengan kerepotan membuat atau melakukannya sendiri.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika Anda kreatif dan mau berinovatif terhadap kebutuhan lingkungan Anda. Untuk menginspirasi ide-ide kreatif Anda berikut ini beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa Anda coba sesuai dengan modal Anda.

1. Usaha menjahit pakaian

Ide usaha modal kecil yang pertama adalah menjahit. Namun untuk membuka usaha ini dibutuhkan ketrampilan menjahit. Memiliki ketrampilan menjahit dapat membantu Anda membuka usaha modal kecil seperti jasa permak, jahit, atau membuat kerajinan tangan.

2. Usaha membuat kerajinan tangan

usaha kerajinan tangan yang dimaksud seperti membuat pouch, tas totebag, dan lain-lain. Tergantung dari segi kreatifitas dan skill yang Anda miliki. Contohnya Jika Anda bisa membuat kerajinan keranjang anyaman rotan yang memiliki keuntungan yang menjanjikan.

3. Usaha laundry

Menjual jasa cuci baju dan setrika ini memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan usaha modal kecil lainnya lantaran Anda harus membeli mesin cuci. Namun keuntungan yang didapat cukup menjanjikan jika Anda berada di area karyawan atau mahasiswa.

4. Usaha desain grafis

Jika Anda memiliki kemahiran dalam menggambar, ide usaha yang satu ini cocok dengan Anda. Jenis usaha modal kecilyang menggunakan skill desain grafis bisa digunakan untuk desain produk, reklame, nama tempat usaha, logo, hingga undangan dan sablon baju.

5. Usaha cuci motor atau mobil

Ide selanjutnya adalah dengan buka usaha modal kecil di bidang jasa cuci motor atau mobil. Dengan memanfaatkan lahan yang luas seperti garasi rumah, air, sikat, spons dan sabun cuci, Anda sudah bisa membuka usaha jasa cuci mobil atau motor ini

6. Usaha bubur ayam

Bermodalkan ketrampilan memasak dan memanfaatkan promosi di sosial media, Anda bisa menjalankan usaha ini dari rumah. Tentunya Anda membutuhkan inovasi agar orang lebih tertarik seperti menggunakan topping cheese stick sebagai pengganti kerupuk.

7. Usaha bakso

Bakso adalah salah satu makanan yang sering dicari. Selain karena enak, ternyata usaha membuat bakso tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa menjajakan bakso racikan Anda sendiri. Bermodalkan skill memasak dan inovasi agar bakso Anda laris manis.

8. Usaha mie ayam

Selain bakso, jajanan yang satu ini juga paling sering di cari, terutama pada siang hari. Usaha mie ayam kini sudah menjamur. Jika Anda ingin mencoba usaha mie ayam, Anda membutuhkan inovasi baru seperti mengganti mie biasa menjadi mie pelangi agar menarik.

9. Usaha aneka pasta

Banyak yang menyangka jika membuat pasta membutuhkan modal yang banyak. Ternyata tidak, satu pack pasta bisa menjadi porsi besar untuk Anda jual ke banyak orang. Mulailah berdagang dari teman-teman Anda kemudian minta mereka untuk menawarkan ke orang lain.

10. Usaha katering

Usaha menjual makanan lauk pauk ini Anda bisa memperoleh hasil lumayan besar dan stabil. Karena bisnis yang tidak pernah mati biasanya adalah bisnis kuliner. Menjualkan lauk pauk tidak harus di toko besar, cukup di pingir jalan dengan modal meja dan etalase.

Jika Anda memiliki modal lebih, bisa juga Anda membuat usaha catering rumahan yang menyediakan berbagai macam lauk pauk untuk dikonsumsi selama satu hari. Dengan menggunakan promosi paket-paket yang menarik, Anda bisa mendapatkan pelanggan.

11. Usaha makanan sehat

Trend yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat perkotaan adalah gaya hidup sehat. Namun pembuatan makanan yang sehat sangat mahal dan repot. Anda bisa berkreasi menjual berbagai makanan sehat dan praktis sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli. Contohnya menjual kue gluten free atau susu sapi diganti dengan susu almond.

12. Usaha online shop

Di era teknologi seperti sekarang, orang yang ingin membuka usaha tidak harus memiliki modal. Cukup dengan membuka toko online gratis yang sudah banyak tersedia dan mencoba sistem reseller dan doorship, Anda sudah bisa usaha dari rumah tanpa modal.

Usaha online shop seperti ini sudah menjamur di berbagai tempat, termasuk di desa. Dengan bermodalkan internet dan handphone, Anda sudah bisa memulai usaha online shop. Kunci dari usaha ini adalah Anda harus sering melakukan promosi dan pengenalan barang.

13. Usaha menjual perlengkapan wanita

Menjual perlengkapan kebutuhan wanita seperti aksesori, baju, tas, sepatu, dan make up bisa menjadi lahan basah untuk memulai usaha dengan modal kecil. Cukup dengan menggunakan sistem reseller atau doorship dan memanfaatkan sosial media dan toko online

14. Usaha menjual perlengkapan rumah tangga

Hampir mirip dengan nomor 13, usaha yang satu ini memiliki cakupan yang lebih luas tidak terbatas pada wanita. Usaha menjual perlengkapan rumah cakupannya sangat luas sehingga Anda bisa menjual banyak produk. Untuk promosi, Anda bisa lakukan di media sosial.

15. Usaha menjual perabotan dapur online

Perabotan dapur yang dimaksud adalah perabotan yang memiliki “seni” sehingga orang tertarik membeli karena jarang dilihat dan bagus. Contohnya panci dengan aneka warna dan corak, atau satu set pitcher dan gelas dengan gambar unik yang menarik untuk dilihat.

16. Usaha pengetikan dokumen

Terdengar seperti usaha yang sepele, namun usaha ini sangat menjanjikan. Apalagi jika Anda berada di lingkungan sekolah, kampus atau kantor. Tugas-tugas yang banyak dengan deadline ketat, membuat usaha ini banyak diminati oleh pekerja dan mahasiswa.

17. Usaha pembuatan skripsi dan karya ilmiah

Usaha yang satu ini memerlukan ketekunan dan kesabaran, namun jasa ini banyak peminatnya. Tidak seperti jasa pengetikan dokumen, jasa pengetikan skripsi dan karya ilmiah membutuhkan waktu yang lebih lama dan ketelatenan dalam mengetik semua bahan.

18. Usaha pengetikan artikel

Usaha pengetikan artikel mungkin asing untuk Anda, namun jangan salah. Usaha ini banyak sekali peminatnya apalagi di zaman serba teknologi, banyak toko yang membuat situs untuk promosi, dan membutuhkan jasa pengetikan artikel agar situsnya sering dikunjungi.

19. Usaha web developer

Jika Anda hobi menulis dan membaca artikel, mungkin usaha satu ini bisa Anda coba. Web developer adalah usaha mengelola suatu situs di internet agar banyak pengunjung yang datang ke website yang Anda kelola. Dengan begitu, banyak iklan yang datang.

Namun hal ini memang membutuhkan ilmu tersendiri. Mulai dari ilmu membuat website yang menarik, hingga cara penulisan artikel yang menarik para surfer website yang membutuhkan informasi dari internet. Namun Anda bisa mempelajari ilmu-ilmu ini di internet.

20. Usaha menjalankan blog

Sekilas usaha ini mirip dengan web developer. Yang membedakan adalah situs yang Anda kelola adalah milik Anda sendiri. Usaha ini memang membutuhkan waktu, namun sesuai dengan hasil yang didapat jika situs blog yang Anda kelola memiliki rating yang tinggi.

21. Usaha barbershop

Usaha pangkas rambut pria bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menjalakan bisnis modal kecil. Namun sebelumnya Anda harus punya ketrampilan dalam memotong rambut. Ketrampilan ini bisa Anda dapatkan di pelatihan-pelatihan yang banyak di internet.

Sebenarnya usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan jika dikelola dengan baik. Usaha potong rambut adalah usaha jasa yang mementingkan kepuasan pelanggan. Sehingga Anda harus terampil demi memuaskan pelanggan.

22. Usaha angkringan

Anak zaman sekarang memiliki kecenderungan untuk berkumpul dan mengobrol sembari duduk meminum kopi dan camilan. Hal ini bisa mendatangkan peluang usaha untuk Anda dengan membuka usaha angkringan kecil-kecilan di tempat strategis seperti alun-alun.

Dengan bermodalakan makanan camilan dan minuman seperti kopi dan teh, Anda sudah bisa membuat usaha ini berjalan. Namun rintangannya adalah usaha ini baru bisa berjalan pada waktu tertentu seperti sore hingga malam atau bahkan hingga pagi buta.

23. Usaha gorengan

Gorengan adalah salah satu jajanan yang mudah ditemukan atau bahkan Anda salah satu penggemar berat jajanan ini? Bermodalkan hanya bahan gorengan, kompor, dan meja. Anda sudah bisa menjajakan makanan yang sering dicari oleh banyak orang sebagai cemilan ini.

24. Usaha jamu

Meskipun zaman sudah berkembang pesat, namun kehadiran jamu sudah menjadi ciri khas orang Indonesia. Tidak banyak yang tahu jika usaha jamu membutuhkan modal kecil karena bahan utama jamu bisa Anda temukan dimana-mana dan murah.

25. Usaha aneka minuman kekinian

Usaha yang satu ini adalah usaha dengan modal kecil namun mendapatkan untung gede. Namun kendalanya adalah Anda harus bisa berinovasi menciptakan berbagai jenis minuman yang menarik para konsumen untuk mencoba dan membeli produk Anda.

Seperti trend kopi atau jamu atau minuman boba kekinian yang banyak dijual. Anda harus selalu berinovasi mengikuti trend atau menciptakan trend tersendiri agar orang-orang terus menginginkan produk minuman dari Anda.

26. Usaha menjual alat tulis kantor

Ide usaha menjual ATK ini memang tepat jika lokasi Anda berada di lingkungan perkantoran atau sekolah atau universitas atau lembaga-lembaga lain. Dengan memanfaatkan lahan yang berada di lingkungan tersebut, Anda bisa membuka peluang usaha menjual alat tulis kantor.

Bisa juga ditambahkan dengan menyediakan jasa fotocopy, print, scan, dan jilid. Kini sudah ada alat printer yang sudah memiliki fitur fotocopy, print foto atau dokumen, dan scanning dengan harga yang cukup terjangkau sehingga Anda bisa mencoba ide usaha ini.

27. Usaha fotocopy, print, dan scanning

Usaha yang satu ini paling sering dicari jika Anda berada di area sekolah, universitas atau perkantoran. Tahukah Anda jika mesin fotocopy bisa disewakan? Sehingga untuk Anda yang ingin mencoba usaha ini, bisa memulai tanpa harus membeli mesin fotocopy yang mahal.

28. Usaha camilan

Dengan skill memasak dan inovasi membuat jajanan yang belum pernah dijual, Anda sudah bisa membuat usaha kecil untung besar di rumah. Memang untuk usaha kuliner target pasar hanya kisaran teman atau keluarga yang dekat di lingkungan sekitar Anda.

29. Usaha jajanan pasar

Jika Anda berminat membuka usaha di bidang kuliner, mungkin ide usaha ini cocok untuk Anda. menjajakan jajanan atau camilan memang sebuah bisnis yang mendatangkan untung banyak. Karena orang biasanya memerlukan camilan sebagai teman beraktifitas.

30. Usaha toko kelontong

Usaha modal kecil lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah membuat toko kelontong kecil. Dengan menjual kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan sanitary serta camilan-camilan, toko kelontong Anda sudah bisa berjalan sendiri.

Namun membuka usaha toko kelontong tergantung dengan lokasi Anda. jika Anda memiliki modal yang lumayan, Anda bisa berinovasi dengan membuka toko kelontong berjalan dengan menggunakan mobil barang yang disulap menjadi toko kelontong.

31. Usaha pulsa elektrik

Kebutuhan akan informasi yang cepat membuat orang-orang semakin ingin mengakses internet. Untuk mengakses internet orang-orang membutuhkan kuota data yang bisa dibeli dari pulsa. Melihat dari kebutuhan masyarakat, hal ini bisa menjadi peluang usaha Anda.

Dengan bermodalkan handpond, koneksi internet, Anda sudah bisa membuka usaha jual pulsa dengan minim modal. Waktu usaha penjualan pulsa pun sangat fleksibel bisa disesuaikan dengan jadwal aktivitas Anda. promosi pun bisa dilakukan via online atau offline

32. Usaha saham online

Di era sekarang, sudah banyak aplikasi yang menawarkan jual beli saham. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Untuk memulai usaha yang satu ini Anda hanya perlu memiliki bit coin atau uang virtual untuk membeli saham yang Anda inginkan.

33. Usaha ayam goreng

Salah satu jualan makanan yang sering dicari terutama oleh anak kos adalah ayam goreng. Baik itu ayam goreng tepung atau ayang goreng kalasan. Bermodalkan bahan ayam, kompor, dan etalase, Anda sudah bisa menjajakan usaha yang satu ini di area kos-kosan.

34. Usaha es kelapa

Meskipun terbilang murah, namun usaha es kelapa membutuhkan koneksi yang kuat untuk mencari produsen kelapa utuh dan kelapa muda yang memiliki harga murah. Jika Anda sudah mendapatkannya, Anda bisa memulai usaha es kelapa di pinggir jalan.

35. Usaha nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling sering kita temukan di malam hari. Namun jika Anda bisa menjajakannya di pagi atau siang hari, usaha nasi goreng Anda ini dijamin laris manis karena orang mencari variasi makanan untuk sarapan atau makan siang.

36. Usaha sate

Walaupun agak repot untuk menyiapkan satu porsi sate, persaingan dalam menjajakan sate tidak sebanyak jika menjajakan nasi goreng atau bakso. Usaha sate kini pun sudah banyak variasinya, sehingga Anda bisa memilih variasi mana yang tidak ada di tempat Anda.

37. Usaha atribut motor atau mobil

Seperti yang sudah sering Anda lihat di mall, kultur custom sudah banyak digandrungi terutama oleh para pria.  Anda bisa menjual atribut ini bermodalkan bahan murah, kemudian di custom sendiri menggunakan skill yang Anda miliki sesuai permintaan dari pelanggan.

38. Usaha pom bensin mini

Meskipun terlihat kecil, tetapi usaha pom bensin ini ternyata membutuhkan modal kecil dan sangat dibutuhkan apalagi jika daerah Anda jarak pom bensin sangat jauh. Saat darurat orang mau tidak mau membeli bensin ecer karena letak pom bensin yang jauh.

39. Usaha menjual buah

Buah-buahan menjadi salah satu makanan yang tidak pernah mati. Namun tidak banyak yang tahu jika Anda membeli buah di pasar besar secara grosir harganya lebih murah, perbedaan harga ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil Anda yang cukup menjanjikan.

40. Usaha menjual salad buah rumahan

Jika buah-buahan tidak begitu menarik untuk Anda, mungkin usaha menjual salad buah bisa menjadi alternatif. Gaya hidup sehat yang digandrungi oleh kaum urban, membuat peluang untuk menjual salad buah dengan berbagai inovasi dan aneka buah agar laris manis.

41. Usaha wedang jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu rimpang yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena itulah masih banyak orang yang memilih meminum jahe dibandingkan obat kimia. Harga jahe di pasar juga sangat murah, sehingga bisa menjadi usaha modal kecil untuk pemula.

42. Usaha menjual soto

Indonesia memiliki banyak resep soto di tiap daerah, sehingga Anda cukup meracik soto sesuai daerah Anda, lalu menjualnya di depan rumah atau melalui sosial media. Semakin jarang ditemui jenisnya, semikan banyak orang yang tertarik mencoba soto Anda.

43. Usaha menjual dvd

Meskipun sudah banyak platform yang menyediakan berbagai macam film, namun beberapa orang masih setia menggunakan dvd. Bermodalkan keping dvd lalu Anda burning keping tersebut dengan memasukkan film, Anda sudah bisa menjual dvd dengan banyak judul.

44. Usaha paket sarapan

Zaman sekarang yang serba cepat, membuat orang sering mengabaikan sarapan. Dengan skill memasak makanan ringan seperti gorengan, ketan, nasi uduk atau aneka kue basah, Anda sudah bisa usaha sampingan sarapan yang laris manis di kantor Anda.

45. Usaha reseller sepatu pria

Salah satu hal yang menarik untuk seorang laki-laki adalah sepatu. Jika Anda juga memiliki hobi mengkoleksi sepatu, maka usaha ini sosok dengan Anda dengan cara hunting sepatu yang memiliki harga lebih murah, kemudian di jual kembali dengan harga sesuai toko.

46. Usaha make up artis

Jika Anda tertarik dengan dunia make up, dan memiliki skill make up yang bagus, Anda bisa menjual jasa make up artis melalui sosial media. Banyak wanita yang mencari make up artist yang bisa dipanggil ke rumah untuk didandani sebelum pergi ke acara penting.

47. Usaha mainan online

Anda memiliki hobi mengkoleksi action figure? Usaha ini cocok untuk Anda. selain Anda bisa menjual kembali kelebihan koleksi Anda ke para kolektor, Anda juga bisa melakukan hobi Anda secara bersamaan. Mulailah dengan menjual koleksi Anda di forum kolektor.

48. Usaha jasa titip belanja

Bagi para wanita yang hobi belanja ke mall, mungkin Anda bisa mencoba usaha yang satu ini. Pengertian usaha jasa titip bisa dibilang Anda membeli barang-barang yang orang lain titip di sebuah tempat, lalu dijual dengan harga yang berbeda sedikit sebagai “ongkos jalan”

49. Usaha menggambar henna

Salah satu usaha yang sulit ditemukan karena membutuhkan skill untuk mengerjakannya. Jika Anda memiliki skill menggambar henna, Anda bisa menawarkan jasa Anda di sosial media atau bekerja sama dengan teman make up artist untuk set make up pengantin.

50. Usaha menjual bibit tanaman

Hobi berkebun Anda bisa juga menjadi peluang usaha. Dengan ketelatenan dan kesabaran, Anda bisa menjual bibit tanaman yang memiliki harga lumayan hanya dengan modal benih yang dijual murah di pasar atau dari dapur dan halaman Anda sendiri.

Usaha modal kecil memang tidak mudah. Jika Anda tidak memiliki modal besar, maka Anda harus kreatif menciptakan inovasi produk-produk yang sedang trend atau yang orang butuhkan. Dengan begitu, usaha Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa memerlukan modal yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *